• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!

abee.
TS
abee.
Gak harus selalu nunggu 3000km, ini dia ciri oli motor harus segera di ganti!


Halo gan sist!



Siapa disini yang ganti oli motor nunggu dipake sampe 3000km atau bahkan 5000km dulu? Walaupun bisa dipake sampe 3000-5000 km baru ganti oli, ternyata gak mesti nunggu sampai segitu juga lho, gan!



Terus apa aja ciri oli motor harus segera di ganti? Cekidot, gan!
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2



1. Warna hitam pekat dan encer



Karena oli mesin yang baru itu biasanya kan berwarna coklat atau biru. Emang warnanya rada pekat tapi gak berwarna hitam.

Oli mesin bisa berubah warna menjadi hitam karena terkena panas dan zat emisi/kerak sisa pembakaran, Gan.

Oli yang udah hitam, tandanya udah terkontaminasi sama banyak zat kayak kerak, gas NOx, dan bensin yang gak kebakar. Kalo terus digunakan maka daya lumasnya bakal turun jadi mesin juga bakal lebih cepat keausannya.

Terus gimana supaya kita tau udah hitam pekat dan encer?

Coba cabut penutup oli. Di stik oli nanti bakal keliatan juga karena ada ceceran oli. Kalo kondisinya udah hitam pekat dan encer, berarti udah waktunya ganti oli.



2. Suhu mesin berasa lebih panas dari sebelumnya



udah tau kan gan, selain sebagai pelumas mesin, oli juga berfungsi meratakan panas mesin. Oli mesin bakal menyerap panas diarea sumber panas, terus saat oli bersirkulasi, panas yang terbawa oli ini bakal dilepasin ke seluruh komponen mesin yang dilewatinya.

Saat kondisi oli udah mulai buruk, daya hantar panasnya bakal berkurang. Ini yang bikin penyebaran panas gak merata, jadi kita bakal ngerasa lebih panas dari area blok mesin ke arah kaki kita, Gan. Padahal kalo masih bagus, panasnya gak bergitu terasa, kan.



3. Tarikan Motor Terasa Berat



Oli yang udah lama bakal bikin sistem pelumasan pada bagian mesin gak sempurna, Gan, Jadi bikin tarikan motor berasa berat, bahkan mesin motor juga lebih cepat panas.

Motor masih baru tapi tarikan berat? Sama juga, Gan. Itu motornya minta ganti oli, kondisi ini gak mandang motor lama atau baru kok.

Buat ngatasinnya kita perlu ganti oli secara rutin. Apalagi buat kita yang punya motor matic, pemilihan oli pun perlu di pertimbangkan. Ane sendiri lebih milih pake Eni Oil yang buat Matic. Dulu namanya Oli Agip, ane suka pake buat Vespa. Sekarang jadi Eni Oil. Ini lumayan ngaruh buat bikin tarikan mesin supaya lebih enteng, apalagi kalo matic kan mesinnya bekerja lebih ekstra kalo dibandingkan sama mesin mobil.



4. Suara mesin dan transmisi yang kasar



Buat motor bebek dan motor kopling, oli ini gak cuma melumasi bagian mesin tapi juga melumasi bagian gearbox atau transmisi, Gan. karena oli mesin ini juga gesekan dan perkaitan antar roda gigi jadi gak terlalu kasar dan gak berisik.

tapi bakal beda cerita deh kalo oli mesin udah saatnya diganti. Jika kualitas oli mulai menurun, daya lumasnya terhadap gear pada transmisi juga akan terganggu.

Ini ini salah satu penyebab adanya bunyi kasar saat kita ngoper gigi atau ketika mesin digas. Kalo udah gini, coba cek oli mesin agan. Mestinya udah harus ganti oli, Gan.


emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

Sekarang jadi udah tau kan kenapa kita gak perlu nunggu sampe 3000km atau 5000km? Itu dia beberapa cirinya gan, udah ngerasa motor agan ngalamin hal diatas? Coba cek sendiri atau langsung bawa ke bengkel, Gan!




KOMENTAR KASKUSER


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Diubah oleh abee. 13-12-2017 14:37
sinna1988tanj
sinna1988tanj memberi reputasi
1
39.7K
252
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.