dishwalaAvatar border
TS
dishwala
Tanggul Jebol Diguyur Hujan, Jatipadang Jaksel Kembali Banjir
JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggul Kali Pulo di Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dikabarkan kembali jebol setelah diguyur hujan, Sabtu (16/12/2017).

Akibatnya, permukiman warga di RW 06 kelurahan tersebut kembali terendam banjir. Ketua RW 06 Kelurahan Jatipadang Arief Syarifuddin mengatakan, tanggul jebol sekitar pukul 18.00 WIB.

"Kalau jebolnya itu sekitar jam 18.00 persis. Kan sore udah hujan ya, Ashar udah mulai hujan, air sudah mulai tinggi memang," ujar Arief saat dihubungi Kompas.com, Sabtu malam.

Saat tanggul jebol, kata Arief, ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai sekitar 120 sentimeter. Namun, air perlahan surut hingga pukul 21.00 WIB tadi.

"Ketinggian masih sekitar dengkul orang dewasa dan pinggang, bervariasi ini tingginya. Sudah mulai surut, tadi kan bisa di atas 120 sentimeter, sekarang bervariasi, sekitar 50-100 sentimeter-lah," kata dia.

Menurut Arief, tanggul yang jebol pada hari ini berbeda dengan tanggul jebol yang diperbaiki dengan memasang batu kali dan kawat atau beronjong beberapa hari yang lalu.

"Tanggul kita sudah perbaiki sementara, sekarang di sebelahnya. Tanggul yang sementara kita buat itu memang agak bocor, justru malah sekarang jebol di sebelahnya," ucap Arief.

Akibatnya meluapnya air Kali Pulo, belasan kepala keluarga pun mengungsi ke mushala sekitar. Sementara sisanya masih bertahan di rumah mereka.

"Ada 15 KK sementara ini (mengungsi) di mushala, kebanyakan masih bertahan di rumah masing-masing, yang rumahnya agak tinggi," kata Arief.

Tanggul jebol di RW 06 Jatipadang sudah empat kali terjadi sejak Oktober lalu. Bahkan sampai menewaskan seorang warga Jatipadang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah meninjau langsung ke lokasi jebolnya tanggul dan memerintahkan jajarannya untuk segera memperbaiki tanggul tersebut.

Banjir di Jakarta jadi ujian Anies-Sandiaga dimana hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah di Ibu Kota pada Senin (11/12/2017) menyebabkan genangan dan banjir di mana-mana. Sejumlah jalan protokol yang biasanya bebas banjir sejak 2013, kemarin tak luput dari genangan.

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/12/16/21565611/tanggul-jebol-diguyur-hujan-jatipadang-jaksel-kembali-banjir

baru 1 tanggul kecil gitu aja kerjanya sontoloyo, ga kelar2 udah 2 bln
0
8.3K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.