dr.solusi
TS
dr.solusi
Hari ke-8: Anies Baswedan Minta Pasukan Biru Keruk Sungai Tak Pakai Alat Berat
WARTA KOTA, BALAI KOTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyalahkan Dinas Sumber Daya Air (Dinas SDA) dalam kasus tanggul jebol di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan di hari kerja ke-2 nya sebagai gubernur.

Tanggul jebol di Jatipadang menyebabkan kawasan pemukiman di sekitarnya terendam.
Bahkan warga sampai sempat dievakuasi karena khawatir air terus bertambah tinggi.

Anies mengatakan, menurut pihak Dinas SDA, kejadian jebolnya tanggul karena penyempitan jalur aliran sungai kali Sarua di lokasi tanggung jebol.

Pihak Dinas SDA mengakui sudah berupaya mengeruk di bagian itu agar aliran lebih lancar dan tak menyempit.
"Tapi pengerukan tak bisa dilanjutkan karena ada bangunan yang berdiri di atas turap," ujar Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, siang tadi.

Pengerukan tak diteruskan karena pengerjaan menggunakan alat berat di lokasi itu jadi tak lagi memungkinkan.
"Kalau begitu ya harus diteruskan meski pakai orang. Kalau alatnya nggak bisa masuk ya orangnya yang jalan. Jangan alat nggak bisa masuk terus berhenti. Jadi harus diteruskan sampai tuntas," tegas Anies.

Makanya pasukan biru mesti dikerahkan maksimal di lokasi-lokasi dimana normalisasi kali tak dapat dilakukan dengan alat berat.

3 Hari Jadi Gubernur, Jakarta Banjir

Curah hujan yang tinggi sejak Kamis (19/10) siang, tepat pada hari ketiga pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKi Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno, berkuasa, sejumlah wilayah di DKI Jakarta diterpa masalah kebanjiran dan pohon tumbang.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Pusat Data dan Informasi Kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga pukul 18.00 WIB, wilayah terpapar banjir berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Lokasi tersebut antara lain, Jalan TB Simatupang dengan ketinggian sekitar 30 cm, Jalan Kebagusan IV RT 05/04 Kebagusan dengan ketinggian 20 cm hingga 40 cm, permukiman warga di RT 03/06, RT 09/03 Jati Padang jati Padang dengan ketinggian 40 cm hingga 60 cm serta permukiman warga di Jalan Ketapang RT 05/02 Jati Padang dan Jalan Pejaten Raya RT 13/02 Jati Padang dengan ketinggian sekitar 40 cm.

Selain itu, banjir juga terjadi di Jalan Raya Kemang dengan ketinggian sekitar 30 cm, Jalan Tanjung Barat, persis depan Stasiun Tanjung Barat dengan ketinggian sekitar 40 cm, Jalan Kemang Timur Dalam XIV dan Jalan Harsono RM Ragunan dengan ketinggian sekitar 30 cm.

Di wilayah Jakarta Timur wilayah banjir meliputi permukiman warga RW 03 Cipinang Melayu, antara lain RT 10, 11, 12, 13, dan 14 serta wilayah RW 04 Cipinang Melayu, antara lain RT 01, 02, 03, 04, 05 dan 07.

Kedalaman banjir yang terjadi sejak pukul 15.00 WIB itu disebabkan luapan Kali cipinang dengan kedalaman sekitar 50 cm.

Selain itu, banjir juga terjadi permukiman warga di Jalan Cipinang Bali IV, tepatnya RT 06, 07, 12 Rw 13 Cipinang Muara, Jatinegara dengan ketinggian berkisar 20 cm hingga 40 cm yang disebabkan meluapnya Kali Sunter.

Sementara pohon tumbang terjadi di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, antara lain Jalan Benda Bawah RT 06/04 Cilandak Timur sekitar pukul 15.50 WIB, Jalan Jeruk Purut tepatnya depan SD 05 Cilandak Timur sekitar pukul 16.45 WIB.

http://wartakota.tribunnews.com/2017...kai-alat-berat
Diubah oleh dr.solusi 25-10-2017 19:22
0
27.6K
266
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.