alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a2fbe34c0d770a70c8b456a/gak-harus-selalu-nunggu-3000km--ini-dia-ciri-oli-motor-harus-segera-di-ganti
Lapor Hansip
12-12-2017 18:32
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!
Past Hot Thread
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

Halo gan sist!



Siapa disini yang ganti oli motor nunggu dipake sampe 3000km atau bahkan 5000km dulu? Walaupun bisa dipake sampe 3000-5000 km baru ganti oli, ternyata gak mesti nunggu sampai segitu juga lho, gan!

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

Terus apa aja ciri oli motor harus segera di ganti? Cekidot, gan!
emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

1. Warna hitam pekat dan encer

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

Karena oli mesin yang baru itu biasanya kan berwarna coklat atau biru. Emang warnanya rada pekat tapi gak berwarna hitam.

Oli mesin bisa berubah warna menjadi hitam karena terkena panas dan zat emisi/kerak sisa pembakaran, Gan.

Oli yang udah hitam, tandanya udah terkontaminasi sama banyak zat kayak kerak, gas NOx, dan bensin yang gak kebakar. Kalo terus digunakan maka daya lumasnya bakal turun jadi mesin juga bakal lebih cepat keausannya.

Terus gimana supaya kita tau udah hitam pekat dan encer?

Coba cabut penutup oli. Di stik oli nanti bakal keliatan juga karena ada ceceran oli. Kalo kondisinya udah hitam pekat dan encer, berarti udah waktunya ganti oli.

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

2. Suhu mesin berasa lebih panas dari sebelumnya

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

udah tau kan gan, selain sebagai pelumas mesin, oli juga berfungsi meratakan panas mesin. Oli mesin bakal menyerap panas diarea sumber panas, terus saat oli bersirkulasi, panas yang terbawa oli ini bakal dilepasin ke seluruh komponen mesin yang dilewatinya.

Saat kondisi oli udah mulai buruk, daya hantar panasnya bakal berkurang. Ini yang bikin penyebaran panas gak merata, jadi kita bakal ngerasa lebih panas dari area blok mesin ke arah kaki kita, Gan. Padahal kalo masih bagus, panasnya gak bergitu terasa, kan.

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

3. Tarikan Motor Terasa Berat

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

Oli yang udah lama bakal bikin sistem pelumasan pada bagian mesin gak sempurna, Gan, Jadi bikin tarikan motor berasa berat, bahkan mesin motor juga lebih cepat panas.

Motor masih baru tapi tarikan berat? Sama juga, Gan. Itu motornya minta ganti oli, kondisi ini gak mandang motor lama atau baru kok.

Buat ngatasinnya kita perlu ganti oli secara rutin. Apalagi buat kita yang punya motor matic, pemilihan oli pun perlu di pertimbangkan. Ane sendiri lebih milih pake Eni Oil yang buat Matic. Dulu namanya Oli Agip, ane suka pake buat Vespa. Sekarang jadi Eni Oil. Ini lumayan ngaruh buat bikin tarikan mesin supaya lebih enteng, apalagi kalo matic kan mesinnya bekerja lebih ekstra kalo dibandingkan sama mesin mobil.

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

4. Suara mesin dan transmisi yang kasar

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

Buat motor bebek dan motor kopling, oli ini gak cuma melumasi bagian mesin tapi juga melumasi bagian gearbox atau transmisi, Gan. karena oli mesin ini juga gesekan dan perkaitan antar roda gigi jadi gak terlalu kasar dan gak berisik.

tapi bakal beda cerita deh kalo oli mesin udah saatnya diganti. Jika kualitas oli mulai menurun, daya lumasnya terhadap gear pada transmisi juga akan terganggu.

Ini ini salah satu penyebab adanya bunyi kasar saat kita ngoper gigi atau ketika mesin digas. Kalo udah gini, coba cek oli mesin agan. Mestinya udah harus ganti oli, Gan.


emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

Sekarang jadi udah tau kan kenapa kita gak perlu nunggu sampe 3000km atau 5000km? Itu dia beberapa cirinya gan, udah ngerasa motor agan ngalamin hal diatas? Coba cek sendiri atau langsung bawa ke bengkel, Gan!


Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

KOMENTAR KASKUSER

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!
Quote:Original Posted By crofttized41
mongtor ane dah gak diserpis-serpis ane tak geber aja kalo pegi.
udah setaun gak ganti oli serpis segala macem, dan emang berasa banget berat. pegen serpis duit kepake terus jadi yah dibiarin aja.

Quote:Original Posted By inkdahlia


plis... itu semua bukan hanya butuh ganti oli... tapi sudah saatnya turun mesin ..

oli item gosong : sil klep, ring seher, seher, liner aus mengakibatkan pembakaran bocor ke dalam ruang crank

panas tinggi : pendinginan gagal, pelumas tidak tersalur sempurna
bisa karena emoticon-Stick Out Tongueompa oli rusak, jalur tersumbat, oli berkurang karena ada kebocoran

boros dan tenaga loyo : namanya mesin ga sehat ya mana bisa irit n ngacir

plis ts mohon dikaji lagi kalo mau kasih info ke khalayak

Quote:Original Posted By maxmat
ane gantinya klo dah 4000 km emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By seprianto66
Kalo ane 3 bulan skali karna pemakaian cuma skitar komplek

Quote:Original Posted By diw.co.id
Ane bingung
Cuma taunya make doang 🙁🙁

Quote:Original Posted By montirkeren
Motor ane matic ane pakein eni oil sekarang.
Jaman pake vespa dulu pake Agip mantap betul.

Taunya sekarang Agip ganti nama jadi Eni Oil.
Ada buat motor metik nya. Pas nyoba, tarikannya jadi mayan uga emoticon-Leh Uga

Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

Quote:Original Posted By benzia
Wah kalo gitu motor ane waktunya ganti oli. emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By dharma01017
manfaat nih thread... makasih buat agan TS semoga bermanfaat buat rekan" semua emoticon-Cool

Diubah oleh abee.
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 12
13-12-2017 20:49
jgn sering2 ganti oli loe

gaji loe kecil..

emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh nakal.abis
0
13-12-2017 20:53
Quote:Original Posted By tombolasik
beli motor baru belum tentu sanggup,

kalau sudah punya wajib disayang2 maksimal


Bener nih, kadang cewe sih yang kurang perhatian sama motor.
0
13-12-2017 20:56
Quote:Original Posted By dwik46
Ni oli murah pario gw
oli murah

Pakai oli ahm cm 0-1000km doank..

Cb ganti pakai fastron 10/40

Oli2 super mahal utk yg doyan ngebut or touring jarak jauh malah bs spek ky gn gan...15w-60,..gooling td...jd knp byk pabrikan malah ksh yg spek 10-30???5- 30??? Modus biar mesin cpt jebol gt mtr baru??? emoticon-Big Grin
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!
Diubah oleh dhidhi72
0
13-12-2017 20:57
ini berlaku buat oli pelumas cewe2 g gan? kl ud item dan encer olinya, perlu ganti cewe?
0
13-12-2017 21:04
0
13-12-2017 21:06
Quote:Original Posted By dhidhi72
Oli2 super mahal utk yg doyan ngebut or touring jarak jauh malah bs spek ky gn gan...15w-60,..gooling td...jd knp byk pabrikan malah ksh yg spek 10-30???5- 30??? Modus biar mesin cpt jebol gt mtr baru??? emoticon-Big Grin
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!


Nulooonnn..... Shhhhttttt... emoticon-Ngakak

Yaitu...
Korelasi sama sales....
Oli dan sparepart...
Yg motornya diasil kecuali piksen gen pertama, sama mx, rawan habis olinya..

Kl oli buat balap ada yg 5-60 kyknya cz buat ketahanan do suhu tinggi..
Gwe mending beli oli bagus wl mahal gak apa cz emang sesuai quality nya.

Kl mw yg agak murah tp quality cukup ya fastron series, harga=rupa
0
13-12-2017 21:08
wa kalo gitu ane ganti sebulan sekali ah. selama ini tiap sekian km gantinya
0
13-12-2017 21:11
Quote:Original Posted By abee.


Sekarang jadi udah tau kan kenapa kita gak perlu nunggu sampe 3000km atau 5000km? Itu dia beberapa cirinya gan, udah ngerasa motor agan ngalamin hal diatas? Coba cek sendiri atau langsung bawa ke bengkel, Gan!
[/FONT][/CENTER]


plis... itu semua bukan hanya butuh ganti oli... tapi sudah saatnya turun mesin ..

oli item gosong : sil klep, ring seher, seher, liner aus mengakibatkan pembakaran bocor ke dalam ruang crank

panas tinggi : pendinginan gagal, pelumas tidak tersalur sempurna
bisa karena emoticon-Stick Out Tongueompa oli rusak, jalur tersumbat, oli berkurang karena ada kebocoran

boros dan tenaga loyo : namanya mesin ga sehat ya mana bisa irit n ngacir

plis ts mohon dikaji lagi kalo mau kasih info ke khalayak
0
13-12-2017 21:14
Quote:Original Posted By dhidhi72

Oli2 super mahal utk yg doyan ngebut or touring jarak jauh malah bs spek ky gn gan...15w-60,..gooling td...jd knp byk pabrikan malah ksh yg spek 10-30???5- 30??? Modus biar mesin cpt jebol gt mtr baru??? emoticon-Big Grin
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!


Biar cpt gnti oli gan.ahm sngaja ksh spec sae 10w-30 biar tiap bln gnti oli (malah blm 30 hari mesin udh berisik n krasa ga enak),klo pake oli yg hrganya 2x dri oli spx atw mpx bisa buat 4bln.
Jdi sbnrnya kita bisa hemat 100% klo ngitung hrg oli ahm 35rb/bln x 4bln = 140rb
0
13-12-2017 21:14
Pernah sampai abis oli gan ada suara kletek kletek gitu emoticon-Ngakak
0
13-12-2017 21:15
suka gk peka sama motor gan tau2 rusak aja
0
13-12-2017 21:19
Ane pakai hitungan per bulan kalau ganti.
0
13-12-2017 21:19
mongtor ane dah gak diserpis-serpis ane tak geber aja kalo pegi.
udah setaun gak ganti oli serpis segala macem, dan emang berasa banget berat. pegen serpis duit kepake terus jadi yah dibiarin aja.
0
13-12-2017 21:20
ane gantinya klo dah 4000 km emoticon-Ngakak
0
13-12-2017 21:21
Quote:Original Posted By dhidhi72
Oli2 super mahal utk yg doyan ngebut or touring jarak jauh malah bs spek ky gn gan...15w-60,..gooling td...jd knp byk pabrikan malah ksh yg spek 10-30???5- 30??? Modus biar mesin cpt jebol gt mtr baru??? emoticon-Big Grin
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!


5-30 10-30 15-60 dll itu oli multigrade yg tingkat kekentalannyq bisa berubah bergantung suhu, motor baru part mesinnya lebih presisi jd butuh oli encer seperti 10-30 sebaliknya motor lama butuh yg kental... jangan samakan kebutuhan oli setiap kondisi lingkungan dan jarak perjalanan ya.. krn kebutuhan akan olinya beda2 makanya dipasaran disediakan macem2 tipe
0
13-12-2017 21:21
Kalo ane 3 bulan skali karna pemakaian cuma skitar komplek
0
13-12-2017 21:24
Kalo gue tiap 2 taun sekali baru ganti oli
Biar ada gregetnya men
emoticon-Cool
0
13-12-2017 21:25
ane tiap 2x service pasti ganti oli
0
13-12-2017 21:25
Quote:Original Posted By debuki
Biar cpt gnti oli gan.ahm sngaja ksh spec sae 10w-30 biar tiap bln gnti oli (malah blm 30 hari mesin udh berisik n krasa ga enak),klo pake oli yg hrganya 2x dri oli spx atw mpx bisa buat 4bln.
Jdi sbnrnya kita bisa hemat 100% klo ngitung hrg oli ahm 35rb/bln x 4bln = 140rb


itu artinya agan sering perjalanan jauh atau suhu udara lingkungan panas, disesuaikan aja gan.. bisa cari yg tingkat kkentalannya 1grade diatasnya
0
13-12-2017 21:27
Nanti pas ganti oli di dealer ujung2 disuruh ganti ini itu emoticon-Nohope
Kanker laah ~
Motor terus yg dirawat
Yg punya boro2 emoticon-linux2
0
Halaman 5 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.