mustakim049
TS
mustakim049
11 NEGARA YANG MUDAH DI INGAT
Masih inget gan…waktu pelajaran IPS di Sekolah Dasar, ketika guru bercerita dan mengajarkan tentang Geografi, disitu banyak diajarkan tentang nama benua, negara, bahkan ibukotanya, ternyata jika diamati ada beberapa negara di dunia ini yang memiliki keunikan, salah satunya akan mudah dihafal, yaitu nama negara dan ibukotanya memiliki sebutan yang nyaris sama bahkan sama.
Seperti di Benua Eropa ada 4 negara tulisaan dan sebutannya sama, Benua Asia ada 2 dua, di Benua Afrika hanya ada 1 negara, benua Amerika Utara dan Tengah 4 negara, benua Amerika Latin tidak ada, benua Australia tidak ada.


Yuk simak negaranya :


1.Andorra ibukota Andorra

Kepangeranan Andorra adalah sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.


2.Luxemburg ibukota : Luxemburg

Luksemburg /ˈlʌksəmbɜrɡ/ atau resminya Keharyapatihan Luksemburg (bahasa Perancis: Grand-Duché de Luxembourg, bahasa Jerman: Großherzogtum Luxemburg, bahasa Luksemburg: Groussherzogtum Lëtzebuerg) adalah sebuah negara yang tidak berbatasan dengan laut di Eropa bagian barat laut, berbatasan dengan Perancis (perbatasan panjang 73 km), Jerman (panjang perbatasan 138 km) dan Belgia (panjang perbatasan 148 km). Merupakan negara dengan luas 2.586 kilometer.


3.Monaco ibukota Monaco

ini lho gan negara yang memiliki bendera sama dengan negara kita tercinta Republik Indonesia.
Monako adalah sebuah kepangeranan yang diatur dalam monarki konstitusional, dengan Pangeran Albert II sebagai kepala negara. Meskipun Pangeran Albert II adalah raja konstitutional, ia masih punya kekuatan politik yang sangat besar. Bahasa resminya adalah Perancis, tetapi Monégasque, Italia, dan Inggris banyak dituturkan dan dimengerti secara luas. Meskipun kemerdekaan Monaco dan kebijakan luar negeri yang terpisah, pertahanan adalah tanggung jawab Perancis. Meskipun demikian, Monako tetap mempertahakan dua unit militer, berjumlah 263 orang, Corps des Sapeurs-Pompiers, dan Compagnie des Carabiniers du Prince.


4.Vatikan ibukota Vatikan

Kota Vatikan merupakan sebuah enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia. Dengan luas area sekitar 44 hektar, dan populasi sebesar 842 jiwa,[ Negara Kota Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia, baik area maupun populasinya, yang diakui secara internasional. Negara ini berbentuk eklesiastik atau monarki-sakerdotal yang diperintah oleh Uskup Roma – yakni Paus. Para pejabat tertinggi negara ini semuanya adalah klerus Katolik yang berasal dari berbagai negara.


5.Kuwait Kuwait City

Kuwait adalah negara monarki yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Pada tahun 2014, Kuwait memiliki penduduk dengan jumlah 4,2 juta jiwa; 1,3 juta jiwa merupakan warga negara Kuwait, dan 2,9 juta jiwa merupakan pendatang. Pada tahun 2001 hingga 2009, Kuwait menempati urutan tertinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia di seluruh Jazirah Arab.


6.Singapura ibukota Singapura

Singapura (nama resmi: Republik Singapura) adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ketiga di dunia, dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.


7.Aljazair ibukota Aljir

Negara yang berada di benua Afrika dengan nama resminya Republik Demokratik Rakyat Aljazair, merupakan sebuah negara di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Nama negara ini yang berarti kepulauan mungkin mengacu kepada 4 buah pulau yang terletak berdekatan dengan ibu kota sekaligus pusat pemerintahan negara ini, Aljir. Aljazair adalah republik semi-presidensial yang terdiri dari 48 provinsi dan 1.541 komune. Dengan jumlah penduduk lebih dari 37 juta jiwa
.

8.El Salvador ibukota San Salvador

Negara yang berada di Benua Amerika Tengah ini, yang dikenal dengan nama Republik El Salvador (República de El Salvador, pengucapan bahasa Spanyol: [reˈpuβlika ðe (e)l salβaˈðoɾ]) adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras dan Guatemala. Daerah ini dulunya disebut oleh orang Pipil sebagai "Cuzhcatl", dalam bahasa Spanyol "Cuzcatlan", yang dalam bahasa Nahuatl berarti "tanah (tempat benda-benda yang) berharga"
.

9.Guatemala ibukota Guatemala City

Republik Guatemala adalah sebuah negara di Amerika Tengah, di selatan benua Amerika Utara, berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Karibia. Dia berbatasan dengan Meksiko di utara, Belize di barat laut, dan Honduras dan El Salvador di tenggara. Guatemala merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia.


10.Meksiko ibukota Meksiko City

Persatuan Negara-Negara Meksiko atau Meksiko (bahasa Spanyol: Estados Unidos Mexicanos atau México) adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala dan Belize di sebelah tenggara, Samudra Pasifik di barat dan Teluk Meksiko dan Laut Karibia di sebelah timur. Ia merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara yang paling banyak berbahasa Spanyol. Nama negara ini diambil dari nama ibu kotanya yang berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Mexi ialah sebagian nama Mexitli, yaitu nama dewa perang sedangkan co bermakna 'tempat' dan ca berarti 'orang'

11.Panama ibukota Panama City

Republik Panama adalah sebuah negara yang terletak di tenggara Amerika Tengah, sebelah utara berbatasan dengan Laut Karibia, selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik, timur dengan Kolombia dan barat dengan Kosta Rika.
Statusnya sebagai negara transit sebagai awal menjadi titik pertemuan budaya dari seluruh dunia. Negara ini adalah pengaturan geografis Terusan Panama, yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara pantai Samudera Atlantik dan Pasifik dan perdagangan global secara signifikan dipengaruhi. Posisi geografis dunia saat ini menawarkan platform yang luas jasa kelautan, real estat komersial dan keuangan, termasuk Colon Free Zone, daerah bebas terbesar di benua itu dan kedua di dunia
Menurut kamu bagaimana gan, mudah kan mengingatnya ?
Jika ada yang lain silahkan gan tambahkan...
#Semoga informasi ini bermanfaat

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Afrika
https://id.wikipedia.org/wiki/Benua_...a_dan_Teritori
https://id.wikipedia.org/wiki/Asia
https://id.wikipedia.org/wiki/Eropa

Sumber poto : https://upload.wikimedia.org/wikiped...-Australia.gif

0
21K
110
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.