Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b38221cbfaa66788b4568/ikan-endemik-di-danau-kritis-indonesia
Bicara danau dan ekosistem, memang mengasyikkan seasyik kopi nikmat yang ada di depanku. Namun sepertinya kalian tak pernah tahu bahwa beberapa danau indah di
Lapor Hansip
21-12-2017 11:27

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Bicara danau dan ekosistem, memang mengasyikkan seasyik kopi nikmat yang ada di depanku. Namun sepertinya kalian tak pernah tahu bahwa beberapa danau indah di Indonesia mengalami kritis, dan rusaknya ekosistem membuat hancurnya alam dimana hewan endemik menjadi sulit ditemui, karena perkembang biakannya terhambat.

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Hewan Danau endemik apa saja yang sudah kritis karena rusaknya alam akibat ulah manusianya sendiri, mari kita kupas masalah ini.

Ikan Ihan di Danau Toba

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Ihan (ikan batak) merupakan jenis ikan tawar sumatera yang hanya terdapat di sekitar perairan danau toba. Ikan Ihan yang mempunyai nama latin Neolissochillus Thienemanni sumatranus termasuk ke dalam kerabat Ikan Mas (Cyprinus carpio).

Habitatnya adalah perairan jernih dan deras, tentu berbeda dengan ikan mas atau ikan lele yang bisa hidup di air yang agak keruh.

Diperairan danau toba sendiri, saat ini Ikan Ihan sudah jarang ditemukan, penyebabnya adalah habitatnya yang rusak (kondisi danau toba yang semakin memprihatinkan). Oleh karena sudah jarang ditemui, maka oleh IUCN Red List of the Threatened Species, Ikan Ihan diklasifikasikan ke dalam kelompok terancam/Vulnerable.

Dengan rusaknya ekosistem Danau ikan yang banyak terdapat di aliran muara Danau Toba menjadi sangat memprihatinkan, mudah-mudahan ada pihak pemerintah yang memberikan bantuan dan antisipasi agar hewan endemik ini tidak punah.

Rinuak Di Danau Maninjau

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Danau Maninjau, danau yang terkenal dengan legenda “Bujang Sambilan” ini konon kabarnya berasal dari letusan gunung Maninjau / Tinjau.

Danau Maninjau menjadi sumber pencaharian bagi masyarakat sekitar karena kekayaannya akan flora dan fauna yang banyak, seperti bada (kalau di danau Singkarak disebut bilih), rinuak, pensi (kerang kecil-kecil). Selain itu, danau Maninjau juga dijadikan tempat usaha perikanan yang disebut karamba.

Nah ikan kecil mirip ikan teri yang dinamakan rinuak menjadi hewan endemik di danau ini, danau ini termasuk danau kritis karena suka keluarnya endapan racun yang membuat banyak ikan di danau tersebut mati.

Bahkan dahulu jenis betok, sidat, cide-cide dan lainnya sudah punah atau tidak ditemukan lagi di perairan Danau Maninjau.

Punahnya ikan asli danau itu akibat penangkapan ikan secara belebihan yang dilakukan nelayan, dan juga pencemaran serta dimangsa ikan lain.

"Ikan nila, patin dan dan gabus merupakan predaktor ikan dengan ukuran kecil," upaya dari pemerintah memang sudah dilakukan tinggal masyarakatnya yang harus menjaga alam.

Manggabay di Danau Limboto

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Danau Limboto merupakan danau satu-satunya di Kabupaten Gorontalo yang menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar. Namun, usia danau terbesar di Gorontalo itu diperkirakan kurang dari 10 tahun lagi.

Danau limboto mengalami rusak parah karena pencemaran alam, dan tumbuh suburnya eceng gondok, tak hanya penyusutan air danau karena sumber mata air yang tak mengalir namun begitu juga dengan hewan endemik yang ada menjadi jarang sekali ditemukan.

Ikan Manggabay pun menjadi sangat sulit ditemukan dan terancam punah, walau pembenahan sudah dilakukan namun jangkanya teramat lama, harus dari hilir hingga hulu semua berbenah.

Itulah beberapa hewan endemik danau di Indonesia yang terancam punah, yuk kita lestarikan alam untuk anak cucu kita agar negeri ini selalu menjadi destinasi wisata yang menarik.

Sebelum coment sruuppuutt kopi dolo kawan.

emoticon-coffee



Referensi

http://lipi.go.id/lipimedia/lipi:-20-spesies-ikan-danau-maninjau-punah/18337

http://www.mongabay.co.id/2014/11/19/inilah-nasib-manggabai-ikan-endemik-danau-limboto/

http://m.bisnis.com/industri/read/20161114/99/602100/lipi-sumbar-budidayakan-5-jenis-ikan-asli-danau-maninjau


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:35
ikan bilih di danau singkarak juga terancam. dulu pas ane kecil ikan bilih nyampe ukuran 2 jari, sekarang yang besar 1 jari aja udah sulit di pasar
Diubah oleh ramadahn44
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:38
wah kasian ya...
bisa punah...
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:41
ane kira ikan di danau gunung rinjani gan emoticon-Hammer2
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:42
Gak makan ikan ditenggelamkan bree
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:42
yang masih jadi misteri,,,

ikan-ikan itu datangnya dari mana yach? apakah ada yang menebar benih kah atau dengan muncul sendiri..?emoticon-Bingung
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:44
Quote:Original Posted By cueLenk
Buat bakar2an taun baru enak kayaknya gan


pake nasi gan makannya
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:46
Quote:Original Posted By biawakjahat
endapan racun keluar dari danau bagian mana bre?


Racun karena residu pakan ikan buatan yg banyak di gunakan petani ikan keramba
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:53
kirain ikan duyung
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:54
Sedih banget gan, semoga allah tetap memberikan 1 dari 99 rahmatnya didunia ini gan percaya aja
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:55
Harusnya kalo tebar benih jgn ikan nila
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 10:58
Mari gan kita jaga ke Indahan Indonesia
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:00
sodaranya ikan lohan : bingung
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:01
Quote:Original Posted By cocacola
BIsa, tapi siapa yang mau? Engga punya nilai ekonomis...

Budidaya bukan solusi mengatasi ancaman kepunahan, kalopun berhasil dibudidaya mau ditempatin di mana kalo ekosistemnya rusak? Yang harus diputus itu penyebabnya... Ikan ikan konsumsi yang dibudidaya di danau danau itu juga terancam dari racun racun yang mereka hasilkan sendiri. Nantinya bukan cuma ikan ikan endemik yang punah tapi juga ikan ikan konsumsi engga bisa lagi dibudidayakan di danau danau itu...


bener nih, yang harus diperbaiki itu ya ekosistemnya dan dipotong penyebab kerusakannya
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:03
ahhh kalo ikan batak di waduk gajah mungkur wonogiri banyak banget bre, nomor 2 juga ada tp udah jarang ditemukan.
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:13
ikan kont*l endemik nastak gan
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:27
sayang banget klo sampe punah emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:29
Quote:Original Posted By c4punk1950...

Racun karena residu pakan ikan buatan yg banyak di gunakan petani ikan keramba


Oh dari pakan buatan ternyata, kirain ada kejadian alam yg ngasilin racun begitu
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:38
Quote:Original Posted By biawakjahat
Oh dari pakan buatan ternyata, kirain ada kejadian alam yg ngasilin racun begitu


Pling kalau danau maninjau hanya air belerang masuk, tp jrang yg sering di setiap danau ada keramba krena endapan pakan tenggelam yang tak termakan menjadi amoniak...di dasar ketika ada badai dan angin kncang arus danau yang mngangkat zat td bisa membahayakan khidupan ikan itu sndiri...

Sedangkan pakan apung hrganya lbih mahal...
Diubah oleh c4punk1950...
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:38
kerusakan alam pasti akan mengganggu ekosistem mahluk hidup disekitarnya emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
22-12-2017 11:44
Quote:Original Posted By c4punk1950...

Pling kalau danau maninjau hanya air belerang masuk, tp jrang yg sering di setiap danau ada keramba krena endapan pakan tenggelam yang tak termakan menjadi amoniak...di dasar ketika ada badai dan angin kncang arus danau yang mngangkat zat td bisa membahayakan khidupan ikan itu sndiri...

Sedangkan pakan apung hrganya lbih mahal...


Mungkin juga air belerang ikut andil dalam pengeluaran racun. Soalnya setau saya, seharusnya amoniak bisa di uraikan di tanah emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia