FaizalamAvatar border
TS
Faizalam
Panglima TNI Gatot Nurmantyo Ditolak ke AS, Menhan AS Akhirnya Minta Maaf
Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis meminta maaf soal ditolaknya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat hendak ke AS. Permintaan maaf disampaikan melalui Menhan RI Ryamizard Ryacudu. Permintaan maaf itu disampaikan Menhan James Mattis kepada Menhan RI Ryamizard Ryacudu.



Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak otoritas Amerika Serikat (AS) untuk masuk ke Negeri Paman Sam. Penolakan Jenderal Gatot ini menjadi sorotan media asing.

Misalnya saja Reuters yang memberitakan penolakan itu dengan judul 'Indonesia demands answers after military chief denied U.S. entry'. Artikel itu memuat tentang Indonesia hendak mengirimkan nota diplomatik ke Menlu AS dan mengundang Dubes AS di Indonesia untuk menjelaskan penolakan tersebut.

Media AFP memuat judul 'Indonesia says military chief barred from US, seeks explanation' juga memberitakan yang sama. Gatot berangkat ke AS untuk menghadiri acara Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) yang akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Oktober besok di Washington DC. Undangan itu dikirim oleh Jenderal Joseph F Duford dari AS.
Beberapa saat sebelum berangkat dengan maskapai Emirates pada Sabtu (20/10) kemarin, Panglima mendapat pemberitahuan dari Custom and Border Protection AS bahwa dia tak boleh memasuki wilayah AS. Padahal, kata Wuryanto, keberangkatan ini juga merupakan keberangkatan Gatot selaku utusan dari Presiden Jokowi.

Tak cuma Reuters dan AFP, media internasional lain yang memberitakan soal penolakan Jenderal Gatot ke AS itu seperti The Washington Post, dan The Sydney Morning Herald.
Seperti yang disampaikan Kapuskom Publik Kementerian Pertahanan Brigjen Totok Sugiarto. Menurut Totok, Menhan AS, James Mattis sampaikan permohonan maaf ke Menhan RI Ryamizard Ryacudu.
Permohonan maaf itu disampaikan secara khusus kepada delegasi Indonesia yang dipimpin Menhan Ryamizard, sebelum Mattis mengadakan pertemuan dengan para Menhan ASEAN dalam acara ASEAN Defense Ministers' Meeting (AADM)-Plus di Filipina yang berlangsung mulai 22-25 Oktober 2017.
"Permintaan maaf disampaikan secara khusus sebelum Menhan AS bertemu para Menhan ASEAN yang saat ini sedang melakukan pertemuan tahunan 2017 di Clark, Filipina," kata Totok.

Seperti diketahui, Panglima TNI ditolak masuk ke AS sesaat sebelum pergi ke negeri paman Sam itu atas undangan Jenderal AS Joseph F Dunford Jr selaku Kepala Staf Gabungan Militer AS. Dia hendak menghadiri konferensi antiterorisme, Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) pada 23-24 Oktober di Washington DC.

Alasan penolakan itu tidak jelas. Baik Departemen Luar Negeri AS maupun Kedutaan Besar AS di Jakarta tidak mengungkapkan alasannya secara jelas. Hanya disebutkan bahwa penolakan oleh Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai AS ini didasari oleh situasi privasi.
Presiden Joko Widodo sudah meminta Kemlu RI untuk menindaklanjuti informasi penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat (AS). Menlu Retno LP Marsudi pun telah dipanggil oleh Jokowi soal kasus ini.

"Pak Presiden meminta Kemenlu dalam hal ini Menlu untuk menindaklanjuti informasi yang disampaikan kepada presiden itu," kata Staf Khusus Kepresidenan bidang Komunikasi Johan Budi SP di gedung Binagraha, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (23/10).
Presiden Joko Widodo sudah meminta Kemlu RI untuk menindaklanjuti informasi penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat (AS). Menlu Retno LP Marsudi pun telah dipanggil oleh Jokowi soal kasus ini.

Kita berharap agar penolakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bisa menjadi perhatian bagi Amerika Serikat. Apalagi bila kita mengatahui bahwasanya penolakan datangnya Jenderal Gatot tidaklah beralasan. Sebab Jenderal Gatot datang dan akan bertemu dan atas undangan Jenderal AS Joseph F Dunford Jr selaku Kepala Staf Gabungan Militer AS
Tentu saja sudah sewajarnyalah bilamana Menhan AS James Mattis meminta maaf atas penolakan terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot.
Kita berharap kejadian ini tidak terjadi kembali.

Sumbernya : https://news.detik.com/berita/d-3696...ewat-ryamizard
0
2.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.