others
Batal
link has been copied
9999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a1c32a41ee5df871b8b456f/clean-debatedebate-eksistensi-tuhan---part-21
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply. \t\t\t\t\t\t\t\t\t \t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Lapor Hansip
27-11-2017 22:43

[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 55 dari 510
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 05:36
Quote:Original Posted By ngewa79


Udah dibilang kan.. ilmu pengetahuan yg bisa mengubah konsepsi , pola berpikir kita perihal Tuhan.

Aku percaya pada Tuhannya Spinoza, yang mengungkapkan dirinya dalam harmoni alam semesta, bukan Tuhan yang memperhatikan dirinya sendiri dengan takdir dan perbuatan manusia,"
-Albert Einstein-


Mungkin ada benarnya ilmu pengetahuan bisa mengubah konsepsi, pola pikir kita perihal Tuhan. Tapi bukan berarti ilmu pengetahuan boleh ikut campur dalam urusan keimanan kita. Dan pada saat yang bersamaan, agama tidak boleh ikut campur dalam urusan sains. Karena kedua hal ini berbeda dan tidak boleh bertumpang-tindih antara satu dengan yang lain.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 05:38
Quote:Original Posted By Yuwen
Bukankah di postingan awalku sudah kukatakan, hanya orang beriman saja yang dapat merasakan kehadiran Tuhan.

Kehadiran tuhan yang seperti apa?

Apa elu bisa pastikan, jika yang elu percaya lebih benar dari yang lain?
Quote:Sekarang gimana caranya aku buktiin kalo yang tanya bukan orang beriman emoticon-SmilieEntar aku ngomong A atau B, dianggap delusi atau Schizophrenia. Kan repot aku. Untuk membicarakan sesuatu harus ada common ground nya terlebih dahulu.

Karena mengapa? Agama bukan sains. Seperti sains dengan teori evolusinya ngomong kalo Sains dan agama itu tidak bisa dicampur-adukkan menjadi satu.

Kalau sesuatu saling bertentangan, mungkin gak? Ada sesuatu yang salah diantara keduanya?
Quote:Nah di sini juga sama. Agama dan sains ga bisa dicampur-adukkan jadi satu. Sains itu urusan otak, agama itu urusan hati. Karena itu ngak ada kan ada teori sains yg ngomong,"Menurut perasaan saya, gaya itu sama dengan masa dikali akselerasi. Alias F=ma. Atau menurut penerawangan saya Energy = massa dikali kecepatan cahaya pangkat dua / E = mc2." Tapi sebaliknya di agama ngak ada yg ngomong ,"Menurut teori relativitas Einstein maka Tuhan itu bla bla bla" atau menurut gaya gravitasi bumi, maka begitulah. Dan ini dibuktikan dengan menggunakan metode ilmiah dll."

Sekarang saya tanya, anda seorang beriman ngak?


Hati agan itu fungsinya untuk apa? Letaknya dimana?

emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 05:59
Quote:Original Posted By manamist

Kehadiran tuhan yang seperti apa?

Apa elu bisa pastikan, jika yang elu percaya lebih benar dari yang lain?
Kalau sesuatu saling bertentangan, mungkin gak? Ada sesuatu yang salah diantara keduanya?

Hati agan itu fungsinya untuk apa? Letaknya dimana?

emoticon-Ngakak (S)


Nah, omonganku terbukti kan? emoticon-Big Grin Saya udah katakan dari awal bahwa hanya orang beriman yang dapat merasakan kehadiran Tuhan. Kalo anda ga percaya, dan ngak beriman ya ga mungkin dapat merasakan kehadiran Nya. Kalo diteruskan, entar anda bisa nuduh saya sebagai seorang yang delusi atau mengidap Schizophrenia.

Anda ngak ngerti hati itu apa? Coba anda tanya kepada semua orang di dunia ini. Bahkan orang komunis asal Tiongkok sekalipun, apakah mereka punya hati. Pasti jawabannya "punya". Mereka akan nunjuk ke dada, tapi bukan berarti hati itu lever atau jantung. Karena hati itu bukan organ tubuh manusia. Walau demikian hati itu mempunyai peranan penting di dalam kehidupan manusia. Karena hati berhubungan dengan budi pekerti kita. Dan ini yang paling penting, hati dan otak (dalam hal ini logika) adalah dua hal yang memisahkan antara manusia dengan binatang. Kalo anda ngak punya hati, berarti anda hidup berdasarkan naluri saja. Apa anda binatang?
Diubah oleh Yuwen
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 06:10
Quote:Original Posted By Yuwen
Nah, omonganku terbukti kan? emoticon-Big Grin Saya udah katakan dari awal bahwa hanya orang beriman yang dapat merasakan kehadiran Tuhan.

Gue juga beriman gan.

Tanya kaskuser disini, kalau gak percaya.
Quote:Kalo anda ga percaya, dan ngak beriman ya ga mungkin dapat merasakan kehadiran Nya. Kalo diteruskan, entar anda bisa nuduh saya sebagai seorang yang delusi atau mengidap Schizophrenia.

Apakah yang elu rasakan itu sama dengan yang dirasakan orang lain yang juga sama-sama beriman? Namun berbeda keimanan.
Quote:
Anda ngak ngerti hati itu apa? Coba anda tanya kepada semua orang di dunia ini. Bahkan orang komunis asal Tiongkok sekalipun, apakah mereka punya hati. Pasti jawabannya "punya". Mereka akan nunjuk ke dada, tapi bukan berarti hati itu lever atau jantung. Karena hati itu bukan organ tubuh manusia. Walau demikian hati itu mempunyai peranan penting di dalam kehidupan manusia. Karena hati berhubungan dengan budi pekerti kita. Dan ini yang paling penting, hati dan otak (dalam hal ini logika) adalah dua hal yang memisahkan antara manusia dengan binatang. Kalo anda ngak punya hati, berarti anda hidup berdasarkan naluri saja. Apa anda binatang?


Kalau debat, pakai istilah yang lebih objektif gan. Hati disini fungsinya ya untuk ekskresi.

Gue ambil istilah "perasaan" saja gan. Perasaan juga muncul dari otak.

Btw, semua manusia itu hewan gan. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 06:51
Quote:Original Posted By manamist

Gue juga beriman gan.

Tanya kaskuser disini, kalau gak percaya.

Apakah yang elu rasakan itu sama dengan yang dirasakan orang lain yang juga sama-sama beriman? Namun berbeda keimanan.

Kalau debat, pakai istilah yang lebih objektif gan. Hati disini fungsinya ya untuk ekskresi.

Gue ambil istilah "perasaan" saja gan. Perasaan juga muncul dari otak.

Btw, semua manusia itu hewan gan. emoticon-Ngakak (S)


Hati di dalam bahasa Indonesia memang agak rancu. Karena namanya sama dengan liver (liver = hati dlm bahasa Inggris). Mungkin terpengaruh bahasa Jawa "Ati Rempelo". Padahal hati dlm bahasa Indonesia juga bisa diartikan sebagai Heart (dlm Bahasa Inggris). Dan saya sudah katakan tadi kan, hati dalam hal ini bukan liver atau jantung. Anda... ngerti istilah "liver" kan?

Manusia itu hewan kalo dikategorikan dalam ilmu biologi. Tapi bukan berarti manusia itu berperilaku seperti binatang. Penyebabnya dua. Karena manusia mempunyai hati dan otak (bukan otak sebagai organ, tapi dalam hal logika, pemikiran). Dan karena kedua kemampuan ini (disamping memiliki tangan yang dapat dipakai untuk menciptakan alat), manusia dapat menciptakan metode olah vokal utk berbicara sehingga dapat mengajarkan ilmu / teknologi ke manusia lain. Dan karena itulah manusia dapat membangun peradaban sampai menjadi seperti sekarang ini.

Jadi kalo anda ga punya hati dan otak, berarti anda ga ada bedanya dengan binatang.

Dan kalo anda beriman, mengapa anda masih mempertanyakan kehadiran Tuhan? Apakah sewaktu anda ibadah, anda tidak percaya kalo Tuhan / Allah / Yahwe / istilah lain dari Tuhan hadir di situ? Kalo gitu ada yang salah dengan ibadah anda. Silahkan tanyakan ini kepada kepala agama anda, bagaimana cara merasakan kehadiran Tuhan / Allah saat anda beribadah. Beliau pasti akan membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini.

Edit : Hati / Liver juga disebut sebagai lever (bahasa Belanda).
Diubah oleh Yuwen
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:26
Quote:Original Posted By gendarmerie.


garing kus emoticon-Cool

semua jg bisa liat kus ente cuma sandiwara emoticon-Cool

cuma gegara pler mati, buluk dan gembel lalu ngaku umat islam? garing betul emoticon-Angkat Beer


kuskus tidak bersandiwara, dia konsisten dg Islam.

Tidak ada penyimpangan yg terdeteksi.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:28
Quote:Original Posted By Yuwen


Mungkin ada benarnya ilmu pengetahuan bisa mengubah konsepsi, pola pikir kita perihal Tuhan. Tapi bukan berarti ilmu pengetahuan boleh ikut campur dalam urusan keimanan kita. Dan pada saat yang bersamaan, agama tidak boleh ikut campur dalam urusan sains. Karena kedua hal ini berbeda dan tidak boleh bertumpang-tindih antara satu dengan yang lain.




dalam Islam, sains itu masuk ranah Membaca Qalam..
itu berarti Mengenal Tuhan lewat jalan akal..
PAsangannya adalah Mengenal Tuhan dg batiniah/ruh/dzikr/Qalbu..

Awalnya Sains iptek diciptakan agama.. tetapi krn orang2 yg fikirannya sudah diputarbalik jd syirik dajjalis ala Aristotelian Descartesia Newtonian dsb dsb maka petaka muncul Sains berusaha memotong dirinya dr akar2 agama..

jadilah sains iptek agama sendiri yg bisa menghindari Tuhan,kiamat,dan kematian dg perjalanan time machine ruang waktu.
Diubah oleh z9k7
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:30
Quote:Original Posted By z9k7


kuskus tidak bersandiwara, dia konsisten dg Islam.

Tidak ada penyimpangan yg terdeteksi.


oh jadi si delusional nephilim hunter sekarang belain kuskus sesama buzzer nih. make sense.

liat aja ava lo pake ngebela kuskus emoticon-Wakaka
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:31
dunia yg penuh dgn poser wannabe emoticon-Cool

cuma sekarang mrk ganti nama aja bikin istilah baru jadi hipster emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:35
Quote:Original Posted By gendarmerie.


oh jadi si delusional nephilim hunter sekarang belain kuskus sesama buzzer nih. make sense.

liat aja ava lo pake ngebela kuskus emoticon-Wakaka


benar ya dibela krn benar.

ngiri ama avatar gua??
avatar ini udah ada jauh sbelum hari ini bela @kk
ini juga bukti ane normal, kl bisa yg dapet yg sebagus inilah ^^
ane gak munapik, ane suka yg beginian ^^.

gak kayak si pedo,LGBT,dsb dsb .. yg menyimpang jauh ... emoticon-Big Grin
dg kata lain, avatar ini dimaksudkan menyindir telak orang2 nyimpang kyk mereka..

Diubah oleh z9k7
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:49
Quote:Original Posted By z9k7


benar ya dibela krn benar.

ngiri ama avatar gua??
avatar ini udah ada jauh sbelum hari ini bela @kk
ini juga bukti ane normal, kl bisa yg dapet yg sebagus inilah ^^
ane gak munapik, ane suka yg beginian ^^.

gak kayak si pedo,LGBT,dsb dsb .. yg menyimpang jauh ... emoticon-Big Grin
dg kata lain, avatar ini dimaksudkan menyindir telak orang2 nyimpang kyk mereka..



gue rasa sih elu cuma gila aja aka pemerkosa kartun delusi emoticon-Angkat Beer

perjaka umur 40 thn aje ngaku normal emoticon-Angkat Beer

kalopun pernah palingan cuma beli gocengan. kimpoi pun utk menutupi orientasi asli lu yg asexual emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 08:50
atau lebih tepatnya kartun philiac emoticon-Shutup
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 09:39
Quote:Original Posted By z9k7


dalam Islam, sains itu masuk ranah Membaca Qalam..
itu berarti Mengenal Tuhan lewat jalan akal..
PAsangannya adalah Mengenal Tuhan dg batiniah/ruh/dzikr/Qalbu..

Awalnya Sains iptek diciptakan agama.. tetapi krn orang2 yg fikirannya sudah diputarbalik jd syirik dajjalis ala Aristotelian Descartesia Newtonian dsb dsb maka petaka muncul Sains berusaha memotong dirinya dr akar2 agama..

jadilah sains iptek agama sendiri yg bisa menghindari Tuhan,kiamat,dan kematian dg perjalanan time machine ruang waktu.


Trims atas infonya bro emoticon-Smilie Saya ngak akan berkomentar dalam masalah ini karena terus terang saja saya buta akan Islam, dan saya bukan Islam. Jadi bukan pada tempatnya kalo saya menyatakan setuju atau tidak dengan ajaran agama anda. Tapi terima kasih karena anda telah mau berbagi dan memberikan pandangan sesuai dengan faith dan keyakinan anda. emoticon-Smilie Informasi ini dapat memperkaya pengetahuan saya.
Diubah oleh Yuwen
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 09:49
Quote:Original Posted By sun.gohok
ada fenomena orang bangun dari coma tiba2 bisa bicara bahasa asing itu penjelasannya gimana?
jika otak yg menyebabkan consciousness maka fenomena seperti itu gak masuk akal..

yg loe mau bilang apa?
Ada jiwa salah konek ke raga lain?
Atau selama koma jiwanya dapat kursus bahasa asing?
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 09:53
Quote:Original Posted By Yuwen


Nah, omonganku terbukti kan? emoticon-Big Grin Saya udah katakan dari awal bahwa hanya orang beriman yang dapat merasakan kehadiran Tuhan. Kalo anda ga percaya, dan ngak beriman ya ga mungkin dapat merasakan kehadiran Nya. Kalo diteruskan, entar anda bisa nuduh saya sebagai seorang yang delusi atau mengidap Schizophrenia.

Anda ngak ngerti hati itu apa? Coba anda tanya kepada semua orang di dunia ini. Bahkan orang komunis asal Tiongkok sekalipun, apakah mereka punya hati. Pasti jawabannya "punya". Mereka akan nunjuk ke dada, tapi bukan berarti hati itu lever atau jantung. Karena hati itu bukan organ tubuh manusia. Walau demikian hati itu mempunyai peranan penting di dalam kehidupan manusia. Karena hati berhubungan dengan budi pekerti kita. Dan ini yang paling penting, hati dan otak (dalam hal ini logika) adalah dua hal yang memisahkan antara manusia dengan binatang. Kalo anda ngak punya hati, berarti anda hidup berdasarkan naluri saja. Apa anda binatang?


Tuhan itu mungkin sifat belas kasih manusia tanpa ego. Sulit menuju tahap manusia yg mengasihi tanpa pamrih . Jd tuhan bukan sosok besar yg suka menghukum .
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 10:25
Quote:Original Posted By taufikmuna69


Tuhan itu mungkin sifat belas kasih manusia tanpa ego. Sulit menuju tahap manusia yg mengasihi tanpa pamrih . Jd tuhan bukan sosok besar yg suka menghukum .


Sok tau lu bangshaaddd emoticon-fuck3
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 11:46
sunat hati njing bukan sunat SENSOR

sekedar pake hati kayak islam atau denial hati itu gak ada macam buddhis mah gampang

baru hati belum spirit
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 11:54
Quote:Original Posted By Yuwen
Hati di dalam bahasa Indonesia memang agak rancu. Karena namanya sama dengan liver (liver = hati dlm bahasa Inggris). Mungkin terpengaruh bahasa Jawa "Ati Rempelo". Padahal hati dlm bahasa Indonesia juga bisa diartikan sebagai Heart (dlm Bahasa Inggris). Dan saya sudah katakan tadi kan, hati dalam hal ini bukan liver atau jantung. Anda... ngerti istilah "liver" kan?

Ok, jadi gak usah bawa-bawa liver (hati), atau hearth (jantung).

Elu sebut aja perasaan.
Quote:
Manusia itu hewan kalo dikategorikan dalam ilmu biologi. Tapi bukan berarti manusia itu berperilaku seperti binatang.

Memangnya perilaku apa saja dari manusia yang gak dilakukan hewan lain?

Gak ada.

Hanya saja manusia lebih advance.
Quote:Penyebabnya dua. Karena manusia mempunyai hati dan otak (bukan otak sebagai organ, tapi dalam hal logika, pemikiran). Dan karena kedua kemampuan ini (disamping memiliki tangan yang dapat dipakai untuk menciptakan alat), manusia dapat menciptakan metode olah vokal utk berbicara sehingga dapat mengajarkan ilmu / teknologi ke manusia lain. Dan karena itulah manusia dapat membangun peradaban sampai menjadi seperti sekarang ini.

Organ otak itu fungsinya untuk berlogika dan berpikir, dll.

Hanya karena otak elu lebih besar dari ayam, bukan berarti elu 100% berbeda dengan ayam.
Quote:
Jadi kalo anda ga punya hati dan otak, berarti anda ga ada bedanya dengan binatang.

Semua hewan mamalia pasti punya hati dan otak.

Agan gimana sih?
Quote:
Dan kalo anda beriman, mengapa anda masih mempertanyakan kehadiran Tuhan? Apakah sewaktu anda ibadah, anda tidak percaya kalo Tuhan / Allah / Yahwe / istilah lain dari Tuhan hadir di situ? Kalo gitu ada yang salah dengan ibadah anda. Silahkan tanyakan ini kepada kepala agama anda, bagaimana cara merasakan kehadiran Tuhan / Allah saat anda beribadah. Beliau pasti akan membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini.

Edit : Hati / Liver juga disebut sebagai lever (bahasa Belanda).


Gue kan hanya menanyakan apa dasar elu. Apa hanya percaya, atau gimana.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 12:00
Quote:Original Posted By manamist

Ok, jadi gak usah bawa-bawa liver (hati), atau hearth (jantung).

Elu sebut aja perasaan.
Memangnya perilaku apa saja dari manusia yang gak dilakukan hewan lain?

Gak ada.

Hanya saja manusia lebih advance.
Organ otak itu fungsinya untuk berlogika dan berpikir, dll.

Hanya karena otak elu lebih besar dari ayam, bukan berarti elu 100% berbeda dengan ayam.
Semua hewan mamalia pasti punya hati dan otak.

Agan gimana sih?

Gue kan hanya menanyakan apa dasar elu. Apa hanya percaya, atau gimana.


Sekarang gw tanya.. hewan bisa bangun peradaban ga?

Hewan bisa bikin teknologi ga?

Hewan punya kepekaan sosual ga?

Hewan punya kelangsungan perilaku ga?

Smp disitu dulu coba elu jawab min, aminisme emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 21
15-12-2017 12:14
Quote:Original Posted By beatgrey
Sekarang gw tanya.. hewan bisa bangun peradaban ga?

Hewan bisa bikin teknologi ga?

Hewan punya kepekaan sosual ga?

Hewan punya kelangsungan perilaku ga?

Smp disitu dulu coba elu jawab min, aminisme emoticon-Smilie


Lah, manusia juga sudah bisa kan. Yang belum bisa kan seperti tumbuhan. emoticon-Ngakak (S)

Manusia saja kalau hanya satu individu, tanpa diberi pengetahuan oleh generasi sebelumnya, pasti hasilnya dungu. (Fenotipe)

Lah, simpanse ini sudah dari genetisnya memang gak secerdas manusia. (Genotipe)

Tapi, kecerdasan simpanse memang lebih cerdas dari monyet.

emoticon-Ngakak (S)

Yang jadi acuan untuk diperbandingkan itu bukan kecerdasan manusia.
0 0
0
Halaman 55 dari 510
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia