News
Batal
KATEGORI
link has been copied
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3dedf4d44f9f92298b4567/mui-tak-karang-umat-islam-ucapkan-selamat-natal
MUI TAK LARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL VIVA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'aruf Amin tak melarang umat Islam mengucapkan natal. Ia menyerahkan kepada seluruh umat Islam untuk mengikuti keyakinan masing-masing jika ingin menyampaikan ucapan natal. Sebab, sikap masyarakat terbelah dua mengenai hal itu. "Karena itu saya mengatakan silakan saja mengikuti pendapat membolehka
Lapor Hansip
23-12-2017 12:47

MUI TAK LARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL

Quote:MUI TAK LARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL

MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL


VIVA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'aruf Amin tak melarang umat Islam mengucapkan natal.

Ia menyerahkan kepada seluruh umat Islam untuk mengikuti keyakinan masing-masing jika ingin menyampaikan ucapan natal. Sebab, sikap masyarakat terbelah dua mengenai hal itu.


"Karena itu saya mengatakan silakan saja mengikuti pendapat membolehkan (ucapan natal), mau mengikuti (pendapat) mengharamkan ucapan natal juga silakan," kata Ma'aruf, di kantor MUI Jalan Proklamasi, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017.




Ma'aruf menyatakan, hal yang tidak dibolehkan ialah menggunakan atribut natal atau ikut dalam ritual ibadah di dalamnya.

Saat ini, MUI belum memutuskan atau menyampaikan fatwa perihal ucapan natal tersebut. Sebab, masih ada beda pendapat di masyarakat. "Karena masalah itu belum diputuskan," katanya.

Sebelumnya, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma'arif tidak mempermasalahkan jika ada umat Islam yang memberi ucapan natal.

Menurut Buya Syafii, sapaan akrab Syafii Ma’arif, ucapan selamat hari raya agama lain adalah bentuk menghargai sesama pemeluk agama. Bahkan, ia menyebutkan, para ulama di Mesir memperbolehkan seorang muslim mengucapkan selamat hari natal.

"Bagi saya tidak apa. Saya sudah puluhan tahun mengucapkan. Tidak ada masalah dan biasa saja," katanya di gedung PPATK, Jalan Ir. Juanda, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2017.



Lu natalan pada di rumah aje ya? Mblo2 nastak nasbung
Polling

Poll ini sudah ditutup - 22 Suara

Agan - agan Natalan pasti pada jomblo kan? 
45.45%
iya
54.55%
gak
Diubah oleh jojojeje3434
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 04
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 15:12
gue bilang slamat makan dn bersenang-senang aj dah yaaa ................ emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 18:13
yang ngrayain siapa, yang ribut siapa? tapi liburnya gak haram ya?
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 18:13
yang ngrayain siapa, yang ribut siapa? tapi liburnya gak haram ya?
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 21:10
Emang dosa ya kalo ngucapin selamat natal? emoticon-Bingung ... mungkin bobot dosa mencaci maki malah lebih berat daripada dosa kalo ucapin selamat natal ( kalo ada dalilnya sih )
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 21:16
Quote:Original Posted By nugrohoardyanto
yang ngrayain siapa, yang ribut siapa? tapi liburnya gak haram ya?


La yaitu gan malah nanti bobot dosa mencaci maki agama orang malah lebih besar daripada dosa kalo ucapin selamat natal ( kalo ada dalilnya ucapin selamat natal adalah dosa ) ... ane aja muslim ya tetep aja ngucapin selamat kalo mereka lagi ada acara keagamaan, malah nambah temen gak nambah musuh
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 21:18
Quote:Original Posted By tetekdatar
Selamat Yule ya semuanya!!
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL


mirip perayaan maulid ya, gak ada diquran kok dirayakan🤣
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 21:54
Quote:Original Posted By minesport


mirip perayaan maulid ya, gak ada diquran kok dirayakan🤣


Setuju
Mending ngerayain Yule aja deh, lebih jelas, antara dapet mainan atau batu bara emoticon-Ultah
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
23-12-2017 22:34
Thn lalu katanya haram... Thn ini katanya gpp.... Baiklah, kemajuan dah...

SELAMAT NATAL BAGI YG MERAYAKAN NYA emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 00:36
Bagus lah kalo gitu.
Diubah oleh cummul
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 00:37
Quote:Original Posted By berabdi
Thn lalu katanya haram... Thn ini katanya gpp.... Baiklah, kemajuan dah...

SELAMAT NATAL BAGI YG MERAYAKAN NYA emoticon-I Love Indonesia


Tahun lalu ada rizieq. emoticon-Big Grin
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 01:05
Hanya orang yg imannya cetek yg merasa kalo ngeliat topi sinterklas atau pohon cemara jadi tersinggung, baper dan ngamuk2...
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 01:11
Agama laen ga ada yg larang ucapin selamat lebaran ya ? emoticon-Big Grin

Plus kalo mau jadi member juga ngak segampang ucapin beberapa kalimat doang emoticon-Big Grin
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 01:19
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL


Jingle bell jingle bell..
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 01:21
astagfirullah, Mau Larang Ngucapin Natal Ya Jangan ikutan Libur emoticon-Leh Uga
Munafik Kog Setengah-Setengah , INDON Emank uda Dari Dulu MUNAFIKnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 02:49

selamat Natal buat nastak dan nasbung yg merayakan

semoga Tuhan YME melimpahkan kebahagiaan bagi kita semua

0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 03:44
Hanya di Indonesia nih yang tiap tahun polemik beginian terus, kampret emoticon-Leh Uga
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 04:13
Ohiye bentar lagi tahun politik emoticon-Traveller
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 05:38
Quote:Original Posted By revolushit.29
Ohiye bentar lagi tahun politik emoticon-Traveller


Nggak ada hubungannya.

Tiap tahun polemik ini ada.

Padahal yg kristen juga berkali kali bilang... EMANGNYEE GUA KEGATELAN KALAU KAGAK DIKASIH SELAMAT??
0 0
0
MUI TAK KARANG UMAT ISLAM UCAPKAN SELAMAT NATAL
24-12-2017 06:02
Nasbung sok2an ngelarang padahal punya temen non satupun kagak.
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia