• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Big Bang Theory : Dimana Alam Semesta dan Semua Kehidupan Bermula

fxdirayAvatar border
TS
fxdiray
Big Bang Theory : Dimana Alam Semesta dan Semua Kehidupan Bermula
Standing in the Milky Way.




Apa Itu Bigbang Theory?

Dalam sains dan Ilmuwan yang percaya. teori bigbang adalah sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta (dikenal juga dengan Teori Ledakan Dahsyat atau Model Ledakan Dahsyat). Berdasarkan permodelan ledakan ini, alam semesta, awalnya dalam keadaan sangat panas dan padat, mengembang secara terus menerus hingga hari ini.
Dan apakah Kalian tahu? alam semesta kita tercipta sekitar 13.7 Miliar tahun yang lalu? Sedangkan Bumi, tempat tinggal yang kita huni baru berumur kurang lebih 4 miliar tahun.

Kita akan memulai perjalanan, yang akan membawa kita jauh ke awal mula dimana awal semua kehidupan tercipta.
Kita akan mengekplorasi Galaksi, Matahari, dan Dunia kita, gelombang gravitasi ruang dan waktu, Makhluk hidup yang dapat bertahan di suhu dingin dan sangat panas, menjelajahi planet dan bintang yang tak akan pernah mati. menjelajahi bintang seukuran atom yang ternyata sangat besar sukuran matahari. dan alam semesta yang lebih kecil daripada atom.

Alam semesta juga merupakan Cerita mengenai Kita.
Have Fun, Read, Enjoy, and Learn buddy.

Untuk Melakukan Perjalanan ini, Kita membutuhkan Imajinasi.
tetapi Hanya Imajinasi pun tak akan Cukup, Karena kenyataannya alam semesta jauh lebih tak bisa ditebak.
Kalian Butuh sesuatu yang lebih daripada imajinasi. yaitu

Spoiler for Bigbang:


oh Shit sorry buddy. bukan bigbang ini yang saya maksudkan, tetapi ini.

Spoiler for Bigbang:


Kira-kira seperti itulah gambaran ketika alam semesta ini terbentuk, pada awalnya alam semesta itu hitam pekat, tak ada bintang, tak ada cahaya bertebaran di langit dan tak ada orbit yang berputar.
Pada tahun 1929 Astronom Amerika Serikat, Edwin Hubble melakukan observasi dan melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama, namun bergerak mengembang. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari pengembangan di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar.

Pada saat itu dimana Alam Semesta memiliki ukuran nyaris nol, dan berada pada kerapatan dan panas tak terhingga; kemudian meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis, yang tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut, atau terlalu cepat sehingga membuatnya menjadi kurang lebih kosong. Dan sesudah itu, kurang lebih jutaan tahun berikutnya, Alam Semesta akan terus mengembang tanpa kejadian-kejadian lain apapun. Alam Semesta secara keseluruhan akan terus mengembang dan mendingin.



Terkadang kita berpikir dimana kita berada di alam semesta ini? Setiap bintang yang ada di angkasa merupakan sebuah Benda raksasa yang dapat memancarkan cahaya nya sendiri seperti matahari, yang bahkan ukurannya jauh lebih besar daripada bintang di tatasurya kita yang kita namakan matahari.

Berapa banyak bintang diluar sana? Berapa banyak dunia yang ada seperti kita?



Apakah kalian tau kita berada dimana? saya pun tak tahu. tetapi bayangkan. pilih satu titik diantara gambar itu. dan anggaplah itu adalah matahari. We are Small aren't we? emoticon-Big Grin

Mungkin dari kalian masih bingung dan tidak paham, apa yang di maksud dengan Jarak Tahun Cahaya

Spoiler for Tahun Cahaya:


How Big Our Universe Is?


Jarak Planet Bumi ke pusat bima sakti kira-kira sejauh 30.000 Tahun Cahaya. count it yourself emoticon-Big Grin
dan Galaxy yang paling dekat dengan galaxi kita, Bimasakti adalah Galaxy Andromeda yang berjarak 2.5Juta tahun cahaya.

Spoiler for Virgo Supercluster:


dan Kumpulan dari Virgo Cluster inilah yang membentuk Alam Semesta kita. yang membentuk seperti sebuah atom. dalam sebuah zat. mungkin seperti air. yang mungkin tak terhingga diluar sana. Dunia tanpa batas. Like a Loop.

Dan bagaimana mungkin kita, Manusia yang memiliki peradaban kira2 2500 tahun mampu menelusuri dan meneliti sejarah dari alam semesta yang telah tercipta selama kurang lebih 13.7 Miliar tahun?

Untuk MengimajinasikannyaMari kita Kompress Perjalanan alam Semesta Menjadi seperti sebuah kalender dalam satu tahun.




Dalam Kalender Awal tahun berawal dengan 1 January. Sebagai Kelahiran Alam semesta kita.
Mulai dari sini. Perjalanan pun dimulai hingga sekarang saat kalian membaca Thread ini, Tanggal 31 Desember tengah malam.
dan Satu Hari didalam kalender mewakili sekitar 40 Juta tahun.

1 January. The BIGBANG!
Setelah terjadi Bigbang. semua partkitel yang mengandung helium terhempas keudara dan menyebabkan kegelapan selama 200 Juta tahun.

10 January. First Star!
Gravitasi menarik semua benda dan menyebabkan benda2 diangkasa bertabrakan hingga menyebabkan bintang pertama meledak dan bercahaya.

13 January. Galaxies!
beberapa Galaxy berkumpul dan membentuk Local Grup seperti galaksi bimasakti kita. sekitar 11 Miliar tahun yang lalu.

15 Maret.Alam Semesta Telah terbentuk dengan Sempurna!
tetapi Matahari, bumi dan yang ada di tatasurya kita belum terbentuk



Butuh berapa lama hingga Matahari dan bumi terbentuk? yang pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Bumi kita baru terbentuk 4 Miliar tahun yang lalu. dan ini masih bulan maret emoticon-Big Grin

Matahari Kita Lahir pada tanggal 31 Agustus. 4.5 Miliar tahun yg lalu. dan bumi terbentuk dari partikel angkasa dan debu yang bertabrakan satu sama lain. dan bulan adalah souvenir dari tabrakan asteroid beberapa miliar tahun lalu, dan bulan saat itu 10 kali lebih dekat kebumi jaraknya emoticon-Big Grin



21 September. The Birth of Earth!!
dan perlahan Bumi Mendingin, serta laut pun terbentuk dengan bantuan gravitasi bulan.
serta kehidupan pun bermula 3.5 miliar tahun yang lalu.
dan asal mula kehidupan? itu masih menjadi mistery terbesar di sains kita.



9 November. Kehidupan pertama terdeteksi.

17 Desember.
Tiktaalik Hewan pertama yang menginjakan kakinya didaratan. Hutan, Dinosaurus, Burung, Serangga, Mereka Semua Ber evolusi di minggu terakhir pada bulan Desember.

Bunga pertama Mekar pada tanggal 28 Desember.



300 Juta tahun kemudian. Manusia pertama berevolusi. dan memulai peradaban kita. oh wait. mari kita sedikit kembali sedikit sebelumnya. dimana Asteroids menyebabkan punahnya hampir semua species hewan termasuk Dinosaurus.?

Pada saat itu jam 6.24 Pagi di tanggal 30 Desember. dan lebih dari ratusan juta tahun Dinosaurus merupakan Penguasa di bumi. sedangkan nenek moyang kita yang merupakan primata dan mamalia adalah sesuatu yang mereka buru.

lalu sehari setelah semua itu terjadi pada 1 menit menjelang tengah malam di tanggal 31 desember. Peradapan kita pun eksis. 15Ribu tahun yang lalu. Kita baru menghuni alam semesta ini selama satu menit.


Quote:
0
28.6K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.