alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a39f7f514088da4518b4569/petani-indonesia-vs-petani-luar-negeri-mana-yang-paling-makmur
Lapor Hansip
20-12-2017 12:41

Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?

Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?

Di beberapa negara, sektor pertanian emang jadi salah satu sektor yang digenjot untuk bisa mendukung pertumbuhan negara. Seperti India, China, dan Indonesia yang getol banget memoles dunia pertanian biar makin ajib! Sepertinya kaskuser juga udah pada ngeh dong, kalau di negara kita tercinta ini sektor pertanian udah jadi sektor andalan yang menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya nih gan, justru keadaan para pelaku tani sehari-harinya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Lalu, bagaimana dengan kondisi petani di luar negeri sana? Samakah dengan para petani di negara kita? Yukk, kali ini ane bakal ngajak sederet perbedaan dari petani kita dengan di luar negeri sana..
emoticon-nyantai emoticon-nyantai emoticon-nyantai

Beda Pendidikan, Beda Pengetahuan Juga?
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?
Banyak petani di Indonesia yang emang punya perbedaan sama petani di Jepang kalau ngelihat dari segi pendidikan nih gan, karena nyatanya petani di Indonesia kayak orang tua ane nih yang ga sedikit mereka cuma lulus di pendidikan sekolah dasar, mungkin jaman orang tua ane sih namanya SR (Sekolah Rakyat), bahkan mungkin juga ada kali yah yang sama sekali ga pernah ngerasain berpendidikan hingga kebanyakan mereka mau ga mau sebatas jadi buruh tani. Keadaan ini tentu berbanding terbaik dengan petani di Jepang. Pemeritah Jepang fokus untuk mengembangkan petaninya dari skill dan penghasilan, sehingga negara Jepang mempunyai standard pendidikan dalam keahlian bertani.

Bagaimana Cara Mereka Memenuhi Kebutuhan Hidup Mereka?
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?
Sepertinya udah bukan rahasia umum kalau petani kita masih hidup susah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan menurut Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro yang ane kutip dari sini, bahwa mayoritas petani masih hidup di bawah garis kemiskinan. Hasil tani dari para petani kerap dibayar murah, meskipun sampai ke konsumen harganya bisa jadi mahal, dan ujung-ujungnya bakal bikin susah petani buat bangkit dari masalah ekonomi yang membelitnya. Berbeda dengan para petani di Thailand gan, di Thailand para petaninya kebanyakan emang punya usaha sampingan dengan berbisnis hasil taninya, sehingga para petani di Thailand pun bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Mulai dari buat biaya hidup sehari-hari, sampai dengan membiayai sekolah anak malahan bisa sampai ke perguruan tinggi emoticon-2 Jempol.

Beda Juga Teknologi Yang Digunakan
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?
Beruntung buat kita-kita sebagai warga Indonesia yang hidup di negara kepulauan yang punya daratan lebih luas, di mana negara kita ini dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil alam yang berlimpah ruah, sehingga potensi petani pun masih banyak yang bisa kita gali. Sayangnya nih gan, fakta di lapangan masih banyak dari para petani kita yang masih pkai alat tradisonal untuk mengelola pertaniannya. Berbeda banget dengan para petani di Jepang yan sudah menerapkan teknologi yang sangat canggih dalam mengelola pertanian. Pekerjaan petani di Jepang bukanlah pekerjaan dengan level ekonomi menengah ke bawah. Dalam keseharian para petani di Jepang mereka menggunakan teknologi modern seperti transplanter, sepeda listrik, dan rumah kaca, yang bbeerapa petani Indonesia yang sudah menerapkannya. Namun bedanya, teknologi-teknologi ini di Jepang dijadikan standar dalam melakukan usaha tani.

Terlebih lagi, petani di Indonesia masih sering kepentok dengan berbagai kendala seperti kelangkaan pupuk, serangan hama wereng, sampai dengan gagal panen sehingga sulit mencari modal buat memulai usaha tani. Nah, sekarang giliran kita lah yang bisa memulai untuk membantu para petani di Indonesia nih gan, caranya bisa join dengan CROWDE untuk mendukung para petani lewat berbagai proyek dari petani-petani yang ini agar mereka-mereka ini punya modal. Melalui CROWDE agan sista bisa berinvestasi di bidang pertanian, dengan memulai investasi dari Rp. 10.000,- kalian udah bisa berinvestasi dan bisa dapetin untung sesuai proporsi di awal yang sudah ditentukan..

Nah itulah beberapa perbedaan petani kita dengan petani dari beberapa negera di luar. Faktanya pertanian yang sudah menopang pertumbuhan ekonomi, maka ga ada alasan lagi kalau kaskuser bisa mulai mendukung para petani dengan cara meluncur ke sini.
Sekian thread dari ane gan, yang mau komeng atau nambahin perbedaan lainnya bisa komentar di mari dan komeng terbaik akan ane angkut ke pejwan..

Quote:
Diubah oleh Maman
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
20-12-2017 12:43
masihkah pas julukan negera agraria untuk Indonesia ? emoticon-Sorry
0 0
0
20-12-2017 13:05
jepang tempat favorit aku buat travelling emoticon-Traveller
0 0
0
20-12-2017 13:09
miris yah beras ajah import emoticon-Matabelo
0 0
0
20-12-2017 13:26
petani indo dong gan, buktinya masih bisa memakmurkan tetangga , dengan mempekerjakan buruh taniemoticon-Shakehand2
Diubah oleh roleplay
0 0
0
20-12-2017 13:35
yang jelas kita kalah di riset dan pengembangan agricultur (pertanian, peternakan, perikanan)

tidak ada ceritanya suatu negara bisa sukses di bidang agraris tanpa riset dan pengembangan.

celakanya dana riset dan pengembangan agricultur indo hanya 0.00 sekian persen dari anggaran negara berbanding terbalik dgn anggaran kementrian agama yg bejibun..
emoticon-Cape d...

kalo kondisinya masih seperti ini terus, sampe lebaran gajahpun indo tidak akan pernah maju dibidang agricultur dll
0 0
0
20-12-2017 13:51
sayang sekali emoticon-Bingung
0 0
0
20-12-2017 13:54
Indonesia kalah di bidang pengembangan pertanian gan emoticon-Hammer2
0 0
0
20-12-2017 13:55
Kalau luar negerinya Zimbabwe ya masih menang petani indonesia
0 0
0
20-12-2017 13:59
Quote:Original Posted By baybayz
Kalau luar negerinya Zimbabwe ya masih menang petani indonesia


betul betul betul
0 0
0
20-12-2017 14:05
setuju ane sama agan di atas ane.. perlu riset pengembangan agrikultur.. emoticon-Ngacir
0 0
0
20-12-2017 14:10
Yuk jadi petani modern gan emoticon-Cool
0 0
0
20-12-2017 16:07
semoga petani makin makmur gan
0 0
0
20-12-2017 16:09
kalau teknologi jelas kalah sih,
tapi semoga kita bisa banyak belajar dari petani luar yang sudah sukses.
investasi pertanian emang ada yah, baru ngeh ane gan
0 0
0
20-12-2017 17:36
jaman Habibie petani makmur bre.
intinya kalo petani makmur berarti harga pangan naek, nah ente mampu beli kaga ?
0 0
0
20-12-2017 18:27
go go go petani indonesia
emoticon-2 Jempol
0 0
0
20-12-2017 21:54
semoga petani kita bisa belajar dari petani sebelah gan
btw crowde aman ga?
0 0
0
20-12-2017 21:55
beda banget yah
ane kepingin bantu tapi masih agak ragu2 kalau investasi
0 0
0
20-12-2017 21:57
Quote:Original Posted By Maman
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?

Di beberapa negara, sektor pertanian emang jadi salah satu sektor yang digenjot untuk bisa mendukung pertumbuhan negara. Seperti India, China, dan Indonesia yang getol banget memoles dunia pertanian biar makin ajib! Sepertinya kaskuser juga udah pada ngeh dong, kalau di negara kita tercinta ini sektor pertanian udah jadi sektor andalan yang menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya nih gan, justru keadaan para pelaku tani sehari-harinya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Lalu, bagaimana dengan kondisi petani di luar negeri sana? Samakah dengan para petani di negara kita? Yukk, kali ini ane bakal ngajak sederet perbedaan dari petani kita dengan di luar negeri sana..
:nyantai :nyantai :nyantai

Beda Pendidikan, Beda Pengetahuan Juga?
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?
Banyak petani di Indonesia yang emang punya perbedaan sama petani di Jepang kalau ngelihat dari segi pendidikan nih gan, karena nyatanya petani di Indonesia kayak orang tua ane nih yang ga sedikit mereka cuma lulus di pendidikan sekolah dasar, mungkin jaman orang tua ane sih namanya SR (Sekolah Rakyat), bahkan mungkin juga ada kali yah yang sama sekali ga pernah ngerasain berpendidikan hingga kebanyakan mereka mau ga mau sebatas jadi buruh tani. Keadaan ini tentu berbanding terbaik dengan petani di Jepang. Pemeritah Jepang fokus untuk mengembangkan petaninya dari skill dan penghasilan, sehingga negara Jepang mempunyai standard pendidikan dalam keahlian bertani.

Bagaimana Cara Mereka Memenuhi Kebutuhan Hidup Mereka?
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?
Sepertinya udah bukan rahasia umum kalau petani kita masih hidup susah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan menurut Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro yang ane kutip dari sini, bahwa mayoritas petani masih hidup di bawah garis kemiskinan. Hasil tani dari para petani kerap dibayar murah, meskipun sampai ke konsumen harganya bisa jadi mahal, dan ujung-ujungnya bakal bikin susah petani buat bangkit dari masalah ekonomi yang membelitnya. Berbeda dengan para petani di Thailand gan, di Thailand para petaninya kebanyakan emang punya usaha sampingan dengan berbisnis hasil taninya, sehingga para petani di Thailand pun bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Mulai dari buat biaya hidup sehari-hari, sampai dengan membiayai sekolah anak malahan bisa sampai ke perguruan tinggi emoticon-2 Jempol.

Beda Juga Teknologi Yang Digunakan
Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?
Beruntung buat kita-kita sebagai warga Indonesia yang hidup di negara kepulauan yang punya daratan lebih luas, di mana negara kita ini dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil alam yang berlimpah ruah, sehingga potensi petani pun masih banyak yang bisa kita gali. Sayangnya nih gan, fakta di lapangan masih banyak dari para petani kita yang masih pkai alat tradisonal untuk mengelola pertaniannya. Berbeda banget dengan para petani di Jepang yan sudah menerapkan teknologi yang sangat canggih dalam mengelola pertanian. Pekerjaan petani di Jepang bukanlah pekerjaan dengan level ekonomi menengah ke bawah. Dalam keseharian para petani di Jepang mereka menggunakan teknologi modern seperti transplanter, sepeda listrik, dan rumah kaca, yang bbeerapa petani Indonesia yang sudah menerapkannya. Namun bedanya, teknologi-teknologi ini di Jepang dijadikan standar dalam melakukan usaha tani.

Terlebih lagi, petani di Indonesia masih sering kepentok dengan berbagai kendala seperti kelangkaan pupuk, serangan hama wereng, sampai dengan gagal panen sehingga sulit mencari modal buat memulai usaha tani. Nah, sekarang giliran kita lah yang bisa memulai untuk membantu para petani di Indonesia nih gan, caranya bisa join dengan CROWDE untuk mendukung para petani lewat berbagai proyek dari petani-petani yang ini agar mereka-mereka ini punya modal. Melalui CROWDE agan sista bisa berinvestasi di bidang pertanian, dengan memulai investasi dari Rp. 10.000,- kalian udah bisa berinvestasi dan bisa dapetin untung sesuai proporsi di awal yang sudah ditentukan..

Nah itulah beberapa perbedaan petani kita dengan petani dari beberapa negera di luar. Faktanya pertanian yang sudah menopang pertumbuhan ekonomi, maka ga ada alasan lagi kalau kaskuser bisa mulai mendukung para petani dengan cara meluncur ke sini.
Sekian thread dari ane gan, yang mau komeng atau nambahin perbedaan lainnya bisa komentar di mari dan komeng terbaik akan ane angkut ke pejwan..

ini iklan yah?
kalau iya, ini sistem untungnya bagaimana? dan berapa persen kah pembagiannya?

0 0
0
21-12-2017 05:50


miris ya

Quote:


Petani Indonesia vs Petani Luar Negeri, Mana Yang Paling Makmur?

0 0
0
21-12-2017 06:02
Jika Technology Dari luar dibawa masuk. Pasti petani Kita bisa lebih makmur lagi ya gan
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.