Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
288
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59f09268dcd770f16f8b4570/ganja-sebagai-bumbu-kuah-beulangong-kuliner-tradisi-khas-aceh
Tradisi kuah beulangong biasa juga disebut sebagi tradisi gulai sawah biasanya diadakan setiap musim tanam padi tiba dalam kegiatan kenduri Blang (Turun ke Sawah), kuah
Lapor Hansip
25-10-2017 20:32

Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.

Past Hot Thread
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.

Selamat Datang Di Thread Sederhana Ane Ya Gan/Sist Semoga Artikel Ini Bermanfaat Untuk Yang Membacanya


Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.






Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.




Sahabat kaskus membicarakan tradisi aceh memang menarik namun satu hal tradisi yang mungkin sudah dilupakan, sebuah tradisi kuliner yang dahulu sering dilakukan.

Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.

Tradisi kuah beulangong biasa juga disebut sebagi tradisi gulai sawah biasanya diadakan setiap musim tanam padi tiba dalam kegiatan kenduri Blang (Turun ke Sawah), kuah beulangong merupakan menu kuah daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus kedalam belanga besar kemudian disantap dengan penuh rasa kebersamaan. Tradisi ini kerap dilaksanakan di beberapa daerah aceh seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan wilayah Aceh Barat sebelum turun kesawah sebagai selamatan memohon kepada Allah SWT agar hasil panen bagus dan terhindar dari gangguan hama.

Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.

Kuah beulangöng, atau sering disebut juga dengan gulèe sie kamèng (bahasa Indonesia: gulai kambing), adalah masakan Aceh sejenis gulai yang berbahan baku utama daging kambing dan nangka muda yang dimasak dalam belanga, serta disertai potongan pisang kepok, dan ditambah cabai kering, kelapa gongseng, kayu manis, dan bumbu lainnya.

Bumbu untuk memasak daging antara satu daerah dengan daerah lain berbeda. Jika kuah beulangong lebih banyak memakai kelapa gonseng - kukusan kelapa yang digoreng tanpa minyak - di pesisir utara dan timur Aceh menggunakan santan kelapa. Rasanya mengundang selera.

Penggunaan Biji ganja

Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.

Sudah rahasia umum kalau memasak kari di Aceh – baik kambing, lembu, ayam maupun itik — kerap ditambah ganja sebagai bagian bumbu untuk penyedap rasa. Bagi sebagian warga, rasa kari tak lengkap tanpa tambahan ganja. Itu diyakini dapat mempercepat empuk daging dan menambah lezat. Pemakaian ganja hampir merata di semua daerah.

Walau untuk saat ini masakan khas aceh jarang yang menggunakan biji ganja, tetapi mereka lebih mengandalkan bumbu seperti bawang putih, bawah merah, kemiri, kelapa gonseng, cabe, kunyit, serai, daun pandan, daun salam, bungong lawang keling, daun temurui (bay leaf), ketumbar, dan lainnya.

Kalau ada beberapa orang yang bilang sering mengantuk usai makan kari kambing kemungkinan itu karena pengaruh kelapa gonseng.

Namun bukanlah hal yang aneh Kadang-kadang kari kambing masakan mereka ditambah “sedikit biji ganja” yang digiling bersamaan dengan aneka bumbu.

Para koki khas masakan aceh berpendapat “Jika pakai biji ganja, memasaknya tak sampai satu jam karena daging cepat empuk. Itu bagian dari bumbu untuk menambah nikmatnya kari.

Bahkan menurut cerita dari seorang penikmat kuwah beulangong, mengaku kari yang dicampur ganja berbeda rasanya dengan kari kambing biasa. “Kalau dipakai biji ganja, rasanya sangat lezat dan dagingnya empuk,” ujarnya tertawa. “Tetapi sekarang jarang ada warung yang setiap hari menyediakan kari kambing ganja.”

Ganja tumbuh subur di daerah perbukitan Aceh. Seusai biji disemai, cukup dibiarkan begitu saja karena batang ganja tumbuh sendirinya tanpa ditaburi pupuk. Beberapa bulan kemudian, penanam tinggal datang untuk panen. Setiap tahun puluhan hektar tanaman ganja dimusnahkan.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Nahdhatul Ulama (DPW NU) Aceh Teungku Faisal Ali menyatakan bahwa ganja dapat dikategorikan sebagai tumbuhan yang memabukkan dan hukumnya haram kalau dikonsumsikan.

“Tetapi kalau sekadar saja untuk lebih lezat dan menambah empuk daging, tidak ada masalah asalkan jangan berlebihan dan tak sampai memabukkan,” jelas Faisal, yang juga Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Warung-warung kari kambing di tiap sudut kota Banda Aceh selalu penuh pelanggan saat menjelang makan siang. Bagi warga pendatang dari luar Aceh, tidaklah lengkap kalau belum menikmati kuliner citarasa ganja di Serambi Mekkah.

Apakah sahabat kaskus sudah pernah ada yang mencoba sajian kuliner khas Aceh yang mengunggah selera...


emoticon-Angel


Sumber : REF | Gambar : Om Google


Diubah oleh .nona.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 15
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 13:12
hati hati nafsu makan anda akan bertambah setelah mengkonsumsi masakan diatas
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 13:23


Quote:Original Posted By MD5
ada kajian ilmiah lom, kalo ganja dimasak tetap mengandung alkohol?

Alkohol? Maksudnya gimana gan? Yg dipermasalahkan ganja itu bukan mengandung alkoholnya, tp ganja itu termasuk khamr.,
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 13:29
boleh boleh aja ... asal pas kadarnya ... kan begitu
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 13:41
asal digunain secara bener ganja mah gak masalah menurut ane. yang bikin dia jadi ilegal kan karna pemakaian yang gak bener. lebih datangkan kerugian dari pada manfaat
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 13:47
kayanya enak
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:08
mabok gak gan?
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:29
Ganja itu pribumi
Narkoba itu kimiawi asing
emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:29
ganja itu inhalan jd mesti dibakar klo mau mabok.. klo dimakan sih ga ngepek
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:33
abis makan rasanya ngantuk ngantuk gimana gitu emoticon-Malu (S)
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:34
Quote:Original Posted By anomalisme0409
Ganja itu pribumi
Narkoba itu kimiawi asing
emoticon-Rate 5 Star


Cintailah ploduk ploduk endonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:53
wah jadi penasaran mau nyobain nihemoticon-Matabelo
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:56
wow ? baru tau
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 14:56
nggak ada contoh foto makanannya
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 15:00
Keknyaa enak dari cara masaknyaa
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 15:04
sedapnya gan
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 15:20
jadi penasaran pengen nyobain nih..
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 15:29
wahh amazing untuk di coba
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 15:48
Alcohol asal digunakan untuk pembersihan luka ga masalah, asal penggunaan nya di atur aja...
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 15:51
Quote:Original Posted By o0o
wah boleh gak itu gan secara uud ?


penyalahgunaan kah? terus alkohol???
0 0
0
Ganja Sebagai Bumbu Kuah Beulangong Kuliner Tradisi Khas Aceh.
29-10-2017 16:02
gw dulu sering disuruh nyari daun ganja buat bumbu masakan alm nenek gw.
0 0
0
Halaman 12 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia