Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
754
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a260d25c0cb17ea178b4567/god-of-the-gaps-ketika-logika-dikekang-oleh-iman
isaac newton,sebuah nama ilmuwan besar yg sering didedikasikan utk "penemuan" hukum gravitasi,pernah menulis dalam bukunya, The Principia: Mathematical Principles
Lapor Hansip
05-12-2017 10:06

god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman

Past Hot Thread
icon-verified-thread
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman

isaac newton,sebuah nama ilmuwan besar yg sering didedikasikan utk "penemuan" hukum gravitasi,pernah menulis dalam bukunya, The Principia: Mathematical Principles of Natural Philosophy :

"This most elegant system of the sun, planets, and comets could not have arisen without the design and dominion of an intelligent and powerful being"

god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman

isaac newton dalam menjelaskan science,mencoba mengisi hal yg tidak ia ketahui(karena keterbatasan science nya saat itu) dengan kuasa tuhan

B terjadi krn A,dan bisa dibuktikan secara ilmiah proses terjadinya B dari A

tapi dari mana A berasal?

krn saat itu isaac newton belum bisa menemukan penjelasan science nya,maka isaac newton beranggapan pastilah A adalah kuasa Tuhan

dan isaac newton berhenti sampai disana krn merasa tidak perlu meneliti lbh jauh hal yg sudah ada jawabannya(kuasa tuhan),dan masyarakat dunia saat itupun puas karena perkataan tersebut berasal dari tulisan isaac newton sendiri,sang penemu hukum gravitasi yg plg paham diantara org lain,bukankah begitu?

namun science beruntung karena kurang lbh seratus tahun kemudian,ada matematikawan prancis,Pierre-Simon Laplace,yang menemukan jawaban dari mana A berasal..ia mengemukakan bahwa solar sistem berasal dari kontraksi kabut gas berputar akibat gravitasi.ide Pierre-Simon Laplace masih mirip dengan yg dipakai ilmuwan dan ahli astronomi sekarang.ya,untung ada laplace matematikawan yg tidak terlena dengan "kuasa tuhan" sehingga ia membebaskan science dari belengu iman.

kisah isaac newton hanyalah satu contoh dari milyaran kasus dimana semangat eksplorasi memudar bahkan berhenti sesaat krn kagum terhadap tuhan.

contoh lain misalnya girodano bruno ,orang itali ,yg pernah mengemukakan bahwa bumi bukanlah pusat tata surya, tapi justru matahari lah pusat tata surya dengan bumi mengelilinginya,bruno mengemukakan hipotesa kontroversial ini pada masa dimana rakyat eropa masih percaya bahwa bumi adalah pusat tata surya dan semua obyek tata surya mengelilingi bumi.yg sebenarnya terjadi adalah alkitab tidak secara tegas menulis matahari dan bulan mengelilingi bumi,namun beberapa ayat menceritakan tentang tuhan memerintahkan matahari dan bulan berhenti bergerak,dan dari sini gereja membuat dogma bahwa matahari dan bulan bergerak mengitari bumi dan semakin berkembang semakin jauh menjadi dogma bumi sebagai pusat tata surya scr asumtif dengan bumbu god of the gaps,tidak peduli bagaimana penjelasan sciencenya,yg jelas bumi adalah pusat tata surya dari kesimpulan tafsir alkitab,titik.

dan krn kecintaan akan iman,maka dogma buatan manusia lantas disucikan setara Tuhan,menghina dogma gereja dianggap sama dengan menghina Tuhan.

hipotesa bruno memang tepat,namun bruno telah lancang menentang pakem dogma gereja mengenai alam semesta, namun krn gereja dan kebanyakan rakyat eropa saat itu lbh memuja dogma, maka bruno menerima pengadilan gereja dan berakhir dibakar di tiang krn dianggap menghina agama.

god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman

bruno bukanlah satu satunya korban ketika science diperkosa oleh iman, dalam sejarah mencatat banyak fenomena hal serupa tapi tak sama yg terjadi berulang ulang,seperti ketika black death melanda eropa,mereka putus asa dan kebingungan tidak bisa membendung wabah black death,sementara disisi lain mereka melihat tetangga yahudi mereka ternyata lbh kebal terhadap black death,muncul kecurigaan bahwa penyakit black death adalah azab dari Tuhan krn mereka mengizinkan yahudi tinggal disana,yahudi dispanyol mati konyol diburu dan dibantai krn kekonyolan umat manusia menyusupkan ide "azab/hukuman dr tuhan" utk menjelaskan wabah black death(dan jg ras yahudi yg lbh tahan terhadap black death) yg saat itu belum bisa dijelaskan science/ditemukan obatnya.

padahal alasan sebenarnya warga yahudi eropa lbh kebal black death adalah krn mereka memiliki kebiasaan pola hidup yg lbh bersih(cuci tangan sebelum makan,mandi minimal 1 minggu sekali saat hari sabbath,sementara warga eropa jarang mandi krn mitos mandi memperpendek umur,dll).intinya knp yahudi lbh kebal black death bisa dijelaskan science, namun sayangnya umat manusia selalu lbh mudah terbius iman dibanding penjelasan rasional.


god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
persekusi yahudi saat black death,dicatat di Antiquitates Flandriae,belgia

selain kisah bruno dan black death,masih byk kisa kisah ilmuwan ilmuwan yg berakhir menjadi pesakitan karena menolak mengerem mobilnya.galileo galilei yg berakhir di tahanan rumah,ilmuwan ilmuwan islamic golden age yg byk jd pesakitan dimasa nya di cap kafir,zindiq,kurang beriman,sesat,dll oleh pemuka agama mereka sendiri, hanya krn mereka berani men challange "god of the gaps" dimana kebanyakan dr mereka namanya baru harum setelah buku buku mereka sampai didunia barat dan mendapat pujian dari bangsa barat.

satu hal yg pasti "god of gaps" telah lahir berbarengan dengan kelahiran agama

argumen argumen god of the gaps amat sering dipakai dalam ceramah keagamaan,"manusia satu satunya makhluk cerdas dimuka bumi ini adalah bukti kuasa tuhan","kalau tidak ada tuhan,bagaimana bisa ada alam semesta yg begitu kompleks"

argumen argumen tersebut tidak hny laku di lingkungan agama,tp bahkan byk dipakai ilmuwan moderen sampai detik ini,menjadi isaac isaac newton yg lain

orang zaman dulu menganggap petir adalah murka tuhan.4000 tahun lalu, sains tidak bisa menjawab apa dan kenapa terjadi petir. maka celah tersebut itu diisi dengan tuhan.
setelah sains bisa mengisi celah penjelasan petir, maka kuasa tuhan yang tadinya mengisi celah tersebut dibuang.

100 tahun lalu, sains tidak bisa menjawab, darimana asal alam semesta. maka penjelasannya diisi dengan kitab suci bab genesis.

setelah sains bisa menjelaskan dengan fenomena bigbang, maka kuasa tuhan yang tadinya mengisi celah tersebut dibuang.

kakek saya pun dulu pernah menganggap hujan adalah dewa yg lagi kencing

konyol?

tidak bagi orang zaman dulu

bukan tidak mngkn dimasa depan, milyaran manusia akan tertawa terbahak bahak melihat forum forum agama skrg yg masih percaya manusia berasal dari tanah liat yg dihembuskan nafas kehidupan,itu kalau 100 tahun lagi internet www. masih dipakai dan belum digantikan tekhnologi yg lbh canggih.


god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman

itulah yang dimaksud dengan “God of the Gaps”,yaitu klaim "kuasa tuhan" untuk menambal lubang di ilmu pengetahuan yg saat itu belum mampu dijelaskan.

seiring dengan meningkatnya kemajuan science ,semakin byk lubang lubang misteri alam yg mampu dijawab science, maka kuasa tuhan yang tadinya menambal lubang tersebut dibuang, dan akan diingat sebagai mitos.

"orang orang berpikir epilepsi adalah kuasa ilahi,dan meskipun kita saat ini tidak tau apa penyebab epilepsi,namun saya yakin suatu saat kita akan menemukan jawabannya dan mengabaikan kemungkinan epilepsi adalah kuasa ilahi,begitu jg dengan berbagai fenomena alam semesta lainnya" - hippocrates (450-370 BC)

biarkanlah penelitian science bekerja,jgn diganggu dengan intervensi atau klaim agama,jgn lah menertawakan penelitian evolusi,jgn pula menghalangi penelitian kloning dengan dalih melangkahi kuasa Tuhan,tidak usah pula mengklaim lubang lubang ilmu pengetahuan yg belum mampu dijelaskan science sebagai "kuasa tuhan" apabila tidak ingin mempermalukan agama sendiri pada akhirnya,krn toh tidak ada ruginya agama membiarkan science bekerja,karena pada akhirnya science rela rela saja prestasinya diklaim agama.

ketika vaksin cacar ditemukan,hampir semua orang berkata "thanks god" ,bukan "thanks science"

begitu jg dengan obat obatan lain yg berhasil ditemukan umat manusia demi menyelamatkan byk nyawa umat manusia,sebut saja obat ebola,penicilin,tbc,dll,orang tetap akan berkata "thanks god" ,meskipun tidak ada kontribusi agama disana.




mngkn science tidak pernah sesuai klaim kitab suci

atau mngkn kitab suci menjadi membingungkan krn ditulis melalui keterbatasan sudut pandang science orang zaman dulu

atau mngkn manusia yg salah menafsirkan kitab suci

atau mngkn science masih terlalu muda untuk memahami kitab suci




https://www.npr.org/sections/13.7/2015/04/08/398227737/what-the-god-of-the-gaps-teaches-us-about-science

https://biologos.org/common-questions/gods-relationship-to-creation/god-of-the-gaps/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Giordano_Bruno

http://www.jewishhistory.org/the-black-death/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Black_Death_Jewish_persecutions

https://achaabdan.wordpress.com/2015/09/19/the-argument-from-the-god-of-the-gaps-disfavors-religion/






Diubah oleh omdikenyotom
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 28 dari 39
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:31
berpikir kritis itu penting supaya tidak mudah dibohongi
emoticon-Cool
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:32
Quote:Original Posted By omdikenyotom


hahaha,emang ngeselin bre kalau ada badut sok intelek macam tuadhorna dan egag emoticon-Ngakak

tp sisi positifnya kalau ga ada badut badut itu,ga ada yg ngelawak tolol di lounge kaskusemoticon-Ngakak


edo do ee. self claim lagi emoticon-Leh Uga
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:32
Quote:Original Posted By eggnostick


Tapi kasian juga lama lama.
Mempertontonkan kebodohan nya agar ngerasa intelek.
emoticon-Turut Berduka

Btw. Dah cek pm belom om?
Bisa ga link nya?


iya bro baru buka pm nya,ni lg mau dl,thx emoticon-Big Grin
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:34
Quote:Original Posted By jatafest.junior
Lu kira 1 bangsa bisa ujung2 langsung jadi?
Ga ada sejarahnya gitu?
Lu kira Israel maju krn auto cling gt?
Lu org teknik mesti paham lah teknologi yg ada skrg itu proses tahunan
Kalo gw ga demen peradaban maju,
Gw bakal share sampah

emoticon-Big Grin

Ga ayak gimana?
Gw balikin, pilihan diksi lu gimana?
Cermin theis tuh?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


silahkan lu quote ts anjing,

yg berpikir teknologi instan dia bukan gw..
emoticon-Big Grin
sehingga ketika yunani bisa maka newton juga harus sama persis dg mereka..

Lu org kesekian yg menilai pribadi dan menyangkut pautkan dg keyakinan..
Goblok sudah..
emoticon-Big Grin
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:34
Agama bertujuan mempertahankn kebodohan manusia agar kekal abadi untuk kepentingan penguasa korupt keji , mknya mrk menteror manusia agar tidak boleh cerdas kritis untuk berubah lebih baik tnp korupsi .
Diubah oleh taufikmuna69
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:36
Quote:Original Posted By tuandorna


ente ga baca tuh tulisan ts yg ngejek orang yg ngomong thanks god ketika vaksin2 di temukan?

Ts nya sombong ga. bro?


Iya ane baca.. Dan ya mungkin TS bersebelahan paham..
ane tidak menjadikan TS sebagai subjek tulisan ane.. Bisa jadi pengingat buat ane, ente dan kita semua.
Intinya sebagai pengingat saja.. Kalem emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh azisjunior
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:36
Quote:Original Posted By kampretozzznine


1.lo yg bilang bukan gw..
Gw jelas g bakal bilang begitu, perintah untuk mengkaji alam semesta ada dalam alquran..
Jadi salahnya statement pertanyaan gw dimana???
emoticon-Big Grin
2. Lu paham maksud kata sekuler g jing??
emoticon-Big Grin


1.salah nya statement loe adalah kemanjaan loe(atau alasan newton) ga mau melanjutkan penelitian krn alasan kurang tekhnologi ,padahal alasan sampah tersebut sdh gw patahkanemoticon-Big Grin

2.kalau israel ga sekuler ga bakal jeng islam dikasih bebas beribadah disana,pny hak berpolitik,dan bahkan jd tentara IDF,ga usah lempar pertanyaan terus,adu argumen kalau berani emoticon-Big Grin


0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:38
Quote:Original Posted By kampretozzznine


silahkan lu quote ts anjing,

yg berpikir teknologi instan dia bukan gw..
emoticon-Big Grin
sehingga ketika yunani bisa maka newton juga harus sama persis dg mereka..

Lu org kesekian yg menilai pribadi dan menyangkut pautkan dg keyakinan..
Goblok sudah..
emoticon-Big Grin


malu lah pake alasan sampah "keterbatasan tekhnologi"emoticon-Big Grin

yunani kuno ngukur jarak bumi-bulan pake mata dan tangan loh ,bukan pake teleskop hubbleemoticon-Big Grin


0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:38
Quote:Original Posted By kampretozzznine


silahkan lu quote ts anjing,

yg berpikir teknologi instan dia bukan gw..
emoticon-Big Grin
sehingga ketika yunani bisa maka newton juga harus sama persis dg mereka..

Lu org kesekian yg menilai pribadi dan menyangkut pautkan dg keyakinan..
Goblok sudah..
emoticon-Big Grin


udah gitu doang?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Ohhh jadi bisa dipisah gitu?
Paparin dong menurut lu gimana?
Pribadi dan Keyakinan bs dipisah,
Tuntunan nyatain lu ga boleh a b c
Lu bilang boleh gitu

Blm nangkep ni logika gw
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:41
Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Lalu, apakah doa agan bisa membuat agan jadi abadi dan menghidupkan orang mati?
Agan gak bisa cuma menantang orang lain membuktikan, saat agan sendiri gak bisa membuktikan klaim agan.
======
Ok, bahasan lain
Ini slaah satu sumber terkait argumen Newton akan peran Tuhan yang disanggah Laplace


Ane pake hp ne jadi kurang bebas ber pendapat

Ane udah baca tadi gak menjelas kan apapun

soal doa minta abadi ya g mungkin agama sudah mengatakan kodrat semua manusia mati
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:50
Quote:Original Posted By omdikenyotom


1.salah nya statement loe adalah kemanjaan loe(atau alasan newton) ga mau melanjutkan penelitian krn alasan kurang tekhnologi ,padahal alasan sampah tersebut sdh gw patahkanemoticon-Big Grin

2.kalau israel ga sekuler ga bakal jeng islam dikasih bebas beribadah disana,pny hak berpolitik,dan bahkan jd tentara IDF,ga usah lempar pertanyaan terus,adu argumen kalau berani emoticon-Big Grin




goblok sudah..
tuh sudah dibantah teman paok lu, kalau teknologi bukan proses instan, tapi estafet berkelanjutan..
emoticon-Wkwkwk

Jadi khilafah juga sekuler nih, lu mau beribadah juga bakal dijamin kok...
emoticon-Wkwkwk
sono belajar maksud sekuler dulu sebelum bikin statement yang bikin ngakak...
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:54
Quote:Original Posted By kampretozzznine
goblok sudah..
tuh sudah dibantah teman paok lu, kalau teknologi bukan proses instan, tapi estafet berkelanjutan..
emoticon-Wkwkwk

Jadi khilafah juga sekuler nih, lu mau beribadah juga bakal dijamin kok...
emoticon-Wkwkwk
sono belajar maksud sekuler dulu sebelum bikin statement yang bikin ngakak...


Ya dijamin asal bayar jizyah emoticon-siul
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:56
Quote:Original Posted By jatafest.junior


udah gitu doang?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Ohhh jadi bisa dipisah gitu?
Paparin dong menurut lu gimana?
Pribadi dan Keyakinan bs dipisah,
Tuntunan nyatain lu ga boleh a b c
Lu bilang boleh gitu

Blm nangkep ni logika gw

ah elah ini aja ga paham..
hitler khatolik taat bantai yahudi apakah khatolik barbar???
botak paok bantai rakyat rohingya sampai dikecam PBB apakah budha agama radikal??
stalin bantai berjuta manusia apakah atheis ......? lu isi sendiri dah...
lu tenang aja gw bersikap tergantung situasi, kalau menghadapi kafir islamophobia paok jelas beda dengan kafir ga biadab seperti mayoritas klien kerjaan gw..
emoticon-Angkat Beer
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 22:57
Hadeuh tritnya bocah ..maen lo kurang jauh ..baru bisa pegang botol gepeng dah ngigo..maen sono dunia masih luaas. Sok teu lu ...
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 23:00
Quote:Original Posted By 2orpheus90


Mungkin beberapa ada yg relevan, tapi beberapa jelas tidak. Salah satunya adalah teori evolusi dan mungkin embriologi. Bagi saya bila betul adalah sbuah wadah firman Tuhan, gak mungkin isinya ada yg relevan dan ada yg tidak sama skli.


Correction, belum relevan, ☺️, salah satu keterbatasan saat ini yg blm bs membuktikan. Sbnernya intinya bgini gan, Islam yang sesungguhnya, yang sesungguhnya lho ya, bukan yang setengah2 atau malah yg ngaku2, Islam yg sesungguhnya justru mengendorse apa yg tertulis di dlam Al-Qur'an untuk dibuktikan melalu sains, tapi skali lagi, sayangnya yg kelihatan di kita justru sbaliknya, gw sndiri melihat klo kita mempertanyakan why, why? Kita malah dihujat... Dasar kafir ga percaya Allah... What the...
Ane masi pake hape ini balesnya, bales aja lagi post ane ini, nanti kita bahas panjang x lebar = luas.
Tapi inget, ndak pake emosi, ndak pake ngotot, keep it cool... Stuju? Malas diskusi klo pake emosi
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 23:01
Quote:Original Posted By kampretozzznine


goblok sudah..
tuh sudah dibantah teman paok lu, kalau teknologi bukan proses instan, tapi estafet berkelanjutan..
emoticon-Wkwkwk

Jadi khilafah juga sekuler nih, lu mau beribadah juga bakal dijamin kok...
emoticon-Wkwkwk
sono belajar maksud sekuler dulu sebelum bikin statement yang bikin ngakak...


Trus klo tidak mau beribadah apa dijamin oleh khilafah ? Spt sekuler yg menjamin semua org bebas mau beribadah atau tidak beribadah fine2 saja.
Diubah oleh taufikmuna69
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 23:01
Quote:Original Posted By Arzal


Ya dijamin asal bayar jizyah emoticon-siul

kalau lu kafir dan minta perlindungan dibawah kepemimpinan islam jelas ada aturan mainnya..
toh masih banyak kerajaan kafir yang ga tersangkut jizyah pada masa itu, karena tidak terikat perjanjian...
emoticon-Big Grin
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 23:06
Quote:Original Posted By kampretozzznine
kalau lu kafir dan minta perlindungan dibawah kepemimpinan islam jelas ada aturan mainnya..
toh masih banyak kerajaan kafir yang ga tersangkut jizyah pada masa itu, karena tidak terikat perjanjian...
emoticon-Big Grin


Ya lihat aja nasib penganut Zoroaster dulu.
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 23:07
Quote:Original Posted By taufikmuna69


Trus klo tidak mau beribadah apa dijamin oleh khilafah ? Spt sekuler yg menjamin semua org bebas mau beribadah atau tidak beribadah fine2 saja.


Kalau lu muslim jelas harus ibadah..
yang jelas jangan ganggu muslim yang menjalankan ajaran agamanya..
seperti yahudi yang narik pakaian seorang muslimah, sehingga membuat khilafah umar mengerahkan tentara buat mengepung mereka..
kalau bukan itu hak ente..
emoticon-Big Grin
0 0
0
god of the gaps, ketika logika dikekang oleh iman
06-12-2017 23:09
Quote:Original Posted By Arzal


Ya lihat aja nasib penganut Zoroaster dulu.

Maksud lu penyembah api yang mengancam lalu lintas perdagangan mayoritas umat islam??
emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 28 dari 39
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia