Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
223
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a43307d5c7798f65d8b4567/fenomena-nuthuk-untung-apa-buntung
Di liburan kemarin sempat viral karcis parkir di Yogyakarta dengan tarif yang tidak wajar. Orang jawa menyebut kejadian ini sebagai ‘nuthuk’. Dalam grammar bahasa jawa ‘nuthuk’
Lapor Hansip
27-12-2017 12:32

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Di liburan kemarin sempat viral karcis parkir di Yogyakarta dengan tarif yang tidak wajar.emoticon-Confused Orang jawa menyebut kejadian ini sebagai ‘nuthuk’. Dalam grammar bahasa jawa ‘nuthuk’ sendiri berarti memukul. emoticon-Hammer Istilah ini biasanya merujuk pada transaksi curang yang dilakukan oleh pedagang kepada pembelinya.
Quote:
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Biasanya terjadi pada pedagang makanan yang tidak menunjukkan daftar harga makanannya kepada pembeli. Kemudian saat pembeli akan membayar, harga yang diberikan oleh penjual tidak masuk akal atau dinaikkan hingga berkali lipat oleh si penjual. Bayangkan jika kita mengalaminya, kepala rasanya langsung cenut cenut, yah seperti dipukul kepalanya. emoticon-Big Grin Nah mungkin inilah kenapa kejadian ini dihubungkan dengan kata ‘’nuthuk’’, karena rasanya seperti saat kita dipukul kepalanya. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:
Kenapa Mereka Melakukan?

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Kejadian ‘nuthuk’paling sering terjadi di tempat-tempat wisata yang notebene-nya sangat ramai saat puncak liburan tiba. Sesuai dengan prinsip ekonomi, para pedagang tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. emoticon-Nohope Oknum ini sengaja berbuat curang dengan secara sengaja tidak memberikan daftar harga kepada para konsumen. Tapi apakah praktek ini benar-benar akan memberikan keuntungan bagi para pelaku?

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Quote:
Konsekuensi

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Mungkin bagi para pelaku akan mengganggap kecurangan ini benar-benar akan memberikan keuntungan, setidaknya dalam jangka pendek. Tapi bila ditelaah lebih jauh, kecurangan semacam ini justru akan merugikan dalam jangka panjang. Bagaimana tidak, konsumen yang dicurangi tentunya akan kapokkembali lagi untuk membeli di tempat itu, apalagi sekarang ini dengan adanya media sosial dimana setiap orang dapat memviralkan apapun dengan mudah, yang pada akhirnya akan memperburuk citra pedagang tersebut. Selain itu, hal ini tidak hanya berdampak pada pedagang saja namun juga terhadap tempat wisata tersebut yang akan terstigma negatif oleh masyarakat, ujung-ujungnya kunjungan wisatawan akan berkurang. emoticon-linux2

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Quote:
Tips Terhindar dari Nuthuk

Bagi Agan dan Sista yang akan berlibur supaya tidak menjadi korban ‘nuthuk’, sebaiknya saat akan membeli sesuatu terutama makanan, tanyakan terlebih dahulu daftar harganya kepada pembeli. emoticon-thumbsupSebenarnya ini merupakan hal yang wajar tetapi kadang kita merasa gengsi, karena hanya membeli di pinggir jalan kita sering berpikir ''masa harganya bakal mahal''. emoticon-Malu Padahal justru celah inilah yang sering dimanfaatkan oleh para pedagang nakal. Padahal kalo dilihat sesuai hukum agama yang TS anut (islam), menanyakan harga merupakan proses akad dalam jual beli, dan jika harga yang ditawarkan tidak sesuai harapan maka si pembeli dapat membatalkan proses jual beli. emoticon-Ngacir

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Quote:
Pemerintah Harus Bertindak Tegas

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Kejadian ‘nuthuk’ini jika dibiarkan saja oleh Pemerintah akan berakibat pada kemunduran industri pariwisata di daerah. Pemerintah harus bertindak tegas dan memberikan kebijakan untuk melindungi para konsumen, misalnya saja mewajibkan para pedagang di daerah wisata untuk mencantumkan daftar harga pada lapak mereka. Bagi yang melanggar sanksinya juga harus membuat jera, misalnya saja dilarang berdagang di tempat tersebut selama kurun waktu tertentu. Karena jika kejadian ini dibiarkan saja, cepat atau lambat dampaknya akan terasa bagi kemajuan pariwisata di daerah tersebut emoticon-linux2

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?

Itulah penjelasan singkat tentang 'nuthuk', bagi Agan dan Sista tetap waspada ya kalo mau liburan, jangan sampai liburannya jadi tidak menyenangkan karena masalah 'nuthuk'ini emoticon-Big Grin

Quote:
Kunjungin Trid Ane Yang Lain :

Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Nih Bre Jam Termahal di Dunia, Ente Mau Pilih Yang Mana?
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Flak 88, Meriam Nazi Pelumat Tank Sekutu
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Rekor Ini Cuma Ada di Indonesia, Negara Lain Gak Mungkin Ngalahin
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Membanggakan, PINDAD Ternyata Punya Produk Lain Selain Alutsista
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Olahan Tempe ini Memang Maknyuus, Yang Mana Favorit Agan dan Sista?
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Wajib Nonton, 5 Film Hitam Putih dengan Rating Tertinggi di IMDb
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Hati-hati, 10 Barang Ini Bisa Ditelan Hewan Peliharaan Agan - Sista
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Kekayaan Bos Amazon (Orang Terkaya Di Dunia) Setara dengan GDP 5 Negara Ini!!
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Mengenal Penyakit Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP), Sindrom Manusia Batu!!
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Inilah Tim Asia Yang Paling Sering Merumput di Piala Dunia
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Grup WhatsApp Ini Salah Satunya Pasti Agan dan Sista Punya!
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Tugas Bahasa Indonesia Ini Memang Paling Malesin!
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Awas Ada Konvoi, Si Raja Jalanan Mau Lewat
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Pengabdi Kos Kosan, Saat Nganu Mewabah Di Kos!!
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Mengapa Jam Tangan 'Papa' Mahalnya Kebangetan?
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Misteri Setia Budi 1981, Kasus Mutilasi Pertama Di Indonesia Yang Tak Terpecahkan
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Pekerjaan Pekerjaan Mulia Yang Katanya ‘Menakutkan’
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?Beginilah Jadinya Jika Dukun Pengganda Uang Beneran Ada!
Prediksi Skenario Lanjutan "Drama Tiang Listrik"
Fakta Carisoprodol, Obat yang Sering Disalahgunakan Kids Zaman Now
Akankah Transportasi Ini Tersingkir dari Ibukota?
Neologisme, Mengeluarkan Kata Tanpa Makna!
GALIL, Senjata Israel Hasil Copy AK-47
Kapan Mau Berhenti Nonton Anime? Masa Udah Kepala 3 Masih Nonton Juga!
Siapa Bilang Lagu Rock Tidak Bisa Mengungkapkan Kasih Kita Kepada Ibu
Fakta Seputar Karbon Monooksida (CO), Si ‘Silent Killer’
Tsundoku, Penyakit Kronis Si Kutu Buku

SUMBER
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 12
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 01:39
Alhamdulillah ga pernah Kena ginian
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 01:54
endonesa....
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 01:56
Sesuai redaksi, Malu bertanya.. Sambung sendiri emoticon-Malu
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 01:58
udah biasa dijogja gan, apalagi kalo ada event kek sekaten beh bisa naik 2x lipat itu parkirnya. sayang aja sih kota senyaman dan seindah jogja jadi tercemar krn ulah oknum yg nuthuk gini.
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 01:59
Quote:Original Posted By dadang9111
bener banget tuhh bre masa ane naik bentor disana nyampe 30k dong
emoticon-Cape deeehh


nah ini ane juga pernah dan tarifnya ngalahin tarif taksi or taksi online emoticon-Leh Uga
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 02:01
Quote:Original Posted By anonykaos
di lesehan itu gak nyaman gan

- kurang bersih
- masaknya terkadang ngawur
- pengamen ANTRI
- klo gk makan, cm minum bakal diusir secara halus

Tapi udah jadi ciri khas sih

Klo saya kepikiran klo tenant tenant besar dirangkul jadi lesehan
Semisal WARUNG SS, STEAKSHAKE gt disuruh jualan lesehan di malioboro


iye gan mending ke fast food kek kfc sih, bukan ga mencintai makanan lokal tapi kalo mau makan makanan lokal dan harganya dibikin ga masuk akal ya gondok juga rasanya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 02:14
gara2 berita nuthuk, jadi males ke jogja
Bali masih opsi pertamaku
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 02:17
Quote:Original Posted By thenutskracker
iye gan mending ke fast food kek kfc sih, bukan ga mencintai makanan lokal tapi kalo mau makan makanan lokal dan harganya dibikin ga masuk akal ya gondok juga rasanya emoticon-Leh Uga


sapa bilang kfc bukan makanan lokal?
emang ayamnya import?
enggak lah, ayamnya juga dari peternakan di indon, pemilik peternakan nya juga orang indon.
heran deh kalo ada yg anggap kfc, mekdi itu produk aseng.
semua itu produk lokal.
Pegawainya lokal semua.
bahkan saos tomatnya pun produk made in indon
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 02:20
Di yogyakarta bnyk jg sih begini terutama tempat wisata ya meski beberapanya ada yg kena cyduk. Jd emg bener kalo ke tempat wisata dan bukan orang daerah situ pertama harus tnykan harga.
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 02:50
Pernah makan racun dan dipaksa harus bayar waktu wisata ke kampung teman. Sungguh biadab memang...
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 04:39
kalo yg beli ga ridha... bakal dijauhkan dari keberkahan

banyak duid tapi sering kena musibah yg tidak dinyana2
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 04:46
Kasian yang kanker(kantung kering) gan kalau gituan
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:09
kalo ane sama temen temen ane suka bilangnya kepatil gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:12
tenggelamkan
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:13
Quote:Original Posted By wahyu3auv3
Para pedagang ntu gag tau rasanya disumpahin orang yg terdzalimi
emoticon-Leh Uga


yang model gitu mah yang penting dapet duid banyak gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:15
Quote:Original Posted By initial.0
emoticon-Leh Uga

sama sama gan, roaming ya emoticon-Big Grin

bener gan, mereka g mikir jauh apa ya, kan malah rugiin diri sendiri emoticon-Cape d... (S)

nuthuk opo emoticon-Big Grin

siap gan emoticon-army

semoga ke depan bisa berubah emoticon-Bingung

sasaran empuk ni emoticon-Cool

bener banget gan, mereka g berpikir sampe ke situ ya emoticon-Hammer

emoticon-Leh Uga pemerintahe ketoe kura kura dalam perahu, ket mbiyen di jor ke ae emoticon-Cape d... (S)

bener nih, bule juga sering jadi sasaran, malu2in aja emoticon-Cape d... (S)

bener gan emoticon-Ngacir Tubrukan

ane gak mudeng hubungannya apa emoticon-Hammer

bener gan, terkadang sering koar koar tanpa mau koreksi diri pribadi emoticon-Hammer

sering ketipu ya emoticon-Big Grin

bener banget, yg beli pasti lgsg kapok emoticon-Cape d... (S)

tetap hati2 gan dimanapun emoticon-thumbsup

amin emoticon-Nyepi


okee gan sip
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:16
Quote:Original Posted By weezer088
bener di jogja emang sering banget ne gan ,apalagi kalau bukan asli orang sana pasti di naikin hargannya makan di emperan harganya udh kaya restoran mewah

INFO BISNIS KULINER


kalo naeknya cuma dikit sih masih wajar menurut ane
kalo udah kaya restoran mewah mah gila emoticon-Mad
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:18
Quote:Original Posted By Cupetot
Hmm . . .
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
Setelah di tela'ah dg tepo seliro dan budi pekerti yg luhur....

Paling aman emang beli di Indomart, Alfamart, parkir di mesjid emoticon-Malu


indoapril emang jual bakso gitu gan? emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:19
Quote:Original Posted By simbahkakung212


Dopost gan? emoticon-Leh Uga

Btw, pake bahasa daerah setempat sekalian aksennya bisa membantu mencegah. Misal di Jogja pake bahasa Jawa se-medoknya mungkin bisa membantu emoticon-Leh Uga


masalahnya ane cuma bisa bahasa indonesia doank gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Fenomena ''Nuthuk'', Untung Apa Buntung?
28-12-2017 05:20
Quote:Original Posted By adjiecoolz
Parah nuthuk nya kegedean
Pengen kliling eropa yg dagang gan


pengen pindah ke meikarta keknya gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Halaman 6 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia