ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Ketika Siklon Cempaka Berlalu, Siklon Dahlia Pun Datang


Setelah mendeteksi adanya Siklon Cempaka, kini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah mendeteksi Siklon Dahlia.

Cempaka adalah siklon tropis yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa, siklon ini mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami hujan serta angin kencang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah Siklon Cempaka, kini muncul lagi Siklon Dahlia yang sedang bergerak kearah Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Diperkirakan ketiga daerah tersebut akan dilanda hujan lebat dan juga angin kencang.

Menurut BMKG, Siklon Tropis Dahlia berada di perairan Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu pada Rabu, 29 November 2017 pukul 19.00 WIB. Siklon dahlia ini melintas dengan kecepatan angin maksimum mencapai 65 km/jam, dan bergerak kearah Timur dengan kecepatan gerak 8km/jam.

Diperkirakan pada hari ini, Kamis (30/11/2017), Siklon Dahlia akan berada di Samudera Hindia sebelah Selatan Bengkulu. Dengan kecepatan angin yang mencapai 85km/jam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat agar selalu waspada dengan adanya potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi.

BMKG juga menghimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir maupun longsor di daerah yang rawan terhadap dua bencana tersebut, dan bagi yang tinggal di daerah dekat dengan bantaran kali serta perbukitan agar meningkatkan kewaspadaan.

Dampak yang akan ditimbulkan oleh Siklon Tropis Dahlia adalah sebagai berikut:

- Terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

- Angin kencang hingga >20 knot di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian Selatan, dan Jawa Barat bagian Selatan.

- Terjadinya gelombang laut dengan tinggi sekitar 4-6 meter yang berada di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, dan Samudera Hindia selatan Banten.

0
23.2K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.