Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
471
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a2a12796208811f388b456e/ini-informasi-tentang-bitcoin-yang-perlu-diketahui
Lompatan besar dan gebrakan Bitcoin telah membawa banyak orang baru ke teknologi ini. Oleh karena itu, melalui tulisan ini kami akan menjelaskan apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya.
Lapor Hansip
08-12-2017 11:18

Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui

Past Hot Thread
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui


Lompatan besar dan gebrakan Bitcoin telah membawa banyak orang baru ke teknologi ini. Oleh karena itu, melalui tulisan ini kami akan menjelaskan apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya.

Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui


Pada tahun 2013, Bryan mencatat Bitcoin pertamanya dan berikut ini beberapa point yang banyak ingin diketahui oleh orang yang baru mengenal Bitcoin.

  • Bitcoin adalah kriptocurrency yaitu mata uang digital yang menggunakan kriptografi yang terdiri dari sebuah perhitungan matematika yang rumit untuk memastikan setiap transaksi hanya terjadi satu kali.

  • Nilai Bitcoin terutama dilihat dari tiga hal:


  • Adanya transparansi pada Bitcoin berarti kepercayaan tidak diperlukan untuk sistem dapat bekerja.
  • Jumlah Bitcoin yang ada terbatas dan jumlah yang diketahui hanya ada 21 juta, sehingga membuatnya sangat mirip seperti komoditas.
  • Adanya spekulasi bahwa bakal adanya penggunaan Bitcoin untuk keperluan transaksi di masa mendatang.

  • Bitcoin disimpan di dompet digital
  • Bitcoin tidak terpusat, artinya tidak seorang pun atau organisasi apapun yang memiliki ataupun mengontrol Bitcoin.
  • Semua orang bisa melihat setiap transaksi yang telah dibuat pada jaringan Bitcoin.
  • Bitcoin tidak didukung oleh aset berwujud ataupun didukung dan dikontrol oleh pemerintahan tertentu.


Jadi kita bisa melihat Bitcoin sebagai sebuah komoditi digital. Mirip seperti emas atau berlian yang dapat diperjual-belikan untuk sebuah nilai tertentu, seperti dolar. Namun, secara teknis mungkin kurang tepat. Tetapi kurang lebih seperti itu konsepnya untuk memberikan kemudahan dalam memahami Bitcoin.

Prinsip dibelakang Bitcoin secara alaminya adalah transaksional. Teknologi ini memungkinkan siapa saja mengirimkan Bitcoin ke siapa saja melalui internet. Tidak perlu melalui bank atau jasa layanan pengiriman uang lainnya. Bahkan kita tidak memerlukan layanan seperti PayPal VenMo atau Apple Pay Cash. Dimana kedua sistem ini tergantung pada sebuah sistem yang terpusat dan dikontrol oleh pihak ketiga, pada kasus ini PayPal dan Apple.

Pada Bitcoin yang kita perlukan ada sebuah dompet dan alamat dari penerima. Selanjutnya kita dapat mengirimkan Bitcoin ke orang lain atau sebuah perusahaan yang menerima Bitcoin.

Kerja Bitcoin

Sama ketika orang menggunakan emas dulu, Bitcoin dapat diperjual belikan atau digunakan untuk membeli sesuatu. Perbedaannya adalah emas dapat kita pegang dengan tangan, sementara Bitcoin hanya ada di dunia digital.

Mari kita lihat jenis aset digital lain, misalanya sebuah lagu dengan format MP3. Kita bisa mengirimkan lagu dengan format tersebut ke semua orang yang membaca tulisan dan semuanya akan memiliki file yang sama. Untuk sebuah lagu mungkin itu bagus, tapi tidak untuk Bitcoin. Apabila kita mengirimkan semua orang Bitcoin yang sama, tentu tidak akan nilainya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, setiap Bitcoin yang ditukarkan, maka transaksi perlu dikonfirmasikan oleh komputer lainnya. Bahkan perlu dikonfirmasikan sampai 100 kali menggunakan kelompok perangkat keras yang didedikasi sebagai sistem “penambang”. Setelah semua komputer itu setuju dengan transaksi terebut, selanjutnya transaksi tersebut dianggap telah mendapatkan konfirmasi, maka secara resmi Bitcoin telah berpindah kepemilikannya.

Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui


Komputer – komputer yang melakukan konfirmasi tersebut dimiliki orang yang berbeda. Kita pun bisa memilikinya kalau memang mau, tetapi akhir – akhir ini untuk mendapatkan keuntungan dari “menambang” agak sulit. Tidak ada pemerintahan dari mana pun yang terlibat serta tidak ada satu entitas yang mengendalikan itu semua. Semua di distribusikan melalui sebuah peer-to-peer seperti bittorrent.

Tidak seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi dengan bitcoin. Seperti telah kita ketahui saat ini semuanya tidak ada yang mengaturnya, namun beberapa negara seperti Jepang, China dan Australia telah mulai mempertimbangkan untuk mengeluarkan peraturan. Hal ini disebabkan pemerintah dari negara – negara tersebut merasa khawatir mengenai pajak dan kurangnya kontrol atas mata uang digital tersebut.

Berikut informasi tambahan mengenai Bitcoin dari agan @fuadviking

Quote:Siapa yang membuat bit coin?
Cuman ada nama, Satoshi Nakamoto. Orangnya ga diketahui identitasnya...

Bagaimana cara bitcoin disebar?
Bitcoin dicreate dari para miner/maintainer. Miner mendapatkan fee setiap kali memvalidasi transaksi yang dibroadcast ke blockchain (database transaksi). Fee tersebut berupa bitcoin yang baru terbentuk. Disinilah money creation bitcoin terjadi.

Apa beda transaksi bitcoin dg mata uang biasa dalam transaksi online?
Transaksi online biasa
-Transaksi online biasa tersentralisasi alias ada orang ketiga/institusi terpusat yang memegang dan memaintain ledger/database/record transaksi tersebut.

-Database tersebut tidak bisa diakses/dilihat semua orang kecuali si orang ketiga/institusi tersebut.

-Transaksi tersebut bisa direverse/dibalik dan databaseny bisa dimanipulasi.

Transaksi Bitcoin
- Transaksi bitcoin desentralisasi dan peer-2-peer, artinya transaksi diproses oleh konsensus miner di seluruh dunia. Transaksi ente dicatat ke dalam sebuah ledger/database besar yang namanya blockchain.

- Blockchain ini memuat semua transaksi di seluruh dunia dari awal bitcoin diciptakan dan bisa diakses oleh siapapun seluruh dunia, terdistribusi ke seluruh miner, tanpa terpusat.

- Blockchain tidak bisa dimanipulasi dan transaksinya irreversible (tidak bisa dibalik). Untuk bisa menciptakan 1 transaksi palsu yang valid di blockchain, dibutuhkan resource yang sangat besar, kira2 kalau sekarang 1 triliunan dollar, karena harus mengulang dari awal seluruh transaksi di blockchain dari awal bitcoin diciptakan.

Apakah ada kamungkinan harga bitcoin jatuh, karena hanya hype semata?
Batu akik ama bunga tulip bersifat lokal, sedangkan bitcoin global dan penggunaannya juga global. Chance untuk harganya jatuh seperti hype batu akik lebih kecil...

Semoga bisa membantu..
Beberapa video yang bisa menjelaskan lebih rinci:







Sumber

Masyarakat Telematika Indonesia
Diubah oleh tirahwawas
profile-picture
odnalak memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 22 dari 24
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
10-12-2017 21:44
Minat sih mau mining, cuma modalnya kga gablek ganemoticon-Bingung
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
10-12-2017 22:01
Quote:Original Posted By boroboro


lho...cara mendapatkan nya ya emang gitu gan... mining. Beda jauh sama orang maen game ato cari2 koin emas.
Bitcoint emang bisa jadi uang sungguhan (rupiah)... bukan cuma duit digital doank gan.



yups... inti nya high risk high profit.
orang2 yg berkutit di mining/trading bitcoin pasti tau detail seluk beluk nya... gak sembarang sesumbar apalagi cuma ngecap itu sesuatu yg gak jelas ataupun negatif. Ya macem postingan di mari aja... bnyk yg gagal paham tapi udh maen nyinyir ajee... emoticon-Big Grin

anw... klw starting skrng2 ini mah masuknya udah telat... makin berat nambang nya buat dapetin 1btc aja ngos2an... hahaha....




bisa 100% di rupiahin gan.


solusinya ya nambang altcoin, modal jauh lbh sedikit dibanding harus beli antminer yg harganya sekitar 80jt.

Quote:Original Posted By vincentlgunawan



Ia.. Mining virtual kan? Kayak main game kalau berhasil pecahkan kode matematika dapat bitcoin.
Gini aja, kalau suatu saat Bitcoin sudah tidak berlaku atau terjadi kerusakan siapa yang akan mengembalikan uang kita? Ada lembaga yang mau menjamin?? Jawabnya gak ada.. yang buat aja kita gak tau. Siapa yang mau beli barang yang pembuatnya kita gak tau? Siapa yang mau menukar uangnya dengan uang virtual yang pembuatnya saja kita gak tau?


miningnya gak kyk gt gan yg asli. percaya gak percaya, mining coin di sini adl agan biarin alat mining / antminer / VGA milik agan berjalan 24 jam x selamanya / sejebolnya, alat mining / aplikasi miner tsb yg memecahkan kode matematika tsb. tugas agan apa? kasih itu alat / miner listrik dan internet, sama tiap minggu / bulan cairin coin yg didapat ke rupiah. done.

btw kapankah bitcoin tidak berlaku lg? tidak berlaku saat internet sedunia mati. tp kl internet sedunia mati mungkin bisa saya sebut kiamat, ya minimal kita kembali ke jaman batu, karena data2 perbankan, data2 kependudukan, dll dll jg sudah sangat bergantung dgn internet.

siapa yg menjamin bitcoin? blockchain yg menjamin gan, atau dgn kata lain semua miner di dunia yg mjd penjaminnya. cukup ribet sebenernya kl harus jelasin blockchain tsb, tp kl boleh kasih gambaran, coba agan bayangin di sebuah kelas, ada 1 papan tulis yg mencatat segala transaksi murid2nya (A pinjam uang ke B 5000 perak, C pinjam uang ke D 2000 perak, dst). kl berpegangan sama papan tulis tsb maka uang para murid terjamin kan? tp kl cmn 1 papan tulis, itu masih sama dgn sistem bank saat ini. sedangkan blockchain adl semua murid pny papan tulis sendiri2, TETAPI setiap ada perubahan di 1 papan tulis, maka semua papan tulis ikut terupdate. kurang lebih gt gan cara kerja teknologi blockchain. saat ini penerapannya byk dikembangkan ke aspek2 lain selain urusan duit doank, dah ada blockchain utk penyimpanan data (mirip cloud storage tp ini pakenya ke seluruh minernya, bukan hanya 1 company kyk google drive dan sebangsanya), ada lg yg utk pengembangan software, di Indonesia ada 4 bank besar yg mau pake teknologi blockchain utk sistem administrasi dan databasenya.

adakah yg mau membeli uang virtual tsb? jawabnya ada, padahal harga 1 coin saat saya mengetik ini adl Rp. 237.000.000 (dua ratus lima puluh juta rupiah), walaupun pembeliannya tidak harus 1 btc, bisa beli hanya 0,0000001 btc. knp sih kok pd beli bitcoin? jawaban plg simple, agan bisa kirim uang ke rekan/sodara anda di negara manapun hanya dalam 10 menit, tidak perlu ribet valas via bank, kena fee ini itu yg mungkin tidak sedikit.
Diubah oleh soelak
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
10-12-2017 22:23
sempet trtarik cuma masih blm trlalu paham emoticon-Bingung
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
10-12-2017 22:26
Gede juga yakemoticon-Hammer2
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
10-12-2017 22:33
btc ngalahin bunga tabungan deposito bank gan emoticon-Leh Uga

sekali nabung bisa bucat ratusan perseb per tahun emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
10-12-2017 22:56
[QUOTE=fuadviking;5a2c90a8162ec2f5358b4568]

Sebenernya it's beyond just bitcoin gan. Yang berpotensi bagus itu teknologi dibalik bitcoin ini. Bitcoin hanyalah produk pertama dari teknologi blockchain. Berbagai negara sudah mulai aware dengan potensinya gan. Beberapa diantaranya, Uni Emrate Arab, Jepang, Singapura, Australia, dan bakal banyak lagi negara yang bakal nyusul. Yah kalau negara kita ente tau sendiri lah, apapun itu, pasti telat nyadar mulu emoticon-Big Grin
Berikut link artikelnya gan...

Dubai Aims to Be a City Built on Blockchain
Japan and blockchain tech are a match made in heaven
Singapore encourages blockchain development and adoption
Australia’s Stock Exchange Is the First to Use Blockchain Tech

Kalo dari teknologinya mungkin ane setuju gan karena punya potensi.
Untuk btcnya mah ngga. Karena dasarnya ga ada nilai pegangan buat nilai uangnya sendiri.

Kalo soal btc sendiri, pelarangan udah terjadi di beberapa negara, termasuk rusia. Jadi ya mungkin mereka juga sama sama telat sadar juga kali ya
Kalo di China setau ane ga dilegalkan buat umum, tapi buat individu gapapa. Istilahnya resiko ditanggung sendiri.

0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 00:30
Itu maksudnya apaan Gan?
Ga paham ane.
Kebanyakan xxx nya.
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 00:34
tanya gan
buat para penambang bit coin, numpang tanya nih, misal jumlah bitcoin yg di tambang udah nyampe limitnya, berarti para penambang udah gak guna lagi nih? terus harga bitcoin bakalan statis gak kira kira kalo limit bit koin udah abis? ( tapi gak tau lagi kalo semisal ada tambang baru)
buat yang pakar ekonomi misalkan bitcoin sebagian besar di kuasai 1 negara, misal US terus tiba tiba dia lepas semua bitcoin dengan harga dollar otomatis sdollar bakal ikut naik harganya gak? potensi krisis moneter gak dinegara lainya? (maklum gak paham ekonomi)

trus skarang mulai lagi muncul yang kayak bitcoin, dan kalo yang baru ini mau abis muncul lagi yang mirip, terus kayak gitu muter aja. soalnya gak ada barang dan gak butuh bahan baku jadi tinggal buat aja dengan byte atau bite. jadi knapa dgak buat sendiri aja?emoticon-Bingung
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 00:36
Quote:Original Posted By terakhirx


Jangan bayangin yg ga mampu dibayangin Gan.
Bayangin aja yg simpel2 aja.
Punya xxx louhan/tokek/gelombang cinta/batu akik awal xxx nilainya cuma belasan juta...
Sekarang akhir xxx... 200 juta
xxx?
Nah bayangin itu aja ... Tahun xxx jadi berapa?

Simpel toh?


Maksudnya apaan Gan ... Kok Ane kagak ngarti yak...
Kebanyakan nonton xxx ya?
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 00:37
wah ngeri gan. bisa kaya dalam hitungan 24 jam kalau nyimpen 1000 BTC Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 03:24
emoticon-Matabelo naeknya drastis.
Diubah oleh NecroTorture
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 03:24
Quote:Original Posted By xrm
ada yg gk suka ma bitcoin,
perbankan, bursa saham dan pemerintah bbrp diantaranya,
mereka ini duitnya banyak,
skrg ini mereka lg ngelakuin operasi buat ngancurin bitcoin,
dihancurin lah trust pemegangnya kita semua lg melihat,
tidak ada cara lain untuk melawannya selain HODL!


Kompor lo om..

wakakak emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 03:26
Quote:Original Posted By z3usolympia


Maksudnya apaan Gan ... Kok Ane kagak ngarti yak...
Kebanyakan nonton xxx ya?


artinya tinggal ganti quantity sama tahunnya, "bitcoin" bisa diganti dengan louhan/etc.
yaelah, gitu doang harus dijelasin.

intinya sok tahu aja bilang tahun ini harganya naik maka tahun depan pasti naik.
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 04:57
Quote:Original Posted By duha14
hehe. Oke gan.
Menurut ane sendiri, ane ga akan mulai ketika hal tersebut belum legal. Maaf maaf gan. Ntah kenapa ane ga tertarik sama btc ini. Walau katanya nilainya udah jutaan aja per 1 nya. Tapi tetep aja hehehe.
Kalo memang berpotensi bagus, harusnya sih para ahli ekonomi merekomendasikan untuk melegalkan btc ini sebagai salah satu jenis transaksi di Indonesia. Cuma yaudah deh ya, mungkin para ahli disini belum bisa ngebaca bagusnya potensi btc, hehe.

bitcoin dilarang BI


tinggal tunggu tanggal kere nya aja Gan...enak mana mimpi kaya tapi gk kaya beneran apa mimpi basah Gan? kalo ane lebih seneng mimpi basah Gan emoticon-Wakaka
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 06:31
Mining btc, trus nnilai btc makin naik aja hanya karena hub supply demand
Seseuatu yg ga bs dipegang
Sesuatu yg nilainya hny dikendalikan supply demand
Sesutau yg riskan karena namya system pasti dapat d bobol sengotot apapun anda blg ini aman suatu saat bs dibobol
Lalu ada yang bilang, ini bisa disimpan d pdrangkat keras yg ternekripsi
Lalu kalo prgkr tersebut kelinder ban ampe ancur

Ketika sesuatu dibikin dari awal punya batas jumlah dan digoreng dengan isu2 kemudahan tanpa mempertimbangkan risk
Itu berbahaya
Uncontrolled by government
Yang menjamin adalah miner2 kt kalian
Mereka siapa? Ahli IT ok lah, tp apa ngerti makro n mikro ekonomi
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 06:33
gan apakah bitcoin calon mata uang tunggal dunia ya. new world order.

emoticon-Takut
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 07:39
Nanya gan klo jumlah bitcoin terbatas kenapa bisa ditambang?
1 0
1
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 08:15
yg nanya diemin aja biar cari tau sendiri wkwkkwks
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 08:39
Quote:Original Posted By insanurbahagia


altcoin mungkin


mungkin
0 0
0
Ini Informasi Tentang Bitcoin yang Perlu Diketahui
11-12-2017 09:41
Quote:Original Posted By duha14
Kalo dari teknologinya mungkin ane setuju gan karena punya potensi.
Untuk btcnya mah ngga. Karena dasarnya ga ada nilai pegangan buat nilai uangnya sendiri.

Kalo soal btc sendiri, pelarangan udah terjadi di beberapa negara, termasuk rusia. Jadi ya mungkin mereka juga sama sama telat sadar juga kali ya
Kalo di China setau ane ga dilegalkan buat umum, tapi buat individu gapapa. Istilahnya resiko ditanggung sendiri.


Oke gan, skarang ane tanya. Sesuatu yang pernah dijadikan nilai pegangan oleh mata uang, yaitu emas. Nah, emas itu sendiri ada pegangan ga buat nilainya? Kenapa orang2 bisa menilai emas begitu berharga? Padahal emas ga bisa dimakan, cuman disimpan begitu aja, tapi kenapa orang menilainya sebagai sesuatu yang berharga?
Diubah oleh fuadviking
0 0
0
Halaman 22 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia