kaoru koganeiAvatar border
TS
kaoru koganei
Relativitas dalam Pengambilan Keputusan
Halo, selamat datang Gansis emoticon-Smilie


Gansis, pasti nya Gansis sering dong mengambil suatu keputusan? Namun, apakah Gansis menyadari bahwa ada "gaya / dorongan tak sadar" yang membentuk keputusan kita, sehingga kita lebih memilih keputusan A dibandingkan keputusan B, C, atau D?

Pada trit ini, kita akan mencoba memahami "gaya / dorongan tak sadar" tersebut. Berikut ini ada 2 kasus untuk Gansis, silahkan Gansis pikirkan jika dihadapkan dengan 2 kasus seperti ini, apa keputusan yang Gansis pilih?

Dibaca nya secara runut ya Gansis emoticon-Smilie


Spoiler for Kasus pertama:


Spoiler for Ilustrasi kasus pertama:


Lanjut kasus kedua ya Gansis emoticon-Smilie


Spoiler for Kasus kedua:


Spoiler for Ilustrasi kasus kedua:


Bagaimana Gansis, apakah Gansis merasa ada yang "berbeda & sama" dari kedua kasus diatas?emoticon-Smilie


Spoiler for Berbeda & sama:




Itulah inti bahasan trit ini Gansis emoticon-Smilie


Dalam pengambilan keputusan, tanpa kita sadari terjadi proses "relativitas / membandingkan" yang mempengaruhi keputusan akhir kita. Saat memutuskan sesuatu, manusia cenderung membandingkan pilihan yang ada. Namun tidak sembarangan membandingkan Gansis, manusia cenderung fokus membandingkan sesuatu yang mirip / sama / mudah dibandingkan. Misal nya harga mangga di Warung A vs Warung B, atau harga handphone XY di Toko A vs Toko B.

Manusia enggan membandingkan sesuatu yang sulit dibandingkan (secara head-to-head), seperti selisih harga mangga senilai Rp. 5.000 (antara harga mangga di Warung A vs Warung B) dengan selisih harga handphone XY senilai Rp. 5000 (antara harga handphone di Toko A vs Toko B). Kasus pertama adalah selisih harga Rp. 5000 untuk mangga seharga puluhan ribu, sedangkan kasus kedua adalah selisih harga Rp. 5000 untuk handphone seharga jutaan rupiah. Oleh karena itu, kebanyakan manusia cenderung memutuskan pindah dari Warung A ke Warung B, sebab jika dibandingkan harga mangga / kg di Warung B lebih murah 33,33% (Rp. 5.000 / 15.000) dibandingkan Warung A emoticon-Smilie, sedangkan di lain pihak, seseorang cenderung "enggan" pindah dari Toko A ke Toko B, sebab jika dibandingkan harga handphone XY / pax di Toko B hanya lebih murah 0.1% (Rp. 5.000 / 5.000.000) dibandingkan Toko A emoticon-Stick Out Tongue

Spoiler for Ilustrasi perhitungan kasus pertama vs kasus kedua:


Jadi gitu Gansis, meskipun sama - sama memiliki selisih harga Rp. 5.000 dan "pengorbanan" jarak yang ditempuh 15 menit, tapi keuntungan relatif nya memiliki nilai yang berbeda jauh Gansis (33.33% vs 0.1%), sehingga keputusan yang diambil pun berbeda untuk kedua kasus tersebut.

Semoga bermanfaat ya Gansis dalam memahami "relativitas" dibalik pengambilan keputusan emoticon-Smilie

Terakhir, coba Gansis jawab kasus ketiga di bawah ini. Apakah lingkaran hitam (di tengah) pada sisi kiri memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan lingkaran hitam pada sisi kanan?




Spoiler for Kasus ketiga:


Jawaban nya adalah emoticon-Smilie


Spoiler for Jawaban kasus ketiga:


Sekian. Terima kasihemoticon-Smilie


Spoiler for Sumber:

0
27.5K
202
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.