• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Indonesia Negriku, Orangnya Lucu-lucu (Ga Mau Macet, Tapi Kemana-mana Pake Kendaraan)

si.pemikir
TS
si.pemikir
Indonesia Negriku, Orangnya Lucu-lucu (Ga Mau Macet, Tapi Kemana-mana Pake Kendaraan)

Terimakasih cendol & abu gosoknya :terimakasih



Beli rokok di warung depan, naik motor
Beli pulsa di sebrang jalan, naik motor
Kesekolah, bawa motor
Kekantor sendirian, naik mobil

Halo Brayemoticon-Hai
Ya begitulah fenomena yang ada saat ini. Orang-orang udah males banget sama yang namanya jalan. Paling jalan pas lagi di rumah, di kantor sama di sekolah. Selebihnya kemana-mana pake kendaraan pribadi. Sampe beli rokok di warung yang jaraknya ga sampe 100 meter aja naik motor. Entahlah apa yang mereka pikirkan.

Selalu aja ada yang disalahin kalo weekend macet. Bilangnya pemerintah ga bener ngurus tata kotalah, polisi ga bisa ngurus lalu lintas lah dan lain-lain. Yup selalu ada orang lain yang masih bisa disalahin kenapa harus nyalahin diri sendiri? Itulah kebanyakan pola pikir kita.

Semua orang selalu pengen pergi dengan kedaraan pribadi, kesekolah, kekantor, kekampus, ke mall. Paling yang make angkutan umum cuma ibu-ibu mau ke pasar sama bocah-bocah sekolah yang belom boleh bawa motor. Itupun udah berkurang, wong pas gw Magang di daerah K******g, anak-anak SD udah pada boncengan bawa motor ke sekolah.


Sumber: google image

Kalo udah gini, siapa yang mau disalahin? Pemerintah? Polisi? Supir Angkot? Orang tua? Atau diri sendiri ? Coba kita bahas satu-satu. Karena gw dari SMA sampe Kuliah lebih lama di Bandung, jadi gw bahas di Bandung aja. Tenang, Bandung juga macet kok pas jam berangkat kerja, pulang kerja sama pas weekend.




Sumber: google image

Kalo dibilang, pemerintah bandung udah nyiapin armada-armada yang bagus-bagus, namanya DAMRI. Bisnya baru-baru dan ber AC, harganya juga murah. Hampir seluruh Bandung terjangkau sama DAMRI. Tapi ya gitu, penuhnya cuman pas berangkat sekolah sama pas pulang sekolah. Penuh sama siapa? Yup, penuh sama anak sekolahan. Selain jam itu, DAMRI kosong melompong. Tapi yang lucu dari pemerintah adalah, mereka ngadain program mobil murah yang tujuannya biar semua kalangan bisa ngerasain punya mobil. Mungkin punya mobil murah lebih bagus daripada punya kerjaan.




Sumber: google image

Kalo dibilang polisi jarang ngatur lalu lintas, kata gw itu kurang tepat. Yang bener polisi itu kekurangan personil buat ngatur lalu lintas. Tau sendirilah, penerimaan Polisi itu terbatas, dari ribuan orang yang daftar paling cuma diterima ratusan. Itupun ga semuanya kebagian ngatur lalu lintas. Sedangkan pemilik kendaraan pribadi di Indonesia aja bertambah 5000 sampai 6000 unit perhari (berdasarkan perhitungan SAMSAT di Jakarta, sumber). Jadi wajar aja polisi kewalahan ngatur lalu lintas, wong jumlah mereka berbanding jauh. Belom lagi polisinya panas-panasan di jalanan, dan elo adem ayem didalem mobil. Belom lagi polisi kewalahan nangkepin pengendara motor yang slonong boy. Tapi kalo tiba-tiba liat polisi jadi banyak pas razia, positif thinking aja, mungkin aja yang biasa patroli ikutan ngerazia.




Sumber: brilio.net

Kalo mau nyalahin supir angkot ya karena dia ngetemnya lama dan suka srabat srobot. Yah begitulah mereka hanya mengerti bagaimana menyalip dan mencari penumpang. Tapi kenapa tidak ada yang mengajarakan supir angkot untuk safety riding? Kenapa ga ada yang bantu para supir angkot untuk menarik minat penumpang? Kenapa ga ada yang bantu supir angkot untuk memodifikasi kendaraannya agar lebih nyaman dan aman? Kemanakah orang-orang jenius itu?

Wajar aja angkot semakin ditinggal. Wong yang dapet perhatian cuma bis doang, mana pernah angkot-angkot ini dapet perhatian. Coba para supir angkot ini dididik seperti para pengemudi bis, terus kendaraannya juga dibuat menjadi lebih nyaman, dan diberikan tempat pemberhentian yang legal. Gw rasa para supir angkot ini bisa menjadi lebih baik dan penumpangpun bisa kembali tertarik buat naik angkot.




Sumber: stratfordctdentist.com

Buat yang cewek, biasanya ortunya nyuruh anaknya buat make mobil ke kampus. Alasannya lebih aman kalo bawa mobil. Iya aman buat anaknya tapi ga aman buat orang lain. Buat yang cowok, anaknya juga disuruh bawa mobil. Gengsilah, masa anak direktur kemana-mana naik motor supra. Buat istrinya disediain mobil LCGC, biar kalo rusak ga mahal-mahal amat benerinnya, padahal kepakenya cuman kalo kepasar. Anaknya diizinin bawa motor, padahal SIM belom punya, kaki belom nyampe, giliran jatoh dari motor baru panik. Emang sih ga salah, karena orang tua/ suami selalu ingin yang terbaik untuk anaknya dan pasangannya. Tapi, ga harus mentingin diri sendiri juga kan? Jalanan ga nambah lebar, tapi kendaraan nambah banyak bray.




Sumber: google image

Sekarang coba kita nyalahin diri sendiri.
Kenapa gw ga mau naik angkot? Soalnya kalo naik angkot panas, rawan copet, bawa kendaraan ugal-ugalan, dan lama nyampenya.
Kenapa gw kemana-mana bawa kendaraan pribadi? Soalnya lebih aman, lebih nyaman, lebih cepet, lebih murah.
Kenapa gw bawa mobil padahal pergi sendirian? Naik mobil adem coy, bisa sambil dengerin lagu favorit, dan lebih gaya.

Coba angkot itu dibuat lebih aman, nyaman, ga suka ngetem, ga ugal-ugalan dan lebih murah gw rasa orang-orang mau beralih ke angkutan umum.

Dan yang terakhir dan jarang disebut adalah "GENGSI", gw gengsi bray masa kemana-mana naik angkot, temen-temen gw pada bawa kendaraan pribadi, pada bawa mobil, pada bawa motor bagus-bagus.

Nah GENGSI ini yang paling susah dihilangin. Percuma aja angkot dibuat lebih baik, tapi kalo kita masih mikir gengsi ya percuma aja. Terutama buat orang-orang yang masih berpikiran seperti ini.

Ga punya garasi bodo amat, masih bisa parkir depan rumah, yang penting punya mobil
Ga punya duit bodo amat, masih bisa di cicil
Bodo amat rumah hampir rubuh, yang penting punya mobil
Bodo amat gaji pas-pasan, yang penting kerja bawa Ninja
Bodo amat gw bloon di kelas, yang penting sekolah/ ngampus pake mobil/ ninja

Atau yang berpikir seperti ini.

Bodo amat ah pajak mati, paling uang pajak di korup.
Bodo amat ah asep knalpot gw warnanya item, yang penting masih bisa dipake
Bodo amat orang sebelah gw kesenggol, yang penting motor gw bisa muat banyak barang
Bodo amat ah rem depan ga ada, masih ada rem belakang ini
Ah biar hemat, anak, istri gw mending naik motor bareng gw

Gengsi dan Egois itu memang ada dalam diri manusia. Tapi kembali lagi ke orangnya, bisa nahan atau engga.
Jadi cobalah berhenti nyalahin orang lain, dan coba ngaca ke diri sendiri.
Jujur gw kekampus masih pake motor pribadi, soalnya gw suka bangun kesiangan dan hitungannya masih murah naik motor. Padahal mah masih egois emoticon-Big Grin.

Terimakasih Sudah Membaca :terimakash

Diubah oleh si.pemikir 31-12-2017 09:56
0
42.1K
405
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.