News
Batal
KATEGORI
link has been copied
294
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59cefa341ee5df293c8b4567/kesaksian-soebandrio-tentang-g30s
Setiap tanggal 30 September, masyarakat Indonesia selalu mengingat tragedi berdarah yang merenggut nyawa 6 orang pejabat tinggi tentara dan seorang ajudan dari salah
Lapor Hansip
30-09-2017 08:58

Kesaksian Soebandrio Tentang G30S

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Setiap tanggal 30 September, masyarakat Indonesia selalu mengingat tragedi berdarah yang merenggut nyawa 6 orang pejabat tinggi tentara dan seorang ajudan dari salah seorang pejabat yang selamat, namun anaknya tidak selamat dan terbunuh.

Ijinkan saya, sebagai seorang kaskuser yang tidak memihak kiri atau pun kanan untuk merangkum sedikit kisah yang disampaikan Dr. H. Soebandrio dalam bukunya ‘Pengakuanku Terhadap G30S’ ini. Thread ini bukan untuk membuat pecah belah kubu kiri atau kanan mau pun kubu orde lama atau orde baru. Namun thread ini saya buat agar kita tidak melupakan sejarah yang dibengkokan?.

Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
Sumber gambar: Wikipedia

Silahkan untuk membeli bukunya jika agan/sista ingin membaca lebih lengkap.

Konflik Awal

Angkatan Kelima dan Embrio Dewan Jenderal

Gerakan Yang Dipelintir

Dewan Jenderal dan Dokumen Gilchrist


Bersambung ...

"HT"
Diubah oleh fadw.crtv
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 15
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:35
Quote:Original Posted By fadw.crtv
Setiap tanggal 30 September, masyarakat Indonesia selalu mengingat tragedi berdarah yang merenggut nyawa 6 orang pejabat tinggi tentara dan seorang ajudan dari salah seorang pejabat yang selamat, namun anaknya tidak selamat dan terbunuh.

Ijinkan saya, sebagai seorang kaskuser yang tidak memihak kiri atau pun kanan untuk merangkum sedikit kisah yang disampaikan Dr. H. Soebandrio dalam bukunya ‘Pengakuanku Terhadap G30S’ ini. Thread ini bukan untuk membuat pecah belah kubu kiri atau kanan mau pun kubu orde lama atau orde baru. Namun thread ini saya buat agar kita tidak melupakan sejarah yang dibengkokan?.

Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
Sumber gambar: Wikipedia

Silahkan untuk membeli bukunya jika agan/sista ingin membaca lebih lengkap.

Konflik Awal

Angkatan Kelima dan Embrio Dewan Jenderal

Gerakan Yang Dipelintir

Dewan Jenderal dan Dokumen Gilchrist


Bersambung ...

"HT"


duh panjang emoticon-Frown lanjut baca nanti ah
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:35
Kejadian bersejarah ini emang ngejelimet breemoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:36
asyik nih baca bacanya menambah wawasan sejarah NKRI
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:37
emoticon-Tepuk Tangan
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:40
info bagus Gan, ntap!
trims Gan.emoticon-Keep Posting Gan
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:42
terlepas gw blm byk baca tentang 30s pki dan gw gk idup d jaman itu.
gw sih msh percaya 70% emg dalang nya soeharto. andaikan anggapan gw salah sih lebih baik indonesia skrg beridiri di kaki sendiri bener kata soekarno walaupun mungkin akan jadi negara sulit apalagi skrg udh punya utang gede tapi ada harapan anak cucu kita nanti kehidupan lebih baik dari kita skrg ini.
intinya bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian.
kalau pun tidak sanggup gw rasa lebih baik berteman dengan rrt selain udh super power yang bikin Amerika pun takut secara tidak langsung sama rrt skrg ini.
dengan kita berteman dgn rrt membuktikan kerjasama dgn negara ini lebih baik drpd kita berteman baik 32 thn dgn Amerika dan kita ketahui bersama gmn negara tuh d Timur tengah yg udh di obok2 Amerika pada ancur gk karuan.
mau jadi next Afganistan. Irak dsbnya sama Amerika?
ati2 jg skrg ini gw rada jokowi di goyang trus isu pki ada hubungan nya supaya kita gk deket sama rrt. Rusia dan mungkin negara komunis lain nya. supaya kita pro Barat lagi bro?
gmn menurut agan sekalian?
gw sih lebih dukung sebenernya berdaulat aja sendiri walaupun untung udh byk dan sda udh byk d eksploitasi.
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:42
Quote:Original Posted By l4d13put
Bantahan terhadap asumsi dan cocokmologi yang berusaha mengaitkan G30S dengan pak Harto


kok kudeta gimana..

G30S itu operasi untuk mengamankan pemerintahan karno dari ancaman kudeta yg akan dilakukan Dewan Jendral (Jendral AD yang diculik dan dimasukkan ke lubang buaya)

G30S itu operasi yang dilakukan Cakrabirawa (Pro-PKI/di bawah kendali Biro Chusus CC PKI) untuk mengamankan pemerintahan karno dari ancaman kudeta yg akan dilakukan Dewan Jendral (Jendral AD yang diculik dan dimasukkan ke lubang buaya)

Kalo yang membangkang tuh cuma PNS sih gampang... tinggal panggil trus pecat/mutasi dinas.

Masalahnya yang membangkang tuh bukan karyawan biasa, mereka adalah para Perwira Tinggi yang mengkomando seluruh TNI-AD di Indonesia. Mereka punya Ratusan ribu pasukan dan Alutsista buat melakukan gerakan kudeta pemerintahan karno.

Para PATI AD yang membangkang tsb ga bakal mau nurutin perintah karno.. Cukup 1 tank .. hancur lebur itu karno & Aidit.. Makanya perlu dilakukan operasi G30S untuk menghabisi para Jendral AD yang ingin mengkudeta karno

Pangkohanudnas/ Pangdam/ Pangdivif/ Danjen Kopassus/ Pangkoarmada/ Pangkolinlamil/ Pangkoopsau juga ga diculik kok

Targetnya kan cuma PATI yang memegang jabatan tertinggi di AD.

Menko Hankam/Kasab : Jenderal TNI A.H. Nasution - Bintang 4
MenPangad : LetJend A. Yani*
- Bintang 3
Deputi I MenPangad : Mayjen Mursid
Deputi II MenPangad : Mayjen Suprapto*
Deputi III MenPangad : Mayjen MT Haryono
Asisten I MenPangad : Mayjen S. Parman

Asisten II MenPangad : Mayjen Djamin Ginting
Asisten III MenPangad : Mayjen Pranoto Reksosamudro
Asisten IV MenPangad : Brigjen DI Panjaitan
Asisten V MenPangad : Mayjen Soeprapto Soekowati
Asisten VI MenPangad : Brigjen Soedjono
Asisten VII Menpangad : Brigjen Alamsjah Prawiranegara
Inspektur Kehakiman AD : Brigjen Sutoyo*
Pangkostrad : Mayjen Suharto - Bintan 2
Pangdam Jaya : Mayjen Umar Wirahadikusumah


Satu2nya deputi Menpangad yg ga diculik adalah Mayjend Mursyid

Tidak masuknya Mayjen Mursyid dalam daftar, seperti yang sudah disebutkan, selain dianggap jenderal Soekarnois, Resimen Cakrabirawa yang dikomandoi Brigjen Sabur dalam struktur AD berada dibawah pembinaan Deputy I Kasad. Atas pertimbangan itu pula Mayjen Mursyid tidak dijadikan target.



Bantahan:
a. - Masalah udah selesai, Soeharto dibina di Seskoad oleh Mayjend Gatot Subroto. Itu kejadian lama, faktanya jaman A. Yani jadi Menpangad, Soeharto diangkat menjadi Pangkostrad.
- Nasution diangkat menjadi ketua MPRS saat pemerintahan Soeharto

b. Itu untuk mengamankan para jendral dari rencana penculikan para Jendral AD oleh Dewan Revolusi PKI


Bantahan
c. Pangkohanudnas/ Pangdam/ Pangdivif/ Danjen Kopassus/ Pangkoarmada/ Pangkolinlamil/ Pangkoopsau juga ga diculik kok. Pankostrad tuh bukan jabatan strategis, jabatan strategis adalah Menpangad, Deputi Menpangad, dan Asisten Menpangad
- NGAWUR, Deputi I Menpangad adalah Mayjen Mursyid
- Goblok bgt, Cakrabirawa yg melakukan penculikan tuh jumlahnya ga lebih dari 60 orang. Pengen disate sama orang2 kostrad?



Bantaahan:
d. - Sudah jelas di situ Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral. Bukan melaporkan akan melakukan kudeta pemerintahan Soekarno
- Emang sesama tentara ga boleh akrab gitu? lagian ga cuma harto yg akrab dengan Letkol Untung. Justru pas tahun 1965, Letkol Untung tuh akrab sama karno
- Lu bilang harto mau kudeta pemerintahan karno, tapi udah jelas Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral. Bukan melaporkan akan melakukan kudeta pemerintahan Soekarno.

Pake perspektif saat itu dong, jangan pake perspektif sekarang. Jaman itu, tindakan G30S dianggap sebagai tindakan yg benar. Karena operasi G30S mengamankan pemerintahan Karno.

Pemerintahan waktu itu kan dipegang Soekarno.. Latief kan menduga kalo Soeharto loyal sama pak Karno.

Keadaan waktu itu kan berbeda sama jaman sekarang
Sebelum peristiwa G30S, para Perwira Tinggi yang yang membangkang Karno dianggap makar. Sebaliknya, pasca operasi pembersihan G30S, justru semua yang mendukung G30S dianggap makar



bantahan:
- Tahun 1965, Kolonel Latief adalah Cakrabirawa loyalis Soekarno
- Tahun 1965, Kolonel Untung adalah Cakrabirawa loyalis Soekarno
- Lu bilang harto mau kudeta pemerintahan karno, tapi udah jelas Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral. Bukan melaporkan akan melakukan kudeta pemerintahan Soekarno.

- Pada saat G30S, Untung-Latief-Sjam itu bukan anak buah Pangkostrad (harto). Tapi anak buah Deputi I Menpangad Mayjen Mursyid.

Kan sudah jelas,Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral.

Pake perspektif saat itu dong, jangan pake perspektif sekarang. Jaman itu, tindakan G30S dianggap sebagai tindakan yg benar. Karena operasi G30S mengamankan pemerintahan Karno.

Pemerintahan waktu itu kan dipegang Soekarno.. Latief kan menduga kalo Soeharto loyal sama pak Karno.

Keadaan waktu itu kan berbeda sama jaman sekarang
Sebelum peristiwa G30S, para Perwira Tinggi yang yang membangkang Karno dianggap makar. Sebaliknya, pasca operasi pembersihan G30S, justru semua yang mendukung G30S dianggap makar



- Itu jaman dulu banget, jauh sebelum G30 S. Lagian bukan cuma harto yang mengenal baik Sjam.
- Sjam adalah ketua biro chusus CC PKI



- PKI melancarkan operasi G30S dengan tujuan berusaha mempertahankan pemerintahan Soekarno, bukan merebut kekuasaan


Bukan kudeta.. Ga ada yg bilang kudeta
PKI berusaha menyingkirkan Jendral2 AD yang anti-PKI (Kontra revolusioner)



Kegagalan tersebut di luar rencana. Gagal karena Nasution berhasil lolos berkat pengorbanan Pierre Tendean yg mengaku sebagai Nasution.


- Tujuan utama adalah culik dan eksekusi semua Dewan Jendral
- komandan Pasukan Pasopati (Cakrabirawa & Brigif) yang menjadi operator G30S, ia adalah tokoh kunci. Ia bertanggung jawab terhadap operasi penculikan jenderal-jenderal pimpinan AD.


- Kalo dicabut, ya jelas ada peluang bangkit
- Tiongkok juga negara kapitalis, tapi sistem pemerintahan 1 partai komunis.
- Jika PKI dibangkitkan, Tujuan utama adalah membuat politik 1 partai agar bisa langgeng menjadi penguasa


- Tujuan pembangkitan PKI adalah politik 1 partai
- Dulu 1948, rakyat juga trauma.. Tapi faktanya bisa masuk Top 4 di Pemilu 1955


1. Seandainya G30S berhasil dan Nasution tidak lolos, yang paling diuntungkan adalah Karno dan PKI
2. Pangkohanudnas/ Pangdam/ Pangdivif/ Danjen Kopassus/ Pangkoarmada/ Pangkolinlamil/ Pangkoopsau juga ga diculik kok
3. Semua anggota Mabes TNI AD juga tahu kok kalo akan ada aksi penculikan para Jendral AD. Sejak 2 minggu sebelum G30S, semua rumah Jendral dijaga ketat oleh tentara. Tapi justru pas hari H, semua pasukan penjaga udah ditarik lagi, karena menganggap isu tersebut tidak ada.
4. G30S adalah operasi untuk mengamankan pemerintahan karno dari ancaman kudeta yg akan dilakukan Dewan Jendral (Jendral AD yang diculik dan dimasukkan ke lubang buaya). PKI berusaha menyingkirkan Jendral2 AD yang anti-PKI (Kontra revolusioner). Bukan kudeta.
5. Dalam keadaan genting, Pangkostrad adalah pihak yang paling netral. Deputi I Menpangad adalah pimpinan Carabirawa, jadi bakal ga obyektif menangani kasus G30S.
6. Dalang G30S adalah PKI+Karno+Omar Dhani
7. Sangat besar kemungkinannya PKI bangkit.


yang disebut kudeta itu ketika Untung lewat radio membentuk Dewan Revolusi dan menyatakan membubarkan kabinet Dwikora
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:42
Trit sejarah bacanya harus pelan pelan ini
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:46
ninggalin jejak dulu
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:46
saya yakin, penggulingan soekarno ada campur tangan pihak barat. PKI memang dijebak, tapi bukan berarti mereka korban.

Bukankah penyerangan k pesantren dan pelecehan Al Quran, merebut tanah orang desa, kejadian lubany buaya sudah cukup mencap PKI sebagai pemain politik yg sadis.
kata bapak gw ya PKI itu klo udah ngumpul bisa selesai satu desa d lahap emoticon-Takut
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:46
Quote:Original Posted By l4d13put
Bantahan terhadap asumsi dan cocokmologi yang berusaha mengaitkan G30S dengan pak Harto


kok kudeta gimana..

G30S itu operasi untuk mengamankan pemerintahan karno dari ancaman kudeta yg akan dilakukan Dewan Jendral (Jendral AD yang diculik dan dimasukkan ke lubang buaya)

G30S itu operasi yang dilakukan Cakrabirawa (Pro-PKI/di bawah kendali Biro Chusus CC PKI) untuk mengamankan pemerintahan karno dari ancaman kudeta yg akan dilakukan Dewan Jendral (Jendral AD yang diculik dan dimasukkan ke lubang buaya)

Kalo yang membangkang tuh cuma PNS sih gampang... tinggal panggil trus pecat/mutasi dinas.

Masalahnya yang membangkang tuh bukan karyawan biasa, mereka adalah para Perwira Tinggi yang mengkomando seluruh TNI-AD di Indonesia. Mereka punya Ratusan ribu pasukan dan Alutsista buat melakukan gerakan kudeta pemerintahan karno.

Para PATI AD yang membangkang tsb ga bakal mau nurutin perintah karno.. Cukup 1 tank .. hancur lebur itu karno & Aidit.. Makanya perlu dilakukan operasi G30S untuk menghabisi para Jendral AD yang ingin mengkudeta karno

Pangkohanudnas/ Pangdam/ Pangdivif/ Danjen Kopassus/ Pangkoarmada/ Pangkolinlamil/ Pangkoopsau juga ga diculik kok

Targetnya kan cuma PATI yang memegang jabatan tertinggi di AD.

Menko Hankam/Kasab : Jenderal TNI A.H. Nasution - Bintang 4
MenPangad : LetJend A. Yani*
- Bintang 3
Deputi I MenPangad : Mayjen Mursid
Deputi II MenPangad : Mayjen Suprapto*
Deputi III MenPangad : Mayjen MT Haryono
Asisten I MenPangad : Mayjen S. Parman

Asisten II MenPangad : Mayjen Djamin Ginting
Asisten III MenPangad : Mayjen Pranoto Reksosamudro
Asisten IV MenPangad : Brigjen DI Panjaitan
Asisten V MenPangad : Mayjen Soeprapto Soekowati
Asisten VI MenPangad : Brigjen Soedjono
Asisten VII Menpangad : Brigjen Alamsjah Prawiranegara
Inspektur Kehakiman AD : Brigjen Sutoyo*
Pangkostrad : Mayjen Suharto - Bintan 2
Pangdam Jaya : Mayjen Umar Wirahadikusumah


Satu2nya deputi Menpangad yg ga diculik adalah Mayjend Mursyid

Tidak masuknya Mayjen Mursyid dalam daftar, seperti yang sudah disebutkan, selain dianggap jenderal Soekarnois, Resimen Cakrabirawa yang dikomandoi Brigjen Sabur dalam struktur AD berada dibawah pembinaan Deputy I Kasad. Atas pertimbangan itu pula Mayjen Mursyid tidak dijadikan target.



Bantahan:
a. - Masalah udah selesai, Soeharto dibina di Seskoad oleh Mayjend Gatot Subroto. Itu kejadian lama, faktanya jaman A. Yani jadi Menpangad, Soeharto diangkat menjadi Pangkostrad.
- Nasution diangkat menjadi ketua MPRS saat pemerintahan Soeharto

b. Itu untuk mengamankan para jendral dari rencana penculikan para Jendral AD oleh Dewan Revolusi PKI


Bantahan
c. Pangkohanudnas/ Pangdam/ Pangdivif/ Danjen Kopassus/ Pangkoarmada/ Pangkolinlamil/ Pangkoopsau juga ga diculik kok. Pankostrad tuh bukan jabatan strategis, jabatan strategis adalah Menpangad, Deputi Menpangad, dan Asisten Menpangad
- NGAWUR, Deputi I Menpangad adalah Mayjen Mursyid
- Goblok bgt, Cakrabirawa yg melakukan penculikan tuh jumlahnya ga lebih dari 60 orang. Pengen disate sama orang2 kostrad?



Bantaahan:
d. - Sudah jelas di situ Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral. Bukan melaporkan akan melakukan kudeta pemerintahan Soekarno
- Emang sesama tentara ga boleh akrab gitu? lagian ga cuma harto yg akrab dengan Letkol Untung. Justru pas tahun 1965, Letkol Untung tuh akrab sama karno
- Lu bilang harto mau kudeta pemerintahan karno, tapi udah jelas Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral. Bukan melaporkan akan melakukan kudeta pemerintahan Soekarno.

Pake perspektif saat itu dong, jangan pake perspektif sekarang. Jaman itu, tindakan G30S dianggap sebagai tindakan yg benar. Karena operasi G30S mengamankan pemerintahan Karno.

Pemerintahan waktu itu kan dipegang Soekarno.. Latief kan menduga kalo Soeharto loyal sama pak Karno.

Keadaan waktu itu kan berbeda sama jaman sekarang
Sebelum peristiwa G30S, para Perwira Tinggi yang yang membangkang Karno dianggap makar. Sebaliknya, pasca operasi pembersihan G30S, justru semua yang mendukung G30S dianggap makar



bantahan:
- Tahun 1965, Kolonel Latief adalah Cakrabirawa loyalis Soekarno
- Tahun 1965, Kolonel Untung adalah Cakrabirawa loyalis Soekarno
- Lu bilang harto mau kudeta pemerintahan karno, tapi udah jelas Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral. Bukan melaporkan akan melakukan kudeta pemerintahan Soekarno.

- Pada saat G30S, Untung-Latief-Sjam itu bukan anak buah Pangkostrad (harto). Tapi anak buah Deputi I Menpangad Mayjen Mursyid.

Kan sudah jelas,Latief melaporkan akan adanya gerakan pada besok pagi harinya untuk menggagalkan rencana Coup D’etat dari Dewan Jendral.

Pake perspektif saat itu dong, jangan pake perspektif sekarang. Jaman itu, tindakan G30S dianggap sebagai tindakan yg benar. Karena operasi G30S mengamankan pemerintahan Karno.

Pemerintahan waktu itu kan dipegang Soekarno.. Latief kan menduga kalo Soeharto loyal sama pak Karno.

Keadaan waktu itu kan berbeda sama jaman sekarang
Sebelum peristiwa G30S, para Perwira Tinggi yang yang membangkang Karno dianggap makar. Sebaliknya, pasca operasi pembersihan G30S, justru semua yang mendukung G30S dianggap makar



- Itu jaman dulu banget, jauh sebelum G30 S. Lagian bukan cuma harto yang mengenal baik Sjam.
- Sjam adalah ketua biro chusus CC PKI



- PKI melancarkan operasi G30S dengan tujuan berusaha mempertahankan pemerintahan Soekarno, bukan merebut kekuasaan


Bukan kudeta.. Ga ada yg bilang kudeta
PKI berusaha menyingkirkan Jendral2 AD yang anti-PKI (Kontra revolusioner)



Kegagalan tersebut di luar rencana. Gagal karena Nasution berhasil lolos berkat pengorbanan Pierre Tendean yg mengaku sebagai Nasution.


- Tujuan utama adalah culik dan eksekusi semua Dewan Jendral
- komandan Pasukan Pasopati (Cakrabirawa & Brigif) yang menjadi operator G30S, ia adalah tokoh kunci. Ia bertanggung jawab terhadap operasi penculikan jenderal-jenderal pimpinan AD.


- Kalo dicabut, ya jelas ada peluang bangkit
- Tiongkok juga negara kapitalis, tapi sistem pemerintahan 1 partai komunis.
- Jika PKI dibangkitkan, Tujuan utama adalah membuat politik 1 partai agar bisa langgeng menjadi penguasa


- Tujuan pembangkitan PKI adalah politik 1 partai
- Dulu 1948, rakyat juga trauma.. Tapi faktanya bisa masuk Top 4 di Pemilu 1955


1. Seandainya G30S berhasil dan Nasution tidak lolos, yang paling diuntungkan adalah Karno dan PKI
2. Pangkohanudnas/ Pangdam/ Pangdivif/ Danjen Kopassus/ Pangkoarmada/ Pangkolinlamil/ Pangkoopsau juga ga diculik kok
3. Semua anggota Mabes TNI AD juga tahu kok kalo akan ada aksi penculikan para Jendral AD. Sejak 2 minggu sebelum G30S, semua rumah Jendral dijaga ketat oleh tentara. Tapi justru pas hari H, semua pasukan penjaga udah ditarik lagi, karena menganggap isu tersebut tidak ada.
4. G30S adalah operasi untuk mengamankan pemerintahan karno dari ancaman kudeta yg akan dilakukan Dewan Jendral (Jendral AD yang diculik dan dimasukkan ke lubang buaya). PKI berusaha menyingkirkan Jendral2 AD yang anti-PKI (Kontra revolusioner). Bukan kudeta.
5. Dalam keadaan genting, Pangkostrad adalah pihak yang paling netral. Deputi I Menpangad adalah pimpinan Carabirawa, jadi bakal ga obyektif menangani kasus G30S.
6. Dalang G30S adalah PKI+Karno+Omar Dhani
7. Sangat besar kemungkinannya PKI bangkit.


Klo crita yg ini critanya sape breh..?
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:47
semangat baca nya breemoticon-Betty
Diubah oleh masepbahar
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:48
sejarah yang banyak versinya ya ini
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:48
Jadi para jendral yg dibunuh itu dapat dikatakan "pengkhianat" sesungguhnya? Maaf kalau salah
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 20:54
trit, sejarah
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 21:03
ane ragu gan soalnya tokoh ini dapet bantuan dari ratu inggris sama presiden amerika dia lolos sendirian... kebetulan??? emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 21:05
Quote:Original Posted By tantecantikdek
ane ragu gan soalnya tokoh ini dapet bantuan dari ratu inggris sama presiden amerika dia lolos sendirian... kebetulan??? emoticon-Wkwkwk


Bantuannya cuma dari ratu inggris, soalnya awal2 merdeka Soebandrio jadi Dubes gitu di London, jadinya ada hubungan diplomasi. Cmiiw
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 21:07
Menurut Soekarno dalam pidatonya Bah­­wa peristiwa Ge­rak­an 30 Sep­tem­ber itu, ditimbulkan oleh tiga sebab.
1 Ke­­blingeran pimpinan PKI
2 Kelihaian subversi Nekolim
3 Memang adanya oknum-ok­num yang tidak benar.
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 21:07
udah bulan november ini gan
0 0
0
Kesaksian Soebandrio Tentang G30S
04-11-2017 21:12
Intinya otaknya orang luar, bonekanya kita.
Orang luar yg bikin sekenario, kita yg jadi aktor bunuh²annya.

Suka tidak suka komunis itu anti agama.
Setuju tidak setuju demokrasi itu kapitalis.

Kalo mau maju lebih baik kembali ke jatidiri bangsa.
Yaitu Pancasila & UUD 1945.
Dimana dalam Pancasila & UUD 1945 ada Agama yg moderat, demokrasi yg moderat, komunis yg moderat, dan kemoderatan²an lainnya yg tidak berselisihan dengan jatidiri bangsa.
0 0
0
Halaman 4 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia