napeloginiAvatar border
TS
napelogini
KETIKA MALAYSIA "MENGGANYANG" INDONESIA LEWAT CARANYA
Quote:




Katanya, bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang besar. Tempat dimana segala macam kekayaan alam dan budaya ada di dalamnya.

Di Asia Tenggara saja, secara geografis, Indonesia adalah negara paling luas wilayahnya. Terbentang mulai dari Sabang sampai Merauke.

Oleh karenanya nikmat mana lagi yang akan kita dustakan?


Bahkan saking merasa "besarnya" bangsa ini, dulu presiden Soekarno pernah berkata "GANYANG MALAYSIA". Walau masih banyak orang yang gak ngerti apanya yang diganyang?

Istilah ganyang Malaysia bahkan masih sering kita dengar hingga saat ini. Terutama jika Indonesia merasa "dikadalin" oleh negeri serumpun tersebut.

Agak lucu memang, banyak orang di republik ini yang kerap teriak "ganyang Malaysia!". Tapi bingung bagaimana cara mengganyangnya....emoticon-Amazed



Zaman terus berubah, sekarang alih alih malah terbalik posisinya. Kini malah Malaysia yang berhasil "MENGGANYANG INDONESIA LEWAT CARANYA".


Akui saja tak perlu malu, bahwa Malaysia, ternyata memiliki beberapa keunggulan yg sampai hari ini mungkin belum sempat kita raih.


Seperti halnya Indonesia, Malaysia juga punya wilayah yang cukup luas. Meski tak sebesar Indonesia.

Dan sebagai sebuah negara dengan berbagai macam latar belakang, pastinya Malaysia juga memiliki berbagai persoalan terkait dengan masalah politik, sosial dan budaya.

Jadi siapa bilang di Malaysia tak ada korupsi? Siapa bilang di Malaysia tak ada orang miskin? Siapa bilang di Malaysia tak ada ormas dan LSM? Siapa bilang di Malaysia tak ada alay?

Tapiiiii......tetap saja dibanding Indonesia. Malaysia selalu ada tapinya.....emoticon-Embarrassment



Lalu dalam hal apa saja keunggulan Malaysia tersebut? Mari kita simak satu per satu.



1. Infrastruktur dan Fasilitas Publik



Suka tidak suka kita harus akui, bahwa Malaysia memiliki infrastruktur dan fasilitas publik yang relatif jauh lebih baik dibanding Indonesia.

Membandingkan antara jalan di Indonesia dengan Malaysia boleh dibilang seperti bumi dan langit.

Setidaknya bisa kita lihat ketimpangan tersebut di setiap perbatasan RI dengan Malaysia. Miris........emoticon-Mewek

Ketika bangsa Indonesia masih ribut dengan persoalan jalanan yang hancur lebur. Ternyata Malaysia sudah membangun dan memiliki beberapa hal ini sejak lama :


Monorail



Ya, Malaysia sudah lama punya monorail yang terbentang dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) hingga Titiwangsa.Sebuah moda transportasi modern lazimnya di sebuah negara maju.



Sedangkan di Jakarta? Mohon maaf, tiangnya saja gak beres beres....emoticon-Amazed


- MRT (Mass Rapid Transit)



Bukan cuma monorail, Malaysia juga punya moda transportasi modern lainnya yaitu MRT (Kereta bawah tanah).Dibangun dengan biaya 65 trilyun, menjadi semacam ikon baru kebanggaan warga Malaysia.


- TBS (Terminal Bersepadu Selatan)



Ketika Indonesia baru saja membuka terminal bis "agak lumayan" di Pulo Gebang. Malaysia sudah lama punya Terminal bus yg fasilitasnya nyaris setara dengan airport mewah.



Ketika selama puluhan tahun kita masih dihantui oleh para jambret dan copet di banyak terminal di Indonesia. Sebut saja misalnya Pulo Gadung, terminal Rajabasa Lampung, dan Bungur Asih Surabaya.

Malaysia sudah membangun banyak terminal bus dengan fasilitas yang canggih, aman dan nyaman. Miris......


- Menara Petronas



Seperti juga Dubai yang memiliki banyak gedung pencakar langit yang ikonik. Maka sepertinya Malaysia juga patut bangga karena memiliki menara kembar Petronas.

Bayangkan, hanya karena menara Petronas, Malaysia berhasil menarik jutaan wisatawan dari seluruh dunia. Termasuk ratusan ribu wisatawan asal Indonesia yang dengan bangganya bisa difoto disana.


- Sirkuit International Sepang



Silahkan kalian hitung sendiri! Sudah berapa kali Valentino Rossi, Max Biaggi, Michael Schumacher, hingga Lewis Hamilton balapan di sirkuit Sepang kebanggaan rakyat Malaysia?

Jika sudah, lalu pikirkan kenapa saya menyuruh anda untuk menghitungnya......emoticon-Thinking

Sirkuit Sentul mau jadi tuan rumah F1 dan Moto GP? Hhhmmmmm.......emoticon-Bingung



2. Pendidikan dan Kesehatan



Saya tidak bilang kalau pendidikan di Indonesia itu jelek. Tapi saya mau memberitahu, bahwa ternyata fasilitas dan sistem pendidikan di Malaysia itu jauh lebih berkualitas.

Malaysia punya banyak universitas unggulan berkelas dunia.

Dilansir dari data yang ada di Webometric.info, ketika UI, UGM dan ITB bercokol di ranking 950an hingga 1200an. Sebagai salah satu universitas tetbaik di Malaysia, University of Malaya sudah lama nongkrong di posisi 400an dunia.

Ini datanya silahkan buktikan sendiri : webometrics Malaysia

Termasuk dalam bidang kesehatan, sudah jadi rahasia umum bahwa kualitas dokter dan fasilitas kesehatan di sana jauh lebih baik dibanding Indonesia. Miris.......



3. Industri Pariwisata



Sebagai orang Indonesia saya bangga punya Bali, Lombok, Bunaken, Borobudur, Bromo, pulau Komodo hingga Raja Ampat.

Tapi saya juga merasa miris karena entah sudah berapa lama negara kita kalah telak oleh industri pariwisata Malaysia yang jauh lebih unggul dalam banyak hal......

Malaysia setiap tahunnya berhasil menarik angka kunjungan wisatawan luar negeri rata rata di atas 25 juta orang.

Sedangkan indonesia? Masih bermain di angka 7 s/d 10 jutaan setiap tahunnya. Itupun destinasi wisata favoritnya cuma Bali. Dan itu artinya? Ah sudahlah.......

Malaysia sadar, mereka tidak punya Borobudur, Prambanan, indahnya gunung Bromo, surga laut Bunaken, apalagi Bali.....

Tapi mereka 'cerdas', karena pariwisata bukan hanya sekedar menikmati pantai, gunung, dan kebudayaan.

Itulah makanya mereka membangun menara kembar Petronas dan Sirkuit Sepang.......Termasuk pusat pusat perbelanjaan modern kelas dunia hingga perjudian.


4. Pelayanan Administrasi Publik

Kadang saya suka bingung memahami e KTP yg dibuat oleh pemerintah RI. Namanya e KTP tapi fungsinya gak jelas. Lalu apa bedanya dengan KTP model lama?

Bandingkan dengan 'Mykad' yang dibuat oleh pemerintah Malaysia sejak tahun 2001. Dimana kartu tersebut betul betul canggih dan terintegrasi.

Tidak seperti e KTP "abal abal" milik bangsa yang besar ini. Udah bikinnya lama, bahannya juga mudah rusak.

Quote:



Akhir kata, rasanya cukuplah saya memaparkan sedikit banyak tentang keunggulan Malaysia dalam banyak hal.

Gak perlu juga saya bicara tentang seberapa hebat kekuatan militer dan alutsista Malaysia.

Gak penting juga saya harus membahas kenapa timnas indonesia sering keok jika berhadapan dengan timnas Malaysia......

Dan saya tidak akan memaksa anda untuk mengakui bahwa Malaysia jauh lebih unggul dibanding Indonesia.

Saya hanya sekedar mengingatkan siapapun di republik ini untuk segera membenahi diri. Bukan hanya sekedar teriak teriak "Ganyang Malaysia" tapi tanpa aksi.......

Ooh iya, saya jadi ingat saat indonesia dan Malaysia, saling klaim kepemilikan pulau Sipadan dan Ligitan. Yang akhirnya dimenangkan oleh pihak negeri Jiran.

Mungkin pengadilan internasional menganggap Malaysia lebih pantas memiliki kedua pulau tersebut karena mereka lebih tahu bagaimana cara mengurusnya.........


Ayo bangkit dan buktikan pada dunia! Bahwa kita bukan bangsa recehan yang serba tanggung dan ketinggalan zaman.......emoticon-Leh Uga



Oleh : napelogini 2017, @kaskus

Photo : Google
Diubah oleh napelogini 02-11-2017 11:48
-1
85.8K
537
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.