News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
301
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59c4f7fe1cbfaa9a478b4567/siapa-pertama-kali-pendiri-kota-depok
Tahukah Anda, siapa yang pertama kali mendirikan Depok? Ya, walaupun Depok resmi lepas dari Jawa Barat tahun 1999, tapi kata Depok sudah disebut sejak 303 tahun lalu,
Lapor Hansip
22-09-2017 18:46

Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?

Past Hot Thread
Tahukah Anda, siapa yang pertama kali mendirikan Depok?

Ya, walaupun Depok resmi lepas dari Jawa Barat tahun 1999, tapi kata Depok sudah disebut sejak 303 tahun lalu, sejak pertama kali Cornelis Chastelein masuk ke dusun yang berada di tengah hutan belukar di abad ke-17.
Artinya, Cornelis Chastelein adalah orang yang mendirikan Depok. Siapa Cornelis dan seperti apa perjalanannya?

TONTON JUGA: VIDEO ASAL MUASAL KOTA DEPOK

Cornelis Chastelein adalah seorang warga negara Belanda yang lahir di Amsterdam 10 Agustus 1657. Cornelis adalah bungsu dari delapan bersaudara dari sebuah keluarga pedagang. Ayahnya adalah seorang Huguenot atau pemeluk Kristen Protestan dari Prancis yang menetap di Belanda dan ibunya adalah Wali Kota Dorcrecht, bernama Maria Cruydenier.

Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?


Pada usia 17 tahun, Cornelis ikut bibinya, Henriette Chastelein ke Batavia. Setiba di Batavia, dengan pengaruh suami bibinya, Cornelis van Quaelbergh, seorang anggota istimewa Dewan Hindia, Cornelis Chastelein bekerja di VOC sebagai pencatat pembukuan pada Kamer van Zeventein.

Karir Cornelis melesat cukup baik, tahun 1682, dia menjadi pengusaha besar, bahkan di tahun 1691 dia menjadi pedagang kedua terbesar di Batavia. Saat Johan van Hoorn menjadi direktur jenderal VOC, atau bosnya, kariernya semakin melesat, karena keduanya berteman baik.
Tapi, karena dia berseberangan pandangan dengan Gubernur Jenderal Willem van Outhoorn, Cornelis memilih mengundurkan diri sebagai pejabat VOC. Saat mengundurkan diri, dia mendapatkan hak penguasaan tanah di Siringsih (saat ini kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa) sejak 1695.

Kemudian, dia membeli tanah di Depok dari residen Cirebon, Lucas van der Meur 18 Mei 1696. Dia merubah dusun yang berada di tengah hutan belukar itu menjadi perkebunan Lada, dan membawa sekira 150 orang budak dari Bali, Makassar, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Pulau Rote, serta Filipina, untuk mengelola perkebunan Ladanya.

Belanda Depok
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?


Tak hanya berkebun, dia juga mendirikan Padepokan Kristiani yang dinamakan
De Eerste Protestante Organisatie van Christenen, yang disingkat Depok. Saat itu wilayah Depok melingkupi Depok, Mampang, Karangayar, dan dua lahan kecil di tepi Ci Liwung antara Batavia dan Buitenzorg.
Tanah yang dimilikinya tak sampai di situ, tahun 1704, Cornelis juga membeli sebidang yang diberi nama Weltevreden (sekarang Gambir, Jakarta Pusat) untuk ditanami kopi.

Walaupun, dia seorang Belanda, dia tidak memperlakukan budaknya sebagai budak, tapi sebagai pekerja. Bahkan, hingga akhir hayatnya di tahun 1714, sekira 200 budak dan keturuannya dimerdekakan dan diberikan 1240 hektar untuk dikelola bersama.
Untuk berterima kasih kepada Cornelis, ratusan budak yang tergabung dalam 12 marga itu selalu merayakan hari kematian Cornelis Chestelein pada 28 Juni 1714, sebagai lahirnya Depok. Hingga kini, keturunan 12 marga itu disebut sebagai bule Depok dan tergabung dalam Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein.

SUMBER BERITA
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 16
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 10:56
oh, bukan orang pribumi?
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 10:56
Quote:Original Posted By cursor
Depok itu ada urang sunda gk sih Gan? yang asli depok itu betawi apa sunda yah?


Ane SD-SMP di Depok belajar Bahasa Sunda gan,

Kalo ngomongin asli kayaknya lebih cocok sunda gan, soalnya dulu yg dateng ke depok banyakan orang dr jawa barat.
Tapi makin lama, mungkin yg betawi dah kegusur di Jakarta jadi banyak deh di Depok (IMO).
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:00
Quote:Original Posted By SainTt
Lagi ga banyak waktu nih gan hehe, ane ceritain cerpen aja ya..

Jadi masa paling sulit orang belanda depok setelah kemerdekaan Indonesia gan, yah walaupun sebenarnya waktu itu kita dijajah Jepun tapi belanda depok itu dianggap sama masyarakat pribumi dan laskar-laskar rakyat sebagai kelompok yang ga pro sama Indonesia dan tidak mengakui kemerdekaan Indonesia (PADAHAL kalo kata neneknya temen ane, orang Belanda yang tersisa di Depok itu ya yang cinta sama Indonesia, ga mau balik ke belanda dan sama sekali gak pro sama belanda atau jepang).

Mereka pengen damai aja gan, bertani, hidupin keluarga. Seperti yang dijelasin diatas, pemiliknya dan anak2 keturunannya mah ga suka merintah ini itu, orangnya baik bgt.

Tapi ya, kaya kisah film2 luar jaman dulu dan yg lagi hits kembali sekarang aja gan, ada aja kelompok kecil jadi sumbu pendek yang manas2in.
Yang akhirnya kelompok belanda-depok ini minta bantuan lagi sama semacam bala bantuan, tapi dikira sama masyarakat pribumi ngajak perang. LOGIKA nya keluarga lo lagi ga aman lo nyari bala bantauan, sebenarnya simpel. Waktu itu pahlawan depok yg namanya Margonda juga smpt jd penengah, yg ane tau Margonda itu juga sebenarnya tau kalo kaya apa orang2 belanda depok, makanya smpet belain. Tapi MENTOK.

Nah, selama diserang banyak belanda depok yang di culik, di siksa, di perkosa, dan sempet ngungi ke daerah bogor.
(bagian ini nenek tmn ane sempet kaya sedih bgt ceritainnya) ane masih SD dulu gan, cmn kalo diinget jaman sekarang mungkin ga ada bendanya waktu bnyak chinese jd korban pas tahun 98 atau lebih parah.

Tapi pas situasi aman akhirnya mereka kembali (dengan menyamar) sebagai orang Indo. Semenjak inilah banyak belanda depok yang hilang, ga tau meninggal, ga tau kabur, ga tau kaya apa nasibnya. Populasinya banyak berkurang. Karena daerah yang udah ga dikuasai sama belanda depok, juga semenjak kejadian itulah banyak orang yang datang ke Depok.


woohh ternyata wong belanda yg bikin depok
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:03
Quote:Original Posted By cursor
Depok itu ada urang sunda gk sih Gan? yang asli depok itu betawi apa sunda yah?


kalo orang arap banyak
alias arap KW emoticon-Ngacir
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:04
kwerwen ane baru tau gan.
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:06
Quote:Original Posted By Arzal
Gak abis pikir ternyata Depok itu singkatan dari De Eerste Protestante Organisatie van Christenen emoticon-Ngakak (S)
Sumbu pendek cabang Depok tahu gak ya sejarah kota mereka, jangan sampe tahu deh takutnya nanti diprotes emoticon-Nohope

Terus Depok di Jogja sama gak ya?


nah kalau udah nemu depok di Jogja bakal beda lagi artinya,

pernah denger cara duduk men depok, atau mendepok dengan arti reside atau tinggalemoticon-Hammer2
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:06
penemu planet bekasi ga dibahas juga bray emoticon-Leh Uga
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:09
nah kalo kue pancong depok 24 jam itu sejarahnya gimana gan ?
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:10
depok oh depok isi y banyak orang betawi sekrng,,emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:11
Yg masih ada bangunan belanda nya sii sampe skrng cmn ada di daerah jl.pemuda kyk dulu rs.harapan,sdn pancoran mas 2 yg jendela gede banget sekitaran 3 meter tingginya yg khas lahh hahaha
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:18
Oh seperti itu nice info gan
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:21


Quote:Original Posted By Arzal
Gak abis pikir ternyata Depok itu singkatan dari De Eerste Protestante Organisatie van Christenen emoticon-Ngakak (S)
Sumbu pendek cabang Depok tahu gak ya sejarah kota mereka, jangan sampe tahu deh takutnya nanti diprotes emoticon-Nohope

Terus Depok di Jogja sama gak ya?

Depok jd haram, warisan ga seiman wkwkwk
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:27
Ga lama depok bakal ganti nama bi 😂
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:29
Quote:Original Posted By deky2303


hanna anisa salah 1nya gan emoticon-Hansip


Bisikin LINK-ny gan emoticon-Big Grin
yang FULL emoticon-Big Grin
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:30
Quote:Original Posted By SainTt


Lagi ga banyak waktu nih gan hehe, ane ceritain cerpen aja ya..

Jadi masa paling sulit orang belanda depok setelah kemerdekaan Indonesia gan, yah walaupun sebenarnya waktu itu kita dijajah Jepun tapi belanda depok itu dianggap sama masyarakat pribumi dan laskar-laskar rakyat sebagai kelompok yang ga pro sama Indonesia dan tidak mengakui kemerdekaan Indonesia (PADAHAL kalo kata neneknya temen ane, orang Belanda yang tersisa di Depok itu ya yang cinta sama Indonesia, ga mau balik ke belanda dan sama sekali gak pro sama belanda atau jepang).

Mereka pengen damai aja gan, bertani, hidupin keluarga. Seperti yang dijelasin diatas, pemiliknya dan anak2 keturunannya mah ga suka merintah ini itu, orangnya baik bgt.

Tapi ya, kaya kisah film2 luar jaman dulu dan yg lagi hits kembali sekarang aja gan, ada aja kelompok kecil jadi sumbu pendek yang manas2in.
Yang akhirnya kelompok belanda-depok ini minta bantuan lagi sama semacam bala bantuan, tapi dikira sama masyarakat pribumi ngajak perang. LOGIKA nya keluarga lo lagi ga aman lo nyari bala bantauan, sebenarnya simpel. Waktu itu pahlawan depok yg namanya Margonda juga smpt jd penengah, yg ane tau Margonda itu juga sebenarnya tau kalo kaya apa orang2 belanda depok, makanya smpet belain. Tapi MENTOK.

Nah, selama diserang banyak belanda depok yang di culik, di siksa, di perkosa, dan sempet ngungi ke daerah bogor.
(bagian ini nenek tmn ane sempet kaya sedih bgt ceritainnya) ane masih SD dulu gan, cmn kalo diinget jaman sekarang mungkin ga ada bendanya waktu bnyak chinese jd korban pas tahun 98 atau lebih parah.

Tapi pas situasi aman akhirnya mereka kembali (dengan menyamar) sebagai orang Indo. Semenjak inilah banyak belanda depok yang hilang, ga tau meninggal, ga tau kabur, ga tau kaya apa nasibnya. Populasinya banyak berkurang. Karena daerah yang udah ga dikuasai sama belanda depok, juga semenjak kejadian itulah banyak orang yang datang ke Depok.



Kl narik cerita agan dari jaman kuda gigit kebo mpe skrg kayaknya mentalitas unggulan orang sini cuma satu pasang.

IRI dan DENGKI

sifat khas yg bs dibanggakan.

0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:34
menyimak dulu
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:37
kami disebut belanda depok, walaupun hanya sebutan, kami asli 100% Indonesia.
mereka yang tidak tau sejarah, yang mereka tau cuma kumpeniii aja isi otak nya, padahal Chastelein memperlakukan "budak" nya secara istimewa, ketika beliau meninggal, kami diwarisi seluruh harta di tanah depok.

Ketika hidup makmur, iri lah mereka yang bermata gelap. kami orang depok, diserang dan dirampas oleh bangsa sendiri. peristiwa itu disebut Gedoran Depok. Ya sudahlah, sampai saat ini juga Indonesia masih sering di serang bangsanya sendiri (Koruptor, etc).

Sejarah depok jarang yang tau, bahkan pendatang pun tak tahu.
"Kamu orang sunda ya? atau betawi?" kata mereka ketika bertanya darimana asli kami.

-soedira

0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:40
Yang ada dibenak ane depok itu sekitaran margonda. 2007 masih lumayan adem, sekarang kalo lewat panasnya minta ampun. Habis pohon dipinggir jalan.
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:41
Quote:Original Posted By SainTt
Oya sebenarnya ada kisah tragisnya gan, knp Belanda depok sempat nyaris hilang, dan perjuangan mereka bisa 'hidup' smpe sekarang itu menarik bgt loh..
Sedih deh kalo diceritain..


Ceritainlah dimari gan, nambah ilmu dan wawasan, bosen ane sama trit perang nasbung vs nastak mulu,
Ntar jg ini trit jadi perang sara.. emoticon-Ngakak
Tapi semoga saja tidak
Diubah oleh k4d4Langop
0 0
0
Siapa Pertama Kali Pendiri Kota Depok?
27-10-2017 11:49
Quote:Original Posted By hakiki648
Yang ada dibenak ane depok itu sekitaran margonda. 2007 masih lumayan adem, sekarang kalo lewat panasnya minta ampun. Habis pohon dipinggir jalan.


Naah iyaa panas nya bukan main kalo lewatemoticon-Ngamuk
0 0
0
Halaman 8 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia