News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
3590
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006505568/all-about-seleksi-badan-pemeriksa-keuangan-bpk-ri
SEDJARAH BPK Pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945 menetapkan bahwa untuk memeriksa tanggung jawab tentang Keuangan Negara diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan yang peraturannya ditetapkan dengan Undang-Undang. Hasil pemeriksaan itu disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Berdasarkan amanat UUD Tahun 1945 tersebut telah dikeluarkan Surat Penetapan Pemerintah No.11/OEM tanggal 28 Desember 1946 te
Lapor Hansip
04-01-2011 00:19

All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)



SEDJARAH BPK
Pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945 menetapkan bahwa untuk memeriksa tanggung jawab tentang Keuangan Negara diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan yang peraturannya ditetapkan dengan Undang-Undang. Hasil pemeriksaan itu disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.
Berdasarkan amanat UUD Tahun 1945 tersebut telah dikeluarkan Surat Penetapan Pemerintah No.11/OEM tanggal 28 Desember 1946 tentang pembentukan Badan Pemeriksa Keuangan, pada tanggal 1 Januari 1947 yang berkedudukan sementara dikota Magelang. Pada waktu itu Badan Pemeriksa Keuangan hanya mempunyai 9 orang pegawai dan sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pertama adalah R. Soerasno. Untuk memulai tugasnya, Badan Pemeriksa Keuangan dengan suratnya tanggal 12 April 1947 No.94-1 telah mengumumkan kepada semua instansi di Wilayah Republik Indonesia mengenai tugas dan kewajibannya dalam memeriksa tanggung jawab tentang Keuangan Negara, untuk sementara masih menggunakan peraturan perundang-undangan yang dulu berlaku bagi pelaksanaan tugas Algemene Rekenkamer (Badan Pemeriksa Keuangan Hindia Belanda), yaitu ICW dan IAR.
Dalam Penetapan Pemerintah No.6/1948 tanggal 6 Nopember 1948 tempat kedudukan Badan Pemeriksa Keuangan dipindahkan dari Magelang ke Yogyakarta. Negara Republik Indonesia yang ibukotanya di Yogyakarta tetap mempunyai Badan Pemeriksa Keuangan sesuai pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945; Ketuanya diwakili oleh R. Kasirman yang diangkat berdasarkan SK Presiden RI tanggal 31 Januari 1950 No.13/A/1950 terhitung mulai 1 Agustus 1949.
Dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia Serikat (RIS) berdasarkan Piagam Konstitusi RIS tanggal 14 Desember 1949, maka dibentuk Dewan Pengawas Keuangan (berkedudukan di Bogor) yang merupakan salah satu alat perlengkapan negara RIS, sebagai Ketua diangkat R. Soerasno mulai tanggal 31 Desember 1949, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan di Yogyakarta. Dewan Pengawas Keuangan RIS berkantor di Bogor menempati bekas kantor Algemene Rekenkamer pada masa pemerintah Netherland Indies Civil Administration (NICA).
Dengan kembalinya bentuk Negara menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1950, maka Dewan Pengawas Keuangan RIS yang berada di Bogor sejak tanggal 1 Oktober 1950 digabung dengan Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan UUDS 1950 dan berkedudukan di Bogor menempati bekas kantor Dewan Pengawas Keuangan RIS. Personalia Dewan Pengawas Keuangan RIS diambil dari unsur Badan Pemeriksa Keuangan di Yogyakarta dan dari Algemene Rekenkamer di Bogor.
Pada Tanggal 5 Juli 1959 dikeluarkan Dekrit Presiden RI yang menyatakan berlakunya kembali UUD Tahun 1945. Dengan demikian Dewan Pengawas Keuangan berdasarkan UUD 1950 kembali menjadi Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan Pasal 23 (5) UUD Tahun 1945.
Meskipun Badan Pemeriksa Keuangan berubah-ubah menjadi Dewan Pengawas Keuangan RIS berdasarkan konstitusi RIS Dewan Pengawas Keuangan RI (UUDS 1950), kemudian kembali menjadi Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan UUD Tahun 1945, namun landasan pelaksanaan kegiatannya masih tetap menggunakan ICW dan IAR.
Dalam amanat-amanat Presiden yaitu Deklarasi Ekonomi dan Ambeg Parama Arta, dan di dalam Ketetapan MPRS No. 11/MPRS/1960 serta resolusi MPRS No. 1/Res/MPRS/1963 telah dikemukakan keinginan-keinginan untuk menyempurnakan Badan Pemeriksa Keuangan, sehingga dapat menjadi alat kontrol yang efektif. Untuk mencapai tujuan itu maka pada tanggal 12 Oktober 1963, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 7 Tahun 1963 (LN No. 195 Tahun 1963) yang kemudian diganti dengan Undang-Undang (PERPU) No. 6 Tahun 1964 tentang Badan Pemeriksa Keuangan Gaya Baru.
Untuk mengganti PERPU tersebut, dikeluarkanlah UU No. 17 Tahun 1965 yang antara lain menetapkan bahwa Presiden, sebagai Pemimpin Besar Revolusi pemegang kekuasaan pemeriksaan dan penelitian tertinggi atas penyusunan dan pengurusan Keuangan Negara. Ketua dan Wakil Ketua BPK RI berkedudukan masing-masing sebagai Menteri Koordinator dan Menteri.
Akhirnya oleh MPRS dengan Ketetapan No.X/MPRS/1966 Kedudukan BPK RI dikembalikan pada posisi dan fungsi semula sebagai Lembaga Tinggi Negara. Sehingga UU yang mendasari tugas BPK RI perlu diubah dan akhirnya baru direalisasikan pada Tahun 1973 dengan UU No. 5 Tahun 1973 Tentang Badan Pemeriksa Keuangan.
Dalam era Reformasi sekarang ini, Badan Pemeriksa Keuangan telah mendapatkan dukungan konstitusional dari MPR RI dalam Sidang Tahunan Tahun 2002 yang memperkuat kedudukan BPK RI sebagai lembaga pemeriksa eksternal di bidang Keuangan Negara, yaitu dengan dikeluarkannya TAP MPR No.VI/MPR/2002 yang antara lain menegaskan kembali kedudukan Badan Pemeriksa Keuangan sebagai satu-satunya lembaga pemeriksa eksternal keuangan negara dan peranannya perlu lebih dimantapkan sebagai lembaga yang independen dan profesional.
Untuk lebih memantapkan tugas BPK RI, ketentuan yang mengatur BPK RI dalam UUD Tahun 1945 telah diamandemen. Sebelum amandemen BPK RI hanya diatur dalam satu ayat (pasal 23 ayat 5) kemudian dalam Perubahan Ketiga UUD 1945 dikembangkan menjadi satu bab tersendiri (Bab VIII A) dengan tiga pasal (23E, 23F, dan 23G) dan tujuh ayat.



Tahap tesnya apaan dong gan?


Tunjangan dan Gaji


kaskuser BPK 2010


link dimari gan

TIPS & TRICK - MONGGO SHARE DIMARI GAN....
JAYALAH BANGSAKU JAYALAH NEGERIKU MERDEKAemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 168 dari 176
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 05:37
Quote:Original Posted By incaran.cewe


gue selama ini silent reader cuma karena ni orang sering dibahas jadi gue mau nimbrung dikit
jurusan akuntansi 7 orang yang nolak penempatan tahun 2014 itu 6 cewe 1 cowo

putu vera
a.g. istri agung
aragani malahayati
ilma hudalina
satriyo adi
andanti pujiati
hana safira


dari mereka berenam cuma satu yang cowo, dan satriyo itu jebol di OJK ga mungkin dia ikut lagi tahun ini. Dark king itu cowo, nama awal dia itu kan soran, skrg namanya ganti kamal majirif. itu nama-nama tokoh gundam, kalo dark king itu kan one piece.lu bisa tebak ga mungkin cewe demen anime begituan. dan dia kan kegap dulu yang naik land cruiser plat dinas di pekanbaru tahun 2014 itu. dia juga sempat bilang anak-anak pekanbaru 2017 gak mungkin lolos dan chance mereka kecil.

kalo dari yang gue analisa ada dua orang yang gak lolos tahun 2014 tapi masuk daftar peserta TKB 2017 ini yang nilainya di atas 370 untuk jurusan akuntansi. namanya UP dan FC. tapi belum tentu mereka .....

kesimpulan gue ini orang bukan nolak penempatan tahun 2014 tapi gagal di TKB, kalo lo paham kenapa dia suka ngejelekin orang itu tanda dia kesal karena dulu gagal dan ngerasa lebih berpengalaman dari lo-lo yang baru pertama nyoba cpns bpk.


Nah.. ane juga mikirnya gitu. Doi ga mungkin yang nolak2in, yang ada paling karena sakit hati ga lolos taun2 kemaren. Hahaha.
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 07:00


Quote:Original Posted By reyzzha
dilaporin kalo di grup telegram ada yang bawa2 post ane dan kayaknya pada salah paham emoticon-Ngakak (S)

berhubung lagi rame2 soal TDS/TMS ane klarifikasi disini aja lah ya emoticon-Big Grin
ane gak pernah bilang di pengumuman akhir nanti ada TDS/DS atau TMS/MS pas pengumuman rekrutmen 2014, gatau kalo yang nanti.
kebijakan masing2 instansi di pengumumannya make TDS atau TMS atau kayak di KY make kode P1, P2 untuk hasil psikotestnya, BPK sendiri di pengumuman akhirnya (2014) memakai skor (kuantitatif)

penilaian DS/TDS itu dari psikolog karena ga semua sub test psikotest ada scoringnya, tapi di pengumuman integrasi SKD+SKB untuk hasil akhir SKB yang berupa psikotest ada yang memakai skor, ada yang make skor plus keterangan DS/TDS, ada yang hanya DS/TDS saja.
kenapa BPK make skor pas 2014? karena ada di permenpan, untuk nilai TKB instansi penyelenggara wajib menyampaikan hasilnya berupa skor skala 0-100 ke panselnas.

semoga ga bikin salah paham lagi emoticon-Big Grin
nitip sampein di tele ya emoticon-Peace

silakan kalo ada yang mau liat pengumuman akhir tahun 2014
https://drive.google.com/open?id=1hi...2xvdHzj0gAJvK6

Mksh gan reza share doc nya,,,,,nostalgia masa lalu yg pahit,buat kenang2an ini. Ane waktu itu urutannya tipiiiiiiiiiiiiiiiiiis banget bisa nyundul,tpi gak nyundul2 hahahahaha,tahun ini Ane lagi2 kurang beruntung dan lagi2 nilainya tipiiiiiiiiisssss bgt dri ambang batas kuota yg lolos TKD,gpp lah blm/bkn rejeki


Smoga sukses buat para pejuang NIP BPK di Mari
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 07:15
Quote:Original Posted By incaran.cewe


gue selama ini silent reader cuma karena ni orang sering dibahas jadi gue mau nimbrung dikit
jurusan akuntansi 7 orang yang nolak penempatan tahun 2014 itu 6 cewe 1 cowo


nice analysis emoticon-thumbsup
yang ane tau yang nolak papua pun cewek
tapi sebenernya ane ga ambil pusing sama troller caper itu gan, gak ada faedahnya buat ane emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By javaddict501



Mksh gan reza share doc nya,,,,,nostalgia masa lalu yg pahit,buat kenang2an ini. Ane waktu itu urutannya tipiiiiiiiiiiiiiiiiiis banget bisa nyundul,tpi gak nyundul2 hahahahaha,tahun ini Ane lagi2 kurang beruntung dan lagi2 nilainya tipiiiiiiiiisssss bgt dri ambang batas kuota yg lolos TKD,gpp lah blm/bkn rejeki


Smoga sukses buat para pejuang NIP BPK di Mari

sama-sama, sukses dimanapun berada bro emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh reyzzha
1 0
1
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 07:35
Maaf butuh pencerahan dong dr agan semua, takutnya salah paham ana. Jika nanti dinyatakan lulus, untuk point persyaratan Surat Keterangan Berbadan Sehat Rohani dari Unit Psikiatri itu kita tes lagi sendiri ke Rumah sakit gitu kah?, bukannya kemaren kita udah di tes psikiatri sama dokter yg udah di pilih dari BPK,,,
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 10:00
Sepertinya ini cerita udah kaya cerita detektif ya 😂😂😂😂😂

Quote:Original Posted By zelvareethaa


Nah.. ane juga mikirnya gitu. Doi ga mungkin yang nolak2in, yang ada paling karena sakit hati ga lolos taun2 kemaren. Hahaha.


0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 10:01
Sukses jga buat agan

Quote:Original Posted By javaddict501



Mksh gan reza share doc nya,,,,,nostalgia masa lalu yg pahit,buat kenang2an ini. Ane waktu itu urutannya tipiiiiiiiiiiiiiiiiiis banget bisa nyundul,tpi gak nyundul2 hahahahaha,tahun ini Ane lagi2 kurang beruntung dan lagi2 nilainya tipiiiiiiiiisssss bgt dri ambang batas kuota yg lolos TKD,gpp lah blm/bkn rejeki


Smoga sukses buat para pejuang NIP BPK di Mari


0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 10:17
Quote:Original Posted By javaddict501



Mksh gan reza share doc nya,,,,,nostalgia masa lalu yg pahit,buat kenang2an ini. Ane waktu itu urutannya tipiiiiiiiiiiiiiiiiiis banget bisa nyundul,tpi gak nyundul2 hahahahaha,tahun ini Ane lagi2 kurang beruntung dan lagi2 nilainya tipiiiiiiiiisssss bgt dri ambang batas kuota yg lolos TKD,gpp lah blm/bkn rejeki


Smoga sukses buat para pejuang NIP BPK di Mari


Aamiin..
Sukses jg buat agan dimanapun kerjanya.. aamiin 😁
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 10:20
Quote:Original Posted By sansatr14
Maaf butuh pencerahan dong dr agan semua, takutnya salah paham ana. Jika nanti dinyatakan lulus, untuk point persyaratan Surat Keterangan Berbadan Sehat Rohani dari Unit Psikiatri itu kita tes lagi sendiri ke Rumah sakit gitu kah?, bukannya kemaren kita udah di tes psikiatri sama dokter yg udah di pilih dari BPK,,,


Kalo yg dr saya baca di pengumuman itu harus ada 4 surat gan..
Jd ya memang harus diurus / cek lg kesehatan rohaninya.. kalo gak diurus kan suratnya cuman ada 3.. hehe
Cmiiw
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 10:28
Quote:Original Posted By reyzzha



Maaf mau nanya nih agan Reyza, untuk surat keterangan bebas narkoba, apa masih boleh pake surat yang diurus bulan september 2017?

0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 12:43
Quote:Original Posted By reyzzha

on the spot bro, dipanggil maju, dikasi surat isi penempatan, bisa mundur dulu mikir2 sampe yg lain selesai, yaa cukuplah buat nelpon ortu sama berdoa emoticon-Ngakak (S)


Gan ane akhirnya dpt. Berarti ini dikasih surat yg isinya penempatan pas lagi abis pemberkasan atau pas abis selesai magang. Ane masih rancu. Hehehe
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 12:44
Quote:Original Posted By nakkasei


Maaf mau nanya nih agan Reyza, untuk surat keterangan bebas narkoba, apa masih boleh pake surat yang diurus bulan september 2017?


amannya bikin baru sih, cari yang plaing murah, daripada pas udah hari H pemberkasan disuruh ngulang
Quote:Original Posted By luciver21


Gan ane akhirnya dpt. Berarti ini dikasih surat yg isinya penempatan pas lagi abis pemberkasan atau pas abis selesai magang. Ane masih rancu. Hehehe

pas pemberkasan
Diubah oleh reyzzha
1 0
1
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
07-12-2017 20:04
Quote:Original Posted By nakkasei


Maaf mau nanya nih agan Reyza, untuk surat keterangan bebas narkoba, apa masih boleh pake surat yang diurus bulan september 2017?



Bantu jawab ya..di update an web tentang dokumen pemberkasan disebutin kl harus per desember 2017 gan dan harus di RS plat merah / RS kepolisian.
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
08-12-2017 00:12
Quote:Original Posted By javaddict501



Mksh gan reza share doc nya,,,,,nostalgia masa lalu yg pahit,buat kenang2an ini. Ane waktu itu urutannya tipiiiiiiiiiiiiiiiiiis banget bisa nyundul,tpi gak nyundul2 hahahahaha,tahun ini Ane lagi2 kurang beruntung dan lagi2 nilainya tipiiiiiiiiisssss bgt dri ambang batas kuota yg lolos TKD,gpp lah blm/bkn rejeki


Smoga sukses buat para pejuang NIP BPK di Mari

Aamiin, sukses juga buat agan dimanapun👍
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
08-12-2017 10:55
Quote:Original Posted By reyzzha

nice analysis emoticon-thumbsup
yang ane tau yang nolak papua pun cewek
tapi sebenernya ane ga ambil pusing sama troller caper itu gan, gak ada faedahnya buat ane emoticon-Ngakak

sama-sama, sukses dimanapun berada bro emoticon-Angkat Beer


itu ada yang niat di grup tele convert ke excel..
emang yg lolos sampe ke tkb 2014 dan 2017, ga ada yang lolos sampe akhir.
Si dark king/soran ini ya salah satu dari enam orang ini.
dan dia begitu yakin lulus sepertinya karena bokapnya pejabat eselon, kan 2014 dulu dia ke tempat tes naik mobil pajero plat merah di pekanbaru. dia juga sempet nyinggung kekayaannya saat ini setara dengan pejabat eselon 2. beberapa kali dia juga ngeluh ga masuk 10 besar, krn dia ngincer AKN bisa jd utk kepentingan nepotisme bapaknya.

All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)


dan dia udah ganti nama lagi jadi tokoh death note,lucunya tiap hari dia akan hapus komen dia yang kemarin

All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)

si soran/dark king ini pengen dapet auditorat keuangan krn itu ngaudit instansi pusat di jakarta, dan dia nyindir agan knp ga dpt AKN, padahal tkd tertinggi.
padahal ya karena agan milih bali, kan priviledge ranking atas bisa memilih penempatan sesuai yang ditulis saat isi biodata....

tipe orang kyk gini tipe orang yang suka nusuk dari belakang hati-hati aja.....
Diubah oleh incaran.cewe
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
08-12-2017 19:19
Quote:Original Posted By incaran.cewe
itu ada yang niat di grup tele convert ke excel..
emang yg lolos sampe ke tkb 2014 dan 2017, ga ada yang lolos sampe akhir.
Si dark king/soran ini ya salah satu dari enam orang ini.
dan dia begitu yakin lulus sepertinya karena bokapnya pejabat eselon, kan 2014 dulu dia ke tempat tes naik mobil pajero plat merah di pekanbaru. dia juga sempet nyinggung kekayaannya saat ini setara dengan pejabat eselon 2. beberapa kali dia juga ngeluh ga masuk 10 besar, krn dia ngincer AKN bisa jd utk kepentingan nepotisme bapaknya.


Ane yakin bpk ini proses seleksinya bersih dari titip menitip gan 😁 yakan gan?
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
09-12-2017 07:48
Hilal pengumuman hasil SKB BPK kira2 kapan ya?
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
09-12-2017 09:26
Belum tampak ad pngumuman lagi gan, tapi infonya minggu depan, tunggu aja gan.
Quote:Original Posted By snugidog
Hilal pengumuman hasil SKB BPK kira2 kapan ya?


Diubah oleh rio899
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
12-12-2017 18:33
Menurut ane ente salah gan
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
12-12-2017 18:35

Goblok dipelihara

Quote:Original Posted By incaran.cewe


itu ada yang niat di grup tele convert ke excel..
emang yg lolos sampe ke tkb 2014 dan 2017, ga ada yang lolos sampe akhir.
Si dark king/soran ini ya salah satu dari enam orang ini.

dan dia begitu yakin lulus sepertinya karena bokapnya pejabat eselon, kan 2014 dulu dia ke tempat tes naik mobil pajero plat merah di pekanbaru. dia juga sempet nyinggung kekayaannya saat ini setara dengan pejabat eselon 2. beberapa kali dia juga ngeluh ga masuk 10 besar, krn dia ngincer AKN bisa jd utk kepentingan nepotisme bapaknya.

All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)


dan dia udah ganti nama lagi jadi tokoh death note,lucunya tiap hari dia akan hapus komen dia yang kemarin

All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)

si soran/dark king ini pengen dapet auditorat keuangan krn itu ngaudit instansi pusat di jakarta, dan dia nyindir agan knp ga dpt AKN, padahal tkd tertinggi.
padahal ya karena agan milih bali, kan priviledge ranking atas bisa memilih penempatan sesuai yang ditulis saat isi biodata....

tipe orang kyk gini tipe orang yang suka nusuk dari belakang hati-hati aja.....


Udah ga usah bacot gan..... Ane jelas lulus
Ente belum tentu lulus tahun ini mau lu bacot gimana pun Alhamdulillah ane ttp lulus
0 0
0
All About Seleksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
12-12-2017 22:23
lu yg bnyak bacot !!!
0 0
0
Halaman 168 dari 176
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia