deroxinosAvatar border
TS
deroxinos
Pecinta Kopi dan Ritual Minum Kopi



Pecinta Kopi dan Ritual Meminum Kopi




Halo agan dan sista, suka ngopi kagak? Kalo suka berarti kita sama. Walaupun gak suka mungkin pernah icip - icip? Rasa dan aroma kopi yang khas telah menjadikan kopi ini minuman favorit ane. Bagi ane, ngopi bukan hanya sekedar aktivitas biasa tapi sudah menjadi gaya hidup atau prioritas dan minum kopi adalah salah satu hobi ane.

Sebenarnya hobi ane banyak banget gan meskipun cuma sekedar iseng. Ya walaupun banyak, hobi ane tergolong murah cenderung gratis gan. Sebagai contohnya seperti stargazing, ngaskus, dengerin musik dan ngopi yang bakalan ane bahas di thread ini.

Kenapa Suka Kopi?

Seperti ane bilang diatas tadi, selain karena rasa dan aroma dari kopi yang khas, kafein yang terkandung dalam kopi bikin hati tenang dan pikiran segar gan. Minum secangkir kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas adalah sebuah ritual yang tidak pernah ane lewatkan gan. Lagi nyantai, apalagi. Ditambah cemilan, mantap bener. Iya nggak gan? Iya in aja deh gan gak kasian gitu sama ane?

Quote:


Minum kopi juga bisa balikin mood ane yang lagi jelek (muka ente yang jelek kok gak berubah ya setelah minum kopi?). Kopi juga bagus loh buat kesehatan dan kecantikan. Banyak artikel yang bahas tentang manfaat kopi, tinggal cari aja. Tapi eh tapi kalo mengkonsumsi kopi kebanyakan ada efek sampingnya juga gan. Jadi intinya boleh minum kopi asal jangan berlebihan ya gan.


Meracik Kopi Sendiri
Ngopi di coffee shop atau kedai kopi, mungkin udah biasa. Baik itu bareng temen, pacar, gebetan, atau sendiri (?). Nah gimana kalo meracik kopi sendiri dirumah?

Quote:


Memilih Jenis Biji Kopi dan Variannya

Nah mulai dari memilih jenis biji kopi. FYI, biji menyimpan kesegaran lebih lama dibandingkan biji yang udah digiling. Ane sendiri memilih robusta, ya walaupun rasanya agak kurang tapi memiliki sensasi yang kuat karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Kebanyakan sih pasti milih Arabica. Untuk variannya bisa coba kopi Jawa, Toraja, Gayo atau Flores.

Roasting

Nah disini udah mulai seru menurut ane gan. Kenapa? Karena disinilah proses dimana biji kopi mentah diubah (bilang aja disangrai) sehingga memiliki karakteristik beraroma khas dan kaya rasa. Lamanya proses roasting ini berpengaruh banget pada hasil akhirnya gan.

Quote:


Jika agan gak punya mesin roasting, bisa pake wajan. Tapi, ada tapinya nih gan. Harus diperhatikan jangan sampai biji kopi nempel di wajan ya gan.
Dalam roasting kopi ini ada dua teknik blending yaitu post roast dan pre roast. Tapi untuk permulaan bisa coba single origin yaitu pake satu jenis biji kopi.
Dalam roasting kopi juga dikenal 3 jenis roasting profile gan yaitu light, medium dan dark roast. Untuk eksplorasi rasa, pilih roasting pada level light roast /slow bar /filter coffee atau medium roast /espresso based.

Pendinginan /Resting
Setelah melewati proses roasting, maka biji kopi tersebut perlu didinginkan gan. Iya gan, karena kopi yang baru saja di roasting masih mengandung karbon dioksida yang masih tinggi. Lamanya pendinginan antara 3 hari sampai satu minggu.

Grinding dan Penyimpanan
Lanjut ke grinding. Soal giling menggiling juga berpengaruh gan. Kopi yang baru digiling adalah kopi dengan rasa terbaik. Tapi eh tapi kualitasnya juga mulai berkurang gan. Mesin grindernya juga berpengaruh pada hasil yang didapat gan. Jadi pilih mesin grinder yang bagus gan, meskipun mesin grinder standard juga lumayan lah.

Selanjutnya untuk soal penyimpanan. Gunakan toples kaca, keramik juga boleh yang tutupnya pake karet. Jangan pernah simpen di kulkas ya gan kecuali cendol. Mana nih kulkas ane belum kebanjiran cendol dari agan dan sista. Usahakan jumlah hasil giling tidak lebih untuk persediaan 5 hari, biar tetep seger tentu saja.

Ritual Minum Kopi
Sekarang tinggal urusan seduh menyeduh. Untuk membuat kopi dengan rasa mantap jangan asal seduh gan.

Hal pertama, takaran. Kopi adalah hal yang subjektif. Beberapa suka yang keras dan pekat, sedang yang lain suka yang ringan, dan ada juga yang doyan kopi penuh krim dan sebagainya. Secangkir kopi terbaik adalah apa yang agan suka. Dan cara terbaik untuk menemukan bagaimana kita membuat kopi adalah dengan mengetahui berat kopi dan airnya. Ukuran takaran standar dalam menyeduh kopi dengan rasa yang pas adalah dua sendok makan untuk cangkir ukuran 6 ons atau sekitar 2 3/4 sendok makan per cangkir ukuran 8 ons.

Hal kedua, air. Gunakan air dengan kandungan mineral yang bagus. Bisa pake air mineral botolan atau air yang difilter karbon aktif. Jangan pake air terlalu panas gan yang ada kopinya nanti tambah pahit. Tapi gunakan air mendidih yang didiamkan ±45 detik, atau dengan suhu sekitar 200 F.

Hal ketiga, filter kopi. Menurut para ahli, menggunakan filter kopi murah dapat menghasilkan kopi yang “cacat” rasa. Carilah kertas filter yang bebas dioxin seperti Filtropa atau Melitta.

Nah sekarang tinggal coba gan. Silakan kalau ada yang mau nambahin atau ada yang mau dikoreksi. Sekian thread ane, semoga bermanfaat.


Referensi
ilmubarista.com
EatingWEll Magazine



Jika agan suka dengan thread ane jangan lupa untuk ninggalin jejak, ngasih rate, cendolin ts, dan juga share ya gan. Masa sih gak di share?
Diubah oleh deroxinos 09-03-2023 15:43
nona212
nona212 memberi reputasi
1
47.8K
414
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.