Al4ik4Avatar border
TS
Al4ik4
Apa itu Oseng Mercon ?

Makanan satu ini merupakan makanan pedas yang sangat unik dan khas dari Yogyakarta, namanya adalah Oseng – Oseng Mercon.

Apakah Oseng – Oseng Mercon itu?

Oseng – Oseng Mercon adalah makanan tradisional yang sangat pedas dengan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Tidak hanya namanya saja yang unik, makanan ini juga memiliki rasa yang sangat khas sehingga membuat orang ketagihan untuk menikmatinya. Oseng – Oseng Mercon ini sangat terkenal di Yogyakarta. Sehingga dijadikan salah satu makanan khas di sana.





Nama Oseng – Oseng Mercon ini memang unik sehingga membuat kita penasaran dan ingin mencoba mencicipinya. Makanan ini disebut Oseng – Oseng Mercon bukan tanpa alasan. Namun karena masakan ini dibuat dengan cara dioseng – oseng dan rasanya yang sangat pedas sehingga terasa seakan meledak – ledak di mulut saat kita menyantapnya. Selain disebut dengan Oseng – Oseng Mercon, makanan ini juga sering disebut dengan Oseng – oseng bledek atau Oseng – oseng halilintar.





Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi, kikil, dan gajih. Bahan ini dimasak bersama bumbu khusus dan cabai rawit dengan cara dioseng – oseng. cabai rawit yang dipakai harus menggunakan perbandingan. Untuk 10 kg daging biasanya menggunakan 2 kg cabai rawit. Perbandingan ini dilakukan agar pedas yang dihasilkan seimbang dengan komposisi dagingnya. Dalam memasak Oseng – Oseng Mercon ini, tidak menggunakan kecap dan merica, sehingga rasa dari cabai rawit tersebut tetap terjaga.





Oseng – Oseng Mercon ini biasanya di sajikan bersama dengan nasi hangat. Rasa dari Oseng – Oseng Mercon ini sangat khas, salah satu keistimewaan itu terdapat pada rasa pedasnya. Rasa pedas dari Oseng - Oseng Mercon ini sangat khas membuat orang yang menyantapnya menjadi ketagihan dan ingin menikmatinya lagi. Bagi anda yang tidak terlalu menyukai rasa pedas, anda bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan. Namun bagi anda pencinta makanan pedas, makanan satu ini merupakan menu wajib yang harus anda coba.





Oseng – Oseng Mercon ini bisa kita temukan di berbagai tempat di Yogyakarta. Disana banyak penjual lesehan atau warung makan yang menjajakan makanan khas satu ini. Salah satu warung Oseng – Oseng Mercon yang terkenal adalah “Oseng – Oseng Mercon Bu Narti” yang terletak di jalan KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan unik satu ini.





Cukup sekian pengenalan tentang “Oseng – Oseng Mercon Makanan Khas dari Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.





Bonus Video


Gimana agan berani coba ? emoticon-Ngakak
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
15.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge Pictures
icon
69KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.