News
Batal
KATEGORI
link has been copied
124
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a31393e9a0951bc308b4572/sulit-ditembus-israel-ternyata-dilindungi-kubah-besi-tak-kasat-mata
IST Ilustrasi Iron Dome TRIBUNJOGJA.COM, TEL AVIV - Ketegangan di kawasan Jalur Gaza kian meningkat menyusul pernyataan kontroversial Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Pekan lalu, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Pernyataan ini diikuti pula oleh pemindahan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem. (Gulir ke bawah untuk melihat video bagaimana Kubah Besi bekerja) Pernyataan kontroversia
Lapor Hansip
13-12-2017 21:29

Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata

Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
IST
Ilustrasi Iron Dome


TRIBUNJOGJA.COM, TEL AVIV - Ketegangan di kawasan Jalur Gaza kian meningkat menyusul pernyataan kontroversial Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Pekan lalu, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Pernyataan ini diikuti pula oleh pemindahan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem.

(Gulir ke bawah untuk melihat video bagaimana Kubah Besi bekerja)

Pernyataan kontroversial itu pun menuai kecaman dunia. Bahkan PBB menilai bahwa langkah itu akan mengganggu resolusi perdamaian antara Palestina dan Israel. Sebaliknya, hal ini justru akan meningkatkan ketegangan antara keduanya.

Kini, hal itu sudah terbukti.
Korban warga Palestina terus berjatuhan. Mereka yang berunjuk rasa dengan melempar batu dibalas dengan tembakan peluru tajam. Dua orang tewas tertembak dalam unjuk rasa pekan kemarin tak lama setelah pernyataan Trump.

Sikap tegas juga ditunjukkan oleh negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Mereka sepakat untuk membulatkan suara membela Palestina.

Bahkan dalam pernyataannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi di Kota Amman, Yordania Senin (11/12/2017) menegaskan bahwa OKI tak hanya menolak kebijakan AS, tapi juga mendukung penuh atas kemerdekaan Palestina.

Adapun, diluar benar dan tidaknya Duo 'Israel - Amerika Serikat' ini, Israel memang bukanlah negara yang bisa dipandang sebelah mata, lantaran memiliki kekuatan militer yang tak bisa diremehkan.

Berdasarkan Global Military Index, Israel memiliki anggaran pertahanan hingga 15,5 Miliar Dolar AS.

Salah satunya ini digunakan untuk membangun infrastruktur pertahanan terhadap serangan dari luar.

Dalam hal pertahanan serangan rudal ini, Israel cukup percaya diri mengandalkan sistem pertahanan serangan udara yang disebut Iron Dome alias Kubah Besi.

Alat ini bukan berbentuk selayaknya wujud kubah, bahkan tidak terlihat wujud kubah pada umumnya. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan sistem pertahanan udara yang benar-benar melindungi seluruh wilayah Israel seperti halnya kubah.

Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
Skema cara kerja Iron Dome alias Kubah Besi sebagai pencegat serangan rudal (VOA News)


Sebagaimana dilansir NBCNews, sistem pertahanan rudal tersebut berfungsi sebagai penangkal rudal yang diluncurkan ke arah Israel.

Akun Twitter resmi militer Israel mengklaim bahwa sejauh ini alat tersebut telah berhasil melumpuhkan roket–roket yang diluncurkan ke wilayah mereka.

Adapun, Iron Dome sendiri merupakan kependekan dari Dual Mission Counter Rocket, Artillery and Mortar and Very Short Range Air Defense System.

Alat tersebut dikembangkan Rafael Advanced Defense System terhitung sejak tahun 2007 silam sejak ekskalasi konflik meningkat.

Menggunakan rudal bertenaga baterai, alat ini digadang–gadang sanggup melumpuhkan serangan roket udara.

Hal itu lantaran alat ini memiliki sensor sensitif yang mampu mengenali dan melumpuhkan ancaman roket jarak dekat dan jarak menengah.

Setidaknya terdapat tiga bagian inti sistem pertahanan rudal yang dipasang secara portable.

Pertama, sistem radar yang terus mengawasi kawasan udara dengan jangkauan hingga radius 40 mil persegi. Segala benda tak dikenal yang melewati kawasan tersebut akan ditangkap oleh peralatan yang dipasang di sebuah truk pengendali.

Di sini, semua informasi diolah, untuk menentukan apakah akan melakukan penangkalan ataupun sebaliknya.
Jika keputusan pencegatan diambil, maka data ini akan segera dikirimkan ke unit interceptor alias pencegat, yang akan meneruskan perintah untuk meluncurkan misil penangkal rudal yang sudah diprogram sedemikian rupa sehingga sanggup mengenali ancaman tersebut.

Mereka mengklaim bisa meluncurkan rudal penangkal serangan dalam jumlah yang banyak sekaligus untuk mengantisipasi serangan roket yang lebih besar.

Tiap rudal yang diluncurkan Iron Dome, setidaknya menghabiskan anggaran sekitar USD 40 ribu.

Namun demikian, mereka menganggap, harga mahal itu sebanding dengan efektivitas yang ditunjukan sistem pertahanan rudal canggih ini.
Militer Israel bahkan mengklaim bahwa pihaknya berhasil melumpuhkan roket-roket yang diluncurkan Hamas.

Selain itu, sistem pertahanan rudal ini juga sanggup mengenali arah roket yang datang.

Jika mengarah ke wilayah padat penduduk, maka skema pencegatan segera dilakukan.

Lain halnya ketika roket mengarah pada wilayah yang tidak didiami penduduk, biasanya dibiarkan begitu saja lantaran tidak menimbulkan kerusakan dan korban.

Pengembangan sistem pertahanan rudal ini, tak terlepas dari peran serta Amerika Serikat.

Pada awal pengembangannya, pemerintahan AS yang saat itu masih dipimpin Barack Obama bahkan memberikan USD 200 juta untuk pengembangan sistem pertahanan rudal ini. (*)





SOURCE :


http://jogja.tribunnews.com/2017/12/...-mata?page=all



ANTI IRON DOME
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:00
Sengaja ngelanggar aturan BP lu?

Tolol!
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:15
dari mana aja tong..kok baru tau yak
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:15
Gue lebih tertarik sama anti iron dome yang ts kasih emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:22
smg indo bs memperkuat pertahanan melibihi israel
Diubah oleh isamovich
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:28
Quote:Original Posted By isamovich


pk dummy roket murmer emoticon-Selamat


kalo lempar batu segede buah kelapa, nyala juga gak sih itu barang?
ato cuma ngejar barang yg punya panes berlebih aja?
emoticon-Amazed
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:34
Bakal ramai nih kalo sampai perang
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:38
kalo lawannya palestina sama negara arab mah menang mudah israel.

kalo lawannya rusia, india ato china. baru seru.
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:41
emoticon-afroemoticon-Hi
bisa nangkis ini ga?
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
Diubah oleh censored
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:47
Quote:Original Posted By clariceferguson
cukup hidupin hitler lagi saja sidah bikin jews dan anjing cem ts kejet kejet


Hidupin please emoticon-Leh Uga

Jangan bacot doang emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:51
Quote:Original Posted By roadrunn
Hidupin please emoticon-Leh Uga

Jangan bacot doang emoticon-Leh Uga


astajim emoticon-Kagets

Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
Diubah oleh bujangonani
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 22:58
Quote:Original Posted By coolmaxx
Rudal emg gak tembus tapi roket yg bikinan homemade kecil kek yg dipake hamas tembus kok lebih bahaya malah secara gak pake gps udah kek mortar target random kebanyakan kenak sipil malahemoticon-Ngakak


kebanyakan sih ga nyampe pemukiman gan.. walau ada 1 atau 2 yg nyerempet, tp setelah itu pembalasan si israel lebih gede gan.. dan sering kena sipil, dengan dalih si militan sembunyi di pemukiman sipil, roket israel sering ngetok atep rumah target dulu sebelum disusul rudal gede nya
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:04
Gua dah tau dari dulu



Dari the simpsons
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:05
Quote:Original Posted By inkdahlia


kebanyakan sih ga nyampe pemukiman gan.. walau ada 1 atau 2 yg nyerempet, tp setelah itu pembalasan si israel lebih gede gan.. dan sering kena sipil, dengan dalih si militan sembunyi di pemukiman sipil, roket israel sering ngetok atep rumah target dulu sebelum disusul rudal gede nya


Makaannya jangan ganggu macan yg lagi tidur emoticon-Big Grin

Kalo gak mau diganggu ya gak usah ganggu, kan gitu logikanya emoticon-Traveller
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:09
Quote:Original Posted By coolmaxx
Rudal emg gak tembus tapi roket yg bikinan homemade kecil kek yg dipake hamas tembus kok lebih bahaya malah secara gak pake gps udah kek mortar target random kebanyakan kenak sipil malahemoticon-Ngakak

Iya tembus .giliran dibales langsung mewek2 pray for palestine 😂😂😂
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:23
Gak ada yang ngomong karena kehendak allah swt? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:29
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
ane mah kaga perlu rudal, cukup lempar bata aja.
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:30
Israel bangsa pilihan

Kang copas ke laut aja emoticon-Ngakak
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:30
Quote:Original Posted By roadrunn
Makaannya jangan ganggu macan yg lagi tidur emoticon-Big Grin

Kalo gak mau diganggu ya gak usah ganggu, kan gitu logikanya emoticon-Traveller


betcul sekali agann
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:46
Astaga itu mah kombinasi Iron Dome, David Sling, sama Arrow,,,emoticon-Ngakak (S)
Memang harus diakui soal doktrin militer IDF paling maju..emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Sulit Ditembus! Israel Ternyata Dilindungi Kubah Besi Tak Kasat Mata
13-12-2017 23:54
kenapa enggak buat ibukota berdua aja sih. satu yerusalem barat. satu yerusalem timur. biar tenang
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia