dkandangfarmAvatar border
TS
dkandangfarm
Usaha syariah di peternakan. Usaha Sepanjang Umur, berkah, Dan tanpa Riba
Bagi yg sdh join, silahkan akses dokumen share management dimana folder ini berisi seluruh data kegiatan usaha seperti Recording, Cashflow, Data pembelian dan juga data penjualan utkn diketahui bersama. Ini sbg langkah adanya transparansi dlm skema syariah. Insyaalloh dg skema ini kita smua selalu diberikan kemudahan dan limpahan rizki serta bisa selalu bersyukur seberapapun nikmat yg diberikan. Amin yra

Kita akan dimulai mingu depan silahkan segera bergabung utk yg belum.Thx


[/quote]

Thread ini adalah pembaruan dr thread sblmnya.
Kerjasama Usaha Ternak Broiler. Berpenghasilan Tanpa Batasan Ruang Dan Waktu
https://kask.us/iozLm
#ForumKaskus via @KASKUS


Introduction

Seperti diketahui bersama bahwa produk ayam broiler atau ayam potong memiliki pangsa pasar yg sangat sangat besar. Produk yg memiliki gizi tinggi dg harga yg terjangkau, sangat diminati seluruh kalangan masyarakat indonesia.

Dikarenakan hal tsb diatas maka banyak pelaku usaha terjun ke dalamnya. Ayam potong atau broiler memiliki masa pertumbuhan yang sangat sangat cepat bahkan dlm waktu 20hari ayam ini sdh bisa dikonsumsi. Siapakah pengguna ayam2 ini ? Jabodetabek dikuasai oleh RM.Padang dan Pecel Ayam, dan masa pemeliharaan ayam ini berkisar antara 20hr utk RM.Padang dan 24-26hr utk pecel ayam. Perputaran usaha di ayam sangat2 cepat Tetapi apakah kita tau bahwa resikopun berbanding lurus utk hal tsb, juga berbanding lurus dg capital expense.

Bagaimana potensinya ?
Sbg contoh, ada 1 org buyer minta di supply sebanyak 500e ukuran 1kg perhari. Itupun ga sanggup. Ada pula yg minta 1000e ukuran 1.5kg per2hr, apalagi ini. Jd silahkan dibayangkan potensinya dr contoh hanya 2org tsb.
Kendala trbesar adlh fluktuasi harga khususnya di ayam 1.5kg up. Di ukuran ini harga bisa berubah sangat drastis, knp ? Krn sebagian besar peternak itu memelihara di ukuran besar. Shg saat panen atau panen raya hrg ayam sangat riskan. Tetapi tidak dg ukuran kecil.

Profit di usaha ayam tidak ada yg besar. Kisaran keuntungan laba bersih pada usaha ini berkisar antara 1500-3000/Kg. Jadi untuk mengharapkan keuntungan yg besar, usaha yg dibutuhkan adalah memperbesar permodalan (capex) dan meningkatkan populasi.

Sebagai ilustrasi, per1000 ekor dana yg dibutuhkan adalah 16.5jt utk mencapai ukuran 1.2kg. Dana ini sdh termasuk smua biaya operasional dan biaya pemeliharaan semusim, kecuali sewa kandang yg dibayar dimuka. Jika per1000e permodalan yg dibutuhkan adlh 16.5jt utk ukuran 1.2kg maka didapat sbb :

Est. Kematian 5-8% (normal) : 80e
Tonase yg didpt adlh : 920e x 1.2kg
Pencapaian kerataan Pertumbuhan normal adlh : 90%
Shg didpt tonase akhir =
920 x 1.2 x 90% = 993.6kg
Hpp perkg adlh 16.5jt/993.6=16.600.
Harga jual standard ukuran 1.2kg adlh 18.500 shg didpt profit sebesar 1900 perkg atau 2280/ekor

Jadi profit per1000e adlh 2280x920 = 2jtan atau 12.7% thp modal usaha. Range aktual keuntungan adlh 11-13% dikarenakan pemeliharaan makhluk hidup yg susah diprediksi, sulit, pertumbuhan tdk normal dan rentan thp perubahan cuaca. Tetapi itulah estimasi standar/normal pendptan yg ada.

Dg yg dijelaskan diatas, maka ayoo kita bangun usaha ini dan dikembangkan shg menjadi ladang usaha dan rizki bagi kita smua.
Skema syariah yg dimaksud adalah mengcapture skema mudharabah muthlaqah dmn pembagian laba didasarkan atas pembagian laba bersih dr pendptan usaha yg didapat. Jika mendptkan kelebihan baik ayam sehat, harga tinggi atau kematian berkurang tentunya kelebihan ini akan dinikmati bersama, begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu keadilan, kesejahteraan serta rizki yg halal menjadi dasar kuat dlm skema ini.

Untuk rencana target populasi saat ini sbg rencana jangka pendek adalah 10rb ekor yg dibagi di 3 atau 4 kandang. Shg budget plan yg dibutuhkan adlh sekitar 165jt dan 10jt utk sewa dimuka selama 2 periode. Sehingga total budget adlh 175jt. Target pendptan adlh 20-25jt. Dan nisbah pembagian laba dibagi dlm bbrp term kondisi yaitu :
1. Pemodal 33%
2. Pengelola 49%
3. Dana cadangan 15%
4. Zis 3%

Dana cadangan digunakan untuk dana cadangan/talangan untuk menutupi kerugian (jika terjadi) yg disebabkan kerugian krn wabah penyakit, atau hal lainnya, atau digunakan utk pengembangan lainnya spt penyewaan kandang baru utk ekspansi ataupun digunakan utk tambahan supply pakan jika dilakukan pembesaran (tentative).

Jika memang tidak diperlukan atau tdk digunakan dana talangan tsb, maka dana cadangan akan dibagikan disetiap kuartalnya setelah dikurangi hak pengelola.

Seperti apa bagi hasilnya ?

Bagi hasil dilihat dari pendapatan yg diperoleh setelah panen di setiap periodenya dlm bulan berjalan. Bagi hasil dibagikan stlh tutup buka tgl 25 disetiap bulannya. Atau bisa akumulasi di per4bln

Contoh simulasi nisbah sbb :
Kandang A mencatatkan keuntungan bersih sebesar Rp.6jt pd tgl 20 dibulan berjalan, sedangkan kandang B dan C blm panen dan akan panen di tgl 1 bulan berikutnya, maka pembagian keuntungan utk pemodal dari keuntungan kandang A adlh :

(Nilai investasi / total dana modal) x keuntungan kandang A x 33%

Dan bulan berikutnya pembagian keuntungan yg akan didapat adlh :

(Nilai investasi / total dana modal) x keuntungan kandang A dan B x 33%

Semakin cepat dana modal diputar oleh pengelola maka semakin besar pula bagi hasil yg bisa diperoleh.

Utk Plan 10rb ekor dg total 165jt maka akan dibagi dalam Lot dg nilai per Lot adalah 1 Juta. Tidak ada batasan dlm pengambilan jumlah Lot karena jika melebihi pun, akan dialokasikan utk ekspansi yg berkelanjutan.

Oiya pasti ada pertanyaan, apakah bisa rugi usaha ini ?

Pertanyaan bagus. Jawabannya adalah "BISA ... JIKA", terjadi wabah atau musibah atau major force spt kasus flu burung dahulu yg mengakibatkan kematian tinggi. Selain major force tsb maka resiko kerugian dapat ditekan. Apa saja yg mempengaruhi ? Seperti banjir di DKI, atau musim hujan yg menyebabkan tingkat beli masyarakat menurun shg berpengaruh pada harga jual ayam. Yang bisa saja usaha mendptkan ZONK.

Demikian sekilas info perihal usaha sepanjang zaman ini. Soo ... ayooo kita rintis usaha bersama ini dg sistem yg adil dan halal serta berkah dunia dan akhirat.

Segera join yaa ...

Fyi bahwa dg skema ini, tidak ada batasan waktu yg ingin bergabung dikarenakan perhitungannya tdk akan berubah dan dana masuk pastinya terus dikembangkan ke penambahan populasi.

Quote:


informasi lebih lanjut atau bertanya atau belajar2 atau ingin bersilaturahmi bs menghubungi sy langsung selaku pengelola di :

HP/WA : 0815 7537 4446

Mohon sebutkan nama jelas dan domisili utk menyapa yah.


Terima kasih
HC
CV.CBR
cvcakrabarata@gmail.com

Quote:



Quote:
Diubah oleh dkandangfarm 19-10-2017 14:34
0
11.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Penawaran Kerjasama & Investasi
Penawaran Kerjasama & Investasi
icon
28.5KThread3.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.