News
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59f5d0fd5c7798976d8b4567/mungkinkah-kecanduan-quotgamequot-adalah-bentuk-kekosongan-jiwa
Banyak orang salah persepsi saat menyebut seseorang bermain game internet berjam-jam, sebagai perilaku kecanduan. Namun penelitian terbaru membantahnya. Perilaku tersebut...
Lapor Hansip
29-10-2017 20:00

Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?

Past Hot Thread
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?

Banyak orang salah persepsi saat menyebut seseorang bermain game internet berjam-jam, sebagai perilaku kecanduan. Namun penelitian terbaru membantahnya. Perilaku tersebut bukan kecanduan, tetapi orang tersebut tidak bahagia dalam hidupnya.

Perilaku bermain game internet dalam waktu lama, bagi para peneliti, masih harus diteliti lebih dalam. Asosiasi Psikiatris Amerika menyatakan bahwa butuh penelitian lanjutan untuk mengungkap fenomena perilaku penyuka game internet tersebut.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum menyebut seseorang mengalami perilaku tersebut. Beberapa diantaranya seperti apakah berkata jujur saat ditanya berapa lama sudah bermain game? Apakah itu membahayakan proses belajar atau karir? Apakah bermain game untuk menghilangkan rasa cemas mereka?

Netta Weinstein, psikolog dari Universitas Cardiff menggunakn kriteria di atas untuk melakukan penelitian terhadap 2316 orang yang masih berumur 18 tahun dan suka main game internet atau online.

Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?

Kemudian peserta diminta mengisi kuesioner tentang kondisi kesehatan, gaya hidup dan kondisi fisik mereka. Pada awal penelitian, hanya lima orang yang sesuai dengan kriteria.

"Kita tidak menemukan adanya kejanggalan secara klinis dalam jumlah besar dari peserta," kata Weinstein.

"Hasilnya justru menunjukan bahwa perilaku kecanduan game internet masih perlu dikaji ulang. Kondisi perilaku para gamers tidak bisa disamakan dengan perlaku kecanduan obat," katanya.

Sementara itu, penelitian tersebut juga menunjukan adanya 'kekosongan jiwa' dalam diri para peserta. "Ini berbarti mereka memiliki rasa tidak bahagia atau tidak puas dengan sesuatu di hidupnya, semisal terkait pekerjaan," katanya.

Enam bulan setelah penelitian tersebut, ternyata para peserta yang sudah menemukan 'kebahagiaan' dalam hidupnya, jumlah bermain game pun ikut berkurang. "Ini pertanda awal bahwa disaat orang bahagia, mereka tidak akan terlalu lama untuk bermain game," katanya.

Pendapat berbeda terkait hasil penelitian Weinstein pun bermunculan. Salah satunya dari Daria Kuss, peneliti bidang Psikologi Cyber di Inggris.

Menurut Kuss, menggunakan kuesioner dalam meneliti perilaku kecanduan game merupakan hal yang salah. Karena peserta akan cenderung menutupi perilaku buruk mereka.

"Jika seseorang bermain game hanya untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya, maka ini akan menjadi masalah besar apabila tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut di dunia nyata. Namun, untuk menjawab secara ilmiah, kita butuh orang yang mengalami kecanduan game internet," kata Kuss.

http://sains.kompas.com/read/2017/10...kosongan-jiwa-

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 9
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:38
Quote:Original Posted By jacky.return
Sering Masturbasi, Sebagian Besar Pemuda Cina Gagal Masuk Militer. Bahaya Juga Ya!
Sebuah headline yang sangat mengejutkan ketika saya membaca sebuah berita dari beberapa media daring. Pasalnya, dengan jelas mereka menulis kegagalan para pemuda dalam mendaftar sebagai calon tentara hanya gara-gara keseringan masturbasi. Sebuah alasan yang cukup menggelikan sih. Kita mengenal tentara karena kekuatan fisik dan visi-misinya yang luar biasa, lalu diikuti istilah masturbasi sebagai biang kegagalan mereka dalam mendaftar militer.
Lalu apakah di Cina sana, masturbasi menjadi momok bagi para pemuda yang pengen jadi anggota militer? Atau ini hanya sebuah laporan palsu terkait desas-desus yang terkembang dari angkatan senjata Negeri Tirai Bambu itu? Yuk simak info selengkapnya..
1. Sebenarnya bukan cuma karena keseringan masturbasi, gaya hidup yang buruk secara umum menyebabkan kualitas calon tentara mudanya turun drastis
Dengkul kopong?
Laporan Kementrian Pertahanan Negara yang diposting melalui People’s Liberation Army Daily (PLA) mengatakan bahwa kian banyak pemuda yang gagal masuk militer akibat intensitas bermain gawai dan kebiasaan hidup buruk dengan keseringan masturbasi. Dalam rinciannya dinukil dari BBC, sebanyak 25% orang gagal dalam tes darah dan urin, 46% kegagalan saat tes mata, 20% gara-gara obesitas, dan 13% kegagalan diakibatkan oleh tekanan darah rendah. Sementara kebiasaan masturbasi yang mengakibatkan pembesaran pembuluh testis berada pada angka 8%.
2. Untuk tes fisik dan kesehatan yang mendasar itu memang wajar. Tapi untuk masturbasi, rasanya itu sebuah fenomena yang memalukan, ya?
Jangan kebanyakan, cepat menikah makanya!
Bagi saya pribadi yang memang nggak punya cita-cita untuk menjadi anggota militer, rasanya sangat terganggu dengan alasan kegagalan para kandidat yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk masturbasi. Okelah, kalau masalahnya gara-gara jarang olah raga yang mengakibatkan obesitas atau darah rendah, masih bisa dimaklumi. Tapi kalau masalahnya karena masturbasi, penurunan kesehatan gara-gara terlampau sering menatap layar gawai atau komputer, itu sudah keterlaluan. Terlebih, ini masalah pada anak-anak muda zaman sekarang. Atau anak-anak muda saat ini memang lebih nyaman untuk mejalani pola hidup yang sedemikian meresahkan ini? Entahlah.
3. Laporan ini lantas menjadi buah bibir warganet di Tiongkok dalam Weibo. Banyak yang bilang ini cuma akal-akal pemerintah karena kesejahteraan tentaranya
Nggak ada masa depan, katanya
Sama halnya warganet Indonesia, masyarakat di sana pun menanggapi hal ini begitu cepat melalui media sosial Weibo. Masalah perekrutan militer ini menjadi santapan hangat warganet beberapa hari belakangan. Bahkan ada yang lantang mengatakan bahwa kondisi finansial yang nggak jelas, konsumsi pangan yang buruk, masa depan yang nggak jelas atas pernikahan anggota, hingga susahnya mencari pekerjaan pascapensiun. Hal ini ditunjang dengan adanya laporan bahwa bulan lalu Kementrian Pertahanan Cina membuka lowongan hanya untuk satu juta calon anggota, yang artinya mengalami penurunan 50% dari perekrutan sebelumnya.
4. Sementara pihak pemerintah mengatakan bahwa perekrutan militer memang harus ketat dan nggak ada hubungannya dengan kondisi internal mereka
Nggak ada masalah kok, katanya
Kabar yang beredar, ada satu kota di Cina yang sama sekali nggak mendapatkan anggota baru dalam militernya. Ya, alasannya karena beberapa hal di atas tadi. Hal ini langsung menyulut reaksi dari Kementrian Pertahanan Cina. Untuk meningkatkan kualitas calon personel militernya, mereka bahkan sampai merilis 10 tips atau nasihat bagi kandidat lewat akun media sosial resminya ChinesePeoplesArmy di WeChat.
Isinya kurang lebih begini :
- mengurangi konsumsi alkohol dan minuman bersoda
- mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar
lebih sering berolah raga
- mengurangi main games dan masturbasi
meningkatkan kualitas tidur
- jangan mentato tubuh
- minum air yang bersih
- mencari perawatan jika memiliki kondisi genetik
- mencari perawatan jika menderita gangguan jiwa seperti depresi
- meningkatkan standar kesehatan dan kebersihan secara umum
Ya, seperti itulah kondisi terbaru dari polemik perekrutan anggota militer di Cina. Tapi kayaknya itu bukan masalah Cina saja deh. Kalau melihat dari segi gaya hidup para pemuda, rasanya Indonesia bukan nggak mungkin bisa jadi akan mengalami hal serupa. Pasalnya, beberapa kriteria kesehatan dan tes fisik yang diujikan sangat relevan dengan keadaan anak muda Indonesia masa kini, yang berpotensi gagal juga. Kebiasaan buruk memang sangat susah diubah, tapi kalau kamu terlalu nyaman dengan pola hidup macam ini, jelas akan sangat merugikan, dan tolong di ingat lagi ya pokoknya stop masturbasi! Maanfaat yang di dapatkan dari itu apa sih ? Kesenangan sesaat saja.
Makanya cepat-cepat menikah biar bisa merasakan yang sesungguhnya..
Sumber : http://www.hipwee.com/feature/sebagi....ahaya-juga-ya


Napa ujung2nya masturbasi emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:40
overdosis agama lebih berbahayaemoticon-Ngakak
Diubah oleh twintower911
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:40
Intinya keseimbangan,,,
Semua hal dan kegiatan yang berlebihan itu gak ada yang baik

Ngegame berlebihan = ansos ,introvert
Rokok berlebihan = penyakit
Olahraga berlebihan = chance buat cidera nambah
Agama berlebihan. = alumni 212
Belajar berlebihan. = stress

Ya dibalik aja ,,liat aja mukanya orang yang hari hari kerja mulu tanpa hiburan seperti game refreshing dll... kayak ngeliat papan datar warna hitam.

0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:40
semakin sini malah semakin banyak game yg bikin anak2 malah kecanduan gadget
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:41
Belum pernah kecanduan
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:41
Quote:Original Posted By onebandung
semakin sini malah semakin banyak game yg bikin anak2 malah kecanduan gadget



Bahaya kalau dah nyandu
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:42
rada bener sih. 'kekosongan jiwa'. ane pernah ngelalui masa kecanduan maen game warnet sampe parah. sekarang kl dipikir2 lagi, kenapa dulu ane seperti itu ya. skrg disuruh maen game di warnet dibayar sekalipun ane males
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:43
Daripada kecanduan aga** malah bikin orang saling bunuh, saling benci, dsb. Mending kecanduan game.
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:44
ane sih gak setuju..
ane dalam kehidupan sih bahagia dan normal,tapi gaming itu tetap jadi hoby yg wajib
lucu kalau dibilang hobby itu karena kesepian/kurang bahagia emoticon-Ngakak (S)
padahal game online skrg itu play with friends,interact with friends..
ane tiap hari pasti online game entah itu Rainbow Six/Destiny 2 karena ada teman main dan teman ngebanyolnya..
menurut ane penelitinya sendiri gak tau perkembangan game dan komunitasnya jaman skrg seperti apa,tapi buat kesimpulan bedasarkan penelitian yg seadanya
ada juga tipikal gamer fanboy yg emang main 1 game aja tapi bisa berjam2,cth aja fanboy game COD main 1 game yg sama bisa selama 1 tahun full,berjam2 dan gak ada bosennya
padahal punya kehidupan normal,pekerjaan normal,keluarga normal..
tapi yah itu ketertarikan gamer pada judul game,jenis game,gameplay yg ditawarkan itu alasan gamer betah sama gamenya
kalau dijadikan pelarian aja ane rasa itu cuma gamer2 casual yg gak tau harus habisin waktu luangnya dmn
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:47
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:50
asal gak kecanduan micin aja gan emoticon-Wow
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:50
Yg jelas sebagai pengalihan isu 😅
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:53
berati jiwa ane kosong dong?
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:54
bingung gw sama jaman now
doyan ngegame dibilang ansos introvert
doyan dugem doyan nangkring ga jelas dibilang gaul & sosialis
Terus pulang kerja gw harus dugem nangkring nangkring ga jelas biar ga kosong jiwanya gitu?
wtf
Diubah oleh wen12691
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 11:56
Klw dari postingan ente sih bisa jadi ada benernya,

Karna di RL orang lempeng selama ngga punya duit sama nggga punya temen yg bener, ujungnya menyimpang juga.
Norma,peraturan,HAM,tetekbengek cuma jadi bacotan tok.. yg penting dompet tebel sama cicilan sandang kebayar, nikung sana sini cari jalan pintas, eeek.

di game codingnya jelas, visi misi sama rewardnya nggak dikorupsi, lempeng > jalan terus > sejam lagi > lupa makan,lupa tidur > clear misi > reward masuk > ulangi sampe bisa beli item ini-itu.

emoticon-Bingung
Diubah oleh whiteshark21
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 12:02
Quote:Original Posted By wen12691
bingung gw sama jaman now
doyan ngegame dibilang ansos introvert
doyan dugem doyan nangkring ga jelas dibilang gaul & sosialis
Terus pulang kerja gw harus dugem nangkring nangkring ga jelas biar ga kosong jiwanya gitu?
wtf


>gaul & sosialis
>sosialis
>'sosialis'
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 12:09
"kekosongan jiwa" buset ane banget emoticon-Wakaka
lebih tepatnya 'kehampaan'
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 12:09
iya sama kyk gw.. apalg gw dh ketemu sesama player d dunia maya dn saling bicara , kehidupan nyata seakan gk perlu
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 12:16


Quote:Original Posted By bpln.leader
kecanduan game lebih mending daripada kecanduan agama

terlalu overdosis kecanduan beragama cenderung jadi radikal paok

Komen of the weak emoticon-Ultah
0 0
0
Mungkinkah Kecanduan "Game" adalah Bentuk Kekosongan Jiwa?
30-10-2017 12:21


Quote:Original Posted By hhendryz
yang berlebihan ga bagus lah mau itu game atau apa kek..selow aja bray emoticon-Cool


Setuju Bre.
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia