News
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a31be9e6208811e708b4567/pengacara-novanto-heran-tiga-nama-politisi-pdi-p-hilang-dari-dakwaan
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan Ihsanuddin Kompas.com - 14/12/2017, 06:17 WIB Terdakwa kasus e-KTP Setya Novanto (kiri berkemeja putih dan kuasa hukumnya, Maqdir Ismail, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12/2017).(KOMPAS.com/Garry Andrew Lotulung) JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara Setya Novanto, Maqdir Ismail, mempertanyakan hilangnya tiga nama politisi Par
Lapor Hansip
14-12-2017 06:58

Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan

Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan

Ihsanuddin

Kompas.com - 14/12/2017, 06:17 WIB

Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
Terdakwa kasus e-KTP Setya Novanto (kiri berkemeja putih dan kuasa hukumnya, Maqdir Ismail, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12/2017).(KOMPAS.com/Garry Andrew Lotulung)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara Setya Novanto, Maqdir Ismail, mempertanyakan hilangnya tiga nama politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dari surat dakwaan Setya Novanto.

Ketiga nama itu yakni Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Yasonna dan Ganjar saat proyek e-KTP berjalan duduk di Komisi II DPR, sedangkan Olly merupakan pimpinan Badan Anggaran DPR.

"Kenapa kok tiba-tiba di perkara ini namanya hilang, namanya Ganjar yang menerima uang hilang. Bukan hanya Pak Ganjar, Yasonna Laoly hilang, Olly Dondokambey hilang. Apa yang terjadi, negosiasi apa yang dilakukan oleh KPK," kata Maqdir usai sidang pembacaan dakwaan Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (13/12/2017) malam.

Maqdir mengatakan, ketiga nama tersebut sebelumnya ada pada surat dakwaan tiga terdakwa sebelumnya, yakni dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto, serta pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Ketiganya didakwa menerima suap dari proyek e-KTP saat masih menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014. Ganjar disebut menerima suap sebesar 520.000 dollar AS, Yasonna 84.000 dollar AS, dan Olly 1,2 juta dollar AS.

"Saya tidak melihat partai, tetapi saya lihat personal orang, yang di dakwaan lain menerima uang, tiba-tiba disini (dakwaan Novanto) raib, ada apa itu," kata dia.

Menurut Maqdir, ada banyak perbedaan rangkaian fakta yang diuraikan jaksa jika dibandingkan surat dakwaan untuk tiga terdakwa sebelumnya.

(Baca juga: KPK Berharap Novanto Kooperatif dalam Sidang Kasus e-KTP)

Maqdir mengatakan, jika Setya Novanto disebut didakwa bersama-sama dengan pihak lain, maka seharusnya rangkaian fakta yang diuraikan sama antara masing-masing terdakwa.

Kepada Majelis Hakim, Maqdir mengajukan nota keberatan eksepsi atas surat dakwaan Novanto. Hakim memberikan waktu satu pekan bagi pengacara untuk menyiapkan materi eksepsi.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum KPK Irene Putrie mengatakan, perbedaan materi dakwaan Novanto dan tiga terdakwa sebelumnya merupakan hal yang wajar. Sebab, dalam menyusun setiap dakwaan, Jaksa akan fokus kepada rangkaian perbuatan yang dilakukan terdakwa.

"Dalam dakwaan splitsing (pemisahan berkas perkara) itu kami akan fokus pada perbuatan terhadap terdakwa tertentu. Jadi rangkaian cerita untuk terdakwa tertentu akan fokus ke Novanto, pada dakwaan Irman akan difokuskan ke Irman, dan itu biasa," kata Irene. http://nasional.kompas.com/read/2017...g-dari-dakwaan


Siapa dulu dunk yg berkuasa, mau di AS atau di BW kan apabila mengutakatik orang deket penguasa??? emoticon-Wakaka
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:03
Nah loh beneran kan
banyak yg hilang dr daftar
Masih mending demokrat ketua bendahara kena ngak pandang bulu masuk tahanan
Beda kalau partai entu yg berkuasa
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:04

makanya papa jang belaga bego dan bisu, tinggal ungkap di pengadilan aliran dana kemana aja kan beres.

kayak pelanggar lalin kena tilang nyalahin pengendara yang lain aja emoticon-Hammer2
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:06
ga usah heran pak, urusin tingkah klien anda yang tiba-tiba tidak kooperatif saat pengadilan dimulai
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:06
Makenye itu sih papah suruh jujur,nyrocos kek si Narogong. karena klo ga jujur kotak pandora ga akan terbuka dan si papah yang nanggung dosa dosa semuanya.

si mencret di penjara ke 3 orang itu pesta karena berkuasa


0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:07
Quote:Original Posted By ronny398
Nah loh beneran kan
banyak yg hilang dr daftar
Masih mending demokrat ketua bendahara kena ngak pandang bulu masuk tahanan
Beda kalau partai entu yg berkuasa
emoticon-Leh Uga


Tentu KPK gak mau mengulangi nasib yg sama seperti BW dan AS... emoticon-Wakaka
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:12
tangkap yg 3 lagi biar rame
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:14
Papa ngaku Aja
Kalo GA ngaku ya berat . Lidah kebiasaan boong jadinya gitu, itu tuduhan abal2 ato beneran jadi gak jelas. Beda ama Nazar....

Kalo pola runtutannya kebuka kan tinggal difollow up publik juga
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:17
Papa suruh nyanyi, masak di persidangan mencret mencret.

Kalo nyanyi kan biar memperkuat terciduknya kader banteng. Masak cuma diem ae. Huh.
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:17
Kalau papa yakin mereka bersalah, bernyanyilah di depan hakim pa, pasti didukung oleh rakyat
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:17
Quote:Original Posted By doeltetappaten


Tentu KPK gak mau mengulangi nasib yg sama seperti BW dan AS... emoticon-Wakaka


Coba si setnop waktu sidang pengadilan di siarkan live sebut 3 nama itu
Pasti langsung terguncang dunia persilatan sebelah
2 gaberner di copot
1 mentri d copot

Pasti rame
Ayo papa keep stroong jgn mau masuk sendirian seret semua yg terlibat kami rakyat indonesia butuh hiburan

emoticon-Leh Uga
0 1
-1
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:20
tambah rame masalah ini.
makin terlihat subyektifitas hukum dan campur tangan penguasa.

trus mau smp kapan kayak begini???
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:23
Ya sekaya apapun budak uang ya tetap budak..
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:27
Quote:Original Posted By doeltetappaten


Tentu KPK gak mau mengulangi nasib yg sama seperti BW dan AS... emoticon-Wakaka


coba dong bacaan dakwaan yang jelasnya kayak apa ... biar enak bahasnya , yuk ah om mabok dulu emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:32
makanya ngomong dan bersaksi..klo proyeknya dibagi2 ini malah bisu tiduran emoticon-DP
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:34
Nah lo.... Usut dong sampe tuntas
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:34
Quote:Original Posted By herinugroho1982
tambah rame masalah ini.
makin terlihat subyektifitas hukum dan campur tangan penguasa.

trus mau smp kapan kayak begini???


lah dia ga kasih keterangan di persidangan..yaa gimana mau objektif informasi yg didapet di pengadilan ga cukup..klo setnop ngomong bola panas kan langsung jelas kelemparnya ke siapa siapa.. emoticon-Gila
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:38


Quote:Original Posted By herinugroho1982
tambah rame masalah ini.
makin terlihat subyektifitas hukum dan campur tangan penguasa.

trus mau smp kapan kayak begini???

Hukum di indo gak berdiri sendiri, ada campur tangan politik & penguasa.. yang di kpk juga gak pure independent
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:42
rela masuk penjara sendirian
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:43
diungkap saja di persidangan..ungkap semuanya biar terang benderang..sebetulnya dengan berkata seperti itu secara tidak sadar pengacara mengakui SN juga menerima bagian atau malah yang mengatur pembagian..kalau pura-pura sakit terus gimana mau bisa terungkap..pengacara juga sebaiknya fokus pada client-nya suruh dia buka mulutnya lebar-lebar..suruh pake hati nurani..kalo merasa tidak salah kenapa jadi ketakutan dan panik begitu..diikuti saja..kalau yang lain sekarang belum tertangkap..pasti suatu saat akan kena juga..kebenaran selalu menang pada akhirnya..
0 0
0
Pengacara Novanto Heran Tiga Nama Politisi PDI-P Hilang dari Dakwaan
14-12-2017 07:49
ayo pa nyanyi yg kenceng, masa maw tanggung sendirian ....
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia