• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

bebektepungAvatar border
TS
bebektepung
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA
Mudah2 an ga emoticon-Blue Repost

Sesuai judul ane cuma pengen share singkat buat agan2 semua yg mungkin menggunakan lampu HID dan manfaat penggunaan lensa Projector yang berfungsi untuk lebih memfokuskan sorot cahaya bagi yg menggunakan bohlam lampu jenis HID (High Intensity Discharge)


Penggunaan lampu HID membuat sorot lampu motor agan jadi super kinclong dan terang banget bak lampu pertamax, jg bisa membantu pengelihatan pengendara agar lebih pokus melihat jalan.

TAPI kalau aplikasinya ga bener alias cmn asal aje pasang bakal bikin cilakan pengguna jalan laen gan..


Spoiler for Lampu Sumber Celaka:



kinclong sih kinclong tapi klo dari arah berlawanan kek gini bikin bahaya jg
Spoiler for Ampun gan silau :


dan akhir nya bikin pengemudi laen jadi gini gan
emoticon-Takut (S)
Spoiler for Pengguna Jalan murka :


nah agar qta yg hendak menggunakan bohlam HID mendapat terangnya tapi juga tidak membuat pengguna jalan laen terganggu/cilaka, implement pemasangan lampu hid disarankan juga disertai pemasangan lensa Projector, selain kinclong jg buat tunggangan agan pada jadi lebih hot/gantengemoticon-Malu (S)

Sejarah dari penggunaan lampu berbasis projector pada kendaraan dimulai dari tahun 1981. Projector headlight pertama dikenalkan oleh Audi, pada saat itu Hella perusahaan asal German juga masih dalam pengembangan teknologi ini. Baru pada tahun 1987 ketika BMW seri 7 lahir menggunakan projector headlight produksi masal pertama kali.

Meski pada awalnya penggunaan lensa projector hanya di aplikasikan pada kendaraan2 roda empat OEM/bawaan pabrik, trend pengaplikasian projector lens pada kendaraan roda 4 ataupun roda 2 yang pada awalnya tidak menggunakan lensa projector mulai merambah. Dikarenakan selain tampilan kendaraan menjadi lebih gagah, cahaya yang dihasilkan juga menjadi lebih lebar dan jauh jangkauan nya.


Pengaplikasian lensa Projector itu sendiri tidak lain dan tidak bukan hanyalah sebagai rumah bagi lampu atau bohlam HID itu sendiri. Sama seperti fungsi Reflektor sebagai rumah lampu standart dan pemancar cahaya dari bohlam lampu. Bedanya dengan rumah lensa Projector, cahaya lampu akan dikurung dalam rumah lampu & hanya dipancarkan lewat lensa Projector tersebut u/ memfokuskan cahaya yg dihasilkan lampu HID.

Contoh Lens Projector



Dalam pengaplikasiannya, untuk mempermanis tampilan lensa projector bisa ditambah dengan shroud untuk penempatan Angel Eyes/sejenis lampu neon melingkar disekeliling lensa projector

SHROUD

salah satu jenis shroud jenis gatling gun mini

ANGEL EYES


DEMON EYES

Perbedaan Angel Eyes dengan Demon Eyes hanya pada pengaplikasiannya, Demon Eyes ialah Angel Eyes yang dipasang dalam lensa Projector sehingga cahayanya berpendar didalam lensa projector

Kondisi Projie setelah dipasang Angel Eyes. AE dalam posisi menyala
Spoiler for Dengan AE tampilan Projie jadi makin ciamik gan:


nah, pemasangan lensa projector ke headlamp disebut retrofit projector.
apa itu retrofit projector? retrofit projector adalah menanamkan sebuah projector kedalam rumah lampu standart. Rumah lampu/Headlamp hanya akan jadi dudukan bagi projector setelah proses retrofit dilakukan.

Contoh headlamp yang sudah di retrofit
Spoiler for headlamp retrofit 1:

Spoiler for headlamp retrofit 2:
Spoiler for headlamp retrofit 3:


Untuk lebih jelasnya tentang retrofit projector, ada trit tetangga sebelah yang membahas mengenai retrofikasi lebih lengkap & jelas nya cekidot di :


Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam pengaplikasian HID with Projector lens

Keuntungan :

- Mengfokuskan lampu anda agar warna dan terang yang keluar dari lensa projector lebih solid
- Memotong ketinggian lampu, agar pengendara dari lawan arah tidak silau
- Membuat tampilan headlamp menjadi berbeda, karena dapat ditambahkan angel eyes / devil eyes sebagai aksesoris pemanis (optional)
- Menjaga agar rumah lampu dan reflector anda agar tidak rusak / mengelupas / leleh karena penggunaan lampu yang panas (dipengaruhi jg dengan besar watt HID yg agan pilih)
- Menjaga panas dari lampu anda agar tetap di dalam projector saja, tidak mengenai reflector / rumah lampu



Kekurangan :

- Rumah lampu/Headlamp reflektor harus sedikit dimodifikasi, jadi agan2 yang mau pasang harus sedikit rela Headlamp nya dibongkar & sedikit dibobok agar rumah lensa Projie bisa dimasukkan dalam headlamp. (Ada beberapa jenis projie yang plug & play bisa langsung pasang tanpa harus melakukan pembobokan headlamp).
- Jika pengerjaan kurang rapih saat pengeleman kembali reflektor dengan rumah headlamp/mika, ada kemungkinan timbulnya embun air dalam headlamp saat hujan deras mengguyur tunggangan agan. emoticon-Cape d... (S)
- Jumlah kabel yang berseliweran didalam tunggangan agan akan semakin banyak, jika tidak dimanage dengan rapih dan benar terasa agak cukup mengganggu.
- Harga yang cukup lumayan, untuk paketan satu projector termasuk lensa, Shroud, neon Angel Eyes, Demon Eyes, inverter, ballast agan harus merogoh kocek 600 ribu rupiah/ bisa lebih dari itu. Belum termasuk ongkos pasang & mengubah arus kelistrikan motor "bagi yang masih arus ac seperti motor bebek" menjadi Fullwave.
- Tunggangan yang menggunakan Headlamp hasil retrofit lensa Projector, biasanya jadi pusat perhatian dijalanan gan emoticon-Malu (S) . Maklum selain terang, tunggangan jadi terlihat ganteng & beda sendiri. Ane masukin jadi kekurangan, karena jadi ga enak sendiri lagi konsen bawa kendaraan dilirik2 sama rider laen emoticon-Malu (S)
- Karena belum banyak tunggangan yang menggunakan lensa projector, kecuali motor2 keluaran tertentu "pulsar type tertentu" & mobil2 modern keluaran baru, untuk survei ketahanan/daya tahan umur pakai HID dengan lensa Projector ini masih dipertanyakan. Survei dari teman2 ane yang pakai HID with projie sejak pasang hingga sekarang yang terlama bertahan sampai 2 tahun "pemasangan 2011 awal dan masih berfungsi baik hingga sekarang". Tapi ada juga yang hanya berumur 1 bulan berhenti berfungsi karena aki tekor/ jalur pengisian spull tidak ikut dimodif u/ meningkatkan pengisian aki. u/ keawetan kembali lagi pada penggunaan
emoticon-Malu (S)

perbandingan sinarnya dibandingin HID biasa & yg sudah mengaplikasikan lensa Projector

HID biasa langsung
Spoiler for Dengan Reflektor Sutandar:


Spoiler for Saat dijalan:


HID dengan lensa Projie
Low Beam
Spoiler for Cahaya Terlihat seperti terpotong:

High Beam
Spoiler for Jarak Sorot Lampu melebar & semakin Jauh:


nah beda kan kinclong, cahaya lebih fokus, melebar kesamping jadi jarak yang dicapai cahaya lebih luas, ga terlalu tinggi terutama dibagian kanan agak rendah karena ada sistem cut off jadinya ga silau dari lawan arah gan. emoticon-Cool




Note : Tetap bijaksana dalam menggunakan lampu jauh High Beam, karena dalam kondisi bohlam standar pun tetap menyilaukan pengendara lain dari arah berlawanan jika qta semena2 dalam menggunakan lampu jauh.
Gunakan lampu jauh saat situasi gelap gulita yg memang membutuhkan penerangan extra jauh kedepan.
emoticon-I Love Indonesia (S)


Nah kenapa kalau kita menggunakan HID with Projector cahaya nya tetap terang, tapi tidak menyilaukan?!

karena didalam projector itu ada komponen yang berfungsi sebagai shield yang mengurangi cahaya berlebih yang dapat menyilaukan pengendara dari arah berlawanan (cahaya polutan) terletak di tengah bagian projie bersama dengan solenoid (lihat skema).
juga di gunakan untuk keperluan lampu jauh / high beam
setiap projector mempunyai bentuk shield dan karakter cut off tersendiri
juga terbagi dalam RHD (Right Hand Drive) dan LHD (Left Hand Drive) format yang disesuaikan dengan posisi kemudi dimasing2 negara. Negara kita RHD mangkanya format cut off pemotongan cahaya oleh shield dalam lens Projectornya disebelah kanan lebih rendah, agar lawan arah terutama yg dari sebelah kanan "umum lawan arah diindonesia" tidak merasa silau





Nah kalau selenoid yg ane singgung2 diatas buat mengatur pencahayaan nya gan
Solenoid
sebuah rangkaian elektronik yang di dalamnya terdapat kumparan
dan kumparan ini akan bekerja dengan cara "membuka gerbang shield" sehingga cahaya yang tadinya terhalang oleh shield akan terbebas keluar tanpa ada halangan




berikut ada sedikit tips bagi yang sudah mengaplikasikan Hid with lensa projie pada tunggangannya :

1. Pemasangan HID beserta aksesories Angel eyes, Demon Eyes membutuhkan arus listrik DC yg stabil. Selain kelistrikan sudah harus dirubah menjadi fullwave "untuk motor2 bebek" jumlah kabel seperti ballast, wirring kabel set pasti akan membuat jumlah kabel didalam motor agan berseliweran. Tata serapih mungkin yang agan bisa, dan pastikan bagian sambungan2 kabel2 tersebut dilindungi plester karet. Fungsinya agar tetap aman meski tunggangan tersiram hujan deras

2. Hidupkan lampu HID, AE, DE setelah motor menyalah, agar ketika komponen Projie mulai menarik listrik aki dalam keadaan mengisi sembari dlm keadaan idle mesin. Listrik keluar masuk

3. Bijaksanalah dalam menggunakan lampu jauh, karena dalam kondisi lampu standarpun pemakaian lampu jauh yang tidak tepat bisa membuat pengemudi lawan arah merasa kesilauan.

4. Jika tidak terlalu perlu "terutama disiang hari" gunakan lampu senja (Angel Eyes & Demon Eyes) jangan menyalahkan lampu utama HID nya. Rasanya cukup untuk memberikan tanda lampu qta menyalah disiang hari dengan AE & DE dlm posisi on. Hal ini untuk menghemat listrik aki, namun bukan berarti tidak boleh dinyalahkan sama sekali. sebenarnya selama arus kelistrikan sudah diganti ke fullwave dinyalahkan sianghari pun aman2 saja tidak akan membuat aki tekor.





Reverensi Om Google emoticon-Cool

Yang mungkin lebih tau mohon ditambahkan ya gan/dikoreksi kalau ada tulisan ane yang salah... emoticon-Malu (S)

Bantu Rate ya gan biar yg laen jg ikutan baca & comment
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

ane jg mohon masukan agan2 semua ye>>> emoticon-Matabelo

kalau ada yang ngasih emoticon-Cendol (S) ane emoticon-Najis (S) gan, ane ga suka emoticon-Cendol (S) soalnye emoticon-Malu (S) , yg penting trit ane ada yang komeng ane dah seneng gan emoticon-Malu (S) . Daripada cuman numpang lewat, tapi komeng juga kaga emoticon-Mad (S)
Apalagi yg cuman dateng numpang copas di "blog" nya tapi setengah2 ga semua di copas. Informasi yg diberikan malah jadi makin ngaco emoticon-Cape d... (S)
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 30 suara
Enakan Pake HID tanpa lensa Projector apa Pake HID dengan lensa Projector
Enak HID pake Lensa Projector
73%
Enak HID tanpa Lensa Projector
27%
Diubah oleh bebektepung 10-07-2013 22:17
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
168.3K
233
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.