sekepingcokelatAvatar border
TS
sekepingcokelat
Nostalgia game jadul yang bikin kangen masa kecil yuk


Video games sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dapat kalian jumpai asyik bermain dengan games yang mereka miliki baik di gadget maupun komputer mereka. Tapi dulu sekali, video games sangat identik dengan anak-anak, dan kalian hanya bisa memainkannya di mesin console game saja, seperti Sega atau Playstation. Eits, jangan salah, meskipun tertinggal dari segi teknologi beberapa game jadul tersebut memiliki gameplay yang tidak kalah serunya dari game modern lho. Bahkan beberapa masih dimainkan oleh banyak orang hingga sekarang.

1. Harvest Moon: Back To Nature



Bicara soal game lawas, pasti game yang satu ini secara otomatis akan muncul di benak kalian. Harvest Moon: Back To Nature adalah sebuah game simulation RPG dimana kalian akan bermain sebagai seorang petani yang berusaha untuk mempertahankan kebun peninggalan kakeknya. Dalam game ini kalian harus melakukan berbagai aktifitas seperti bercocok tanam, membersihkan kebun, dan merawat ternak. Tapi kalian juga harus bersosialisasi dan menjaga hubungan baik dengan penduduk desa, dan jangan lupa untuk mendekati gadis pujaan kalian untuk dinikahi nantinya (Elli atau Karen, maybe?). Game ini juga penuh denga mini-game dan sidequest yang unik dan seru untuk dimainkan. Kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam memainkan game ini tanpa bosan. Pokoknya kalau bicara tentang game jadul, mustahil untuk tidak menyebutkan game legendaris yang satu ini.

2. Crash Bandicoot series



Sulit jika harus memilih satu dari sekian banyak game Crash Bandicoot. Petualangan klasiknya di Crash Bandicoot, Cortex Strike Back, dan Crash Bandicoot: Warped penuh dengan berbagai gameplay menarik dan juga humor kocak ala Crash. Bahkan 3 game originalnya pun telah di remaster untuk console PS4. Dan jangan sampai kalian lupa dengan game Crash Team Racing yang dulu sering menjadi rajanya rental PS. Game balapan super seru dimana kalian bisa melemparkan bom dan menembakkan rudal ke musuh-musuh yang menghadang. Apalgi kalau udah diproteksi sama topeng Aku-Aku dan Uka-Uka, balapan jadi tamabah chaotic deh.

3. Suikoden



Ketika pertama kali dirilis, Suikoden adalah salah satu game RPG terbaik yang pernah dimiliki oleh console Sony Plystation. Suikoden bercerita tentang seorang pemuda yang terlibat dalam peperangan antara pasukan kerajaan dengan kelompok pemberontak. Di masa itu, tema ini bisa dibilang original dan fresh, karena dulu game karakter utama di game RPG selalu saja "seorang pria misterius yang berjuang untuk menyelamatkan dunia". Berkat originalitas ini, dipadu dengan gameplay serta soundtrack yang enak untuk didengar, Suikoden dengan mudah meraih penghargaan "The Best RPG game of the year" pada tahun game itu dirilis. Apa kalian tahu, kalau Suikoden franchise adalah satu-satunya game RPG dimana kalian bisa merekrut hingga 108 karakter sebagai party member?

4. Winning Eleven



Jauh sebelum kita mengenal FIFA dan Pro Evolution Soccer, game bola dulunya didominasi oleh game yang bernama Winning Eleven. Sebelum berubah menjadi PES, game sepak bola buatan Konami tersebut dikenal dengan nama Winning Eleven atau WE, dan mendominasi game olahraga pada saat itu. Grafik pixel block yang dulu sudah bisa dianggap canggih, gerakan pemain yang cukup luwes, serta komentator yang bahkan lebih bersemangat daripada Valentino Simanjuntak membuat pertandingan menjadi sangat seru. Saking populernya, game Winning Eleven banyak dibuat versinya oleh para modder. Bahkan ada game WE versi Indonesia dan versi Captain Tsubasa juga lho.

5. Bloody Roar series



Sebelum genre fighting didominasi oleh Tekken dan Street Fighter seperti saat sekarang ini, pecinta fighting game pernah dikenalkan dengan game bernama Bloody Roar. Game bergenre fighting ini terbilang sangat unik, karena selain menggunakan serangan maut dan kombo, setiap karakter dalam game ini dapat bertransformasi menjadi wujud binatang atau beast. Ketika dalam wujud beast nya karakter-karakter tersebut akan memiliki moveset serta kombo yang berbeda dan tentunya jauh lebih kuat juga. Karakter tersebut juga memiliki super move yang dapat digunakan untuk memberikan damage yang besar kepada lawan. Sayangnya franchise keren ini tidak lagi dilanjutkan, jadi hanya mereka yang pernah memainkan saja yang mungkin tahu dengan game ini.

6. Donkey Kong series



Donkey Kong adalah rajanya game arcade pada tahun 80-90an dulu. Arcade, atau mungkin yang lebih dikenal dengan nama mesin ding-dong oleh orang Indonesia, dulu merajai pasar game sebelum game console seperti Playstation mendominasi. Donkey Kong adalah sebuah game action dimana kalian akan berperan sebagai seorang pria Italia kecil, gemuk, berkumis yang harus menyelamatkan pacarya dari gorila peliharaannya yang mengamuk. Sound familiar? Yep, game ini juga menjadi debut dari maskot kebanggaan Nintendo, Mario, yang waktu itu hanya dikenal sebagai Jumpman. Di beberapa negara game ini juga dipertandingkan dalam skala nasional hingga internasional lho.

7. Captain Tsubasa J: Get in the Tomorrow




Game Captain Tsubasa yang satu ini dinilai banyak gamer sebagai salah satu game Captain Tsubasa yang paling memuaskan. Game ini mengangkat cerita dari manga serta animenya, tentang perjuangan Tsubasa dan timnas Jepang di ajang Piala Dunia melawan berbagai negara seperti Jerman, Prancis, Italia, hingga Dream Team yang beranggotakan pemain terbaik dari seluruh dunia. Dalam game ini beberapa pemain memiliki skill khususnya juga, seperti Drive Shot milik Tsubasa, Tendangan macan milik Hyuga, Tendangan Api milik Schneider, dan masih banyak lagi. Pasti beberapa dari kalian masih ingat kan bagaimana Tsubasa dalam game ini dengan mudahnya mencetak gol dari garis tengah lapangan?

8. Digimon World series



Sebagai salah satu franchise paling populer, tidak heran kalau gamenya disukai oleh banyak orang, bahkan hingga sekarang. Seri klasik Digimon World, Digimon World 2, dan Digimon World 3 adalah pioneer dari kesuksesan franchise tersebut dalam dunia game. Bahkan Digimon juga sempat merambah ke genre lain seperti fighting dan racing. Sekarang seri Digimon masih diminati oleh banyak orang, dan juga masih memiliki game-game terbaru yang seru untuk dimainkan. Tapi tidak bisa dipungkiri, kalau game klasik tahun 2000annya lah yang paling membekas di hati para penggemar franchise ini.



Mana yang paling bikin agan-agan nostalgia nih? emoticon-Games
0
30.4K
260
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.