alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a4cda1fc2cb17926d8b4569/buya-khawatirkan-virus-jahat-pilgub-jakarta-menular-di-pilgub-jabar
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) — Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mencemaskan suasana Pilkada DKI Jakarta menyebar ke pilkada daerah lain, terutama Jawa Barat. Karenanya, Buya berharap masyarakat Jawa Barat yang sebentar lagi akan memilih gubernur dan wakil gubernur tidak ikut-ikutan dengan Pilkada DKI Jakarta. "Suasana Pilkada Jakarta, menurut saya, tidak sehat dan tidak ber
Lapor Hansip
03-01-2018 20:26

Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar

Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) — Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mencemaskan suasana Pilkada DKI Jakarta menyebar ke pilkada daerah lain, terutama Jawa Barat.

Karenanya, Buya berharap masyarakat Jawa Barat yang sebentar lagi akan memilih gubernur dan wakil gubernur tidak ikut-ikutan dengan Pilkada DKI Jakarta.

"Suasana Pilkada Jakarta, menurut saya, tidak sehat dan tidak beradab. Pakai agama segala macam, nangis-nangis," ujar Buya Syafii Maarif seusai diskusi tertutup "Mengatasi Kesenjangan Sosial di Indonesia" yang digelar Organisasi Indonesia Tionghoa (INTI) di Resort Westlake, Rabu (3/1/2018).

Buya mengaku khawatir suasana Pilkada DKI Jakarta yang tidak sehat akan menular ke beberapa tempat yang menggelar Pilkada 2018 ini. "Virus jahatnya (Pilkada DKI) menular ke tempat lain. Itu yang kita takutkan dan kita cemaskan," tuturnya.

Daerah yang rentan terkena virus jahatnya Pilkada DKI Jakarta adalah Jawa Barat yang akan menggelar pilkada pada Juni 2018. Jabar dikatakan rentan karena lokasinya yang berdekatan dengan DKI Jakarta.

"Yang paling tetangga itu kan Jawa Barat. Itu paling rentan juga dan menurut survei-survei memang begitu," tegasnya.

Buya berharap, selama pergelaran Pilkada Jawa Barat, masyarakat tidak ikut-ikutan seperti Pilkada DKI Jakarta. Masyarakat harus lebih kritis dan cerdas dalam pergelaran pentas politik kepala daerah.

"Mudah-mudahan masyarakat Jawa Barat, orang Sunda, tidak ikut-ikutan yang seperti DKI-lah. Harus segera ada pencerahan dan masyarakat harus lebih kritis," ujarnya.

Selama ini, penyakit demokrasi di Indonesia adalah politik uang. Cara politik uang ini masih akan terjadi pada pilkada serentak 2018.

"Money politic, ini kan penyakit demokrasi kita dan pasti masih terjadi. Lebih baik, saya rasa begini, terima uangnya, tetapi jangan diikuti arahannya, begitu saja," tutupnya.

LInk
http://www.teropongsenayan.com/78324...i-pilgub-jabar
0
Halaman 1 dari 4
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:31
Ooh si kafir bermulut comberan penista agama tuh sama pendukungnya orang jahat, buktinya si ngahox dipenjara, babu babu babi nya si iwak, jenifer dunn, pejual cd kaset bajakan di glodok juga dipenjara2in
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:31
Jgn sampai ada virus penista di jabar
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:32
tenang buya, kagak ada penista agama yg maju di pilgub jabar dan bawa2 al maidah utk playing victim koq.
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:34
kalau strategi pilkada ala pilkada jakarta bisa dibilang ngak akan terjadi.
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:36
virus ahoker keparat mana ada di jabar

emoticon-Ngakak
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:45
Tenang aja, pelaku utama di Jakarta sudah disingkirkan
satu kabur ke Arab
Satu dikandangin di penjara emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:48
Sebenernya virus jokowi ahok yg perlu diwaspadai..kalo semua daerah make gaya kampanye jokowi ahok kek 2012, 2014, 2017 ya bakal bubar nkri..coba tengok ke belakang..pilkada, pilpres jaman sby relatif adem..baru dah kacau setelah negara api menyerang.. Keadaan politik nasional sekarang juga lebih adem setelah satu sumber kegaduhan dikandangin..ya meskipun tuh oknum masih berusaha keras nyari panggung sih..tapi rata2 udah ga peduli..kecuali nastak super diehard bin bigot emoticon-Leh Uga
Diubah oleh duratmokoo
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:49
Sudah di mulai oleh HNW nyerang dedi mizwar emoticon-Big Grin
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:51
Quote:Original Posted By cher1y
ane yakin NKRI bakal bubar oleh virus 212
indonesia butuh presiden super tegas kayak vladimir putin, yg tak seorangpun berani melawan nya

Mungkin elit nastak bisa melatih jokowi agar mampu menjadi pemimpin seperti itu..lalu kita liat apakah di penghujung kekuasaanya bakal jadi babi panggang apa kagak? emoticon-Ngakak
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 20:53
Padahal kan calonnya sama2 Islam, bisa aja dihubung-hubunginnya....
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:08
selama " virus2 " nya tidak pernah di " delete " ya akan makin jahat



0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:12
Duy parkiran dpn alfa ga ada yg jagain tuh, motor pade ngabur ajr ga bayar parkir emoticon-RequestQuote:Original Posted By xaruduy
Ooh si kafir bermulut comberan penista agama tuh sama pendukungnya orang jahat, buktinya si ngahox dipenjara, babu babu babi nya si iwak, jenifer dunn, pejual cd kaset bajakan di glodok juga dipenjara2in
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar



Quote:Original Posted By agus.malaikat
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar


Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
Diubah oleh bujangonani
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:14
Quote:Original Posted By duratmokoo
Sebenernya virus jokowi ahok yg perlu diwaspadai..kalo semua daerah make gaya kampanye jokowi ahok kek 2012, 2014, 2017 ya bakal bubar nkri..coba tengok ke belakang..pilkada, pilpres jaman sby relatif adem..baru dah kacau setelah negara api menyerang.. Keadaan politik nasional sekarang juga lebih adem setelah satu sumber kegaduhan dikandangin..ya meskipun tuh oknum masih berusaha keras nyari panggung sih..tapi rata2 udah ga peduli..kecuali nastak super diehard bin bigot emoticon-Leh Uga


gaya kampanye jokowi ahok yang bagaimana buat NKRI bubar??


0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:17
Quote:Original Posted By ayampenyet666


gaya kampanye jokowi ahok yang bagaimana buat NKRI bubar??




Yang doyan sara sampe ancam boikot bangke emoticon-Marah

Gaya kampanye ummat mana mungkin kayak begitu emoticon-Marah
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:18
Ada apa dengan buya yg satu ini...?
di era pak dhe..buya seperti kurang sehat..
klo ga salah dlu pernah jdi penasihat pak dhe ya? tpi sya hargai pendapatnya tentang virus meski itu kurang tepat...emoticon-Traveller
Diubah oleh wilir
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:21
Astajim buya, pilkada dki kan Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
Diubah oleh jawfire
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:21
nasbung emang bangke...

sampai kapanpun gerakan 212 itu gerakan fasis...



dan fasis yang baik adalah fasis yang mati
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:22
padahal jakarta kemarin yang punya andil.besar juga jabar emoticon-Ngakak
0 0
0
Buya Khawatirkan Virus Jahat Pilgub Jakarta Menular di Pilgub Jabar
03-01-2018 21:22
Quote:Original Posted By cher1y
ane yakin NKRI bakal bubar oleh virus 212
indonesia butuh presiden super tegas kayak vladimir putin, yg tak seorangpun berani melawan nya


Yang sekarang aja banyak teriak2 dijolimi gimana kalo macem putin emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.