karikai04Avatar border
TS
karikai04
Kagetnya Pegawai PTSP Ditelepon Anies karena Tolak Uang Tip
Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Muhammad Imran, pegawai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kelurahan Kota Bambu Utara merasa galau ketika seseorang dari Dinas Komunikasi dan Informasi bernama Fauzi mengirim pesan singkat.

Ketika itu, Imron yang sedang mengikuti kuliah pagi tidak sempat mengangkat telepon dari Fauzi dan menanyakan keperluan Fauzi lewat SMS.

"Pak Fauzi SMS bilang 'Mas saya dari Diskominfo, ada beberapa yang harus dikonfirmasi tentang pengaduan layanan twitter'. Wah saya langsung deh galau," kata Imron kepada Kompas.com, Senin (30/10/2017) malam.

Bukan apa-apa, Imron cemas karena biasanya pengaduan di media sosial berisi keluhan dari masyarakat. Meski merasa sudah memberi pelayanan terbaik di PTSP, Imron tetap khawatir ada warga yang tidak puas dengan pelayanannya. Apalagi, Imron tidak memiliki media sosial Twitter sehingga tidak tahu apa yang terjadi di sana.

Saat sedang cemas seperti itu, Fauzi mengirimkan gambar yang diunggah di twitter oleh @omsanto. Baru lah Imron tahu apa yang terjadi di Twitter.

Unggahan di Twitter itu ternyata tentang dirinya menolak tip dari warga yang telah tersebar di dunia maya. Imron bersyukur, ternyata pengaduan yang dimaksud adalah hal positif.

"Alhamdulillah ternyata berita bagus," kata Imron.

Tidak lama kemudian, Fauzi kembali menelpon Imron dan mengatakan akan ada tim gubernur yang menghubungi. Dia pun meletakan ponselnya dan kembali mengikuti materi di kelas. Saat istirahat, dia melihat ada telepon dari nomor tak dikenal.

Dia menduga itu lah tim gubernur yang disampaikan Fauzi sebelumnya. Imron mengirimkan pesan singkat kepada nomor tersebut untuk menanyakan apa yang bisa dibantu.

Tak lama kemudian, pengguna nomor tak dikenal itu mengirim pesan whatsapp dan mengucapkan selamat dan terima kasih. Belum sampai habis dibaca, nomor tak dikenal itu kembali menelpon Imron. Imron segera mengangkat telepon yang dia duga dari "tim gubernur" itu.

"Saya angkat ada suara 'halo assalamualaikum'. Wah suaranya kok saya kenal nih yang sering di TV. Kaget kan, saya coba tanya 'Ini Pak Gubernur?'. 'Iya Mas saya Pak Anies'. Waduh Pak," kata Imron.

Imron tidak menduga orang yang menghubunginya adalah gubernur sendiri. Suasana di kelas langsung heboh begitu teman-teman Imron tahu bahwa ada telepon dari gubernur.

"Pak Gubernur bilang 'Mas saya lihat berita Mas, saya salut. Mas juga sudah menjaga kehormatan pegawai Pemda DKI. Saya sebagai pimpinan mengucapkan selamat, salam buat keluarga dan kolega'," ujar Imron.

Apa yang terjadi?


Sebenarnya, apa yang sudah dilakukan Imron sampai Anies Baswedan menelponnya? Semua berawal dari postingan twitter @omsandi yang menyebar fotonya sedang menolak tip dari warga. Anies menelpon untuk memberi apresiasi atas sikap itu.

Sebenarnya, Imron sendiri merasa tidak ada yang luar biasa dari perbuatannya. Dia mengatakan pegawai Pemprov DKI memang sudah seharusnya seperti itu. Dia juga yakin pegawai PTSP lain akan berbuat yang sama.

"Apalagi di PTSP sendiri ada acuan SETIA (Solusi, Empati, Tegas, Inovas, Andal) itu ya dalam pelayanan. Jadi pas ada yang memberi, ya saya tolak," kata Imron.

Imron bahkan tidak ingat siapa nama warga yang memberinya tip dan apa jenis pelayanannya. Sebab Imron merasa pelayanan yang dia berikan adalah hal yang biasa. Jumlah uang tip yang diberikan pun dia tidak tahu.

"Orang kasih kan dikuwel-kuwel, ditutupi pakai tangannya. Pas sodorin pakai tangannya, sudah saya tolak," ujar Imron.

Namun, dia berterima kasih karena Anies sudah memberi apresiasi. Dia tidak berharap akan diberi hadiah atas perbuatannya itu. Menurut dia, ditelepon langsung oleh atasan tertinggi sudah merupakan hadiah luar biasa.

"Ditelepon gubernur itu sudah wow banget buat saya," ujar Imron.

Dia juga berterima kasih kepada pemilik akun @omsanto. Sebab, @omsanto telah menyebarkan hal positif tentang pelayanan warga di Pemprov DKI Jakarta.

"Jadi jangan hanya ngadu enggak enaknya, kalau ada contoh pelayanan baik ya di-share supaya warga tahu kalau sekarang pelayanan memang sudah baik," kata dia.

Quote:


emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
0
11K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.