Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
152
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a0ffdc9c1cb1709038b4571/ketika-oleh-oleh-jadi-beban-amp-bencana
Perhatikan percakapan antara si Hata dan si Bomba di atas ini! Apakah ada yang salah? Sekilas seperti tak ada masalah. Tapi coba perhatikan ba...
Lapor Hansip
18-11-2017 16:30

Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana


Hata : "Bray, elu besok jadi ke Jepang?

Bomba : "Yo bray, emang kenape bray?"

Hata : "Gua mau titip beliin PS4, hp merek Soniyah yang anti air, samurai sama boneka miyabi"

Bomba : "Udah gitu doang bray? Gak sekalian lu titip koleksi DVD JAV sama kapal tanker?"

Hata : "Ini duitnya sekian juta, kalo ada sisanya buat lu aja bray. Kurang kurang dikit mah lu talangin dulu bray"


Bomba : emoticon-Bingung



Perhatikan percakapan antara si Hata dan si Bomba di atas ini! Apakah ada yang salah? Sekilas seperti tak ada masalah.

Tapi coba perhatikan barang titipannya! Hata titip ke temannya minta dibelikan sebuah PS4, hp merek Soniyah, samurai dan boneka Miyabi.

Untuk apa si Hata titip PS4 dan handphone merek Soniyah jika kedua barang itu dengan mudah bisa ditemukan di seluruh Indonesia?

Di Jepang mungkin banyak yang jual Samurai, tapi bagaimana dengan boneka Miyabi? Lantas apakah samurai bisa lolos pemeriksaan bagasi di Airport?



Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana

Entah bagaimana asal usulnya, kebiasaan meminta atau titip oleh oleh (buah tangan/cinderamata) kepada orang yang bepergian sepertinya sudah menjadi budaya di Indonesia.

Hal tersebut lazim terjadi saat ada teman atau saudara yang akan bepergian. Entah pergi untuk sekedar jalan jalan (berwisata) atau sedang dalam tugas kantor.


Bahkan saat ada teman atau saudara yang mau berangkat haji atau pulang kampung masih saja ada orang yang meminta atau titip oleh oleh. Orang mau ibadah kok direpotin.......emoticon-Lempar Bata


Sebagian besar orang menganggap itu hal yang lumrah atau biasa saja. Dalam batas yang wajar meminta atau titip oleh oleh mungkin memang tak ada masalah.

Yang bermasalah itu justru ketika permintaan dan titipan oleh oleh itu menjadi beban dan bencana.


Pernahkah kita berpikir bahwa orang yang kita titipi itu mungkin sedang tak punya uang lebih? Atau mungkin tidak punya waktu banyak untuk mencari oleh oleh.

Celakanya banyak juga orang yang ketika titip oleh oleh berupa barang tertentu tapi tidak memberikan uangnya di muka kepada yang dititipinya.

Ini kan gak tahu diri namanya....Udah nitipnya banyak gak ngasih duitnya pula. emoticon-Amazed




Quote:



Tolong perhatikan! Jangan kira setiap orang yang bepergian itu selalu punya uang dan punya waktu banyak. Bahkan untuk mereka yang sedang berwisata sekalipun.

Karena mencari oleh oleh atau cinderamata itu bukan pekerjaan mudah. Apalagi mencari jenis barang tertentu. Terlebih jika kita tidak mengenal dengan baik daerah yang kita kunjungi.




Hal yang sering terjadi dalam "kasus oleh oleh" :

1. Susah mencari tempat oleh oleh, dan bingung mau beli apa

2. Oleh oleh yang sudah dibeli ketinggalan

3. Oleh oleh berupa barang tertentu kadang kekecilan atau kebesaran. Pecah, tumpah atau rusak.




Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana

Supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak meng'enakan (salah faham). Berikut adalah beberapa hal yang harus difahami sebelum minta oleh oleh :


1. Yakinkan bahwa orang yang akan kita mintai oleh olehnya adalah orang terdekat kita. Minimal saling mengenal dengan baik.

2. Pastikan juga bahwa tujuan bepergiannya bukan untuk tugas kantor atau perintah perusahaan yang sifatnya urgent dan singkat.

3. Jika bukan titipan barang yang sifatnya khusus dan mendesak, mintalah oleh oleh atau cinderamata yang wajar dengan harga yang relatif terjangkau. Contoh : Gantungan kunci atau sticker.

4. Jika berencana untuk titip sesuatu, pastikan itu bukan barang yang berat dan berbahaya. Apalagi jika barang yang kita inginkan sebetulnya banyak dan bisa kita beli disini.

5. Harus tahu diri jangan minta oleh oleh atau cinderamata terlalu banyak. Kasihan yang lain tak kebagian.




Mereka yang sedang bepergian (jalan jalan) kemana pun tujuannya. Sesungguhnya selalu ingin membeli oleh oleh untuk diberikan kepada orang orang terdekatnya, sebagai kenang kenangan.

Bahkan tak sedikit yang memaksakan diri demi berbagi kebahagiaan meski hanya lewat gantungan kunci atau sepotong coklat. emoticon-Traveller



Saya, napelogini....... Terima kasih.


Oleh : napelogini @kaskus

Photo : Google
Diubah oleh napelogini
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 22:50
kalo ane gak dikasih oleh-oleh gak apa apa gan emoticon-Cool
Mampir gan ke trit ane emoticon-Smilie
Quote:Fakta unik tentang tembok besar Cina
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 22:56
oleh² membebani pikiranmuemoticon-Cool
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 22:57
Quote:Original Posted By omBYsenang
Tiap liburan ke LN pasti gw bawain oleh2 buat yg deket selain keluarga, tapi semau gw, ga bisa milih. Palingan stiker ato gantungan konci, ato magnet kulkas, selain murah gampang bawanya.
Kalo ada yg nitip pasti gw mintain duid dulu lunas dimuka, dan dia juga ga boleh maksa dapet barangnya, karena gw ga mau ngorbanin waktu buat nyariin barang tertentu. Dan kalo barangnya terlalu besar, maap aja langsung gw tolak hehe


Gw setuju ama agan ini. Kl jalan2 pasti bawa oleh2 tp yg ringan2 cem gantungan kunci, tempelan kulkas atau sekedar snack, yg penting ada aja yg dibawa n gk ngeberatin.
Biar temen2 jg pd seneng, insya Allah rezeki bertambah n bs jalan2 lg

0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:13
O2 oksigen
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:19
ane tipe yang sering minta oleh oleh, abis gapernah kemana mana
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:35
makanya diem2 aja gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:46
Gausah blg2 mau pergi gan 😂
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:47
Ane pernah diminta oleh" minuman keras gan,
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:50
Jalan2 klo ga ada oleh2 ibarat makan nasi tanpa lauk tp klo liat dompet lg kering kerontang mao kagak mao pulang tanpa oleh2 emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:51
Nah ini...ane merasa banget emoticon-Big Grin

Tiap kali kita pulang traveling pasti aja ditanyain mana oleh2, meski sambil becanda ga menutup kemungkinan dari jati merek betul2 berharap, jadi kita yg galau akhirnya
emoticon-Ngakak

Semua temen, semua kawan, tp kalo beliin semua orang tadi oleh2 ya kapan kita bisa nabung buat bangun istana
emoticon-Ngakak

Selamat gan Ts tritnya ngena banget, mewakili perasaan banget deh...seenggaknya buat ane emoticon-Salaman
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
20-11-2017 23:59
ni kadang emang nyebelin banget, kadang orang yang "nitip" gak mikir kalo kita mau pergi refreshing buat senangin diri sendiri bukan buat nyenangin hati orang lain, kalau sekedar mau nyenangin hati orang lain mending stay aja,
kebayang gak yang jadi jatahnya kita buat senang senang malah jadi beban buat kita nyariin "titipan" nya orang lain, belum lagi pas udah susah2 nyari ke tempat yang notabene nya kita gatau (secara wisatawan) dikomplain yah kok kek gini, yah kok rusak, yah kok kebesaran and so on emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:02
Quote:Original Posted By rialtovischy
Jalan2 klo ga ada oleh2 ibarat makan nasi tanpa lauk tp klo liat dompet lg kering kerontang mao kagak mao pulang tanpa oleh2 emoticon-Cape d... (S)


kalo kenalan 1-12 orang masih bisalah gan bisa dikasih gantungan kunci lusinan yang mudah copot emoticon-Wakaka ,
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:03
Quote:Original Posted By jasonelf
kalo kenalan 1-12 orang masih bisalah gan bisa dikasih gantungan kunci lusinan yang mudah copot emoticon-Wakaka ,


yoiiiii slain murmer jg berguna breee emoticon-Cool
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:03
wah pengen ke jepang belom kesampeanemoticon-Mewek
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:07
Quote:Original Posted By ungkaz
wah pengen ke jepang belom kesampeanemoticon-Mewek


ane nitip gantungan kunci kontil kontilan yah breeeee
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:10
ga pernah mau kalo ada yg nitip oleh2. buang2 waktu aja
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:14
Quote:Original Posted By rialtovischy
ane nitip gantungan kunci kontil kontilan yah breeeee


Itu di bali kan ada
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:16


ane kurangbpiknik gan,
jadi ga ada yg nitip emoticon-Big Grin


감사합니다
阿帝哥
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:22
nitip inih ajah emoticon-Cipok
0 0
0
Ketika Oleh Oleh Jadi Beban & Bencana
21-11-2017 00:29
jangan dah nitip oleh2 sama temen kita yang lagi berpergian emoticon-Malu (S)
kasian. kecuali dia yanh nawarin sih
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia