• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar Indonesia, agan masuk Aliran yang mana ?

notinsaneAvatar border
TS
notinsane
Daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar Indonesia, agan masuk Aliran yang mana ?
Diberitakan sebelum nya di situs berita goodnewsfromindonesia.id bahwa Beladiri Tapak Suci sukses memukau hadirin di festival budaya se Asia yang diselenggarakan di Mesir. Inilah yang jadi alasan ane buat bikin thread mengenai beladiri pencak silat yang jadi kebanggaan asli warga negara Indonesia nih gan.

Mohon maaf sebelum nya kalo mungkin ane repost, maklum ane masih nubi yang sedang mencari jati diri untuk sukses di dunia per Kaskus an ini. Aamiin.

Menurut sebuah artikel juga disebutkan kalo Pencak Silat yang asli punya orang Indonesia, adalah bela diri tangan kosong terbaik Nomor 2 di dunia. Nah suatu saat kita bakalan bahas bela diri mana yang jadi peringkat pertama nya ya gan. emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik

Berikut ini daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia, cekidot gan :

  1. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267 orang. Dan mungkin masih terus bertambah jumlah nya sampe sekarang gan. Untuk menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yang dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil. Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga memberikan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa. Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yang dianggap sebagai warga atau saudara SH adalah apabila ia telah melakukan pengesahan yang dikecer oleh Dewan Pengesahan.

Spoiler for PSHT:


Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau. Khadang SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam.

Spoiler for LATIHAN:


  1. Silat Nasional Perisai Diri(PD)

Teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu Siauw Liem Sie (Shaolin) selama 13 tahun. Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat.

Spoiler for PD:


  1. Pencak Silat Organisasi (PO)


Bapak Imam Suja'imendirikan Perguruan Silat Pencak Organisasi sebagai gerakan "bawah tanah" yang menentang penjajahan. Tepat nya berdiri pada tanggal 27 Agustus 1927 di kota Lumajang. Sebelum beliau mendirikan Perguruan Ini, Pak Imam Suja'i telah bergabung di Perguruan Silat "Setia Hati Terate", setelah sekian lama bergabung, lalu beliau menciptakan suatu Perguruan Bela Diri (silat) Pencak Organisasi, Sehingga beberapa jurus-jurus PO mirip dengan SHT, Beliau Telah Memodifikasi dan mengembangkan jurus-jurus SHT dengan pikiran beliau.

Spoiler for PO:


Sekarang PO telah berkembang dimana-mana dan meraih prestasi yang membanggakan bangsa indonesia, Dengan pesilat-pesilat yang berkualita PO telah mengharumkan nama bangsa, Sebagai contoh di Sea Games Chiang Mai Thailand. Pesilat PO mengharumkan nama Indonesia di beberapa kelas yang diperlombakan.

  1. Tapak Suci Putera Muhamadiyah (TS)

Perguruan Tapak Suci berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertama Tapak Suci adalah H.Djarnawi Hadikusumo.Setelah berdiri tapak suci menerima permintaan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis tapak suci menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, Tapak Suci diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah. Nama perguruan menjadi tapak suci putera muhammadiyah, disingkat TAPAK SUCI.

Spoiler for TAPAK SUCI:


  1. Pencak Silat Cimande


Cimande pada mulanya menggunakan teknik perkelaian dengan jarak jauh, yaitu pesilat mengambil jarak jangkau selepas kaki, jarak ini dimungkinkan untuk dapat mudah menghindari serangan lawan. Jarak ini menjadi jarak dominan untuk serang balik. Setiap pesilat dalam melakukan serangan harus memperhatikan sikap kaki atau kuda-kuda yang bertujuan untuk menjaga jarak lawan. Kuda-kuda pipih yang digunakan dapat dengan mudah dipindah-pindah, dan dapat diubah-ubah dalam kecepatan dan frekuensi tinggi. Karena dipastikan lawan akan memberikan serangan jarak dalam bentuk pukulan atau tendangan cepat dan tinggi, untuk mengatasinya maka diperlukan jurus agar pesilat dapat mengimbanginya. Secara garis besar Comande dibagi dibagi dalam tatanan yaitu: Kelid Cimande, Pepedangan Cimande dan Tepak Selancar. Kelid dan Pepedangan merupakan jurus beladiri, sedangkan Tepak Selancar Jurus Seni (dengan iringan musik gendang pencak).

Spoiler for Cimande:


Itulah tadi daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia. Ane dulu sempet gabung di PPS BETAKO (Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong) Merpati Putih gan. Sayang nya nggak masuk di daftar atas. emoticon-Frownemoticon-Frown emoticon-Frown

Mohon maaf kalo trit ane masih berantakan ya agan agan sekalian.

emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers

Mohon komment nya. Segelas cendol juga akan terasa menyegarkan. emoticon-Genit emoticon-Genit


Sumur nya klik di mari gan :
https://www.goodnewsfromindonesia.id...-asia-di-mesir
http://bolazaman.blogspot.co.id/2016...besar-dan.html
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
71.5K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.