alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a1a0c6fddd77052398b4568/din-syamsudin-ajak-penganut-aliran-kepercayaan-kembali-ke-islam
Lapor Hansip
26-11-2017 07:35
Din Syamsudin Ajak Penganut Aliran Kepercayaan Kembali ke Islam
Din Syamsudin, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan, keputusan MK mengabulkan gugatan uji materi atas pasal 61 Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Pasal 64 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, merugikan umat Islam. Alasannya, keputusan ini menjadi angin segar bagi penghayat kepercayaan karena mereka bisa mengisi kolom agama di KTP, alias tidak ditulis dengan tanda strip lagi.

“Saya tidak tahu siapa yg diuntungkan, tapi yang jelas umat Islam dirugikan. Dirugikaan karena ada penyimpangan terhadap kehidupan bernegara, terhadap konstitusi,” kata Din kepada awak media setelah rapat Pleno Dewan Pertimbangan MUI di Jakarta Pusat pada Rabu, 21 November 2017.

Meskipun MK merupakan institusi yang berwenang melakukan dalam melakukan uji materi atas UU, namun atas nama ormas-ormas dan tokoh-tokoh Islam, Din mengaku kecewa terhadap penafsiran MK yang dinilai menyimpang dari apa yang sudah disepakati sejak dulu. Dan ini, kata Din, menimbulkan kontroversi dalam kehidupan nasional.

Tidak hanya itu, Din juga menyorot pembahasan mengenai uji materi ini yang dilakukan secara diam-diam. MK dalam pengambilan keputusan tersebut tidak mengundang DPR dan Pemerintah, terutama kementerian agama.

“Tidak mengundang pihak-pihak yang seyogyanya diundang. Baik pembentuk UU DPR,dan pemerintah, tentu instansi kementerian negara terkait hal ini menyangkut agama, seyogyanya kementerian agama juga dindang,” ujar Din.

Din menjelaskan bahwa antara kepercayaan dan agama itu sudah jelas diatur dalam Tap MPR nomor 4 Tahun 1978. Dalam ketetapan tersebut dijelaskan bahwa aliran kepercayaan tersebut bukan agama dan tidak bisa disetarakan dengan agama. Keputusan MK tersebut dinilai telah melakukan distorsi dan deviasi terhadap tafsir konstitusi yang sudah menjadi konsensus nasional.

“Maka nanti kita serahkan kepada dewan pimpinan MUI juga ormas-ormas Islam yang akan menyampaikan sikapnya, mulai besok akan menolak keputusan MK tersebut,” tegas Din.

Tokoh Muhammadiyah ini juga meminta agar Kementerian Dalam Negeri jangan terburu-buru mengambil langkah pasca adanya keputusan ini.

“Mungkin secara resmi besok oleh dewan pimpinan MUI itu akan dimintakan jangan pula secara cepat serta merta terhadap masalah yang sentra dan kontroversial ini,” ujarnya.

Sebab, pasca putusan tersebut, Tahjo Kumolo selaku Menteri dalam Negeri langsung mengambil sikap seperti yang dilaporkan Tempo.co. Ada lima langkah yang diambil, pertama, kementerian Dalam Negeri akan melaksanakan putusan MK karena bersifat final dan mengikat. Kedua, kata “agama” juga akan dimaknai “kepercayaan” sehingga penganut kepercayaan bisa mengisi kolom agama di KTP-nya, yang sebelumnya bertanda strip.

Ketiga, Kementerian Dalam Negeri akan berkoordinasi dengan kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan untuk mendapatkan data kepercayaan di Indonesia dan memasukkan kepercayaan tersebut dalam sistem administrasi kependudukan. Keempat, Kementerian Dalam Negeri akan memperbaiki aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan dan data base serta melakukan sosialisasi ke seluruh Indonesia.

Kelima, untuk mengakomodasi putusan MK tersebut, Kementerian akan mengajukan usul perubahan kedua atas Undang-Undang Administrasi Kependudukan.

Sebab Dewan Pertimbangan MUI ini bukan eksekutif, maka setelah adanya rapat pleno tersebut, mereka akan merekomendasikan agar Dewan pimpinan segera berkomunikasi dengan pihak Pemerintah.

“Dewan pertimbangan MUI ini ingin mengusulkan kepada dewan pimpinan, supaya berkomunikasi dengan berbagai pihak, dengan pemerintah, keputusan itu ya tidak harus segera serta merta dilaksanakan. Apalagi banyak juga putusan MK sendiri yang tidak dilaksanakan.

Din mengimbau kepada para penganut kepercayaan untuk kembali kepada Islam. Sebab menurutnya sedikit banyak aliran kepercayaan itu bernuansa Islami.

“Kepada saudara-saudara kami penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dulu bernama aliran kebatinan sebagian atau tidak sebagian besar itu sangat bernuansa Islami semacam sufisme Jawa. Menurut kajian akademik, marilah kembali kepada Islam,” ajak Din.

http://pepnews.com/2017/11/26/din-sy...bali-ke-islam/


Convert or else....
emoticon-Cool
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
26-11-2017 07:37
Kalau gak mau terus diapain??emoticon-Malu
0
26-11-2017 07:39
Is is is emoticon-Ngakak
0
26-11-2017 07:40
agama lokal yg bersifat pribumi tersingkir oleh agama-agama impor emoticon-Traveller
0
26-11-2017 07:44
Selama semua agama belum mampu menunjukkan bukti kebenaran keyakinannya secara ilmiah, semua orang bebas memiliki keyakinan apapun terhadap penciptanya.
0
26-11-2017 07:44
lahh emang penganut aliran kepercayaan dulunya beragama Islam? sepertinya ajakannya kebalik tuh.emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
mestinya penganut aliran kepercayaan yang mengajak orang2 yang pindah ke agama lain, lebih baik pindah dan kembali ke Agama lelulur saja. emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Karena tetap tidak membuat mental dan rohani lebih baik. emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
26-11-2017 07:45
semangat pak Dinemoticon-thumbsup
0
26-11-2017 07:45

biarin aja siy, lagian udah ngerasa alirannya paling benar saja

padahal di Ajaran Islam sendiri dilarang ngerasa ajarannya paling benar emoticon-Turut Berduka
0
26-11-2017 07:46
si udin kayak kebakaran jenggot
takut member berkurang?
0
26-11-2017 07:46
Penganut kepercayaan biasanya karena berdasarkan keturunan, bukan hasil mendengar ceramah, jadi ga usah takut.
0
26-11-2017 07:46
penghayat sudah menemukan kedamaian sejati mana mungkin lagi mau jatuh dikubangan kotoran yg sama ..
Diubah oleh vulome
0
26-11-2017 07:47
mayoritas semu nih..
padahal NU biasa2 aja ya sama keputusan MK ini
Muhammadyah aja nih yang kelonjotan sama Penghayat Kepercayaan Masuk KTP emoticon-Wink
0
26-11-2017 07:47
hormati putusan mk din
0
26-11-2017 07:47
“Kepada saudara-saudara kami penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dulu bernama aliran kebatinan sebagian atau tidak sebagian besar itu sangat bernuansa Islami semacam sufisme Jawa. Menurut kajian akademik, marilah kembali kepada Islam,” ajak Din.



Din Syamsudin Ajak Penganut Aliran Kepercayaan Kembali ke Islam



Din Syamsudin Ajak Penganut Aliran Kepercayaan Kembali ke Islam


0
26-11-2017 07:47


Quote:Original Posted By g2reload
biarin aja siy, lagian udah ngerasa alirannya paling benar saja

padahal di Ajaran Islam sendiri dilarang ngerasa ajarannya paling benar emoticon-Turut Berduka

Kasih referensinya dong bray...emoticon-Big Grin
0
26-11-2017 07:49
Quote:Original Posted By gulungantikar
lahh emang penganut aliran kepercayaan dulunya beragama Islam? sepertinya ajakannya kebalik tuh.emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
mestinya penganut aliran kepercayaan yang mengajak orang2 yang pindah ke agama lain, lebih baik pindah dan kembali ke Agama lelulur saja. emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Karena tetap tidak membuat mental dan rohani lebih baik. emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Setuju nih sama ente..
Ayo kita kembali ke agama pribumi emoticon-Cool
0
26-11-2017 07:49
Sebenernya
Biaya pembinaan agama tiap tahun it kan tergantung dr jumlah umatnya
Kalau berkurang ya uang pembinaan berkurang jg
Sama kyk buddha waktu kong hu cu dakui berapa persen it uang pembinaan berkurang
Untung ga heboh
0
26-11-2017 07:51
Quote:Original Posted By unicorn.phenex



Kasih referensinya dong bray...emoticon-Big Grin


Quote:“…Janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” [An Najm 32]


“Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.” [Ar Ruum:32]



“Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan atas kamu adalah seseorang yang telah membaca (menghafal) al-Qur’ân, sehingga ketika telah tampak kebagusannya terhadap al-Qur’ân dan dia menjadi pembela Islam, dia terlepas dari al-Qur’ân, membuangnya di belakang punggungnya, dan menyerang tetangganya dengan pedang dan menuduhnya musyrik”. Aku (Hudzaifah) bertanya, “Wahai nabi Allâh, siapakah yang lebih pantas disebut musyrik, penuduh atau yang dituduh?”. Beliau menjawab, “Penuduhnya”. (HR. Bukhâri dalam at-Târîkh, Abu Ya’la, Ibnu Hibbân dan al-Bazzâr. Disahihkan oleh Albani dalam ash-Shahîhah, no. 3201).


Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya diantara ummatku ada orang-orang yang membaca Al Qur'an tapi tidak melampaui tenggorokan mereka. Mereka membunuh orang Islam dan membiarkan penyembah berhala. Mereka keluar dari Islam secepat anak panah melesat dari busurnya. Sungguh, jika aku mendapati mereka, pasti aku akan bunuh mereka seperti terbunuhnya kaum Aad. (Shahih Muslim No.1762)

Rasulullah saw. bersabda: “Akan keluar dari umatku beberapa kaum yang keras lagi kasar, lisan-lisan mereka fasih membaca Alquran, namun tidak sampai ke tenggorokan mereka.” (HR. Ahmad dan lainnya)





Diubah oleh g2reload
0
26-11-2017 07:52
okelah kalo beg begeto.

emoticon-Traveller
0
26-11-2017 07:52
Saya tidak tahu siapa yg diuntungkan, tapi yang jelas umat Islam dirugikan. emoticon-Wakaka

koplak emoticon-Najis
0
26-11-2017 07:53
Quote:Original Posted By unicorn.phenex
Din mengimbau kepada para penganut kepercayaan untuk kembali kepada Islam. Sebab menurutnya sedikit banyak aliran kepercayaan itu bernuansa Islami.

“Kepada saudara-saudara kami penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dulu bernama aliran kebatinan sebagian atau tidak sebagian besar itu sangat bernuansa Islami semacam sufisme Jawa. Menurut kajian akademik, marilah kembali kepada Islam,” ajak Din.


Bukannya islam sufi dianggap sesat?
https://muslim.or.id/450-sufi-benark...aran-nabi.html
http://asysyariah.com/mewaspadai-sufi/

Mengikuti keyakinan adatnya sendiri disuruh masuk Islam. Bikin aliran Islam yang menyesuaikan dengan adat budayanya (sufi, kejawen, ahmadiyah) dianggap sesat, bidah, penistaan, bahkan darahnya holol. Maunya gimana?

Diubah oleh visualbasic6
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.