birrenAvatar border
TS
birren
Wow! Presiden Jokowi Bungkam Jenderal Gatot?
Jakarta, Presiden Joko Widodo telah menghentikan dengan hormat Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Posisi Panglima TNI saat ini dijabat Marsekal Hadi Tjahjanto. Seharusnya, Jenderal Gatot pensiun pada 31 Maret 2018. Ada apa dengan Jenderal Gatot hingga diberhentikan Jokowi?

Berikut kronologis penghentian Jenderal Gatot:

1. Surat Presiden ke DPR prihal permohonan pemberhentian Gatot sebagai Panglima adalah percepatan yang belum pernah terjadi pada panglima-panglima sebelumnya. Karena masa pensiun Gatot masih tanggal 31 Maret 2018. Memang ini sah. Tapi ada apa?

2. Yang bersangkutan tidak diberitahukan dulu oleh Presiden prihal surat permohonan pemberhentian tersebut ke DPR. Memang hak Presiden. Tapi ini pun belum pernah terjadi sebelumnya. Ada apa?

3. Rapat paripurna DPR yang salah satu isinya tentang pembacaan surat Presiden tersebut pada Selasa 5 Desember 2017 sebenarnya tidak korum tapi dipaksakan untuk korum. Faktanya dari jumlah 560 orang DPR yang tidak hadir sebanyak 346. Namun dari 346 yang tidak hadir tersebut ada 72 yang dianggap hadir karena adanya surat idzin ketidakhadiran. Ada apa? Apakah betul surat idzin tersebut ada? Dan apakah boleh adanya surat idzin ketidakhadiran dianggap kehadiran?

4. Setelah paripurna DPR tanggal 5 Desember dinyatakan Quarum yang sebenarnya dipertanyakan keabsahannya. Maka tanggal 6 Desember 2017 DPR pagi hari melakukan fit and proper test kepada calon panglima TNI yang baru dan langsung disetujui oleh
DPR pada hari itu. Selesai sudah proses pergantian panglima TNI secara administrasi tatanegara, padahal pensiun Jendral Gatot Nurmantyo masih tanggal 31 Maret 2018. Ada apa ini? Luar biasa cepatmya.

5. Belum resmi diberhentikan, Presiden sudah melarang Gatot pertanggal 3 Desember untuk membuat keputusan strategis di TNI. Secara undang-udang, larangan tersebut tidak sah. Ada apa?
0
7.6K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.