tigaporsiAvatar border
TS
tigaporsi
Toko Sepi, Pedagang Tanah Abang Buka Lapak di Trotoar


Jakarta - Pedagang di Pasar Tanah Abang ternyata tak hanya berjualan di toko, mereka juga ekspansi membuka lapak di pinggir jalan. Contohnya dilakukan Pedagang Tanah Abang Blok G.

Seorang pria yang enggan namanya disebut mengaku terpaksa membuka lapak di trotoar seberang Blok G karena penjualan di tokonya sepi.

"Di sini lebih untung banget jualannya. Di toko malah sepi enggak ada sama sekali pengunjungnya," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (14/11/2017).

"Sepi yang terasa banget itu 2-3 tahun ini. Akhirnya mutusin pindah ke bawah sini baru 2 tahun kok," lanjutnya.

Dia menjelaskan, selama berdagang di toko, omzetnya jauh lebih kecil dibanding setelah membuka lapak di trotoar.

"Di toko Blok G itu saya cuma banter sekitar Rp 150 ribu/bulan. Malah pernah Rp 0. Di sini bisa untung sampai Rp 3 juta/bulan," jelas pria yang berjualan baju anak-anak ini.



Berdasarkan pantauan detikFinance, pedagang mulai menggelar dagangannya sejak pukul 11.00 WIB dan memenuhi trotar samping Blok F dan seberang Blok G.

Senada, pedagang lain yang juga enggan disebut namanya, mengamini penjelasan rekannya sesama pedagang itu. Ia menggelar lapak daster di trotoar karena penjualan di toko sepi.

"Di sini jauh beda sama jualan di atas (toko). Di atas omzetnya bisa Rp 0, Rp 50 ribu saja enggak dapat. Kalau di sini lumayan ya saya juga baru 1 bulan," ucapnya.

Sementara itu, terkait sewa toko yang berada di Blok G. Para penjual mengaku masih meneruskan sewanya.

Namun, toko tersebut tidak dijadikan selayaknya tempat berdagang. Hanya menjadi sebuah gudang barang di mana biaya yang perlu dikeluarkan hanya sebesar Rp 120 ribu/bulan. (hns/hns)

sumber
bagaimana jika blok2 toko di pasar tanah abang dirubuhkan saja semuanya dan dibangun trotoar super luasemoticon-Big Grin

sepertinya ide yg briliantemoticon-shakehand:
Diubah oleh kaskus.infoforum 15-11-2017 03:17
0
19.6K
199
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.