.hadesAvatar border
TS
.hades
Kesalahan Yang Dilakukan Newbie Dalam Memasak
Spoiler for beginner cooks:

Jadi newbietidak pernah mudah dalam segala hal ya, termasuk newbie untuk urusan dapur. Untungnya sekarang sudah banyak sekali acara/video masak di tv, youtube maupun di blog orang-orang-orang yang bisa mengajarkan dan membantu memasak. Namun karena pengalaman dan jam terbang masik sedikit, pasti si newbie ini masih kikuk dan sering membuat kesalahan dalam memasak.
Hayuk kita lihat kesalahan aja yg sering dilakukan newbie, supaya kita bisa belajar menghindarinya.

1. Tidak menyiapkan semua bahan sebelumnya
Spoiler for mistake 1:


Kadang karena antusias ingin segera memasak, newbie hanya menyediakan bahan yang dibutuhkan, tidak menyiapkannya terlebih dahulu, berharap nanti bisa multitasking, memotong sayurang sambil menumis bawang, misalnya. Padahal kalau dilakukan secara bersamaan dan terburu-buru seperti itu, biasanya hasilnya tidak optimal, malah berantakan. Jadi biasakan sebelum mulai menyalakan kompor, siapkan semua bahan yang diperlukan terlebih dahulu; bawang sudah dicincang, sayuran sudah disiangi, daging sudah dipotong, dan semacamnya.

2. Berimprovisasi dengan resep
Spoiler for mistake2:

huffingtonpost.com

Tidak ada salahnya melakukan inovasi dengan resep yang ada. Hanya saja, biasanya untuk itu diperlukan pengetahuan mumpuni tentang bahan dan proses memasak, serta pengalaman yang sudah memadai di dapur. Newbie, dengan keterbatasan keterampilannya, biasanya tidak begitu mengenal bahan-bahan masakan sehingga improvisasi resep mungkin saja malah akan membuat kekacauan.
Tidak punya baking powder? Jangan diganti dengan baking soda. Kalo memang berencana akan reguler memasak nantinya, sebaiknya siapkan beberapa bahan dasar/inti di dapur.
Tidak punya oven? Jangan gunakan teflon bertutup. Sebaiknya cari resep dengan cara masak sesuai dengan peralatan yang dipunyai.
Ingin bikin cake tetapi sedang diet gula? Jangan mengganti gula dengan pemanis buatan, karna fungsi gula dalam cake mungkin saja bukan hanya sebagai pemanis. Cari resep yang memang dikhususkan untuk orang yg sedang diet.

3. Tidak memanaskan wajan terlebih dahulu
Spoiler for mistake3:


Jika minyak dituang ke dalam wajan. Yang dingin baru kemudian dipanaskan, yang terjadi adalah minyak akan membutuhkan waktu lebih lama untuk panas, sehingga bisa merubah rasa dan komposisi minyak. Karena itu, biasakan memanaskan wajan terlebih dahulu, sekitar 1-2 menit baru kemudian tuamg minyak ke dalam wajan.
Begitu jg bila ingin menggoreng/deep fry, pastikan minyak benar-benar panas sewaktu bahan dimasukkan. Jika suhu minyak kurang tinggi, minyak akan terserap masuk ke dalam masakan, hasilnya gorengan akan licin berminyak.

4. Memasak dengan menggunakan daging yang masih beku
Spoiler for mistake4:

safety.lovetoknow.com

Saat memasak dengan daging beku, yang terjadi adalah suhu di permukaan daging akan jauh berbeda dengan bagian dalam daging, jika di bagian luar daging sudah matang, di bagian dalam masih mentah. Jadi biasakan memasak daging dengan suhu ruangan.

5. Memasukkan semua sayuran sekaligus
Spoiler for mistake5:

culinarymamas.com

Sayuran memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda, dan membutuhkan waktu yg berbeda pula untuk proses pelunakannya. Saat akan memasak capcay misalnya, masukkan wortel terlebih dahulu, biarkan beberapa saat, lalu masukkan kol/kembang kol, diamkan, lalu jamur, terakhir sayuran hijau.
Tambahan, begitu juga halnya dengan menumis bawang bombay dan bawang putih/merah. Bawang bombay membutuhkan proses masak yang lebih lama dari bawamg putih/merah. Karena itu jangan masukkan bawang bombay bersamaan dengan bawang putih/merah.

6. Membalik gorengan terlalu sering
Spoiler for mistake6:

woman.at

Semakin sering kita membolak balik gorengan berulang kali, panas yang diterima bahan makanan tidak akan merata, sehingga mungkin ada bagian yang kurang matang dan ada bagian yang terlalu kering. Gorengan yang terlalu sering dibolak balik biasanya juga akan mudah hancur. Selalu cek tingkat kematangam sisi yang menghadap api sebelum membaliknya

7. Undercooking atau overcooking
Spoiler for mistake7:


Undercookingakan mengakibatkan kuman yamg ada di bahan mentah tidak sepenuhnya mati sehingga dapa membahayakan orang yang memakannya. Overcooking akan membuat masakan menjadi kering dan berpotensi hangus.
Jangan tinggalkan masakan tanpa pengawasan. Perhatikan waktu masak yamg direkomendasikan di resep. Saat memanggang makanan, pada saat kurang lebih 10-15 menit dari waktu yg tertera di resep, lakukan tes tusuk untuk menilai tingkat kematangannya.

Oke deh, itu bbrp hal yang biasanya dilakukan newbie yang baru turun di dapur. Mudah-mudahan dengan info ini kita bisa menghindari kesalahan yamg serupa yaa

Spoiler for lovelovelove:




disarikan dari beberapa sumber, diantaranya idntimes dan hellogiggles.
Diubah oleh .hades 26-10-2017 11:17
ceuhetty
tien212700
tien212700 dan ceuhetty memberi reputasi
2
41.1K
266
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.