godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
7 Bahaya Waxing yang Jarang Diketahui Wanita


Jarang yang mengetahui apa saja bahaya waxing. Padahal. banyak wanita yang tergiur untuk mencoba tren waxing –atau menghilangkan bulu tubuh dengan menggunakan lilin kulit atau lelehan gula- karena kerap dianggap sebagai sebuah keharusan demi mendapatkan kulit yang tampak mulus dan tidak berbulu.

Namun, sebelum memutuskan untuk mencabut habis bulu di tubuh, ada baiknya Sista kenali terlebih dahulu 7 bahaya waxing bagi kesehatan. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Memicu ruam



Jika tertarik untuk mencoba tren waxing, maka Sista harus pula mewaspadai dampak buruknya yang pertama, yaitu risiko timbulnya ruam pada kulit. Ruam yang umumnya ditandai oleh rasa gatal, benjol, serta kulit yang terlihat bersisik atau terkelupas biasanya dipicu oleh penggunaan wax yang terlalu banyak mengandung senyawa kimia yang tidak cocok untuk kulit Sista.

2. Menyebabkan infeksi



Jika proses waxing dilakukan terlalu sering, maka risiko Sista mengalami infeksi kulit pun akan semakin besar. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkandung di dalam wax akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Bagaimana tidak! Karena rambut tubuh dibuang, zat asing akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang terbuka.

3. Menyebabkan memar serta pendarahan



Dari banyak jenisnya, bikini waxing –membuang bulu di area kemaluan- merupakan jenis yang paling sering dipilih; apalagi bagi mereka yang berniat mengenakan pakaian renang yang terbuka. Namun, tahukah Sista bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan timbulnya memar serta pendarahan? Ya, waxing di area tubuh yang sensitif -temasuk kelamin- akan meningkatkan risiko kulit Sista mengalami memar serta pendarahan yang biasanya ditandai dengan munculnya benjolan serupa bisul kecil berwarna kemerahan. Menyeramkan, bukan?

4. Menurunkan elastisitas kulit



Jarang yang mengetahui bahwa salah satu dampak buruk waxing adalah kulit dapat kehilangan elastisitasnya sehingga rentan berkerut. Lho, kok bisa? Tentu bisa, sebab dalam proses waxing, bukan hanya kulit tubuh akan sering tertarik; namun, minyak alami yang tekandung di dalamnya pun akan turut berkurang.

5. Bulu tumbuh tidak beraturan



Hindari kebiasaan waxing terlalu sering, apalagi jika dilakukan secara serampangan tanpa bantuan ahli! Mengapa? Sebab menurut Krant, M.D., -seorang ahli dermatologi dari For Smith, Ark-, hal tersebut dapat memicu gangguan kulit yang disebut Pseudofolliculitis. Intinya, kondisi ini disebabkan oleh folikel rambut yang tumbuh berlawanan, yaitu melengkung ke arah dalam.

6. Alergi



Pada beberapa kasus, waxing terbukti memicu alergi. Hal ini dikarenakan sistem imun pada beberapa orang menolak paparan bahan kimia tertentu yang terkandung di dalam wax. Untuk menghindari kemungkinan buruk ini, Sista yang terpaksa melakukan waxing dapat memilih lilin yang tebuat dari bahan alami, seperti madu atau gula yang dipanaskan.

7. Meningkatkan risiko IMS (Infeksi Menular Seksual)



Terakhir, waxing dipercaya banyak pihak dapat meningkatkan risiko IMS (Infeksi Menular Seksual). Ini sejalan dengan pernyataan Emily Gibson –Direktur Medis Western Washington University– yang mengemukakan bahwa luka terbuka yang diakibatkan oleh waxing terbukti meningkatkan risiko penyebaran penyakit herpes dan HIV.

Nah, itu tadi 7 bahaya waxing bagi kesehatan yang harus diketahui. Sejatinya, tren kecantikan baru ideal untuk diikuti jika terbukti aman bagi kesehatan. Karena bukankah tubuh yang sehat merupakan harta yang paling berharga? Semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Sumber: Go Dok

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!


:welcome :welcome
0
17.2K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.