omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman


isaac newton,sebuah nama ilmuwan besar yg sering didedikasikan utk "penemuan" hukum gravitasi,pernah menulis dalam bukunya, The Principia: Mathematical Principles of Natural Philosophy :

"This most elegant system of the sun, planets, and comets could not have arisen without the design and dominion of an intelligent and powerful being"



isaac newton dalam menjelaskan science,mencoba mengisi hal yg tidak ia ketahui(karena keterbatasan science nya saat itu) dengan kuasa tuhan

B terjadi krn A,dan bisa dibuktikan secara ilmiah proses terjadinya B dari A

tapi dari mana A berasal?

krn saat itu isaac newton belum bisa menemukan penjelasan science nya,maka isaac newton beranggapan pastilah A adalah kuasa Tuhan

dan isaac newton berhenti sampai disana krn merasa tidak perlu meneliti lbh jauh hal yg sudah ada jawabannya(kuasa tuhan),dan masyarakat dunia saat itupun puas karena perkataan tersebut berasal dari tulisan isaac newton sendiri,sang penemu hukum gravitasi yg plg paham diantara org lain,bukankah begitu?

namun science beruntung karena kurang lbh seratus tahun kemudian,ada matematikawan prancis,Pierre-Simon Laplace,yang menemukan jawaban dari mana A berasal..ia mengemukakan bahwa solar sistem berasal dari kontraksi kabut gas berputar akibat gravitasi.ide Pierre-Simon Laplace masih mirip dengan yg dipakai ilmuwan dan ahli astronomi sekarang.ya,untung ada laplace matematikawan yg tidak terlena dengan "kuasa tuhan" sehingga ia membebaskan science dari belengu iman.

kisah isaac newton hanyalah satu contoh dari milyaran kasus dimana semangat eksplorasi memudar bahkan berhenti sesaat krn kagum terhadap tuhan.

contoh lain misalnya girodano bruno ,orang itali ,yg pernah mengemukakan bahwa bumi bukanlah pusat tata surya, tapi justru matahari lah pusat tata surya dengan bumi mengelilinginya,bruno mengemukakan hipotesa kontroversial ini pada masa dimana rakyat eropa masih percaya bahwa bumi adalah pusat tata surya dan semua obyek tata surya mengelilingi bumi.yg sebenarnya terjadi adalah alkitab tidak secara tegas menulis matahari dan bulan mengelilingi bumi,namun beberapa ayat menceritakan tentang tuhan memerintahkan matahari dan bulan berhenti bergerak,dan dari sini gereja membuat dogma bahwa matahari dan bulan bergerak mengitari bumi dan semakin berkembang semakin jauh menjadi dogma bumi sebagai pusat tata surya scr asumtif dengan bumbu god of the gaps,tidak peduli bagaimana penjelasan sciencenya,yg jelas bumi adalah pusat tata surya dari kesimpulan tafsir alkitab,titik.

dan krn kecintaan akan iman,maka dogma buatan manusia lantas disucikan setara Tuhan,menghina dogma gereja dianggap sama dengan menghina Tuhan.

hipotesa bruno memang tepat,namun bruno telah lancang menentang pakem dogma gereja mengenai alam semesta, namun krn gereja dan kebanyakan rakyat eropa saat itu lbh memuja dogma, maka bruno menerima pengadilan gereja dan berakhir dibakar di tiang krn dianggap menghina agama.



bruno bukanlah satu satunya korban ketika science dirudapaksa oleh iman, dalam sejarah mencatat banyak fenomena hal serupa tapi tak sama yg terjadi berulang ulang,seperti ketika black death melanda eropa,mereka putus asa dan kebingungan tidak bisa membendung wabah black death,sementara disisi lain mereka melihat tetangga yahudi mereka ternyata lbh kebal terhadap black death,muncul kecurigaan bahwa penyakit black death adalah azab dari Tuhan krn mereka mengizinkan yahudi tinggal disana,yahudi dispanyol mati konyol diburu dan dibantai krn kekonyolan umat manusia menyusupkan ide "azab/hukuman dr tuhan" utk menjelaskan wabah black death(dan jg ras yahudi yg lbh tahan terhadap black death) yg saat itu belum bisa dijelaskan science/ditemukan obatnya.

padahal alasan sebenarnya warga yahudi eropa lbh kebal black death adalah krn mereka memiliki kebiasaan pola hidup yg lbh bersih(cuci tangan sebelum makan,mandi minimal 1 minggu sekali saat hari sabbath,sementara warga eropa jarang mandi krn mitos mandi memperpendek umur,dll).intinya knp yahudi lbh kebal black death bisa dijelaskan science, namun sayangnya umat manusia selalu lbh mudah terbius iman dibanding penjelasan rasional.



persekusi yahudi saat black death,dicatat di Antiquitates Flandriae,belgia

selain kisah bruno dan black death,masih byk kisa kisah ilmuwan ilmuwan yg berakhir menjadi pesakitan karena menolak mengerem mobilnya.galileo galilei yg berakhir di tahanan rumah,ilmuwan ilmuwan islamic golden age yg byk jd pesakitan dimasa nya di cap kafir,zindiq,kurang beriman,sesat,dll oleh pemuka agama mereka sendiri, hanya krn mereka berani men challange "god of the gaps" dimana kebanyakan dr mereka namanya baru harum setelah buku buku mereka sampai didunia barat dan mendapat pujian dari bangsa barat.

satu hal yg pasti "god of gaps" telah lahir berbarengan dengan kelahiran agama

argumen argumen god of the gaps amat sering dipakai dalam ceramah keagamaan,"manusia satu satunya makhluk cerdas dimuka bumi ini adalah bukti kuasa tuhan","kalau tidak ada tuhan,bagaimana bisa ada alam semesta yg begitu kompleks"

argumen argumen tersebut tidak hny laku di lingkungan agama,tp bahkan byk dipakai ilmuwan moderen sampai detik ini,menjadi isaac isaac newton yg lain

orang zaman dulu menganggap petir adalah murka tuhan.4000 tahun lalu, sains tidak bisa menjawab apa dan kenapa terjadi petir. maka celah tersebut itu diisi dengan tuhan.
setelah sains bisa mengisi celah penjelasan petir, maka kuasa tuhan yang tadinya mengisi celah tersebut dibuang.

100 tahun lalu, sains tidak bisa menjawab, darimana asal alam semesta. maka penjelasannya diisi dengan kitab suci bab genesis.

setelah sains bisa menjelaskan dengan fenomena bigbang, maka kuasa tuhan yang tadinya mengisi celah tersebut dibuang.

kakek saya pun dulu pernah menganggap hujan adalah dewa yg lagi kencing

konyol?

tidak bagi orang zaman dulu

bukan tidak mngkn dimasa depan, milyaran manusia akan tertawa terbahak bahak melihat forum forum agama skrg yg masih percaya manusia berasal dari tanah liat yg dihembuskan nafas kehidupan,itu kalau 100 tahun lagi internet www. masih dipakai dan belum digantikan tekhnologi yg lbh canggih.




itulah yang dimaksud dengan “God of the Gaps”,yaitu klaim "kuasa tuhan" untuk menambal lubang di ilmu pengetahuan yg saat itu belum mampu dijelaskan.

seiring dengan meningkatnya kemajuan science ,semakin byk lubang lubang misteri alam yg mampu dijawab science, maka kuasa tuhan yang tadinya menambal lubang tersebut dibuang, dan akan diingat sebagai mitos.

"orang orang berpikir epilepsi adalah kuasa ilahi,dan meskipun kita saat ini tidak tau apa penyebab epilepsi,namun saya yakin suatu saat kita akan menemukan jawabannya dan mengabaikan kemungkinan epilepsi adalah kuasa ilahi,begitu jg dengan berbagai fenomena alam semesta lainnya" - hippocrates (450-370 BC)

biarkanlah penelitian science bekerja,jgn diganggu dengan intervensi atau klaim agama,jgn lah menertawakan penelitian evolusi,jgn pula menghalangi penelitian kloning dengan dalih melangkahi kuasa Tuhan,tidak usah pula mengklaim lubang lubang ilmu pengetahuan yg belum mampu dijelaskan science sebagai "kuasa tuhan" apabila tidak ingin mempermalukan agama sendiri pada akhirnya,krn toh tidak ada ruginya agama membiarkan science bekerja,karena pada akhirnya science rela rela saja prestasinya diklaim agama.

ketika vaksin cacar ditemukan,hampir semua orang berkata "thanks god" ,bukan "thanks science"

begitu jg dengan obat obatan lain yg berhasil ditemukan umat manusia demi menyelamatkan byk nyawa umat manusia,sebut saja obat ebola,penicilin,tbc,dll,orang tetap akan berkata "thanks god" ,meskipun tidak ada kontribusi agama disana.




mngkn science tidak pernah sesuai klaim kitab suci

atau mngkn kitab suci menjadi membingungkan krn ditulis melalui keterbatasan sudut pandang science orang zaman dulu

atau mngkn manusia yg salah menafsirkan kitab suci

atau mngkn science masih terlalu muda untuk memahami kitab suci




https://www.npr.org/sections/13.7/2015/04/08/398227737/what-the-god-of-the-gaps-teaches-us-about-science

https://biologos.org/common-questions/gods-relationship-to-creation/god-of-the-gaps/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Giordano_Bruno

http://www.jewishhistory.org/the-black-death/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Black_Death_Jewish_persecutions

https://achaabdan.wordpress.com/2015/09/19/the-argument-from-the-god-of-the-gaps-disfavors-religion/






Diubah oleh omdikenyotom 21-02-2018 13:02
0
52.9K
754
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.