gembalasempakAvatar border
TS
gembalasempak
Gatot: Saya Tidak Diberitahu Presiden Soal Pergantian Panglima
liputan6.com

Dec 6, 2017 3:57 PM



Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku tak diberi tahu oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal pergantian panglima TNI. Karena itulah, dia mengeluarkan surat keputusan mutasi 85 perwira.

Menurut Gatot, surat mutasi itu dibuat sebelum adanya penunjukan Marsekal Hadi Tjahjanto oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon panglima TNI.

"Saya tidak melanggar etika karena tanggal 4 Desember," ujar Gatot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Dia menjelaskan, proses pengeluaran putusan perwira tinggi itu melalui proses bertahap berdasarkan prosedur yang ada. Sebelumnya, pada 30 November 2017 telah diadakannya pra wanjakti atau Dewan Kepangkatan Tinggi yang diwakili oleh wakil KSAU dan wakil KSAD.

"Kemudian tanggal 4 Desember kami rapat karena belum tahu, ya belum tahu karena saya tidak diberitahu oleh presiden," ujar dia.

Gatot melanjutkan, jika dia sudah mengetahui soal penunjukan Marsekal Hadi Tjahjanto, maka dia tak akan merotasi perwira tinggi.

"Saya sama sekali tidak tahu, saya tahunya setelah ditelepon Mensesneg setelah beliau menyerahkan surat kepada DPR," paparGatot.

Gatot menambahkan, memasuki tahun politik di Indonesia, Hadi Tjahjanto sudah paham cara menghadapinya.

"Saya pikir KSAU sudah paham betul, kita lihat saat Pilkada DKI cukup tinggi sekarang Jabar, Jateng, Jatim, Sulsel, Lampung, Palembang bahkan Papua. Ini TNI bisa menjadi penengah apabila netral," jelas Gatot.



sumbernya

mungkin presiden juga gak tau kalo tiba tiba disuruh ganti panglima emoticon-Wink

0
8.7K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.