News
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a47d3b8dcd770f0768b4567/lagi-ribuan-orang-jadi-korban-biro-umroh-nakal
KONTAN.CO.ID - SURAKARTA. Dugaan penipuan biro perjalanan umroh kembali terjadi. Kapolresta Surakarta Komisaris Besar Polisi Ribut Hari Wibowo mengatakan jumlah korban kasus penipuan dana yang dilakukan oleh biro umrah PT Ustmaniyah Hannien Tour untuk sementara terungkap sebanyak 1.800 orang. Total kerugian mencapai Rp 37,8 miliar. "Jumlah itu, masih bisa bertambah karena tim penyidik Satuan
Lapor Hansip
31-12-2017 00:58

Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal

KONTAN.CO.ID - SURAKARTA. Dugaan penipuan biro perjalanan umroh kembali terjadi. Kapolresta Surakarta Komisaris Besar Polisi Ribut Hari Wibowo mengatakan jumlah korban kasus penipuan dana yang dilakukan oleh biro umrah PT Ustmaniyah Hannien Tour untuk sementara terungkap sebanyak 1.800 orang. Total kerugian mencapai Rp 37,8 miliar.

"Jumlah itu, masih bisa bertambah karena tim penyidik Satuan Reskrim Polres Kota Surakarta terus mengembangkan dengan meminta masyarakat yang merasa dirugikan segera melapor polisi," kata Ribut, di Solo, Jumat (29/12).

Menurut Ribut, jumlah korban yang tertipu biro umrah tersebut tersebut tersebar di 10 kantor cabang di seluruh Indonesia. Kantor cabang itu antara lain Surabaya, Tasikmalaya, Bandung, Jakarta Timur, Cibinong, Jawa Barat, Makassar, Tangerang, Pekanbaru Riau dan Solo di Jalan Yosodipuro No 133, Mangkubumen, Banjarsari yang kini sudah ditutup.

Dari kasus penipuan dana umrah tersebut, kata Kapolres, polisi menangkap dua tersangka yakni Farid Rosyidin (45) selaku direktur utama PT Ustmaniyah Hannien Tour, dan Avianto Boedhy Satya (51) selaku direktur keuangan. Keduanya ditangkap di ruko Jalan Tegar Beriman Cibinong Bogor, pada Jumat (22/12), sekitar pukul 15.00 WIB.

"Kedua tersangka ditemukan di tempat persembunyiannya di kantor cabang sebuah ruko di Bogor Jabar," kata Ribut.

Pihaknya PT Ustmaniyah Hannien Tour melakukan penipuan dengan cara menawarkan promo dengan umrah harga murah. Pelaku melakukan strategi pemasaran tertentu yang dapat menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan umrah melalui biro travel mereka.

"Kami menerima sementara laporan dari korban di Solo, ada sebanyak 35 orang, sehingga kami mengimbau masyarakat yang merasa dirugikan untuk segera melapor ke Polresta Surakarta," kata Kapolres.

Polisi sudah menemukan sejumlah dokumen yang berhasil disita dan dapat digunakan untuk menelusuri aliran dana yang sudah masuk ke biro perjalanan umrah tersebut. Termasuk juga komputer yang digunakan untuk operasional di kantornya.

Selain itu, sejumlah barang bukti lainnya yang disita antara lain, empat koper besar warna hitam kombinasi hijau berisi pakaian ihram, dua unit laptop, buku panduan perjalanan dan manasik umrah, buku kumpulan doa, akta pendirian dan notaris dengan nama PT Biro Perjalanan Wisata Al Ustmaniyah Tours, surat keputusan Kementerian Agama RI 2016, dan surat keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM RI 2015.

Atas perbuatan kedua tersangka tersebut dijerat dengan Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dan atau Penggelapan dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun. Pelaku juga dijerat pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sumur Paten

Muke gile, mo ibadah aja sampe harus kayak begini.. Orang polos emang paling gampang dimanfaatkan yak.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 08:31
Kumaat
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 08:33
Kayanya harus diawasin ojk deh bisnis ginian, soalnya segi bisnisnya ngelola duit yg waiting list...kalo harga normal trus duit ga diputer2 ya gpp sih
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 08:41
Quote:Original Posted By tre1001
Kayanya harus diawasin ojk deh bisnis ginian, soalnya segi bisnisnya ngelola duit yg waiting list...kalo harga normal trus duit ga diputer2 ya gpp sih


mending nabung di bank aja kalo gitu lebih aman emoticon-Traveller
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 08:55
dan terjadi lagiiii emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 09:11
Quote:Original Posted By random.dude


umat yg kejang2 kemaren2 itu ternyata cuma menang dikuantitas doang. isinya nol. kagak mutu.

mending ente lafur FPl aja bre. kan pembela agama ente.

emoticon-Leh Uga


kasiaannnnn ... masih mewek juga ..kaga bisa mup on

situ sehat ?? kebanyakan makan mecin ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 09:12


Quote:Original Posted By trimusketeers
Jangan mau dibohongi pake ...... :welcome


a. Sendok
b. Garfu
c. Fentungan
d. Freman Bersorban
e. Gak disolatin bangkenya
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 10:04
Quote:Original Posted By bagong2018
kasiaannnnn ... masih mewek juga ..kaga bisa mup on

situ sehat ?? kebanyakan makan mecin ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


dan tidak ada yg ferduli dari yg doyan demo2 kemaren2.

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 10:15
Ga bisa dibayangin dosanya..menggunakan agama sebagai lahan bisnis untuk menipu emoticon-Takut
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 10:20
Idiot2 peserta demo dan reuni 212 yang biasa ngaku bela agama gak ada yang mau belain yang kena tipu?
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 11:28
urusan seiman , iklas dapat pahala..abcdefg
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 11:32
Wah ana buka PT umroh murah ah, pangsa pasar ummat goblok masih banyak keknya, tinggal cari lokasi emoticon-Leh Uga
Diubah oleh crotinfirza.bib
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 11:36
keber-wwkwkwkkwkk-an nasbung, gak fa fa ditifu yg fenting seiminemoticon-DP emoticon-DP emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 11:54
kurang tertarik..
coba klw aktornya ...... pasti di bredel habis2an sama nasbung
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 12:13
buat ibadah tapi dipakai u nifu apa bkn penistaan agama yak ?

syarat & ketentuan berlaku... emoticon-Ngakak
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 16:44
Quote:Original Posted By bagong2018


kasiaannnnn ... masih mewek juga ..kaga bisa mup on

situ sehat ?? kebanyakan makan mecin ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Kwalitas pasukan 212..
Diulang dan di ulang kalimatnya..karena kehabisan akal !!

Alumni univ terbuka : monas
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 20:21
Gak lama lagi akan ada keributan soal investasi cryptocurrencies

Oknum petualang MLM sudah mulai mainkan ini beberapa bulan lalu. Mereka campur aduk konsep crypto dan MLM yang mana secara nalar memang aneh bin ajaib.

Bakal pecah balonnya ntar emoticon-Ngakak (S)

OJK mana OJK

emoticon-Ngakak
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 20:33
Quote:Original Posted By random.dude


dan tidak ada yg ferduli dari yg doyan demo2 kemaren2.

emoticon-Leh Uga


kalo ente yg sok feduli dan sok fahlawan

ente aje yg demo

situ sehat ?? kebanyakan makan mecin ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 20:33
Quote:Original Posted By arieejack


Kwalitas pasukan 212..
Diulang dan di ulang kalimatnya..karena kehabisan akal !!

Alumni univ terbuka : monas


situ sehat ?? kebanyakan makan mecin ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
31-12-2017 20:34
Quote:Original Posted By bagong2018
kalo ente yg sok feduli dan sok fahlawan

ente aje yg demo

situ sehat ?? kebanyakan makan mecin ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


elu aja sono. ane mah mendingan tidur bre.

emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia