• Beranda
  • ...
  • Sista
  • 3 Hal yang Harus Diperhatikan Bila Sista Ingin Bikin OlShop Sendiri (Pengalaman Ane)

midorikusumaAvatar border
TS
midorikusuma
3 Hal yang Harus Diperhatikan Bila Sista Ingin Bikin OlShop Sendiri (Pengalaman Ane)
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan, termasuk untuk Sista sekalian yang sebenarnya hanya di rumah dan menjadi ibu rumah tangga. Ane pun juga seorang ibu rumah tangga kok sis. Walaupun suami tetap bekerja, tinggal di rumah dan mengurus segala pekerjaan rumah tangga menurut ane kadang gampang bikin rasa bosan cepat muncul. Itu sebabnya ane pun memilih untuk melakukan aktivitas lain yang bisa menambah penghasilan keluarga sekaligus jadi aktivitas baru untuk ane yang cuma ibu rumah tangga ini.

Satu cara yang ane coba lakukan adalah dengan menjalankan online shop Sis karena menurut ane jualan online jadi salah satu peluang menjanjikan untuk menghasilkan uang di jaman sekarang. Alhamdulilah, dari yang cuma niatan coba-coba ,sekarang udah 2 tahun ane menjalankan make up online shop di instagram dan eS E N S O Rmerce Sis (Nama online shopnya gak usah kita sebut biar gak dikira promosi ya Sis emoticon-Blue Guy Peace). Dan menurut ane ini jadi aktivitas baru yang bisa bikin ane belajar soal berjualan online sambil tetap menghasilkan pundi-pundi.

Ane mau bagi-bagi tips dari pengalaman menjalankan online shop buat Sista, ibu rumah tangga yang juga pengen mencoba merintis bisnis make up online shop atau online shop lainnya. Perhatikan beberapa hal ini Sis.

Apa yang mau di jual?



<sumber gambar: google>

Mau jualan apa sih sebenarnya kamu Sis? Kalau ane ketika mengawali bisnis online shop, ane tertarik untuk berjualan make up. Ini tak lain karena pertama, ane suka dandan dan kedua karena menurut ane tren make up lagi lumayan hot. Lihat aja tuh banyak beauty vlogger bermunculan dan banyak fans yang mengikutinya. Ini ane lihat jadi peluang baru untuk berjualan make up secara online.

Gak cuma mikirin jenis jualan, ane pun harus memikirkan dari mana barang yang akan ane jual bisa ane dapatkan. Karena di awal berjualan ane emang gak punya banyak modal, ane pun memilih untuk menjadi seorang dropshipper make up . Jadi, ane dapat menjual dan mengirimkan produk make up jualan ane ke pembeli tanpa harus membeli atau memiliki produk itu sendiri. Ane sudah kerja sama dengan beberapa supplier yang ane temukan lewat kenalan dan kebetulan cocok sampai sekarang.

Di mana berjualan?



<sumber gambar: google>

Mau jualan di mana Sis. Untuk menjalankan online shop kita bisa pilih banyak channel apalagi semakin zaman berkembang, semakin banyak wadah yang terbuka.

Kalau ane sendiri pertama kali membuka bisnis make up online shop ane di instagram. Alasannya waktu itu karena memang ane suka main instagram. Tapi sebulan di instagram doang, ane merasa itu gak cukup karena kurang ramai. Akhirnya ane pun memperluas lapak online shop ane di berbagai eS E N S O Rmerce mulai dari di kaskus, di si ijo, si oranye, hingga si merah. Alasannya, semakin banyak membuka channel lapak di eS E N S O Rmerce maka akan semakin mudah jualan make up ane ditemukan calon pelanggan.

Bagaimana cara menarik lebih banyak pelanggan?


Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Setidaknya ini yang sudah pernah ane alami ya Sis.

Pertama, kelola akun online shop dan eS E N S O Rmerce mu. Jangan cuma sekedar punya doang tapi gak diupdate Sis. Kalau gitu apa gunanya jualan. Ane biasanya selalu rutin mengelola akun online shop dan eS E N S O Rmerce. Ane biasanya menentukan hari tertentu mejadi hari dimana ane update produk make up baru di online shop dan eS E N S O Rmerce ane. Kadang, ane juga memberikan promo-promo kecil kecilan, terutama untuk produk yang lagi ngetrend untuk menarik pembeli. Selain itu jangan lupa untuk balas setiap pesan dari pelanggan dengan baik dan ramah (walau kadang pertanyaannya gak jelas dan ngeselin).


<sumber gambar: google>

Kedua,Perhatikan pelayanan ke pembeli. Meski cuma dropshipper, tapi ane juga gak mau lepas tangan ketika barang belum sampai ke tangan pembeli Sis. Ane selalu memastikan ke supplier untuk tetap tepat waktu dan cepat dalam mengirimkan barang ke pembeli. Meski begitu ane tetap jeli untuk memilih jasa pengiriman mana yang gak Cuma menguntungkan pelanggan namun juga ane sebagai pembeli.

Salah satunya untuk menarik pembeli yang menginginkan barang lebih cepat sampai atau juga pembeli yang menginginkan tambahan barang ketika pesan, ane lebih memilih untuk menggunakan layanan pengiriman barang via GO-SEND Sis. Ini karena banyak juga pembeli yang memilih menggunakan layanan pengiriman lewat GO-SEND dibanding layanan pengiriman barang yang ane tawarkan lainnya. Mungkin karena sekarang konsumen lebih memilih yang serba cepat ya. Yah tapi dengan pengiriman via GO-SEND lumayan banget lah bisa membantu pengiriman barang dengan cepat sehingga customer makin senang, duit makin cepat masuk, bisnis make up online shop ane juga makin berkembang. Win win solution buat bisnis online kan?!


emoticon-Request emoticon-Request emoticon-Request

Yah intinya sih , kalau sista konsisten terus mengembangkan online shop, niscaya sih semua lancar-lancar aja ya. Kayak yang ane alami. Kalau nemuin banyak tantangan dari pembeli atau supplier, jangan menyerah Sis. Banyak jalan ke Roma. Jika nemuin satu hambatan, ya cari aja jalan lainnya. Oke?

PS: Buat sista lainnya yang punya pengalaman bikin online shop boleh loh sharing tips juga di mari.


Sumber: pengalaman pengalaman yang sudah ane lalui
Diubah oleh midorikusuma 11-12-2017 06:11
KnightDruid
tata604
aldysadi
aldysadi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
8K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.