omdikenyotom
TS
omdikenyotom
bingung,kenapa indonesia begitu membela palestina ?
sambil menulis coret coretan ini lewat hp,sayap sedang menonton dvd "the pacific",film seri yg bercerita tentang perang dunia kedua antara amerika melawan jepang.



disisi lain saya jg mencet mencet hp ngeliat uc news dan forum bp kaskus yg dipenuhi berita berita tentang palestina : demo, boikot produk amerika & israel,ajakan jihad,bahkan salah satu artis top kita,melly goeslaw kabarnya sedang bersiap berangkat ke gaza.

pemicunya?

gara gara presiden amerika ,donald trump mengakui jerusalem sebagai ibu kota israel

kenapa begitu ngotot membela palestina?

konon argumen plg populer yg sering dipakai pro palestina(yg biasanya muslim) adalah krn palestina adalah yg pertama mengakui kedaulatan indonesia,meski sebenarnya saya ragu alasan ini adalah alasan utama bangsa indonesia keukeh ngebela palestina..pasalnya non muslim indo (termasuk penulis) kok ga merasakan hubungan emosional yg sama dengan muslim indo?

mngkn muslim indo membela palestina krn hubungan emosional solidaritas seiman ? entahlah...teman teman muslim penulis tidak pernah memakai alasan tersebut kepada penulis,mngkn ga enakan sama penulis yg non muslim kali ya.

argumen populer kedua yg sering dipakai pro palestina adalah "kemerdekaan adalah hak segala bangsa",jd indo wajib bela palestina..sebuah makna ambigu bagi penulis krn disisi lain sikap resmi bangsa indonesia menolak mengakui kemerdekaan israel.padahal katanya "kemerdekaan adalah hak segala bangsa",apa bangsa yahudi/israel mendapat pengecualian?

loh kok?

mngkn kasus israel beda krn membuat negara di atas tanah bangsa/negara lain?

tapi lagi lagi penulis dibuat bingung ketika nyatanya indonesia pernah sangat ngotot ngebela pakistan yg memisahkan diri merdeka dr india dengan mengebiri dan menempati wilayah india

padahal india salah satu negara yg pernah sangat mesra dengan indonesia diawal kemerdekaan dulu,sampai sukarno ngirim berton ton beras dan dibalas oleh india.tapi itu dulu..sebelum pakistan ribut ribut mau merdeka.

alasan indonesia pindah haluan ngebela pakistan dan mencampakan india?

entahlah

lagi lagi penulis ga tau



renungan penulis kemudian berhenti sejenak ketika film the pasific mulai menampilkan adegan seru

meskipun penulis baru nonton sampai setengah seri,tp penulis (dan kita semua)pasti tahu bahwa jepang pada akhirnya menyerah kalah melawan amerika setelah dihajar senjata pamungkas bom atom,peristiwa ini juga berimbas pada negara tercinta indonesia kita yg "aji mumpung" memerdekakan diri.

sungguh luar biasa ada bangsa asing yg berkorban ratusan ribu nyawa utk kemerdekaan indonesia(meski hny efek samping, bukan tujuan utama amerika)

semua atas jasa dan pengorbanan....

amerika

iya,amerika dengan presiden donald teump nya yg lg didemo dan diancam boikot itu loh


padahal tanpa amerika,sejarah mngkn mencatat saya atau anda yg sedang membaca tulisan saya ini berstatus sebagai budak romusha bagi yg laki laki atau jugun ianfu bagi yg perempuan


ini nasib gw dan elo kalau amerika kalah lawan jepang


tanpa mengecilkan perjuangan pahlawan kita,tp amerikalah yg berjasa mengusir jepang dr indonesia,menyebabkan indonesia mengalami vakum kekuasaan sehingga bisa mengkonsolidasikan kekuatan(dan merebut persenjataan digudang senjata bekas milik jepang) utk menyambut agresi militer belanda pertama dan kedua.

oh lagi lagi ada peran amerika menekan belanda disini,termasuk membuat belanda mundur perihal irian barat(irian jaya/papua)

pada salah satu memorandum yg ditulis oleh james w barco,bekas staf GOC di jakarta,pada 3 september 1948 memberi saran kepada atasannya dean rusk(yg kelak menjadi mentri luar negri JFK),agar mengintervensi dan memberi tekanan diplomasi dan sekuat kuatnya kepada belanda,kalau perlu sampai membawa sampai ke dewan keamanan PBB.

luar biasa sebegitu niatnya dan sebegitu besarnya upaya amerika menekan belanda agar tidak mengganggu indonesia lagi,sebuah upaya gigih dari amerika melindungi bangsa asing yg saat itu mereka tidak kenal dekat.



dan lagi lagi penulis bingung knp bangsa indonesia begitu benci nya kepada amerika?


bangsa yg dulu pernah melakukan aksi nyata berjasa besar kepada indonesia,tapi skrg indonesia justru menjadi salah satu negara didunia yg plg anti kepada amerika?

disisi lain penulis tambah semakin bingung ketika melihat kecintaan mayoritas penduduk indonesia kepada palestina hny krn mufhti palestina saat itu mengakui kemerdekaan indonesia,yah pengakuan dari suara personal mufthi bangsa yg bahkan belum menjadi negara

bukan pengakuan dr presiden

bukan pengakuan dr negara krn saat itu bahkan palestina belum kepikiran mendirikan negara

tapi pengakuan hny dari seorang mufthi palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini ternyata dianggap bernilai lbh besar dari aksi nyata amerika dalam upaya melindungi kemerdekaan indonesia,dan jg dianggap lbh besar nilainya dibanding mesir yg melakukan pemberontakan anti belanda-inggris di sana atas respon insiden 10 november 1945 disurabaya.

iya mesir

aksi nyata mesir tidak hanya terbatas pada 10 november 1945,tapi berlanjut sampai 1947 saat agresi militer belanda ke-1

Yang mencolok dari gerakan massa internasional adalah ketika momentum Pasca Agresi Militer Belanda ke-1, 21 Juli 1947. Saat kapal “Volendam” milik Belanda pengangkut serdadu dan senjata telah sampai di Port Said.

Ribuan penduduk dan buruh pelabuhan Mesir yang dimotori gerakan Ikhwanul Muslimin, berkumpul di pelabuhan itu. Mereka menggunakan puluhan motor-boat dengan bendera merah-putih sebagai tanda solidaritas, berkeliaran di permukaan air guna mengejar dan menghalau blokade terhadap motor-motor boat perusahaan asing yang ingin menyuplai air dan makanan untuk Kapal “Volendam” milik Belanda yang berupaya melewati Terusan Suez, hingga kembali ke pelabuhan.

Kemudian motor boat besar pengangkut logistik untuk “Volendam” bergerak dengan dijaga oleh 20 orang polisi bersenjata beserta Mr. Blackfield, Konsul Honorer Belanda asal Inggris, dan Direktur perusahaan pengurus kapal Belanda di pelabuhan. Namun hal itu tidak menyurutkan perlawanan para buruh Mesir.

aksi nyata dukungan mesir ini oleh wartawan ‘Al-Balagh’ pada 10/8/1947 melaporkan: “Motor-motor boat yang penuh buruh Mesir itu mengejar motor-boat besar itu dan sebagian mereka dapat naik ke atas deknya. Mereka menyerang kamar stirman, menarik keluar petugas-petugasnya, dan membelokkan motor-boat besar itu kejuruan lain.”

itulah mesir dan amerika,yg aksi nyata kisah heroiknya ternyata kalah pamor dibanding palestina dimata rakyat indonesia.dan disamping amerika dan mesir,msh byk negara lain yg sebenarnya melakukan aksi nyata membela kemerdekaan indonesia,seperti negara tetangga kita yg kadang dibenci : australia

para simpatisan prajurit australia ternyata pernah melakukan aksi nyata menyebar brosur seruan dukungan besar besaran terhadap kemerdekaan indonesia.

aksi simaptisan australia pro-indonesia ini sukses besar membentuk opini rakyat australia

salah satunya membentuk opini pekerja kelautan australia, untuk menunjukkan solidaritasnya, sekitar 4.000 pekerja kelautan australia bekerjasama dengan pelaut Indonesia melancarkan aksi pemogokan.

Mereka, menolak melakukan bongkar muat kapal-kapal Belanda yang membawa persenjataan milik Belanda.


aksi nyata australia mogok bongkar senjata belanda

Di tahun 1945, Sutan Sjahrir pernah memberikan pidato yang disampaikan untuk warga Australia.

Sjahrir menyatakan Australia sebagai 'teman', dengan merujuk pada pengalaman kedua negara dalam perang Pasifik melawan Jepang

itulah aksi nyata australia,amerika,mesir yg kalah pamor atau bahkan sudah dilupakan saat mendukung kemerdekaan indonesia,kalah pamor dengan pidato dari seorang mufthi palestina.

entah kenapa?

masa iya pidato sekian menit dari seorang mufthi palestina terkait indonesia kalah efeknya dibanding aksi nyata ribuan warga australia,mesir dan amerika?

dan jgn lupakan juga pengakuan dan dukungan vatikan diawal kemerdekaan indonesia sehingga membuat negara negara barat dan kristen katolik didunia mulai mengikuti langkah vatikan.

toh kisah tersebut ga diagung agungkan seperti pengakuan palestina kepada indonesia

ada apa?


atau mngkn pro palestina tau jawabannya ?

kok bisa?



entahlah..


penulis mah apa atuh..ga paham




Diubah oleh omdikenyotom 19-12-2017 01:42
c4punk1950...
c4punk1950... memberi reputasi
1
39.3K
498
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread81KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.