TronbunAvatar border
TS
Tronbun
Mimisan Pada Anak

Dua faktor utama penyebab mimisan pada anak, diantaranya faktor organik (gangguan kesehatan bayi) dan faktor gangguan medik. Faktor organik dimana terdapat kelainan organ bawaan sejak lahir, bisa berupa kelemahan di organ hidung maupun pembuluh darah yang relatif tipis, terlalu lebar dan terlalu rapuh. Salah satu penyebabnya adalah cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Trauma fisik seperti mengorek hidung dengan jari atau terbentur saat jatuh bisa menjadi penyebabnya. Faktor gangguan medik, dimana adanya gangguan kesehatan anak berupa pembekuan darah, terutama sel darah merah yang berfungsi untuk menutup luka. Selain faktor diatas, mimisan pada bayi juga dapat disebabkan karena :

Polusi
Keadaan udara yang dihirup berpengaruh terhadap kesehatannya. Misal asap kendaraan bermotor dan asap rokok

Obat-obatan

Misal obat jenis steroid yang berfungsi untuk melegakan hidung mampet atau obat lain yang tidak cocok. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter

Infeksi
Infeksi yang mungkin terjadi diantaranya vestibulitas (peradangan pada selubung akar rambut yang terjadi di dalam bagian depan rongga hidung anak), sinusitis (peradangan yang terjadi di daerah sinus pada rongga daerah kanan dan kiri di atas hidung), infeksi sistematik (infeksi karena anak mengalami masalah kesehatan, salah satunya demam berdarah). Jika mimisan disebabkan oleh infeksi sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

[CENTER]
PERTOLONGAN PERTAMA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA SI KECIL MIMISAN[/CENTER]
Diubah oleh Tronbun 05-12-2017 08:22
1
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.