News
Batal
KATEGORI
link has been copied
22
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a02e9ecdac13e29348b4567/respons-fahri-hamzah-soal-penghayat-kepercayaan-di-ktp-kk
Respons Fahri Hamzah soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, putusan MK yang membolehkan pencantuman penghayat kepercayaan di kolom agama di kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), harus diterima. Alasannya, putusan MK itu setingkat undang-undang (UU). Menurut dia, harus pula diterima fakta bahwa ada masyarakat yang tidak memili
Lapor Hansip
08-11-2017 18:26

Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK

Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK

Respons Fahri Hamzah soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, putusan MK yang membolehkan pencantuman penghayat kepercayaan di kolom agama di kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), harus diterima.

Alasannya, putusan MK itu setingkat undang-undang (UU). Menurut dia, harus pula diterima fakta bahwa ada masyarakat yang tidak memilih agama formil di Indonesia.

Sebelumnya, kata dia, di Indonesia ada lima agama yakni Islam, Katolik, Kristern Protestan, Hindu, Budha. Kemudian, lanjut Fahri, di era Presiden RI Keempat Abdurrahman Wahid ditambah Konghucu.

Nah, kata Fahri, jika sekarang MK memutuskan penganut kepercayaan menjadi bagian dari pilihan agama yang legal dan harus dicantumkan di identitas kependudukan, itu tidak masalah.

“Artinya, keputusan MK kan setingkat UU, dan itu (menyatakan) harus dicantumkan ya kita terima. Tidak ada masalah,” kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/11).

Pun demikian, Fahri melanjutkan, jika suatu hari nanti negara melegalkan dalam UU soal pencantuman agama Yahudi di identitas kependudukan, maka harus diterima juga.

“Kalau suatu hari negara kita mencantumkan misalnya agama Yahudi dalam UU atau dalam suatu proses legal yang resmi, ya harus diterima,” katanya.

Karena itu, Fahri menegaskan, sebenarnya tidak ada masalah dengan pencantuman kepercayaan seperti putusan MK itu.

Menurut dia, pencantuman itu justru positif untuk proses administrasi karena di Indonesia identitas agama dianggap penting.

“Jadi pencantuman itu tidak ada masalah, itu positif. Kalau ada orang yang mengidentifikasi dirinya menjadi penghayat, silakan saja tidak ada masalah. Memang apa masalahnya?” katanya.

_________

Selamat tinggal diskriminasi
Diubah oleh andika.1stravel
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:28
Fakri memang netral dan objektif!!! emoticon-Marah
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:29
kan nyinyir mulu nih sampah emoticon-babi
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:30
bakal ada penurunan anggota nih emoticon-Big Grin
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:33
widih, tumben pahri sepaham ama ane.
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:39
Gw mgerasa congor fahri lebih ada manfaatnya dibanding zon
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:41
Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ يَا أَيهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ ما عَبَدتمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾

“Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:50
yahudi udah jadi aliran kepercayaan ya sekarang....???


owwhhh...masih kalauww....^^

emoticon-Wakaka
Diubah oleh ajacid
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:50


Quote:Original Posted By g2reload
Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ يَا أَيهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ ما عَبَدتمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾

“Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)

Ya ya ya. Praktiknya lain
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 18:58
pro khilafah makin kesurupan baca berita beginian... yang salah tetep pemerintah
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:01
Tumben fukhri lempeng ngomongnya
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh Richadmaru
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:01
Selevel pahri aja dukung emoticon-Big Grin
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:03
Quote:Original Posted By Richadmaru
Tumben fukhri lempeng ngomongnya
emoticon-Leh Uga


Baru minum obat kali emoticon-Leh Uga
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:05
waras..
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:13
Heran juga kalo maksa2 orang milih agama.
Beragama itu HAK semua orang bukan KEWAJIBAN.
emoticon-Kiss
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:18
TUMBEN WARAS NIH ORANG emoticon-Big Grin
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:25
tumben dia komentar baik, kalo hal ini ane setuju sma elo khri...
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:29
Nunggu laskar mantan 212 turun gunung nih....

Enaknya diapain ya?
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 19:54
beuh kali ini angkat topi sama si Fahri deh
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 21:17
Fahri kalo lagi bener imut juga ya???
0 0
0
Respons Fahri Hamzah Soal Penghayat Kepercayaan di KTP-KK
08-11-2017 21:27
Mantap bung. Kali ini, setuju sama bung emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia