idtravlerkaskusAvatar border
TS
idtravlerkaskus
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
Sebelum dibaca, perlu digarisbawahikalau trit ini murni mau kasih informasi ya gan. emoticon-No Sara Please

Satu lagi, trit ini bukan dalam rangka menyebarkan konten porno hanya karena ada beberapa foto yang BB17.

Quote:


CEKIDOT GAN! emoticon-Motret



Quote:


Kemampuan masyarakat Suku Dani dalam memanfaatkan alam memang harus diakui. Sejak zaman dahulu, mereka memang sudah sangat terlatih buat hidup bergantung dengan alam. Semua barang yang disediain alam kayaknya semua bisa dimanfaatin sama mereka. Ada Sali yang jadi busana wanita, dibuat dengan menggunakan rumput. Tapi ada lagi yang lebih unik nih!

Quote:


Quote:


Tapi ada cerita mitosnya juga nih gan mengenai asal mula Koteka ini. Berawal dari moyang mereka yang bernama Emogiki Pane dan Emobeku Pane berbuat dosa di sebuah tempat bernama Egaidimi, lalu mereka diusir dalam keadaan telanjang. Pada awalnya, mereka memanfaatkan daun sebagai penutup kelamin. Tapi lama-kelamaan, pola pikir mereka berubah dan dedaunan tersebut diganti dengan buah Labu yang dijadikan Koteka!

Sampai sekarang Koteka masih tetap dipakai walaupun tidak setiap saat. Koteka cuma dipakai dalam acara-acara tertentudoang sebagai bukti kesetiaan masyarakat Papua terhadap ajaran Kabo Mana (ajaran dasar hidup) yang telah ada turun-temurun.

Quote:


Sebenarnya, mereka nggak lagi bertelanjang seperti yang dijudge sebagian masyarakat. Mereka hanya sedang menyandang kebanggaan tradisi dan harga diri kesukuan yang sakral!Bahkan ga sembarang turis atau pendatang dapat menggunakan Koteka dengan seenaknya. Harus minta izin dulu ke para tetua adat setempat. Seorang cowok wajib pake Koteka sebagai busana kebanggaannya ketika menginjak usia 5-13 tahun.

Quote:


Koteka ini berasal dari kulit buah Labu Bobbe. Di bagian kepala Koteka biasanya dipasangkan bulu Kasuari atau Cendrawasih
Ukuran koteka sendiri disesuaikan dengan aktivitas yang pake. Mau kerja atau upacara?Kalo kerja, yang dipake itu Koteka berukuran pendek biar ruang gerak jadi lebih leluasa, sedangkan yang panjang dan dlengkapi dengan hiasan-hiasan biasanya dipake pas upacara adat. Namun, setiap suku punya bentuk koteka masing-masing gan. Misalnya anggota suku Yali yang suka bentuk labu panjang, sedangkan orang Tiom biasanya pake dua labu.

Quote:


Juga ada kabar kalo semakin tinggi jabatan dan strata sosial dalam suku tersebut, maka semakin besar juga ukuran Koteka yang dipake. Anak-anak kepala suku biasanya punya koteka yang bentuknya bulat. Di kalangan raja atau kepala suku, koteka jadi warisan sakral buat anak cucunya setelah sang raja atau kepala suku wafat. Gak jauh beda sama raja-raja di kerajaan Jawa yang warisin tongkat atau kerisnya ke penerus garis darahnya.


Gimana? nambah ilmu baru kan? emoticon-Big Grin
Biar gak dikata turis di negeri sendiri gan!

Quote:

Quote:

Diubah oleh idtravlerkaskus 15-11-2017 08:52
0
20.3K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.