• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Tidak Semua Film Yang Adopsi Dari Cerita/Novel Akan Sukses Ratingnya

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Tidak Semua Film Yang Adopsi Dari Cerita/Novel Akan Sukses Ratingnya


Iseng nonton film di bioskop tapi dengan pasangan resmi ya gan, jangan pasangan selingkuh bahaya nanti maklum saja AC di bioskop sangat dingin kalau masuk angin 9 bulan kan jadi repott agan sendiri...



Sekarang lagi heboh film adopsi dari sfth kaskus "Keluarga Tak Kasat Mata" namun yang sudah menonton pasti kecewa kok beda sama yang dituliskan om Genta.

Bahkan alur yang di ambil membingungkan, kenapa keluarga itu bergentayangan menjadi semu...sedangkan di sfth di jelaskan dengan gamblang.

Saya sebagai penggemar sfth pun tak sungkan menilai bahwa film Keluarga Tak Kasat Mata Gagal Total mungkin saja kalau ada yang mau mengangkat kisah sfth lain seperti "Sepasang Kaos Kaki Hitam" bisa belajar dari kesalahan film ini.

Belajar dari kesuksesan sebuah film yang mengadopsi sebuah cerita yang booming memang tidak mudah banyak faktor resiko untuk gagal yang tinggi sebab para pembaca cerita akan membandingkan head to head antara film dengan sebuah cerita.

Kita bisa berkaca pada novel terlaris Ayat-ayat cinta, filmnya pun sederhana bahkan isi cerita pun berbeda dengan novelnya menjadi ayat-ayat poligami namun film itu pun sukses karena alur penting dalam kisah novel tidak dirubah secara besar-besaran, walaupun ending yang dirasa berbeda tidak terlalu masalah bagi para pembaca sebab alur cerita yang ada tetap sama.

Berbeda dengan film remake pengabdi setan yang pernah di filmkan di tahun 1980 an namun tetap berjaya walau di remake di 2017 walau ada beberapa ubahan namun alur cerita yang kuat tetap membawa penonton terkesima, dan menjadi best horor Indonesia tanpa adanya aksi wanita jual paha dan dada di dalamnya.



Perlu di ingat untuk membuat film yang baik itu ada sekolahnya, sedangkan membuat film yang sukses itu hingga saat ini belum ada sekolahnya. Untuk membuat film yang baik itu bisa ditempuh dengan banyak cara antaralain dengan persiapan yang matang, kostum yang baik, serta menyiapkan segala macam properti pendukung.

Namun membuat film sukses itu susah. Jadi bila anda sutradara telah berhasil membuat film yang baik jangan senang dahulu. Belum tentu film yang baik itu bisa sukses diterima penonton dan masyarakat, bahkan bisa sukses di pasar perfilman Indonesia, apalagi film diadopsi dari sebuah cerita yang sudah booming lebih dahulu.



Dengan contoh film termegah yang diadopsi oleh novel Harry Potter benar-benar sukses di kancah Internasional.

Saya mencoba menarik kesimpulan secara garis besarnya saja sebuah film akan sukses bila saja ada yang kuat di dalamnya.

Alur Cerita Yang Kuat

Ini yang terpenting alur cerita dari film yang mengadopsi novel, sebenarnya sudah kuat tapi kadang seorang sutradara ingin sesuatu yang berbeda namun saya rasa jangan terlalu banyak hal yang diubah, nanti alur cerita akan menjadi rusak dengan perubahan yang ekstreem, namun kalau dikembangkan dengan imajinasi yang oke bisa jadi film akan lebih sukses dari novel.

Seperti saya awalnya tak tahu kalau film Lord Of The Ring, Narnia, Twilight, Da vinci Code, The Hunger Game dan Laskar Pelangi adalah sebuah novel.

Namun film tersebut sukses merebut pasar di jagat hiburan ini.



Efek Suara

Dalam sebuah film efek suara sangat penting, di film apapun itu suara akan menambah rasa suasana dari visual yang diterima mata.

Hampir semua film sukses akan memberikan efek suara yang membawa suasana yang dirasakan penonton.

Efek CGI / Animasi

Dengan teknologi kemajuan zaman efek ini sangat membantu para pembuat film, bahkan penonton dengan genre tertentu pastinya akan merasa takjub dengan efek CGI ini, rasanya sesuatu yang tak mungkin akan menjadi realistis dengan efek ini.

Tak jarang efek ini memberikan kesuksesan sebuah film yang di produksi.

Aktor

Ini tak kalah penting faktor penunjang sebuah film adalah sang aktor yang sukses memerankan sebuah tokoh yang karakternya sama persis dengan apa yang di ceritakan dalam novel.

Penjiwaan seorang aktor memang sangat menentukan untuk sebuah film yang mengadopsi dari sebuah cerita yang lebih dulu terkenal.

Mungkin itu saja corat coret saya mengenai film yang di buat dari karya tulisan yang tenar lebih dulu.

Setelah nonton film jgn lupa mampir di warung kopi sejenak ya gan...yukk srruppuut kopi dolo kawann...

emoticon-coffee


Penulis c4punk1950





Diubah oleh c4punk1950... 24-11-2017 04:21
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
15.4K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.