Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a09cf7ac2cb179c458b4567/ternyata-koteka-terbuat-dari-buah
Sejak zaman dahulu, mereka memang sudah sangat terlatih buat hidup bergantung dengan alam. Semua barang yang disediain alam kayaknya semua bisa dimanfaatin sama mereka. Ada Sali yang jadi busana wanita, dibuat dengan menggunakan rumput. Tapi ada lagi yang lebih unik nih!
Lapor Hansip
13-11-2017 23:59

Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!

Past Hot Thread
Sebelum dibaca, perlu digarisbawahikalau trit ini murni mau kasih informasi ya gan. emoticon-No Sara Please

Satu lagi, trit ini bukan dalam rangka menyebarkan konten porno hanya karena ada beberapa foto yang BB17.

Quote:
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!


CEKIDOT GAN! emoticon-Motret



Quote:
koteka


Kemampuan masyarakat Suku Dani dalam memanfaatkan alam memang harus diakui. Sejak zaman dahulu, mereka memang sudah sangat terlatih buat hidup bergantung dengan alam. Semua barang yang disediain alam kayaknya semua bisa dimanfaatin sama mereka. Ada Sali yang jadi busana wanita, dibuat dengan menggunakan rumput. Tapi ada lagi yang lebih unik nih!

Quote:
Koteka itu ternyata terbuat dari buah Labu!


Quote:
buah labu


Tapi ada cerita mitosnya juga nih gan mengenai asal mula Koteka ini. Berawal dari moyang mereka yang bernama Emogiki Pane dan Emobeku Pane berbuat dosa di sebuah tempat bernama Egaidimi, lalu mereka diusir dalam keadaan telanjang. Pada awalnya, mereka memanfaatkan daun sebagai penutup kelamin. Tapi lama-kelamaan, pola pikir mereka berubah dan dedaunan tersebut diganti dengan buah Labu yang dijadikan Koteka!

Sampai sekarang Koteka masih tetap dipakai walaupun tidak setiap saat. Koteka cuma dipakai dalam acara-acara tertentu doang sebagai bukti kesetiaan masyarakat Papua terhadap ajaran Kabo Mana (ajaran dasar hidup) yang telah ada turun-temurun.

Quote:
koteka


Sebenarnya, mereka nggak lagi bertelanjang seperti yang dijudge sebagian masyarakat. Mereka hanya sedang menyandang kebanggaan tradisi dan harga diri kesukuan yang sakral! Bahkan ga sembarang turis atau pendatang dapat menggunakan Koteka dengan seenaknya. Harus minta izin dulu ke para tetua adat setempat. Seorang cowok wajib pake Koteka sebagai busana kebanggaannya ketika menginjak usia 5-13 tahun.

Quote:
koteka


Koteka ini berasal dari kulit buah Labu Bobbe. Di bagian kepala Koteka biasanya dipasangkan bulu Kasuari atau Cendrawasih
Ukuran koteka sendiri disesuaikan dengan aktivitas yang pake. Mau kerja atau upacara? Kalo kerja, yang dipake itu Koteka berukuran pendek biar ruang gerak jadi lebih leluasa, sedangkan yang panjang dan dlengkapi dengan hiasan-hiasan biasanya dipake pas upacara adat. Namun, setiap suku punya bentuk koteka masing-masing gan. Misalnya anggota suku Yali yang suka bentuk labu panjang, sedangkan orang Tiom biasanya pake dua labu.

Quote:
koteka


Juga ada kabar kalo semakin tinggi jabatan dan strata sosial dalam suku tersebut, maka semakin besar juga ukuran Koteka yang dipake. Anak-anak kepala suku biasanya punya koteka yang bentuknya bulat. Di kalangan raja atau kepala suku, koteka jadi warisan sakral buat anak cucunya setelah sang raja atau kepala suku wafat. Gak jauh beda sama raja-raja di kerajaan Jawa yang warisin tongkat atau kerisnya ke penerus garis darahnya.


Gimana? nambah ilmu baru kan? emoticon-Big Grin
Biar gak dikata turis di negeri sendiri gan!

Quote:

Cekidot gan


Quote:

Terakhir. Jangan lupa follow Forum Traveller Kaskus di Sosial Media ya emoticon-Big Grin

TWITTER : TravellerKaskus
INSTAGRAM : TravellerKaskus

emoticon-rainbow emoticon-rainbow emoticon-rainbow

Diubah oleh idtravlerkaskus
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
14-11-2017 00:23
Huwooow baru tau ane emoticon-Belo
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:20
masih sepiemoticon-Traveller
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:20
ane udah nebak gan dari labu
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:21
koteka nya diwarisin bray. emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:21
kirain batang apa gitu
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:22
aku kira dibuat dari kayu atau bahan lain emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:22
buset panjang amat
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:23
Panjang banget itu
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:23
klo gak percaya, tanya bawah ane yg masih pake koteka emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:23
Kyaknya keren buat dicoba...emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:23
lancip banget itunya





yang mau barcen. cek bio emoticon-Ngacir
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:23
masih anget trit nya emoticon-Big Grin
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:24
KETIGAX,,

wkwk dulu waktu SD malah ane mikirnya koteka dibuat dari gading gajah yg di lobangin dalemnya , emoticon-Leh Uga
nice inpoh bray,,, emoticon-Toast
Diubah oleh adi psycho
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:24
Baru tahu ane... .

Edit: Ini HT ya? Baru pertama kali dapet page one di HT... . emoticon-Wow
Diubah oleh garissan
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:25
Koteka,,,, mungkin ts pernah nyoba pake?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:25
gw juga masih pake berasa agak gatal
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:25

Wooww mantap!!

Rupanyaa koteka terbuat dr buaah!! Baru tau owe.. mantap threadnyaa !!

Oh iya, kalo ada yang merasa ac nya kurang dingn , atau mobil kurang bertenaga.. dan tinggal di area cibubur.. bisa ke sini yah

Dokter mobil cibubur
Ruko Kawasan Niaga Citra Gran,
Blok R6 No 6,
Jalan Alternatif Cibubur, Km 4.

☎ Telp / WA : 0858 17653292
Pin BBM : D2AA001F
Seberang Mall Ciputra/Ciputra Hotel
IG : Doktermobil_cibubur.



================
Dokter Mobil Cibubur, bengkel Ac mobil & tune up mesin tanpa bongkar rekomendasi di cibubur

0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:26
Pejwan
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:26
Sekalian GEMBOXZ
Diubah oleh rambat76
0 0
0
Ternyata Koteka Terbuat dari Buah!
17-11-2017 09:28
ane udah tau sih emoticon-Malu (S) tapi gapapa ane bantu rate5 emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
mento-khas-sunda-kuliner-jadul-yang-masih-eksis
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia