News
Batal
KATEGORI
link has been copied
57
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3e951ec0d77063238b4567/penataan-tanah-abang-disebut-langgar-undang-undang-ini-kata-sandiaga
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga Nibras Nada Nailufar Kompas.com - 23/12/2017, 18:28 WIB JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan Jalan Jatibaru dari pukul 08.00-18.00 bagi kendaraan mendapat kritikan dari sejumlah pihak terkait aspek hukumnya. Kebijakan itu dianggap berbenturan dengan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang melarang penggunaan badan jalan dan
Lapor Hansip
24-12-2017 00:40

Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga

Quote:Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 23/12/2017, 18:28 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan Jalan Jatibaru dari pukul 08.00-18.00 bagi kendaraan mendapat kritikan dari sejumlah pihak terkait aspek hukumnya.

Kebijakan itu dianggap berbenturan dengan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang melarang penggunaan badan jalan dan trotoar sebagai tempat parkir dan usaha. Apa kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno?

"Silakan (disebut melanggar hukum) itu juga kami terima masukannya, tim hukum juga akan memastikan bahwa awalnya itu kami yakin tidak ada penutupan jalan lalu lintas, tim hukum kami berikan clearance jadi nanti kita lihat lagi bagaimana secara menyeluruh, komprehensif pandangan daripada berbagai segi untuk penataan ini," ujar Sandiaga ditemui di Kawasan Kota Tua, Sabtu (23/12/2017).

Sandiaga mengatakan kebijakan ini baru dilaksanakan dua hari. Oleh karenanya, ia meminta masyarakat tak buru-buru menilai.

"Ini kan baru dua hari, masih panjang dan kita sabar melihatnya, dan kita beri kesempatan penataan ini akan tepat di hati masyarakat," ujar Sandi.

Baca juga : Warga Tanah Abang Pertanyakan Kebijakan Penutupan Jalan

Sebelumnya, Peneliti Laboratorium Transportasi Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, menilai bahwa penggunaan jalan raya untuk berjualan para pedagang kaki lima ( PKL) menyalahi Undang-undang.

Suasana di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12/2017). Sehubung keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ruas jalan di depan stasiun ditutup untuk kendaraan bermotor pada pukul 08.00-18.00 WIB.
Suasana di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12/2017). Sehubung keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ruas jalan di depan stasiun ditutup untuk kendaraan bermotor pada pukul 08.00-18.00 WIB.(MAULANA MAHARDHIKA)

Menurut Djoko, dijadikannya jalan raya sebagai tempat PKL berjualan melanggar Pasal 12 Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Adapun bunyi Pasal 12 yakni, "Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan. Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang milik jalan. Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang pengawasan jalan."

Djoko menyampaikan, bila ada pihak yang merasa kenyamanannya terganggu, bisa saja mereka menuntut sang pemberi izin, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...-kata-sandiaga



jalan umum buat kendaraan, dan trotoar buat pejalan kaki dipakai buat lapak pedagang, buat yg tinggal di sana dan terganggu, buat supir oplet dan pemilik jasa ekspedisi yg terganggu, buat pemilik kios yg dirugikan, silakan bersama menggugat ganti rugi ke pengadilan. UU bersama kalianemoticon-2 Jempol
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:45

- Pasal 275 UU no 22 tahun 2009 menyatakan bahwa, Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

- Pasal 28

(1) Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang
mengakibatkan kerusakan dan/ atau gangguan fungsi
Jalan.

(2) Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang
mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan
Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1).

Pasal 29

(1) Untuk mendukung pelayanan Lalu Lintas dan Angkutan
Jalan yang aman, selamat, tertib, dan lancar, kondisi
Jalan harus dipertahankan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:48
Quote:"Silakan (disebut melanggar hukum) itu juga kami terima masukannya, tim hukum juga akan memastikan bahwa awalnya itu kami yakin tidak ada penutupan jalan lalu lintas, tim hukum kami berikan clearance jadi nanti kita lihat lagi bagaimana secara menyeluruh, komprehensif pandangan daripada berbagai segi untuk penataan ini," ujar Sandiaga ditemui di Kawasan Kota Tua, Sabtu (23/12/2017).

Sandiaga mengatakan kebijakan ini baru dilaksanakan dua hari. Oleh karenanya, ia meminta masyarakat tak buru-buru menilai.

"Ini kan baru dua hari, masih panjang dan kita sabar melihatnya, dan kita beri kesempatan penataan ini akan tepat di hati masyarakat," ujar Sandi.
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:50
Contoh lah tanggul baswedan, dibangun dan cepat selesai, langsung memberikan dampak pd lingkungan sekitar, dan yg terlebih penting adalah penyerapan anggaran yg maximal
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:50
astagfirullah, Cumen Di Jakarta Jalan Fungsinya Untuk PKL Jualan , Mobil Bayar Pajak Ga Dapat Apa2 emoticon-Leh Uga
Diubah oleh habibtoyib
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:50
sandi kalo ngomong kaya google translet...
emoticon-Wakaka
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:52
Quote:Original Posted By kinggidorah666



jalan umum buat kendaraan, dan trotoar buat pejalan kaki dipakai buat lapak pedagang, buat yg tinggal di sana dan terganggu, buat supir oplet dan pemilik jasa ekspedisi yg terganggu, buat pemilik kios yg dirugikan, silakan bersama menggugat ganti rugi ke pengadilan. UU bersama kalianemoticon-2 Jempol



Quote:UU LLAJ tahun 2009

Pasal 45

Ayat 1
Fasilitas pendukung penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan meliputi:
a.trotoar;
b. lajur . . .
b. lajur sepeda;
c.tempat penyeberangan Pejalan Kaki;
d. Halte; dan/atau
e.fasilitas khusus

Ayat 2
Penyediaan fasilitas pendukung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan oleh:
a.Pemerintah untuk jalan nasional;
b.pemerintah provinsi untuk jalan provinsi;
c.pemerintah kabupaten untuk jalan kabupaten dan jalan desa;
d.pemerintah kota untuk jalan kota; dan
e.badan usaha jalan tol untuk jalan tol.

Pasal 131

Ayat 1
Pejalan Kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain.

Ayat 2
Pejalan Kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang Jalan di tempat penyeberangan.

Ayat 3
Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pejalan Kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan keselamatan

Pasal 274

Ayat 1
Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerusakan dan/atau gangguan fungsi Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah)
.
Ayat 2
Ketentuan ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku pula bagi setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2).

Pasal 275

Ayat 1
Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Ayat 2
Setiap orang yang merusak Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sehingga tidak berfungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).



0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 00:54
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga

emoticon-Wakaka clearance sale
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:04
•FAKTA di lapangan


Meanwhile..

Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga

Boss'nya cengar cengir, cicilan buat lambo'nya mengalir aman terkendali lagi emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ssi.
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:13
SEKARANG ZAMANNYA undang2 tunduk sama pribumi tak !
udah gak zaman lagi pribumi tunduk sama undang2
kuno

wan abud konvoi lawan arus di puncak
itu contoh kalo kitak pribumi di atas undang2 !

buruan nasbung bikin hunian di halaman balai kota
mumpung masih kosong. siapa cepat dapat ! emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh KAISAR.grungker
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:30

Djoko menyampaikan, bila ada pihak yang merasa kenyamanannya terganggu, bisa saja mereka menuntut sang pemberi izin, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.


berarti bisa digugat ke pngadilan PTUN

lumayan kalo menang bisa dapet milyaran tuh

sebelum gugat mending konsultasi dulu ke LBH , kans menang gugatan berapa persen

emoticon-Malu
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:31
somewhere in jakarta 2018
guru : apa fungsi jalan anak-anak ?
murid : buat jual dagangan, bu...
guru : betooollll sekali anak-anak





emoticon-Leh Uga
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:31
Kasihan nastaik....
Masih 5 tahun lagi loh.
Yang dikandangin juga masih 2 tahun kurang 15 hari lagi
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:32
Geblek asli duo badut
Berarti trotoar bisa buat dagang
Sekalian aja warga jakarta depan toko nya buat dagang di trotoar dan jalan
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:38
Kok pada sewot... Ini kan lagi diupayakan kampanye kemarin "dikasih tempat, dicariin pembeli... "
Kalo jalan raya buat jalannya kendaraan boleh dipakai jualan nanti sungai buat jalannya air boleh juga dipakai sebagai pemukiman...
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:44
Orang gini kok bisa jd gubernur ya?!?! Ni yg milh stress atau gimana?
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:51
Original Posted By ngelenk ►
Intinya adalah dialog. Kita ajak bicara airnya. Duduk bersama, saling membangun pengertian. Dari sana kita akan temukan solusi-solusi cerdas bagaimana agar air bisa pulang sendiri ke tempatnya semula dengan sukarela. Itu bisa dilakukan, asal ada kemauan. Ada rasa saling pengertian. Masalahnya cuma soal keberpihakan."

Lalu maju wakilnya. "Tadi saya ketemu Binarti, penjual kue cucur di Manggarai. Dia kebanjiran. Tapi sebagai pengusaha dia tidak bisa renang. Alhamdulillah, dengan bantuan program oglek-oglek, Binarti kita latih renang. Sekarang Binarti tidak lagi kuatir banjir, Dia sudah bisa berenang. Gaya kupu-kupu sambil makan kue cucur
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:55
tuh kan
kalo ngomong pasti lucu emoticon-Smilie

pake istilah aneh kalo yang satunya kata2nya mbulet emoticon-Smilie
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:57
Quote:Original Posted By BMAGLY

Djoko menyampaikan, bila ada pihak yang merasa kenyamanannya terganggu, bisa saja mereka menuntut sang pemberi izin, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.


berarti bisa digugat ke pngadilan PTUN

lumayan kalo menang bisa dapet milyaran tuh

sebelum gugat mending konsultasi dulu ke LBH , kans menang gugatan berapa persen

emoticon-Malu


mau kaga disholatin + di demo bersilit2 yang ngelapor ntar emoticon-Traveller
0 0
0
Penataan Tanah Abang Disebut Langgar Undang-undang, Ini Kata Sandiaga
24-12-2017 01:59
mawut gpp bre yg penting tepat di hati para preman pasar sama PKL yg udah mendukung kitak2 emoticon-Ultah
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia